Friday, June 6, 2014

Merhaba Türkiye: Introduction (part 1)

Blue Mosque, Turkey

Introduction (part 1)
Introduction (part 2)
Day 0 - Departure and Layover in Kuala Lumpur
Day 1 - Rush in Doha and Turkey Journey Begins
Naik Hot Air Balloon di Cappadocia, Turkey!
Day 2 - Göreme
Day 3 - Pamukkale
Day 3&4 - Selçuk & Izmir
Day 4&5 - Istanbul

HALO!
Karena udah diprotes beberapa orang — 2 orang termasuk beberapa, kan? — akhirnya gue akan memberikan post baru di blog tercinta ini. Udah 1 bulan ya setelah post terakhir di publish. Pertama-tama, gue sedikit senang karena blog ini makin ramai setelah sedikit diotak-atik settingannya hihi (haus akan perhatian). Tapi yang comment dikit bener ya :( Kalian ngomong dong disini jangan beraninya di WhatsApp aja kalo komen. Hahaha canda canda. Dengan naiknya pageviews, aku sudah cukup senang kok karena ada yang baca :”) Terima kasih, guys!

Sekarang ceritanya lagi curi-curi bikin post nih di tempat kerja praktek. Tugas resmi buat hari ini udah selesai, jadi bisa leha-leha. Masih ada tugas tidak resmi sih, tapi yasudahlah nanti-nanti saja. Sekarang waktunya buat bikin post baruuu.

Post baru tentang jalan-jalan ke destinasi baru aja, gimana?

Okeee. Sekarang gue bakal menceritakan perjalanan gue kemaren yang dilakukan setelah menyelesaikan semester 6 di Teknik Fisika ITB yang sangat melelahkan pikiran karena semua pelajarannya bikin stress. Tapi alhamdulillah berkat doa mama dan ayah, dengan sangat ajaibnya IP bisa naik setelah beberapa semester turun dan stagnan. Eh banyak banget ya intro post kali ini. Okay, here we go!

Minggu lalu gue baru pulang dariii... TURKI!
Terima kasih kepada promo dari salah satu maskapai bintang 5 yang tergolong ajegile murahnya, gue bisa berangkat ke Turki dan mencheck-list lebih dari satu bucket list gue. Seperti biasa, kalo trip-trip gini diawali dengan postingan introduction yang isinya tentang persiapan gue sebelom akhirnya berangkat dan liburan di Turki. Semoga cerita tentang Turki ini tidak berakhir naas seperti cerita Brunei yang masih mandek di introduction. Mari didoakan.

Jadi, apa aja persiapan yang gue lakukan sebelom berangkat ke Turki?

1. Tiket Pesawat dari Indonesia ke Turki
First and foremost, I’d like to thank Qatar Airways for this opportunity to visit Turkey by giving me a dirt cheap airfare to Istanbul. Yaaa nggak dirt cheap macem free seat AirAsia jugasih, tapi buat maskapai sekelas Qatar Airways yang merupakan salah satu maskapai bintang 5 versi Skytrax (along with Singapore, ANA, Cathay, dan Asiana) ini udah murah banget. Emang dapet berapa sih, Ky tiket ke Turki? Oke, pelan-pelan ya. Seperti biasa gue yang bacot ini akan jelaskan kronologinya. Dibaca yang jelas ya, bakal gue kasih triknya buat cari tiket pesawat murah nih.

Suatu hari di bulan November 2013, Qatar ngasih promo 25% off world-wide ke seluruh destinasi, buat travel date dari November sampe Juni 2014. Jadilah gue iseng cari-cari. Karena Qatar ini punya kebiasaan pesawat yang dari Kuala Lumpur lebih murah dari yang dari Jakarta, jadilah gue cari KL-Istanbul-KL. Harganya kemaren sekitar 2000 MYR, kalo di rupiahin dengan kurs waktu itu yaa sekitar Rp 7.200.000 lah. Hmmm masih mahal. Lalu gue cek dari Jakarta, Jakarta-Istanbul-Jakarta. Hiyak ternyata harganya USD 900an. Hmm gimana kalo dari Singapore? Ternyata SGD900an juga. Oke, paling murah ternyata emang bener dari KL. Tapi karena sedikit penasaran, gue mencoba booking multi-city. Jadilah gue masukin rute KL-Istanbul-Jakarta dengan tanggal yang mirip sama sebelomnya. dan muncullah harga 1299 MYR per orang! Kalo di rupiahin sekitar Rp 4.680.000! My heart was racing at that moment karena ngeliatin harga yang segitu murahnya. Kenapa murah? Ini Qatar Airways, maskapai bintang 5. Jadi udah jelas kenyamanannya. Dapet meal dan bagasi juga. Serta bakal 4 kali naik Qatar (KL-Doha, Doha-Istanbul, Istanbul-Doha, dan Doha-Jakarta). Ditambah tiket Jakarta-KL yang bisa dicari seharga 500.000an, berarti dengan 5.2juta udah bisa ke Turki! Sebenernya nggak beda jauh sama total tiket gue ke China kemaren sih dan itu juga naik pesawat budget semua, tapi rasanya nggak sanggup beli tiket ini.
Whoa!

Karena gundah gulana, gue harus mengalirkan kegundahan gue. Jadilah gue iMessage adek gue, ngasih tau promonya dan nyuruh bilang ke Ayah siapa tau dia mau bayarin buat gue dan adik gue pergi. Long story short, akhirnya yang pergi gue sama Ayah. Padahal sempet muncul ide buat pergi berempat. Adek nggak bisa ikut karena takut sibuk ngurusin masuk kuliah dan segala tesnya pada akhir Mei. Mama juga nggak jadi ikut karena kasian kalo adek ditinggal sendiri. Yasudah, mungkin nanti ada waktu lain buat jalan-jalan berempat lagi, aamiin.

Akhirnya Ayah menyetujui buat ke Turki dan gue ngasih rentang tanggal yang memungkinkan. Gue selesai UAS 20 Mei, dan pada waktu itu memplotkan bakal KP awal Juni. Jadi dipilihlah tanggal 23-30 Mei 2014. Kemudian gue buka web Qatar Airways untuk booking tiket. Alangkah terkejutnya gue ketika harganya sudah naik sebanyak……….. 1 Ringgit. Jadi sekarang 1 orang kena 1300 MYR.
Alhamdulillah! Hore! Terima Kasih, Ayah!

Tiket pesawat dari Jakarta ke KL dibeli belakangan, dapet Rp 329.000 per orang dengan Malindo Air. Harganya lebih murah dari Lion dan AirAsia, padahal Malindo Air ini ngasih free checked baggage 20kg, ngasih snack, dan punya inflight entertainment. Yaudah langsunglah dibeli. Jadi total tiket yang dibayarkan untuk ke Turki dari Jakarta adalah , dengan rincian Rp 9.832.032 untuk Qatar Airways (terimakasih loh Citibank karena kursnya yang sangat gila) dan Rp 658.000 untuk Malindo Air. Jadi 1 orangnya kena Rp 5.250.000 untuk tiket. Murah lah yaaaaa.

Jadi beginilah rute dari Indonesia ke Turki, dan pulangnya
Jakarta (CGK) — Kuala Lumpur (KUL) — Doha (DOH) — Istanbul (IST) — DOH — CGK

FYI FYI: Dengan cara yang sama (KL-Destinasi Afrika/Middle East/Eropa-Jakarta), kalian bisa dapet harga yang woooowww banget murahnya. Kemaren gue cuma ngecek KL-Cairo-Jakarta yang seharga 4.2juta dan KL-Paris-Jakarta yang seharga 6.5juta. KAPAN LAGI KE PARIS 6JUTAAN?! Berhubung waktu itu mikirnya males ribet urus visa, jadi gue settle sama Istanbul. Next time ya, Paris. Didoain aja Eky nya. Terima kasih. Jadi jangan lupa ya kalo mau nyari tiket pesawat murah ke Eropa pake cara multicity ini!

FYI 2: Cara ini pernah gue coba lagi pas promo 30% off world-wide dan di rute dan tanggal yang sama persis dengan itinerary gue, harga untuk 1 orang berubah menjadi 1215 MYR. Huft agak sedih sih selisih 170 MYR buat 2 orang (~Rp 600.000). Tapi gapapalah, sekalian ngebuktiin kalo cara itu masih berlaku. Jadi kalo nanti Qatar ada promo lagi, cobain pake cara itu ya. You're welcome.

2. Penentuan Destinasi Selama di Turki
Setelah beli tiket, diketahui kalo gue bakal sampe di Istanbul tanggal 23 Mei jam 12 siang dan pulang tanggal 29 Mei jam 7 malem. Berarti ada sekitar 7 hari yang bisa digunakan untuk mengeksplor Turki. Kemudian gue melakukan browsing mengenai destinasi-destinasi yang turis banget. Maklum lah kalo first timer belom berani ke tempat-tempat yang off the beaten track, jadi ke daerah yang mainstream turis aja.

Berdasarkan hasil browsing pula diketahui kalo 7 hari buat keliling Turki itu sangat kurang, kecuali mau Istanbul dan tambahan 2 kota lainnya saja. Itu juga masih kurang kayaknya. Tapi karena tiket sudah dibeli, jadi terpaksa di muat-muatin lah. Destinasi yang short-listed buat didatengin adalah Istanbul, Göreme (Cappadocia), Pamukkale, dan Selçuk. Kenapa milih 4 itu? Istanbul ya karena udah kota paling hitsnya Turki lah. Göreme karena mau naik hot air balloon di Cappadocia. Pamukkale karena pingin ke Traventine. Selçuk karena mau ke Ephesus. Sebenernya masih ada Ankara, Antalya, Konya, Bursa, Troy, Mount Nemrut dan lain lain yang kayaknya menarik buat dikunjungin. Tapi bisa bisa di Istanbul cuma sehari doang. Jadilah yang lain direlakan dulu, kalo ada kesempatan buat ke Turki lagi baru deh mampir kesana.

3. Transportasi Antar Kota di Turki
Udah tau mau kemana aja, saatnya mengatur gimana caranya kesana dan naik apa. Serta gimana pengaturan urutan dan waktunya. Setelah liat peta, biar nggak muter muter urutannya harus Göreme-Pamukkale-Selçuk atau sebaliknya. Tapi akhirnya mutusin buat Göreme-Pamukkale-Selçuk aja. Terus, diputusin juga buat pas nyampe Istanbul langsung terbang ke Göreme pada hari yang sama, biar lebih efisien aja nggak perlu bolak-balik airport-Istanbul-airport.

Udah dapet urutannya, saatnya cari tau gimana caranya menjalani rute itu. Turki sendiri cukup luas dan daerah wisatanya tersebar ke seluruh penjuru Turki. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya operator bis antar kota di Turki. Transportasi antar daerah yang jauh emang enaknya naik bis malem, karena bisa menghemat biaya penginapan juga. Kalo mau cepet, bisa naik pesawat. Tapi kelemahannya pesawat adalah nggak banyak kota di Turki yang jadi hub. Main hub-nya udah jelas ada di Istanbul. Dari Istanbul kayaknya ada pesawat ke semua destinasi domestik. Tapi kalo dari kota kecil mau ke kota kecil lainnya, harus transit di Istanbul dulu karena nggak ada yang direct.

Abis mikir-mikir, akhirnya diputusin kalo sebisa mungkin gue naik pesawat aja. Kasian sama Ayah kalo kecepean harus tidur di bis. Jadinya Istanbul-Göreme naik pesawat (kalo naik bis 10-12 jam), Göreme-Pamukkale naik bis selama 11 jam (karena nggak ada pesawat langsung), Göreme-Selçuk naik kereta, Selçuk-Izmir naik kereta, dan Izmir-Istanbul naik pesawat. Untuk bis malem gue pake Metro Turizm (http://www.metroturizm.com.tr). Mereka bisa pesen online via websitenya, tapi buat bayar harus pake kartu kredit Turki. Jadinya gue minta tolong sama hotel aja buat bookingin, dan bisa. Untuk kereta nggak bisa pesen online dan harus beli di stasiun. Ini yang bikin sedikit was-was, karena gue nggak suka sama yang gak pasti gini. Gimana kalo keabisan tiket? Gimana kalo ada masalh lainnya? Tapi yasudahlah kalo keabisan tiket masih bisa naik bis aja.
Rute Domestic Flights: Istanbul (IST) — Kayseri (ASR) dan Izmir (ADB) — IST

Sisanya tinggal cari tiket pesawat domestik. Beda dengan China yang limited banget budget airlinesnya, di Turki malah banjir budget airlines. Ada Pegasus, Onur Air, AtlasJet, dan sebagainya. Pesawat full-servicenya ada Turkish Airlines. Sebagai pecinta murah, tentu saja gue ngecek Pegasus dulu. Oh ya, sebelomnya, kalo mau ke Göreme (Cappadocia) dengan pesawat, ada 2 pilihan airport yang deket sama Göreme, yakni Nevsehir dan Kayseri. Frekuensi pesawat Istanbul-Kayseri jauh lebih banyak daripada ke Nevsehir dan harganya pun lebih murah. Tapi letak Kayseri lebih jauh dari Göreme dibandingin dengan Nevsehir. Dari web Pegasus, didapetin harga sekitar 130 Lira buat 2 orang dan udah ditambah beli bagasi 15kg buat 1 orang serta tax dan surcharge. Kekurangannya, flight tersebut berangkatnya dari Istanbul-Sabiha Gokcen. Di Istanbul ada 2 airport, Ataturk dan Sabiha-Gokcen. Ataturk ini airport yang mainly urusan internasional, sementara Sabiha mainly domestik. Kalo Pegasus tadi mau yang dari Ataturk, harganya melambung ke 200an Lira buat 2 orang. Hal yang kurang lebih sama ditemukan juga buat kasus tiket pesawat dari Izmir ke Istanbul. Kalo Turkish Airlines jangan ditanya ya harganya, bisa 300an Lira sekali jalan buat 2 orang. Udah langsung dicoretttttt.

Sampai pada akhirnya pada hari natal 25 Desember 2013 kemarin, dengan isengnya gue cek web-web airlines Turki lagi karena lagi kepikiran buat beli tiket domestik. Pegasus dan kawannya tetep mahal. Sementara itu Turkish Airlines malah ngasih promo! Istanbul-Kayseri dan Izmir-Istanbul masing-masing 88 Lira buat 2 orang, udah termasuk bagasi 15kg per orang, dan airportnya Istanbul Ataturk! Wah langsung ngomong ke Ayah dan ngeyakinin kalo harga ini nggak bakal lama adanya, serta bilang juga kalo harga ini lebih murah dari naik bis yang 1 orangnya 50-60 Lira dan makan waktu 10-12 jam. Terus dia setuju dan akhirnya dibelilah tiket yang tergolong murah banget itu. Alhamdulillah!

Sehingga, secara rencana awal rute gue nanti adalah
Istanbul —> Kayseri = pesawat, 1 jam 10 menit.
Kayseri —> Göreme = shuttle transfer, 1 jam.
Göreme —> Denizli = bis malem, 11 jam,
Denizli —> Pamukkale = dolmus/angkot, 30 menit.
Pamukkale —> Denizli = dolmus, 30 menit.
Denizli —> Selçuk = kereta, 3 jam.
Selçuk —> Izmir = kereta, 1 jam.
Izmir —> Istanbul = pesawat, 1 jam.
Transportasi yang direncanain ada yang berubah pada saat dijalanin, tapi alhamdulillah berubah ke arah yang menguntungkan dan memudahkan.
Rute Rencana Perjalanan Darat: Göreme — Denizli — Pamukkale — Denizli — Selçuk — Izmir

4. Akomodasi
Karena jalan sama Ayah, jadinya rada nggak tega kalo disuruh nginep di hostel. Alhasil gue berkenalan dengan sebuah booking site yang sangat ajaib yang bernama booking.com. Kenapa ajaib? Karena disini kalian-kalian bisa booking hotel dengan opsi “book now, pay later” serta free cancellation. Emang sih nggak semua hotel punya pilihan ini, tapi lumayan banget lah apalagi buat orang yang belom ngefix-in jadwal. Yang jadwalnya udah fix pun enak karena bisa booking 1 hotel sambil cari-cari hotel lain yang ratingnya lebih bagus dan nawarin harga yang lebih murah.

Dari web ini gue mencari-cari hotel yang bakal diinepin di Göreme selama 1 malem, Selçuk selama 1 malem, dan Istanbul selama 3 malam. Nanya ke Ayah, budgetnya 5 juta buat 5 malem itu. “Wah gampang nih, Turki katanya murah-murah! Lumayan kalo sisa siapa tau bisa diminta uangnya hehe”, pikir gue awalnya. Waktu di Göreme emang bener, ada hotel yang murah dan ratingnya bagus. Tapi di Selçuk udah mulai kesusahan buat cari hotel bagus dengan budget yang ada. Terlebih lagi di Istanbul yang naudzubilah mahalnya. Usut punya usut, ternyata Istanbul udah masuk high season sejak bulan April sampai September. High season macem apa itu bisa selama ituuuuu. Karena high season itulah harga hotel di Istanbul meningkat 2-3 kali lipat. Baca review orang katanya hotel bagus 3 malem 2 jutaan, pas dicek jadi 5 jutaan buat 3 maleeeem.

Tapi dengan pencarian yang rumit dan bikin stress karena sempet tiap hari ngecekin satu demi satu, page demi page hotel yang ada di booking.com, akhirnya settle juga ke hotel-hotel berikut dengan budget yang disediakan. Masih sisa beberapa ratus ribu, lah dari budget Ayah di awal. Alhamdulillah. Jadi di Göreme gue bakal nginep di Royal Stone House, di Selçuk nginep di Urkmez Hotel, dan di Istanbul bakal nginep di Stanpoli Hotel.
Royal Stone House, Göreme

Urkmez Hotel, Selçuk

Stanpoli Hotel, Istanbul

Astaghfirullah ternyata udah panjang banget postnya baru sampe sini :O Udahan dulu deh daripada bosen. Berarti introduction part 2 bakal dipost terpisah. Isinya bakal ada cara bikin visa Turki, pilih-pilih hot air balloon, dan printilan lainnya. Tungguin ya! I swear it won't be long. Bye for now, hope you enjoy it!

47 comments:

  1. NIH KOMEN!!!! :p
    kalo ada promo coba tolong dibikin remindernya ky di sidebar beserta tips2nya. makasih masgan <3. semangat kpnya <3 berhubung sama bokap ada oleh2 dong(????) <3


    P.S: LO GATAU AJA ITU VIEWERS RAME TP 80%NYA GUE TP NGEREFRESH MULU??
    P.P.S: engga deng congrats ya om stroberi :3

    ReplyDelete
  2. Hahahahahaha terimakasih terimakasih. Semangat juga ye wisudanya!! Haduu lupa oleh-oleh :( Ada nih Turkish Delight aka Dodol Garut, mau nggak? Eh tapi sayang sih udah tinggal dikit mending dimakan sendiri (digetok).

    Wah!!!! Sempet kepikiran gini sih; jangan-jangan lo refresh terus-terusan hahaha terima kasih lagi atas support dan commentnya (yang setengah tulus — canda!). Akan saya balas dengan ngelike di instagram (penting)

    ReplyDelete
  3. halo!! tebak gue siapa? finally lo post juga tentang turkey setelah ditanya bilangnya baca blog aja. mau dong dodol garutnya! enak tau itu ky.

    ReplyDelete
  4. bu menteri mampir ke blog gue dan ninggalin comment :OOOOO *lari ke musholla terus gelar karpetnya disini*

    duh udah tinggal dikit mending buat cemilan aja nih libur masih panjang (emang dasar nggak niat ngasih jugasih *dipecut*)

    ReplyDelete
  5. mencoba untuk komen..
    sory selama ini nguntit blog ini mulu.

    sedikit cerita.dlu gw lg cari2 info,trs masuk ke blog lw.dan buka beberapa judul.
    akhirnya google now di hp gw notif mulu klo blog lw post judul baru.

    btw-tulisan bagus,kocaknya dapet..

    ReplyDelete
  6. Halo, terima kasih udah ngikutin blog ini dan ngasih comment disini.

    Waah alhamdulillah kalo Anda senang baca blog ini, semoga bisa terus ngasih info dan menghibur yaa :)

    ReplyDelete
  7. kok bisa murah bener yaa tiket.. nyarinya gimana?

    ReplyDelete
  8. Halo Yudistianty, nyarinya pas Qatar lagi ngasih promo yang biasanya akhir tahun. Judul promonya biasanya 25% atau 30% off worldwide. Triknya — yang udah 2 kali saya coba — udah dijelasin di atas, pake multi city booking KL-Destinasi Eropa/Afrika/Middle East-Jakarta.

    Terima kasih sudah mampir disini yaa :)

    ReplyDelete
  9. keren blognya, semua info dr booking hotel, baloon air dan tujuan wisata ada semua disini jadi panduan saya buat ke turki 2015
    oiya saya tau trik mesen promo qatar yang multicity dr kartupos yang ngeretweet tweet kamu loh
    thank alot yaa, turki udh lama jadi negara impian saya ... akhirnya kesampean juga untuk dikunjungi *semoga lancar sampe mei 2015 deh*^^

    anggi

    ReplyDelete
  10. Halo Anggi,

    Waah saya turut senang kalau blog saya bermanfaat buat orang lain :D Alhamdulillah kalau tiketnya sudah dibeli. Semoga semuanya lancar yaa dan selamat liburaan :D

    Terima kasih juga sudah mampir di blog saya :)

    ReplyDelete
  11. Halo rifky.. mau nanya ni. Biasanya qatar airways ngasih promonya yg 25% off itu brp kali satahun ya? soalnya kmrn dpt murah, tp telatan bookingnya. jadi pas mau booking udah naik hampir dua kali lipat, padahal masih di range hari promosi

    ReplyDelete
  12. Hai Fyaelisa,

    Pengalaman saya tahun lalu Qatar ngasih promo 25% dua kali, di bulan Oktober dan November. Nggak lama setelah itu ada promo yang 30%. Semoga berulang lagi siklusnya, aamiin.

    Ngomong-ngomong tentang harga yang murah, hari Senin saya nemu KUL-IST-CGK seharga MYR1391. Namun kemarin saya cek untuk rute dan tanggal yang sama harganya MYR2300. Saya jadi mikir, apakah sebenarnya harga MYR1391 itu kesalahan sistem atau bukan dan harga yang seharusnya adalah MYR2300. Semoga pikiran saya salah dan Mbak bisa dapet harga yang murah itu.

    Selamat liburaan, semoga bisa dapet tiket murahnya :D Terima kasih juga sudah mampir di blog saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. newbi nih, mas.. kok aku gak nemu tiket KUL-IST-CGK yaa.. nyarinya gmn ? udah cek di wsite Qatar n multycity .. maaf rada oon ..:)

      Delete
    2. Halo,
      Wah kok bisa ya? Tingga masuk ke webnya qatarairways.com, terus klik book flight dan pilih multi city. Nanti bakal muncul gambar kaya gini http://www.gofuntrip.com/files/qatar/qatar%20hanoi1.jpg
      Seharusnya kalau udah muncul gitu bakal lancar aja.
      baris pertama masukin KUL-IST, baris kedua masukin IST-CGK
      Kamu nggak bisanya emang kaya gimana?

      Anyway, terima kasih sudah main ke blog saya. Kalau ada yang mau ditanya silakan langsung ditanyakan aja :D

      Delete
  13. wuiih.. beneran y refky? alhamdulillah kalo ada lg promonya.hehe

    Selasa sore pukul 16.30 masih MYR2760 buat berdua, tp pukul 18.30 (pas mau mesan) malah berubah jadi MYR4660.

    Terima kasih infonya
    benar-benar blog yg bermanfaat


    ReplyDelete
  14. Iya, Mbak. Semoga saja ada lagi promonya dan cara multicity KUL-IST-CGK bisa muncul harga 1300an per orang itu.

    Waah, sama-sama Mbak :D

    ReplyDelete
  15. Salam, refky. Eh, mau nanya lg ni. Untuk penerbangan domestik di turki, turkish airlines kira2 ngasih promo kapan aja?
    kemarin itu refki dapat pemberitahuan promonya melalui berlangganan newsletter ato iseng ngecek tiap hari aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang tau kalo itu.
      Waktu itu sempet ngecek buat dapet gambaran, harga one-way Istanbul-Kayseri dari Turkish berkali lipat harga Pegasus.
      Tapi waktu diniatin udah harus beli tiket, saya buka semua web pesawat domestik Turki dan kaget pas liat Turkish Airlines lagi promo semua rute domestiknya, harganya one-way 44 Lira, all-in sementara Pegasus 80-100 lira.
      Saya nggak ngecek tiap hari juga.
      Boleh tuh langganan newsletternya biar kalo ada promo dikasih tau.
      Waktu itu saya beli tiketnya pas natal (25 Desember)

      Delete
  16. Alhamdulillah dapet tiket istanbul-kayseri 55 lira/person, all in.
    Tadi pagi saya iseng ngecek web turkish airlines, dr 84 lira bbrp waktu lalu, skrg turun jd 55 lira.

    makasi banyak blognya.. sangat luar biasa membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horee!
      Saya ikutan seneng kalo ada yang bisa dapet tiket promo :D
      Selamat udah dapet tiket Turkish Airlines seharga tiket bis malam, haha.
      Enak lho naik Turkish, dapet bagasi (walaupun cuma 15 kg kalo tiket promo) dan dapet snack yang cateringnya dari Do&Co yang enaaaak banget.
      Semoga lancar ya liburannya :DD

      Delete
  17. Salam, ky. Mau nanya ttg temp udara di turki. Sekitar tgl 9 smpai belasan mei masih dingin ga? Kan udh spring. Perlu bawa coat, boots, scarf, gloves gituan ga? soalnya itinerary saya jg sehari di bursa (mau ke uludag)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. In general sih nggak perlu lagi bawa coat dkk, karena early May udara di Istanbul kurang lebih kayak di Bandung. Saya cek barusan di accuweather.com suhu di Uludag pas early Mei 2014 kisaran belasan sampe 20an derajat. Kaget juga sih, kirain bakal di bawah 10 derajat karena Uludag salah satu tempat ski resort (iya kan ya?). Kalo gitu berarti gausah bawa coat dkk, mungkin jumper/sweater/jaket aja buat jagaj-jaga.

      Mungkin bisa cek di accuweather.com, masukin nama kota, pilih month view, terus cek bulan Mei buat tau suhu di kota-kota yang pernah didatengin. Soalnya kota-kota di Turki bisa beda temperaturnya padahal dalam periode yang berdekatan. Waktu itu saya di Goreme dan Kayseri cukup dingin tapi di Istanbul kepanasan.

      Delete
  18. Terima kasih buat infonya. Saya dpt KUL IST CGK 1922 pakai etihad untk bln mei, masih dibilang mahal sih tp lumayan lah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yay! Kalo tiket udah dibeli jangan dipikirin lagi mahal atau murahnya, tinggal prepare yang belom kayak hotel dan itinerary. Have fun liburannya bulan Mei nanti :D

      Delete
  19. Tanya dong, biasanya Qatar airways ngasih promo 25% off world-wide atau yang 30% off world-wide atau promo lainnya itu kapan aja ya?dan berlaku untuk penerbangan dari kapan sampai kapan ya?
    terimakasih

    ReplyDelete
  20. Wah untuk itu saya kurang tau pasti sih jadwal promonya, tapi waktu itu saya beli November 2013 pas promo 25% off, untuk terbang saat itu hingga Juni 2014. Pertengahan Desember 2013 ada promo 30% off untuk periode terbang sampe Juli 2014 juga. Beberapa minggu lalu kalo nggak salah ada promo 25% off juga, cuma kurang tau kapan periode terbangnya. Kalo mau tau info-infonya, daftar newsletternya Qatar Airways aja. Buka webnya, cari bagian newsletter (atau googling "qatar airways newsletter") nanti tinggal masukin email. Dengan begitu kalo ada promo-promo Qatar kamu bakalan tau deh.

    ReplyDelete
  21. halo refky,
    salam kenal..
    mau tanya dikit nih, kemarin beli tiket qatar dari kuala lumpur agak ribet gak imigrasinya di kl ntar?? takutnya ada cek ini itu lagi, klo di bandara jkt kan dah pasti orang indo jadi gak terlalu ribet..
    trus visa approvalnya gimana apakah sama seperti jika kita beli dari jkt-turkey-jkt? apa perlu tiket jkt-malaysia ntar untuk dilampirkan?
    saya sedikit bingung saja nih, belum pernah terbang dari negara orang soalnya selama ini
    maaf ya sebelumnya, masih newbie soalnya.

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, salam kenal juga :)
      Nggak ribet sama sekali kook. Visa Turki nggak perlu reservasi tiket, Mas. Isi data pribadi aja secara online. Setelah submit pembayaran, langsung masuk inbox visanya dan tinggal diprint aja. Gampang banget!

      Delete
  22. oh..gitu, terima kasih banyak refky.
    oh iya kalau untuk visa schengen apa cara ini bisa berlaku? book via kuala lumpur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm kurang yakin sih bisa apa enggak. Soalnya saya waktu itu pake dummy booking yang dari Jakarta.

      Delete
  23. Wow, kirain 1800 MYR pp KUL-IST dah termurah, soalnya KUL-IST-CGK 3000 MYR pas promo 30% Qatar di pertengahan Jan 16 kemarin, ada yg 1300 MYR ternyata. Btw, MYR n YTL emang lagi turun ya, waktu Refky ke sana MYR : 3600, YTL :5600, cmiiw, skrg MYR : 3200, YTL : 4600. Keren juga Rupiah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi!
      Harga tiket emang fluktuatif, jadi kalo harga tiket yang muncul udah masuk budget ada baiknya dibeli aja. Nunggu yang murah kalo nggak dateng-dateng yang ada malah makin mahal :))
      Bukan Rupiah yang menguat, tapi 2 kurs itu ikut melemah terhadap dollar haha :D

      Delete
  24. Waaaahh blog ini ngebantu banget...
    Salam kenal ya Ky..
    Mau nanya nih, waktu berangkat dari KL kamu butuh visa g?(visa untuk ke Malaysia) setau ku sih bebas visa, tapi takut ditanyain ama petugas ntar bingung hehe..
    Trus pas nunggu pesawat ke Istanbul pindah terminal g Ky?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Hana, salam kenal juga yaa. So glad it helps! :D
      Untuk ke Malaysia nggak perlu visa kok, tinggal kasih liat paspor aja. Ini nunggu pesawat ke Istanbul di Doha maksudnya ya? Kalo iya, nggak perlu kok. Airport Doha cuma punya 1 terminal aja.

      Delete
  25. Bang itu dpt berita 30% off world-wide dpt drmn? Newsletter qatar airways?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep dari newsletter. Tapi kemaren Eja sempet tau sebelum dapet newsletter karena lagi getol nyariin tiket ke Eropa haha. Sayang visanya belum jadi waktu itu, jadi nggak beli karena takut.

      Delete
  26. Assalammulaikum,
    numpang tanya untuk bikin evisa termasuk Single entry atau Multiple ya?
    *benerangakpaham

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, Nisa.

      Untuk pemegang paspor Indonesia, apply e-visa Turki itu dapetnya single entry.

      Delete
  27. halo kak, aku insya allah mau ke umraniye bulan depan (kalo visa cepet) tapi pas cek qatar airways paling murah 9jt hiks bantuin cari tiket murah bisa gak? maap lancang nyuruh-nyuruh :( anyway blog nya keren kak, bakal ku jadiin panduan nih wkwk saving page completed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kalo waktunya udah mepet menurut saya 9 juta termasuk murah loh. Udah cek kalo berangkat dari KL/Singapore belum? Biasanya lebih murah sih.

      Delete
  28. Baiknya bulan apa ya ke istanbul

    ReplyDelete
    Replies
    1. April-Mei! Bunga tulip lagi bermekaran di Istanbul :D

      Delete
  29. halo. salam kenal.

    aku mau ikutin rutenya Mas Refky nih untuk tahun depan. tapi untuk tukar mata uang Lira di mana ya? karena setau aku yg murah itu di Istanbul Grand Bazarnya. klo langsung ke Gomere, waktu itu mas tuker di manakah untuk rate yang bagus? thanks ya hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Stephanie, salam kenal juga.

      Iya bener, yang murah emang di kota Istanbul-nya. Waktu itu sempet liat nggak beda jauh rate-nya antar money changer dan nggak ada commission. Jangan di airport deh pokoknya nukernya. Kalo kepepet tarik uang di ATM aja pake kartu debit. Saya nuker di airport karena terpaksa dan awalnya takut narik ATM, tapi begitu tau rate-nya jelek dan potong commission berikutnya tarik ATM aja.

      Delete
  30. Halo, Refky. salam kenal ya. caranya buat ngeramein blog gimana ya Ky? udah browsing tapi masih gagal paham wkwk :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rissa, salam kenal juga :D

      Eeh blog saya emang rame ya? Hahaha bingun jawabnya gimana. Nulis yang sekiranya sering dicari orang aja Rissa kalo emang niatnya mau increase traffic.

      Delete