Monday, March 15, 2021

Hari 5: Christ The Redeemer Ketutupan Kabut dan Batal Naik Helikopter

Hari ini tujuannya adalah ke Christ The Redemeer yang merupakan tujuan utama liburan di Rio de Janeiro. Kunjungan ke Christ The Redeemer dikarenakan monumen ini merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia baru (New 7 Wonders of the World) yang saya ingin kunjungi semuanya.

Pagi hari saya sarapan KFC sisa kemarin karena beneran gede porsinya. Kemaren saya makan nasi sama ayam, sekarang kentang sama ayam haha.

Sekitar jam 8 saya berangkat ke Cosme Velho naik metro dan selanjutnya naik bis ke stasiun tram Corvocado (nama daerah tempat Christ The Redeemer berada).

Saya tiba sekitar jam 9 di loket dan antri untuk menukarkan tiket yang sudah saya beli dari Indonesia. Harganya 68 BRL (sekitar Rp270.000) untuk tiket naik tram pulang pergi dan tiket masuk Christ The Redeemer. Sayang beribu sayang ternyata di atas berkabut!! Ada keterangan di loket dan di tiket kalo saat itu “no visibility”. Berhubung nanggung dan udah sampai, akhirnya saya tetep naik karena sore itu udah ada rencana untuk ke Sugarloaf. Sambil berdoa aja deh semoga cuaca menjadi cerah.

Tram menuju Christ The Redeemer ini lebih seru menurut saya dibanding tram di The Peak Hong Kong karena lebih jauh jaraknya dan kayak melalui belantara gitu.

Setibanya di monument, ternyata patungnya kelihatan dan masih ada langit berwarna biru.

Sambil nunggu awannya berkurang, saya jalan-jalan ke lookoutnya. Kalo cerah, bisa kelihatan pemandangan kota di bawah.

Makin ditunggu kok makin parah kabutnya…

Sempet mendingan…

Terus makin parah…

Akhirnya nyerah deh nggak bisa dapet foto yang jelas banget. Mana baru sadar ternyata saya 4 jam di sana! Gilee ngapain aja ya di sana orang tempatnya begitu doang padahal.

Saya kembali ke Cosme Velho dengan bis dan untungnya deket terminal bis ada KFC. Jadi makan siang di sana dengan menu yang sama seperti kemarin haha. Urusan perut selesai, lanjut ke Sugarloaf Mountain sekitar jam 2. Karena naik bis, jadi perjalanan lebih lama sekitar 1 jam.

Setibanya di Sugarloaf Mountain saya beli tiket seharga 76 BRL untuk naik gondola pulang-pergi.

Jadi ada 2 puncak di Sugarloaf, sebutannya first dan second peak. First peak ini ada helipad dan salah satu tempat untuk memulai helicopter tour di Rio. Katanya Rio itu salah satu kota terbaik untuk helicopter tour. Sebenernya saya kepengen banget, udah nyiapin budget yang gak sedikit yakni USD 200 untuk 30 menit. Namun karena cuacanya jelek, ngapain juga nanti malah kabut semua yang keliatan. Di first peak ini juga ada toko-toko makanan dan souvenir, plus toko Havaianas.

Kalo udah puas di first peak, bisa lanjut naik gondola ke second peak. Karena lebih tinggi, pemandangannya pun lebih bagus. Tapi angin juga jadi makin kenceng. Awalnya saya niat nunggu sunset di sini, tapi karena kedinginan dan gak bawa jaket jadi saya pindah nunggu sunset di first peak.

Menikmati hot chocolate yang enaakk

Karena cuaca hari itu lagi nggak baik, jadi ya sunsetnya juga begitu-begitu aja :( Sebelum pulang saya mampir ke toko Havaianas karena harganya lebih murah dibanding yang saya lihat di Botafogo Mall. Jadilah saya beli beberapa pasang sendal, termasuk buat hadiah tebak-tebak buah jambu.