Sunday, May 24, 2015

Jalan-Jalan Berdua Ayah


Sabtu, 24 Mei 2014. Tepat setahun lalu. Hari itu di awali dengan kegiatan yang menjadi bucket list cukup banyak orang: naik balon udara di Cappadocia, Turkey!

Saya merasa beruntung karena saat nemu tiket murah ke Turki dari Qatar Airways di bulan November 2013. Karena harganya yang cukup murah Ayah memutuskan untuk ikut pergi. Selama 7 bulan sejak beli tiket, saya mulai larut dalam keseruan nyusun itinerary liburan 7 hari di Turki. Mulai dari nentuin mau ke kota mana aja, transportasi antarkota, pemilihan hotel, detil tempat-tempat yang mau didatengin setiap harinya, dan berbagai hal kecil lain. Ayah nggak perlu mikirin hal-hal yang berbau perencanaan sama sekali. Pokoknya tinggal duduk manis, nurut apa kata saya, tinggal siapin uang dan kartu kreditnya aja :p

Berhubung udah di Turki, saya pengen sekalian ke Cappadocia juga. Karena udah di Cappadocia, saya pengen naik balon udara. Tapi saya sadar kalo balon udara ini mahal banget, sekitar 2 juta rupiah untuk sekali terbang. Awalnya saya ragu buat masukin balon udara ke itinerary, tapi Ayah bilang, "masukin aja dulu, nanti liat uang Ayah ada apa enggak". Dua bulan sebelom berangkat, Ayah bilang ke saya kalo ternyata memungkinkan buat naik balon karena ada rezeki. Alhamdulillah..

Sejak mobil shuttle dari hotel sudah mendekat ke lokasi balon, Ayah udah keliatan senengnya dan nggak keliatan ngantuk padahal hari sebelumnya baru perjalanan panjang, 4 kali terbang dari Jakarta ke Kuala Lumpur ke Doha ke Istanbul ke Kayseri.
Udah girang padahal belom naik balon

Di atas balon Ayah keliatan seneng banget. Dia sering tertegun ngeliatin pemandangan yang ada di sekitarnya. And I was really happy seeing him happy.
Ayah naik balon udara di Cappadocia


Ayah naik balon udara di Cappadocia

Ayah naik balon udara di Cappadocia

One of many reasons why Ballooning over Cappadocia is my best travel moment by far.

Ayah naik balon udara di Cappadocia

Naik balon udara di Cappadocia

Selama di Turki, Ayah selalu ngusahain buat solat di masjid atau musholla selama memungkinkan. Beda sama saya yang kalo pergi sendirian seringnya solat di kamar atau sambil duduk di bis, pesawat, atau kereta. Saya seneng-seneng aja sih sebenernya kalo solat di masjid—seneng banget bahkan—karena bisa nyaman solatnya.
Interior Blue Mosque

Tapi kadang suka sedikit ada ribut kecil diantara kami karena selain maunya solat di masjid, Ayah juga mau solat nggak lama setelah masuk waktu solat. Contohnya waktu itu pas di deket Galata Tower. Jadi ceritanya kami sebelumya jalan dari Taksim Square, menyusuri Istiklal Street, dan sampe di Galata Tower. Karena masih capek abis jalan jauh, kami duduk dulu di bawah Galata Tower sebelom naik ke observation deck-nya. Tapi saat lagi duduk ada adzan berkumandang. Ayah langsung minta solat dan nyari masjid terdekat, kebetulan tadi dia liat musholla pas lagi jalan. Saya yang masih capek langsung nyaranin buat istirahat dulu, naik Galata Tower, baru ke Sultanahmet buat solat di Blue Mosque—masjid kesukaannya Ayah. Tapi Ayah nggak mau dan tetep mau solat saat itu juga. Saya nurut tapi ngedumel aja, soalnya kalo Ayah lupa dimana letak mushollanya nanti akhirnya bakal solat di Blue Mosque juga dan bikin tambah pegel karena bolak-balik. Tapi ternyata Ayah masih inget tempatnya. Eh ya masa di musholla itu wudhunya bayar 1 lira?!
Hagia Sophia, Istanbul

Oh ya, karena suka banget sama Blue Mosque, Ayah selalu pengen solat di sana setiap waktu. Waktu itu kami selesai jalan-jalan agak sore dan sekitar jam 18.30 udah di hotel. Berhubung lagi transisi ke summer, waktu solat di Istanbul juga agak mundur. Kalo nggak salah Maghrib itu sekitar jam 8 malem, sementara Isya itu sekitar jam 9.30 malem. Saya yang capek banget rasanya udah pengen tidur aja, tapi Ayah nyuruh buat Maghrib di Blue Mosque. Nurut aja deh saya. Selesai solat, Ayah ngajak saya buat solat Isya di Blue Mosque lagi dan saya langsung bilang nggak mau karena ngantuk banget. Karena itu, pas jalan pulang ke hotel Ayah minta ajarin jalan ke hotel yang beda dengan biasanya karena biasanya kami jalan lewat bazaar gitu yang takutnya kalo malem bazaarnya tutup. Sampe hotel saya tidur dan nggak tau Ayah jadi Isya di masjid apa nggak.
Blue Mosque, Istanbul

Besok paginya Ayah bangunin saya pagi buta buat ngajak solat Subuh di masjid. Tapi saya kembali ngedumel karena masih ngantuk banget. Akhirnya Ayah pergi sendirian. Pas mau sarapan saya baru sempet nanya ke Ayah dan untungnya dia nggak lupa jalan jadi nggak pake acara nyasar. Waktu itu saya jadi ngerasa bersalah banget udah ngebiarin Ayah jalan sendirian malem-malem di tempat yang dia nggak paham sama sekali bahasanya :( Untungnya Ayah nggak kenapa-kenapa, ya..

Selama jalan-jalan ini juga Ayah sering banget tidur kalo memungkinkan buat selonjoran. Tapi kalo emang capek dan tempatnya adem banyak angin, dalam posisi duduk Ayah juga udah bisa tidur. Tidur pertama itu pas di KLIA. Di hari keberangkatan itu emang kayaknya Ayah kurang istirahat. Belom lagi kami mutusin buat ke Petronas Tower dan pas di sana kami ujan-ujanan demi bisa dapet foto dengan latar belakang Petronas Tower. Begitu sampe di KLIA dan ada waktu tunggu sekitar 2 jam sebelum counter check-in Qatar Airways buka. Selain di KLIA, Ayah juga sempet tidur di Izmir Airport pas nunggu pesawat ke Istanbul, di Istanbul–Ataturk Airport pas nunggu pesawat ke Doha, dan di Doha saat nunggu pesawat ke Jakarta.
Tidur di KLIA

Selain pas nunggu pesawat, Ayah juga suka tidur kalo emang kebangetan capeknya. Hari kedua di Istanbul paginya kami habiskan dengan mengunjungi Hagia Sophia, Basilica Cistern, dan Topkapi Palace. Nggak heran setelahnya pas ikutan Bosphorus Cruise, Ayah langsung terlelap dalam posisi duduk. Anginnya juga mendukung banget sih soalnya, sepoi-sepoi adem gitu jadi enak buat tidur.
Tidur saat Bosphorus Cruise

Bangun-bangun Ayah kelaperan dan langsung berentiin tukang Simit yang lewat. Udah dibilangin Simit itu keras dan nggak ngenyangin, Ayah tetep mau beli. Akhirnya susah deh makan Simitnya karena baru melek udah disuruh makan Simit yang kerasnya nggak beda jauh sama aspal.
Mencoba makan kue keras

Tidur lainnya yang sempet ketangkep kamera adalah saat hari terakhir di Istanbul. Pagi sampe siang kami banyak banget jalannya, terutama buat beli Baklava dan Turkish Delight. Alhasil abis makan siang kami mutusin buat duduk santai di taman. Pas lagi duduk, Ayah bilang, "Kak kamu geseran dong" terus selonjoran dan akhirnya tidur.
Sebelum selonjoran

Hal lainnya yang saya perhatiin dari Ayah ini adalah tentang komunikasi dengan orang lain. Ayah ini orangnya nggak bisa bahasa Inggris. Paling yes, no, dan beberapa basic words lainnya aja. Hal yang bikin saya cukup parno adalah ketika di imigrasi. Galucu kalo dapet masalah di imigrasi karena gabisa komunikasi. Jadi dari rumah udah saya ajarin kalo di imigrasi itu banyakin aja senyum. Dateng, kasih paspor, senyum. Nunggu petugasnya nginput data juga senyum. Pas paspornya dibalikin senyum dan bilang terima kasih. Saya sih pengennya tiap di imigrasi ngantrinya depan-belakang, jadi kalo ada masalah gampang bantuinnya. Tapi Ayah selalu minta buat pisah jalur aja biar cepet. Untungnya nggak pernah ditanya macem-macem kayak diminta bukti reservasi hotel. Ayah juga cuma sekali diajak ngobrol, yaitu pas imigrasi keluar Malaysia. Tapi untungnya petugasnya masih orang Melayu jadi paham bahasa Indonesia dikit.
Traventine, Pamukkale

Karena susah ngomong bahasa Inggris inilah Ayah jadi sering terdiam selama jalan-jalan. Contohnya saat check-in pesawat dan hotel. Ayah diem aja sementara saya yang ngomong sama petugasnya. Selain itu kalo beli tiket kereta, beli makan, beli cemilan, yaa semuanya saya deh yang ngomong. Waktu ikutan tour di Pamukkale juga dia nggak paham apa-apa, cuma liat-liat doang jadinya. Selama di rombongan tour ini saya kenalan sama dua cewek dari Taiwan. Selama kami ngobrol Ayah cuma ngeliatin aja. Kalo udah selesai baru deh nanya apa yang barusan diomongin. Cuma yang keren adalah walaupun nggak paham ngomong apa, Ayah berhasil nebak dengan bener kerjaan salah satu cewek Taiwan itu padahal saya juga belom nanyain kerjaannya dia. Kok bisa ya?!
Foto bareng sama Carol di Pamukkale

Mulut Ayah akhirnya kebuka dan ngobrol sama orang lain untuk pertama kalinya pas makan siang setelah tour Pamukkale. Waktu itu kita semeja sama beberapa orang cewek berkerudung yang mukanya Indonesia banget. Ayah langsung nembak, "orang Indonesia ya?" dan dijawab sama salah satu dari mereka, "Oh bukan, Pak Cik. Kami dari Malaysia." Cuma Ayah waktu itu mikirnya sama aja mau Malaysia mau Indonesia yang penting bahasanya mirip jadi bisa paham kalo diajak ngobrol pake bahasa Indonesia. Untuk pertama kalinya ngobrol dengan orang lain selain saya, Ayah nanya dari hal yang wajar ke random ke cewek-cewek tersebut.
Kuliah apa disana?
Dapet beasiswa?
Namanya siapa?
Umurnya berapa?
Beneran umurnya segitu?
Kok masih muda mukanya?
Berapa lama di Turki?
Kenapa liburan ke Turki?
Dalam rangka apa liburan kesini?
Orang tua tau kalo lagi disini?
Rute disini kemana aja?
Punya berapa sodara?
IP nya berapa?
Beasiswanya dikasih siapa?
Setahun dapet berapa beasiswanya?
Yang lucu lainnya adalah di Ephesus, saya liatin Ayah serius banget ngeliatin papan penjelasan. Emang ada papan yang tulisannya bahasa Indonesia?? Pas saya deketin ternyata boro-boro bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga bukan. Ngeliatin apaan tuh Ayah?
Ephesus, Selcuk

Catetan lainnya dari jalan-jalan bareng Ayah adalah Ayah harus makan nasi seenggaknya sekali dalam sehari. Menu makanan di Turki banyak sih yang pake nasi, tapi pasti jauh lebih mahal dari yang kebab dan sodaranya atau yang sayur doang. Bahkan pernah minta nasi tambah harganya 6 lira tapi dikit banget porsinya, mana piringnya cuma segede alas cangkir :(
Gak mau makan tanpa nasi

Ribut kecil lainnya terjadi karena Ayah sering banget nyuruh saya buat nanya kalo ada yang nggak tau, tapi saya ini orangnya males banget nanya. Jadi tiap disuruh nanya saya sering jawabnya, "Eky nggak suka nanya, nanti cari tau sendiri aja". Contohnya waktu di Grand Bazaar yang segede alaihum gambreng itu kami lagi nyari toko yang jual gamis buat Mama. Akhirnya muter nggak jelas aja dan cuma nemu 1 toko. Contoh kedua itu waktu ribut nyari tempat beli Istanbulkart. Akhirnya Ayah yang bener sih hahaha. Oh ya, Ayah juga nggak suka banyak-banyak foto karena capek katanya. Padahal tinggal begaya doang :(
Ephesus, Selcuk

Sepertinya itu cerita tentang pertama kalinya saya jalan-jalan berdua aja sama Ayah ke luar negeri. Kalo dalem negeri sih udah lumayan sering, tapi itu juga dulu pas SD. Pas SMP sama SMA kayaknya udah nggak pernah pergi berdua lagi kecuali ke Gramedia :p Beberapa pelajaran yang bisa saya ambil kalo berikutnya jalan-jalan bareng Ayah lagi:
1. Harus perhatiin jadwal yang dibuat. Jangan terlalu padet karena kasian nanti Ayah kecapean.
2. Pilih pesawat yang waktu transitnya nggak lama.
3. Moda transportasi antarkota harus senyaman mungkin.
4. Karena berdua Ayah, saya ngerasa nggak enak kalo ngajak Ayah nginep di hostel walaupun private room. Jadi harus pinter nyari hotel yang murah dan nyaman.
5. Perhatiin cuaca karena waktu itu kayaknya dari dinginnya Kayseri ke panas teriknya Istanbul bibir Ayah sampe agak sariawan.
6. Di perjalanan ini, role kita sebagai Ayah dan anak seperti agak ketuker—karena saya yang lebih paham dan ngerti semuanya, saya jadi harus jagain Ayah supaya nggak kenapa-napa dan semuanya berjalan lancar.
7. Selalu ngecek kondisi Ayah. Kalo keliatan capek, ajak duduk dulu. Jangan diforsir buat jalan terus-terusan.
8. Pilih tempat makan yang bener dan jangan sampe telat makan.

Bosphorus Strait, Istanbul

Ayah sendiri belakangan jadi demen banget jalan-jalan. Setelah balik dari Turki dan saya "khianati" dengan ke Jepang duluan padahal tahun 2013 sempet janjian mau ke Jepang bareng awal 2015, Ayah langsung berencana buat ke Jepang. Kali ini bareng adek saya dan mereka berangkat akhir Januari 2015 lalu. Berikutnya mereka berencana buat ke London di awal tahun 2016 kalo uangnya ada, berhubung tahun ini ada lumayan banyak pengeluaran. Saya cuma bisa mupeng karena kemungkinannya slim to none buat ikutan kecuali dibayarin. Tapi tiap kali minta buat ikutan, Ayah selalu bilang, "Makanya kamu S2 di sana biar nanti kita bisa bareng-bareng perginya" Hueeee aamiin aja deh, Yah :')
Ayah dan Eja di Universal Studio Japan

Liburan ke Turki ini semuanya Ayah yang bayarin, saya nggak keluar uang sepeser pun. Terima kasih banyak, Ayah. Semoga dalam waktu dekat bisa gantian ya Eky yang bayarin liburan… aamiin.
Ephesus, Selcuk

11 comments:

  1. Replies
    1. Hehe alhamdulillah dikasih waktu dan kesempatan (dan uang) buat jalan-jalan sama Ayah :))

      Delete
  2. schweet banget kak :")
    mudah2an kapan2 bisa sekeluarga ya kak jalan2nya biar foto barengnya ga patetik kayak di yurop.

    salam, dari eneng di cimahi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aww terimakasiih!
      aamiin, terima kasih lagi doanya haha. ugh iya nih foto yurop banyak banget selfienya mana gede banget mukanya jadi gabisa dijadiin profile picture dimana-mana *problematika anak muda*

      terima kasih eneng dari cimahi!

      Delete
  3. Lucky you, bisa jalan2 sama Ayah :) memorable banget pastinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kak Christa!
      Iya seneng banget bisa traveling berdua sama Ayah :D Tambah seneng lagi karena setelah diajak traveling ke Turki ini Ayah jadi seneng jalan-jalan juga. Siapa tau ke depannya bakal ada jalan-jalan lainnya lagi biar bisa dibayarin hahaha :p

      Delete
  4. Ngiri to the Maxi. waktu kecil dulu sering mbolang sama ayah, baik sama keluarga atau berdua. hiksss jadi kangen Ayah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dulu saya juga seneng mbolang sama Ayah waktu masih kecil. Pas jaman sekolah hampir nggak pernah sama sekali. Baru tahun lalu akhirnya ngebolang berduaan lagi. Semoga bisa mbolang lagi ya kamu baik sama Ayah atau keluargaa.

      Delete
  5. Nyaris speechless tapi ngakak juga baca dari atas sampe' bawah...
    What I see is love.

    yah, lucky you, dude. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unni,
      Ahh terima kasih banyak :')

      Indeed, lucky me :D

      Delete
  6. Mas Eky, foto diatas diambil pake kamera apa? Keren foto-fotonya :)

    ReplyDelete