Monday, May 20, 2019

Sekarang Beli Tiket Pesawat Multi-city Bisa Lebih Murah Lagi!

Breaking News: akhirnya sekarang udah bisa pesen tiket pesawat multi-city di Traveloka!!!

Apa artinya? Sebagai pencinta diskonan, berarti sekarang beli tiket multi-city juga bisa lebih murah lagi karena dapet diskon tambahan! Selama ini saya pesen tiket multi-city cuma bisa dari website airlines atau online travel agent luar kayak Expedia yang nggak memberikan diskon. Untungnya masalah ini sudah tidak berlaku dengan tersedianya fitur multi-city di Traveloka. Alhamdulillah!

Oke sebelum saya menjelaskan bagaimana cara mendapatkan diskonnya, saya jelaskan dulu apa itu tiket pesawat multi-city. Sebenernya saya udah sering banget sih menjelaskan, bahkan sering kasih tau harga tiket yang miring banget setelah otak-atik multi-city ini. Contohnya adalah tiket PP ke Eropa yang bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp 5 juta dan ini udah berulang kali kejadian yakni Rp 4 jutaan ke Turki tahun 2013, lalu Rp 4 jutaan ke Eropa tahun 2015, serta Rp 4 jutaan lagi ke Eropa tahun 2017.

Budapest, Hungary

Apa itu penerbangan multi-city?
Sesuai namanya, multi-city berarti kamu bisa mengunjungi beberapa kota dalam 1 tiket pesawat. Bingung? Oke saya jelasin lebih lanjut.

Kalau sebelumnya kamu tau tiket pesawat itu cuma bisa dibeli untuk sekali jalan (contoh: Jakarta – Amsterdam) atau pulang pergi ke kota yang sama (contoh: Jakarta – Paris – Jakarta), dengan multi-city kamu bisa beli tiket dengan 2 destinasi seperti Jakarta – Amsterdam lalu pulangnya Paris – Jakarta. Menarik banget kan?! Sangat bermanfaat buat kamu yang mau eksplor banyak tempat di destinasi liburan. Dengan fitur ini, kalo kamu mau jalan-jalan di Eropa yang pasti pengennya mengunjungi semua negara (berlebihan), kamu bisa masuk dari kota A dan keluar dari kota B. Nggak perlu deh buang-buang waktu dan uang untuk balik ke kota A lagi.

Zaanse Schaans, Amsterdam, Netherlands

Saya sebagai orang yang cuti dan uangnya terbatas, selalu menggunakan fitur multi-city kalo liburan berhubung pengen liat banyak tempat. Contohnya:

Ini saya kasih contoh yang lebih konkret kenapa saya pilih multi-city pas liburan ke Eropa Tengah. Tempat yang mau saya datengin adalah Praha, Hallstatt, Bled, Bratislava, dan Budapest. Begini rutenya kalau di peta:

Rute perjalanan di Eropa Tengah

Berhubung jalurnya mangap (maafkan istilah yang asal, tapi kebayang kan ya), bakal boros uang dan waktu banget kalo saya beli tiketnya PP Jakarta – Praha atau Jakarta – Budapest karena begitu kelar di Budapest, saya harus balik ke Praha begitu juga sebaliknya.

Hallstatt, Austria

Terus kenapa maunya ke Praha tapi waktu itu beli tiketnya ke Amsterdam? Karena kalo belinya Jakarta – Praha dan pulang Budapest – Jakarta, harganya mahal banget mencapai Rp16 juta! Akhirnya saya cari kota lain yang harganya masuk akal dan transportasi menuju Praha-nya juga masuk akal. Kemudian terpilihlah Amsterdam karena harga tiketnya Rp 9 juta “aja” (pake aja karena ini peak season Lebaran), terus tambah Rp 1 juta buat sambung transport dari Amsterdam ke Praha. Lumayan banget kan hemat Rp 6 juta bisa buat biaya hidup di Eropa!

Sampai sini semoga sudah mengerti ya. Kalo ada yang belom mengerti, silakan tinggalkan komen. Akan saya jawab dengan senang hati.

Cara pesan tiket pesawat multi-city di Traveloka
Gampang banget sih sebenernya tinggal buka Traveloka dari aplikasi atau komputer/ laptop, pilih pencarian tiket pesawat, terus pilih multi-city. Tapi biar jelas saya kasih screenshot-nya deh. Dari aplikasi aja ya berhubung diskonnya cuma bisa dari aplikasi.

Begitu buka aplikasi Traveloka, pilih flight. Terus di bagian atas ada “Multi-city”. Kalo di hp kamu nggak ada, berarti perlu update dulu aplikasi Traveloka-nya.

Pilih tab Multi-city

Masukin deh rute multi-city yang kamu inginkan. Ini contohnya rute Jakarta ke Paris, pulang dari Geneva ke Jakarta.

Jakarta - Paris, Geneva - Jakarta dengan Turkish Airlines Rp8.7 juta (sebelum diskon)? Murahh!

Lewat fitur multi-city ini sekarang bisa pesen hingga 5 penerbangan dalam sekali transaksi. Praktis banget. Ini contohnya kalo ada yang mau jalan-jalan ke Bangkok plus transit 2 hari di Singapore.

Jakarta - Singapore - Bangkok - Jakarta

Selanjutnya kayak biasa pesen tiketnya: pilih penerbangan, isi formulir, bayar. Mau lebih murah? Tungguin diskonnya!

Penerbangan yang ada juga menurut saya udah canggih. Kenapa? Karena penerbangan Singapore Airlines yang nggak bisa saya pesan secara online bahkan beberapa agen offline nggak bisa ngeluarin harganya, bisa keluar di Traveloka! Nggak perlu lagi deh besok-besok ikutan ke offline travel fair karena harganya udah bisa muncul dan mirip dengan yang saya beli waktu itu!

Tiket yang harganya susah ditemukan ini adalah Singapore Airlines dengan rute Jakarta ke Hong Kong, pulang dari Sydney ke Jakarta. Masih inget banget saya sempet dibilangin kalo gak bisa multi-city yang jarak kotanya terlalu jauh. Ada-ada aja.

Harga berhasil keluar untuk Singapore Airlines dengan rute Jakarta - Hong Kong, Sydney - Jakarta. Lebih canggih dari beberapa offline travel agent!

Kalo mau tau info tentang multi-city lebih lanjut bisa baca di halaman berikut.

Mendapatkan diskon untuk pembelian penerbangan multi-city
Kayak yang tadi saya bilang, sebelumnya saya nggak pernah dapet diskon tambahan kalo beli tiket multi-city dari website airlines karena hampir nggak pernah ada promo. Makanya seneng banget begitu di Traveloka ada karena harga tiket pesawatnya sama dengan web maskapai dan Traveloka sering kasih diskon! Biasanya hari Senin – Kamis ada diskon Rp 1 juta untuk penerbangan ke Eropa, jadi lumayan banget kan jadi lebih murah. Bisa langsung cek aja promo di Traveloka. Siapa tau ada diskon yang lebih gede pas kamu mau beli tiket.

Diskon Rp 1 juta penerbangan ke Eropa!

Sebenernya setelah pulang dari Chile saya udah niat nggak mau keluyuran lagi, tapi karena tau fitur ini jadinya otak-atik rute penerbangan terus supaya dapet kombinasi multi-city yang murah. Hadeeeh bahaya deh nih tabungan ludes lagi :((

Selamat berburu tiket pesawat multi-kota! Jangan lupa bagi-bagi info di sini ya kalo nemu yang harganya lebih menggiurkan dibanding harga di atas :p

2 comments:

  1. hello, salam kenal saya Mamad dari madskitraveling.com. Ulasannya bagus, pas banget lagi nyari informasi tiket murah ke Eropa. Klo boleh tau, Mas Refky (atau Eky?) ini kerja office hour atau nggak? Ingin tau tips luangin waktu untuk perjalanan dan ngurus berkas-berkasnya. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mamad, salam kenal juga.

      Aku kerja kantoran. Luangin waktunya cuma pas weekend aja, itu pun makin ke sini makin nggak banyak sebenernya persiapannya. Asal yang bisa dipesen dari Indonesia udah dipegang, udah ngerasa siap. Pas di destinasi malah lebih sering merencanakan mau kemana aja haha.

      Delete