Sunday, August 13, 2017

Kembali Hadir: Tiket PP Ke Eropa Nggak Sampe 5 Juta Rupiah!

Well well well, mau menghadirkan sebuah godaan nih ke kalian: terbang ke Eropa pulang-pergi dengan Qatar Airways di bawah 5 juta rupiah kembali hadir!

Qatar Airways A359 at Doha Airport

Berhubung Ayah pengen banget liburan ke UK buat nonton bola, sebagai anak berbakti saya beberapa kali pantau harga tiket ke sana. Kemarin waktu Travel Fair berbagai airlines, berikut harga yang saya temukan untu rute Jakarta - London PP. Notes: semua tanpa cashback ya berhubung limited banget jumlahnya dan capek antrinya

  • Cathay Pacific: Rp9 juta
  • Qatar Airways: Rp9.2 juta
  • Singapore Airlines: Rp9.6 juta
  • Garuda Indonesia: Rp10.1 juta

Udah hampir beliin yang Qatar Airways, tapi nggak jadi karena masih mau nunggu promo yang biasanya dateng di bulan September/ Oktober/ November seperti beberapa tahun lalu.

Belum lagi mengingat sedihnya ketika harus melepaskan kesempatan terbang dengan business class-nya Qatar Airways yang baru-baru ini dinobatkan sebagai World's Best Business Class versi Skytrax. Hari itu, 31 Juli, Qatar Airways kelepasan buka banyak banget "Golden Ticket" dari Ho Chi Minh City dan Hanoi ke berbagai destinasi di US, UK, Europe, dan Africa. Tiket PP business class dari Ho Chi Minh atau Hanoi ke New York, London, Manchester, Philadelphia, Stockholm, Johannesburg, dan beberapa kota lain bisa dibeli dengan harga USD 550 - USD 700 (Rp7.4 juta - Rp9.5 juta) saja per orangnya! Ditambah tiket Jakarta - Ho Chi Minh City/Hanoi yang di kisaran Rp2 - 3 juta, harga totalnya tetep murah bangett!

Qatar Airways B787 Business Class

Hanoi — Manchester PP Business Class USD 2,270 (Rp30 juta) untuk 4 orang, alias Rp7.5 juta per orang!!

Saya udah heboh kasih tau adek yang lagi di rumah supaya cepet-cepet diskusi sama Ayah dan Mama, sekalian kasih screenshot pula tanggal-tanggal yang available, tapi malah kelamaan mikir dan keburu ditarik Golden Ticket-nya. Malah temen kantor saya yang berhasil diracunin dan beli tiket ke Philadelphia untuk merayakan ulang tahunnya berhubung dia pengen banget ke US (good luck ya dengan izin cutinya *senyum simpul*).

Iseng-iseng saya cari tiket dan kayaknya emang rejeki Ayah untuk ke London, walaupun bukan business class, saya menemukan tiket PP Qatar Airways kelas ekonomi dengan harga Rp4.8 juta untuk rute Jakarta - London dan Helsinki - Singapore!!

Qatar Airways nggak perlu diragukan lagi lah ya, menang Best Airline versi Skytrax juga loh tahun ini. Review saya tentang Qatar Airways bisa dibaca di sini. Udah 3 tahun lalu, tapi tetep oke (bahkan lebih oke apalagi saat saya udah jadi Gold member haha).

Qatar Airways Promo 2017 - London
(side note: Dear Qatar Airways, please add thousands separator lah on the price..)

Kali ini nggak lama mikir, langsung saya paksa untuk issued. Alhamdulillah, akhirnya Ayah akan liburan ke UK! Adek saya sengaja pilihin tanggal yang pas dengan jadwal tanding bola supaya bisa langsung nonton di sana. Mama pun ikut setelah dibilangin bisa mampir ke Paris dan Amsterdam. Berhubung mereka akan pergi selama 18 hari biar puas, saya nggak bisa ikut mengingat banyaknya jumlah cuti yang diperlukan. Huhuuu bakal sendirian lagi deh di rumah setelah awal tahun lalu ditinggal ke Beijing selama hampir seminggu :(

Setelah tiketnya issued, saya cari-cari lagi rute yang murah dan ternyata cukup banyak loh! Beda dengan promo sebelumnya yang punya trik harus start dari Kuala Lumpur dan pulang ke Jakarta supaya lebih murah, kali ini berangkatnya dari Jakarta dan pulang ke Singapore. Berikut harga-harga yang saya temukan, mungkin bisa jadi referensi kalian.

Buat yang mau ke UK, ada London dan Manchester pilihannya. Pulangnya cuma dari Helsinki yang murah, jadi harus buat 2 visa (UK dan Schengen).

  • Jakarta — London, Helsinki — Singapore Rp4.8 juta
  • Jakarta — Manchester, Helsinki — Singapore Rp5 juta

Males bikin visa UK dan mau keliling Eropa aja? Check this out:

  • Jakarta — Istanbul, Helsinki — Singapore Rp5 juta
  • Jakarta — Paris, Helsinki — Singapore Rp5.1 juta 
  • Jakarta — Munich, Helinki — Singapore Rp5.2 juta
  • Jakarta — Rome, Helsinki — Singapore Rp5.4 juta
  • Jakarta — Zurich, Helsinki — Singapore Rp5.5 juta
  • Jakarta — Milan, Helsinki — Singapore Rp5.5 juta
  • Jakarta — Frankfurt, Helsinki — Singapore Rp5.6 juta
  • Jakarta — Zagreb, Helsinki — Singapore Rp5.7 juta

Qatar Airways Promo 2017 - Paris

Beberapa catatan:

  • Berdasarkan random check, berlaku untuk keberangkatan dari September 2017 hingga Maret 2018
  • Kayaknya ada minimum stay 6 hari dan maximum stay 2 bulan. Kalo stay lebih pendek atau lebih panjang, bakal naik harganya. Saya jadi gak bisa weekend getaway ke Paris deh huhu (becandaa hahaha)
  • Harga di atas kayaknya baru muncul kalo dari Jakarta di hari Senin - Kamis. Berangkat Jumat - Minggu biasanya bakal naikin harga sekitar Rp200 ribu
  • Nggak mau pulang dari Helsinki? Kota lain yang bisa jadi pilihan: Pisa (nambah Rp700 ribu) atau Barcelona (nambah Rp1 juta). Sisanya cari sendiri :))
  • Jika pilih Istanbul, Turki perlu visa tapi bisa dibuat online dengan biaya USD 25
  • Munich/ Frankfurt bisa jadi start yang ok kalo mau explore Central Europe (Prague, Budapest, dkk)
  • Zagreb bisa jadi start yang sangat ok kalau mau explore Balkan (Croatia, Montenegro, Serbia, dkk) —> mupeng banget sama ini
  • Mau menikmati Doha berhubung sekarang pemegang paspor Indonesia sudah bebas visa ke Qatar? Multi City-nya buat 3 penerbangan instead of 2. Contoh: Jakarta — London, Helsinki — Doha, Doha — Singapore. Harga akan naik sedikit, sekitar Rp200 ribu tapi lumayan banget!

Prague View from Charles Bridge Tower

Amerika Serikat juga lumayan murah kayaknya (jarang research harga ke US berhubung belum punya visa haha)

  • Jakarta — New York, Philadelphia — Kuala Lumpur Rp7.9 juta
  • Kuala Lumpur — Washington DC, New York — Jakarta Rp7.9 juta

Qatar Airways Promo 2017 - New York (2,522 MYR = ~Rp7.9 juta)

Sekarang pertanyaan paling pentingnya adalah:
Bagaimana cara mendapatkan harga murah ini?

Buat yang belum paham dengan cara mencari tiket pesawat Multi City, berikut saya lampirkan caranya:

1) Buka web Qatar Airways di komputer atau laptop (www.qatarairways.com). Multi-city nggak bisa dicari di mobile web dan App

2) Klik "+Advanced search" yang terdapat di bagian kanan bawah


3) Klik "Multi City" dan masukkan rute yang kamu inginkan


4) Pilih flight-nya. Tulisan di box kuning di atas nggak usah dihiraukan. Selanjutnya tinggal ikutin petunjuk aja.


Honestly saya nggak tau ini promo dalam rangka apa, jadi nggak tau akan berakhir kapan promonya. Beberapa hari lalu Qatar ngeluarin newsletter tentang promo menyambut perayaan 17 Agustus dengan periode booking sampai 20 Agustus sih, tapi harganya nggak se-oke ini (contoh: Jakarta — Istanbul PP Rp7.8 juta, Jakarta — Paris PP Rp 8.7 juta, etc). Saran saya kalo emang ada jadwal yang cocok langsung pesen aja deh secepatnya. Happy hunting!

Hayooo gimana? Ada yang akhirnya beli tiket ini? Atau ternyata ada yang nemu tiket lebih murah? Share doong!

27 comments:

  1. Racun di tengah bulan nih. Jaman dimana sekarang harga tiket ke eropa lebih murah daripada ke asia timur, tinggal megap2 di visa dan biaya hidup yang lebih mahal. Tapi menggoda banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yepp bener banget, Eropa dan Asia Timur suka sama even lebih murah harganya. Biaya hidup lebih mirip Asia Timur kokk untuk Eropa Tengah (Praha, Budapest, dkk).

      Visa asal dokumen lengkap should be easy kok :D Racun buat saya yang punya Schengen visa multiple sampai 2021, jadi kayak nggak ada alesan buat nggak beli. Tapi sayang uangnyaa, huaaa :((

      Delete
  2. wow! that's a good one! so tempting to visit London again, tapi sayangnya aku sedang sabbatical dari jalan-jalan untuk sementara waktu. :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaaa sabbatical dari jalan-jalan! For how long and how to (successfully) do that? Aku udah berkali-kali niat gini tapi akhirnya tiap 3-6 bulan jalan-jalan lagi :))

      Delete
  3. Interesting post! btw nanya dong, i think couple weeks ago i also noticed the business class discounted fare. kalo kaya gitu, sebenernya QR officially announce untuk departure dari mana nya nggak ya? since i check from CGK the fare is still higher compared to departed from SGN.

    #teamqatar #fakirmileage haha

    Regards
    Yudo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yudo,

      "discounted business class fare" yang kamu maksud itu kayaknya error fare haha. QR intended to give some Golden Tickets for business class originating in SGN/HAN, but somehow the quantities were unlimited. Mereka announce sehari sebelumnya kalo bakal ada "small surpirse".

      Yay #teamqatar juga!

      Delete
  4. Mas, saya masih newbie nih, ingin tanya dong. Kebetulan ada acara conference di istanbul, berarti kalau misal saya issued [Jakarta — Istanbul, Helsinki — Singapore] saya butuh visa schengen ga ya untuk transit di Helsinki? Krn saya harus beli tiket flight dari IST ke HEL untuk menuju SIN. Atau ada pilihan lain ya?

    Mohon bantuannya, terimakasih banyak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, sepertinya kamu bakal butuh visa Schengen berhubung kemungkinan besar flight kamu dari IST ke HEL nggak bisa connect ke flight HEL-DOH. Unfortunately nggak ada pilihan lain...

      Delete
  5. Cuman bisa iseng cek-cek harga doang buat hiburan :)
    udah keracunan kelas bisnis yg dari vietnam kemarin buat ke pantai barat amerika latin (yg ngga ribet visa)..
    Ngga fakir cuti tapi fakir di kantong hahaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohoo lebih elite lagi keracunannya yang Golden Tickets :D

      Pantai barat LatAm tuh semacem Peru, Chile, etc ya? So exciting!

      Delete
  6. Taon lalu beli Qatar KL AMS KL 5,5jt keberangkatan juni 26 2017 kemarin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nicee murah emang tiket Qatar kalo berangkat dari KL ke Eropa. Enjoy Amsterdam!

      Delete
  7. kak, kalo misalnya udah pilih jadwal dll tapi tulisannya no fare can be found itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, itu abaikan aja. Pilih flight aja seperti biasanya. Happy hunting!

      Delete
  8. Ky kamu dapet info promo fantastis begini dari mana sih? Hahaha...

    Btw promo Golden Ticket itu akhirnya tiketnya beneran di-issue kah? Kalau gak salah aku baca ada beberapa tiket yang memang masih on hold statusnya trus dibatalin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini purely random haha, lagi iseng nyari tiket buat Ayah soalnya. Eh nemu jackpot gini :))

      Golden Ticket kemarin tuh ada beberapa case dan output sih:
      1) yang book dan langsung issued —> di honor Qatar
      2) yang book, hold ticket, bayar sebelum Qatar tarik Golden Ticket —> di honor Qatar
      3) yang book, hold ticket, pas mau bayar harganya udah nggak ada —> nggak di honor Qatar

      Temen aku masuk kategori 2, jadi bakal terbang 20+ jam each wa di World's Business Class versi Skytrax. Mupeeng! Haha

      Delete
  9. Mas kira2 promo qatar selanjutnya yg hrg nya sama dgn ini kapan ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya setahun 2x sih, di rentang Januari - Juni 1x, rentang Juli - Desember 1x. Kalo pattern-nya masih sama, berarti bakal ada harga kayak gini lagi di tahun depan..

      Delete
  10. Share juga dong bikin visa shengen nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Arief, aku pernah share cara bikin visa Schengen di tulisan ini ya: http://www.jambukebalik.com/2014/12/pengalaman-mengurus-visa-schengen-di.html

      Delete
  11. ms, nanya ya..masih blum paham nih..berarti kalau misal saya issued [Jakarta — Istanbul, Helsinki — Singapore] apakah saya perlu beli tiket terpisah untuk flight dari IST ke HEL?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, harus beli tiket terpisah dari Istanbul ke Helsinki

      Delete
  12. Kak,mau nanya tentang golden tiket. Di Internet ada gitu nemu tiket pp ke Georgia cuma 800K dari Jakarta. (source: https://mobile.twitter.com/KartuPos/status/818711352478867456/photo/1)

    Menurutku kak eky yg udah pengalaman nih, mending pesen yg ini atau nunggu golden ticket nuat yg ekonomi (ada kan ya?).

    Atau adakah info kapan kira2 golden ticket bakal keluar di Indonesia, Singapura, dan/ atau Malaysia? (Heran juga, taunya gimana sih? Apa dikasihtau via email?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Menurut kak eky"

      Punten sampe typo. Hehe

      Delete
    2. Wah nunggu Golden Ticket sih sangat nggak jelas kapan datengnya… biasanya cuma ada pas Travel Fair-nya Qatar Airways. 2 tahun belakangan sih selalu ada (setahun sekali), tapi nggak ada yang bisa jamin kapan lagi adanya..

      Delete
  13. kak refky buat review ttg business class nya dong! looking forward to reading itttt karena blm pernah naik business:(

    ReplyDelete
  14. Terima Kasih yaaa infonya, liat di Forum BI dan PTP akhirnya langsung beli buat ke US KL-DC, NY - JKT cuma 6,4. malahan sebenernya ada yang cuma 5,6 di tanggal dan rute yang sama cuma transitnya lebih lama sekitar 8 jam di Doha dan tengah malem juga jadi ga bisa city tour.

    ReplyDelete