Sunday, November 8, 2015

Ketika Tiket PP ke Eropa Nggak Sampe 5 Juta Rupiah...

Hah, nggak sampe 5 juta?! Naik getek?!

Ceritanya adik saya akan solo traveling ke Eropa pas winter ini. Sebagai kakak yang baik, saya harus memastikan kalo tiket pesawat yang dibeli merupakan yang paling murah. Jadilah beberapa hari belakangan ini saya sibuk otak-atik aplikasi Kayak dan Skyscanner di HP.
Jalan-Jalan di Paris - Eiffel Tower Merry Go Round

Seperti yang selalu saya terapin, saya cari tiket ke Eropa dengan cara multi city (bukan return/pulang-pergi yang kota asal dan tujuannya sama). Hal ini saya lakukan karena kalo belinya return Jakarta-Eropa, harganya di kisaran USD 1,000. Sementara kalo beli multi-city berangkat dari Kuala Lumpur ke Eropa dan pulang dari Eropa ke Jakarta, harga tiketnya di kisaran USD 450-600. Lumayan banget kan? Well, cara ini udah saya tulisin 2x sih, di sini dan di sini. Tahun lalu udah sempet share juga caranya di group Facebook Backpacker Dunia dan Backpacker ITB sampe diledekin "kayak travel agent" sama temen :')

Sampai hari Minggu minggu lalu, harga terendah masih Turkish Airlines di USD 516. Namun bumi gonjang-ganjing saat Senin (2 November) pagi saya nemuin Qatar Airways seharga USD 330 aja!!!!!!! Ini tanda serunya mesti banyak ya karena emang murah banget!!!!! (lagi)
tiket pesawat murah promo qatar airways ke eropa
Nggak sempet screenshot, jadi search di Twitter dan nemu dari sini

Dengan kurs USD sekarang yang Rp13.600an, berarti tiket Qatar Airways dari Kuala Lumpur ke Eropa dan pulang ke Jakarta cuma 4.5 jutaan aja!!! Tiket liburan saya ke Korea naik AirAsia aja nggak beda jauh sama itu setelah ditambah bagasi 15 kg. Itu juga nggak beli makan karena tiketnya mahal dan mending nyelundupin McD yang dibeli di LCCT (dulu belom ada KLIA2). Ini Qatar Airways gitu loooh! Maskapai bintang 5 versi Skytrax, Airline of the Year tahun 2015 versi Skytrax, pesawatnya ada IFE (personal TV yang penuh pilihan hiburan) di setiap kursi, dapet makanan minimal 1x, dapet bagasi 30 kg walaupun di ekonomi, dan masih banyak perks lainnya. Pas liburan ke Turki tahun lalu, saya 4 kali naik Qatar Airways dan puasssss banget! Review dan cerita pengalaman saya tentang Qatar Airways bisa dibaca di sini.

Usut punya usut, 2 jam kemudian saya dapet email dari Qatar Airways dan ternyata mereka emang lagi ada promo Global Sale dan banyak tiket yang diskon up to 30%.
tiket pesawat murah promo qatar airways ke eropa
Info Global Sale Qatar Airways dari langganan newsletter

Kalo tiketnya udah murah gini, rasanya liburan ke Eropa jadi terjangkau banget. Selama ini kalo denger cerita kan umumnya bilang pada nggak mau liburan ke Eropa karena tiket pesawatnya yang mahal banget. 

Visa ke Eropa bukannya susah ya?
Gampang banget! Tipsnya: urus lewat kedutaan Belanda di Jakarta. Waktu itu saya masukin aplikasi hari Senin, Selasa besoknya udah bisa diambil. Dapet multiple entry buat setahun pula!

Biaya hidup di sana bukannya mahal?
Mahal atau murah itu relatif. Kalo budgetnya terbatas, ya gaya liburannya juga harus menyesuaikan.

Makanan di sana mahal kan?
Bawa persediaan dari Indonesia! Qatar Airways ngasih bagasi 30 kg. Jadi kamu bisa bawa lauk-lauk kering, indomie, saos, bahkan bisa bawa rice cooker! Cari penginapan yang nyediain dapur, supaya bisa masak sendiri pas di sana. Di jamin bakal lebih hemat!
makan penne pasta di italia rome
Walaupun mau makan hemat, tapi pas di Itali usahain makan pasta sekali ya :p

Gimana dengan penginapan?
Mau yang murah? Pilih hotel yang agak di pinggir kota. Mau yang lebih murah? Banyak pilihan AirBnb di Eropa! Masih ngerasa AirBnb mahal? Masukin kode saya: mkamajaya1 atau sign-up lewat link ini supaya kamu bisa dapet potongan USD 20 di reservasi pertama kamu! Masih mau yang lebih murah? Pilih hostel yang kamarnya dorm! Mau yang gratis? Coba couchsurfing!

Transportasi buat pindah kota katanya bisa sejutaan sekali jalan?
Kata siapa?! <— bikin pertanyaan sendiri, nanya balik sendiri
Beli tiket kereta di Eropa jauh-jauh hari (max. 90 hari sebelumnya) bisa dapet tiket as low as 9 Euro sekali jalan! Contohnya dari Rome ke Pisa/Florence. Ada juga Megabus yang suka promo 1 Poundsterling sekali jalan di berbagai rutenya. Ditambah sedikit fee, total harganya jadi 1.5 GBP. Mahalan travel dari Jakarta ke Bandung itu mah! Kalo waktu kamu terbatas karena masalah cuti (curcol), pindah kota dengan naik pesawat bisa jadi pilihan karena banyak banget pesawat murah di sana. Ada easyJet (yang sempet saya review di sini), Ryan Air, Vueling, Transavia, dkk. Kayaknya kemarin Ryan Air lagi promo 15 GBP di berbagai rutenya.

Jadi apalagi yang bikin nggak mau ke Eropa?
When there's a (strong) will (to go to Europe), there's a way (to save money)!

Sayangnya promo ini berakhir hari Jumat tanggal 6 November 2015 kemarin. Promo yang kemarin ini heboh banget di Facebook dan Twitter. Sampe baru 2 hari di tanggal adik saya berangkat harganya udah naik jadi USD 400an. Padahal 2 tahun lalu pas ada promo yang sama persis dengan ini, sampe hari terakhir saya cek harganya masih sama.

Walaupun udah murah banget, adek saya masih ragu untuk issued tiket karena visa masih diproses di kedutaan. Sayangnya dia urus di Konsulat Belanda di Surabaya, karena ternyata kalo urus di sana aplikasi bakal dikirim ke Kuala Lumpur sehingga prosesnya bakal makan waktu 14 hari kerja. Yah, semoga bakal muncul lagi deh promo yang serupa gini. Kalo 1 dan 2 tahun lalu sih di akhir November atau awal Desember bakal ada promo yang mirip kayak gini. Mari kita tunggu!

Terus apakah saya ikut berpartisipasi dalam promo ini dengan beli tiketnya?

Gimana dengan kalian, ada yang beli tiketnya? Ada yang ragu mau beli tapi pas udah yakin jadi naik harganya dan gajadi beli? Atau malah ada yang nggak tau sama sekali kalo ada promo ini?

79 comments:

  1. Isi koper Europe trip ala2 emak gue : rendang kering, abon, sambel belibis sebotol (ampe bikin noda di tas jeti2 kado ultah kaga ilang2 ampe skrg), indomi, dan rice cooker beserta beras di dalamnya (karna tempat kosong dalem koper iti mubajir katanya). Engga cukup cuman rice cooker, dia pun masi bawa gelas sama stik pemanas buat bikin mi di gelas 😂😂 3 minggu cukup!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha tante lucu banget sihhhh. Untung aja custom Eropa nggak ketat kayak Australia/New Zealand ya. Pernah baca orang bawa rendang landing di Sydney terus harus dibuang. Karena sayang, jadi dia minggir dulu terus ngabisin rendangnya sambil diliatin petugas custom dong...

      Emak gue kemaren pas ke HK abis lebaran bawa nastar setoples tapi masuk bagasi. Pas dibuka udah remah semua berasa kayak abis kena gempa :(

      Delete
    2. ky ya pake bubble wrap dong kalo mau bawa makanan (dan barang2) yang rentan ancur.... :( semeter kurang lebih cuma 15rb kok di mayestik #pengalaman #sekilasinfo

      Delete
    3. Mana sempet beli bubble wrap kan baru packing H-1 :( Tapi terima kasih deh sarannya nanti kalo mau bawa makanan fragile lain bakal beli bubble wrap. Mayestik-nya mana ya? Kan luas banget, cuma tau toko kain Ikobana di Mayestik (anak labsky banget temenannya sama Ikobana)

      Delete
    4. itu makanan nya mahal bangett :|

      Delete
  2. USD 330 PP bulan May 2016? mana artikel buat cari ticket murah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren travel periodnya dari November 2015 sampe Juni 2016, Bang. Belom dituliiis masih ngumpulin daftar tips dan tricknya dulu biar lengkap :))

      Delete
    2. Pengen ke eropa tapi masih bingun dengan bahasa , berangkat sama pacar atau sendiri .. tolong kasih masukan gan . Kasih referensi nya juga biar biaya perjalanan semurah mungkin . Terimaassih perjalanan pertama gan ke eropa

      Delete
    3. Saya udah nulis beberapa cerita serta itinerary dan budget liburan ke Eropa sih di blog ini, mungkin bisa dibaca-baca :D

      Delete
    4. Ko ga ada pemberitahan ke gmail saya ya kalo om balas chat saya ? Budget 17jt mentok di 20 jt kira2 aman ga om budget segitu hasil nabung 3thn hehe

      Delete
    5. Bisa kok, asal dapet tiketnya yang murah ya (kalo bisa PP di bawah 6 juta). 2 juta untuk visa dan asuransi, jadi sisa 12 juta untuk jalan-jalan di sana yang menurut saya udah lebih dari cukup untuk 7-10 hari.

      Delete
  3. Ah, baru tahu trik multi-city begini Ky. Trims infonya!! :D

    Soalnya selama ini kaget juga ketika cek tiket pp Eropa - Indonesia yang entah kenapa kalau pp dan berangkatnya dari Indonesia selalu lebih mahal daripada pp yang berangkatnya dari Eropa, hahaha. Kalau bisa sampai 400an USD gitu sih MURAH BANGET GILAAAA..... .

    Jadi peansaran nih kira-kira trik yang sama berlaku juga nggak ya untuk pp yg berangkatnya dari Eropa? Hmmm.

    Cuma sayangnya Qatar bukan anggota SkyTeam nih :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emaang curang banget semua maskapai ini. Padahal yang developed countries kan Eropa, masa mahalan kalo PP dari Indonesia. Jangan bandingin sama Eropa deh, sama negara tetangga aja masih lebih mahal dari Indonesia :(

      Berlaku kok, Ko! Kemaren ada yang ngepost Eropa-Jakarta 300an Euro PP! Bisa ke Jakarta, Bali, KL, atau SG. Murahh!

      Hihi udah silver member SkyTeam sih ya, jadi alliance penting buat pertimbangan. Semoga loyalitas ini terbayar dengan sering dapet free upgrade kayak kemaren :))

      Delete
  4. wow,,Thanks bgt lho infonya, baca ini pagi2 langsung melotot sayang promo nya udah habis..smoga tahun depan promo lagi, pokoknya gw kudu ke Eropa tahun depan,,xixixi. Salam Kenal yaaa..#Tos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Denie, salam kenal jugaa :))
      Sip sip! Semoga ini bisa bermanfaat buat yang mau nyari tiket murah ke Eropa. Semoga tahun tepan kamu bisa liburan ke Eropa, aamiin!

      Delete
  5. aku termasuk yang termakan godaan promo terkutuk iniiihh...aaaaahhh aku lemaaah lemaaah. Meskipun gak semurah yang kamu dapet krn aku belinya udah hari terakhir, tapi tetep alhamdulillah kok.....one of my dream destination will come true :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha promo terkutuk tapi kepincut juga :))
      Iya nih promo ini banyak banget yang tau, sampe makin ke belakang harganya malah naik. 2 tahun lalu sepii banget, mantengin harga nggak berubah. Bahkan sampe diperpanjang sama mereka! Karena nggak ada yang beli kali ya :p
      Yaaayy asiik! Kemana nih dream destination-nya?

      Delete
  6. halo mas salam kenal, kebetulan april depan saya mau ikut conference di utrecht, dan saya pikir aga sayang aja gitu ya udah di eropa ga kemana mana, tapi cuma bisa 10 hari aja disana, maklum mhasiswi tingkat akhir dikejar deadline kapan lulus (?) so.. saya minat buat cari penginapan di airbnb gitu di sekitar delft (karena gatau kenapa saya interest sama delft dibanding kota lain hehe) dan saya nemuin yg harganya pas dikantong buat per malemnya, tapi masih ragu nih, aplikasi airbnb itu yakin aman ga sih mnurut pengalaman masnya? dan ada saran ga dari 10 hari waktu saya di eropa kirakira dengan budget standar bisa kemana aja? thx before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hilyah, salam kenal juga :D
      Saya sendiri sebenernya belom coba airbnb sih karena belum ada kesempatan (selalu lebih murah pake dorm karena saya sendiri). Tapi dari buanyak pengalaman yang saya baca, baik yang diinternet maupun yang dari temen sendiri setelah saya inform airbnb, itu aman kokk.
      10 hari itu free days diluar conference? Kalo iya, berarti bisa jalan ke Belgia dan Perancis juga tuh.. Tapi kalo enggak, mending di Belanda aja (Amsterdam, Delft, Utrecht) atau kalo masih longgar bisa main ke negara tetangganya, Belgia (Brussels/Brugges/Antwep) atau Jerman (Koln).

      Delete
    2. oh gitu oke, first experience ke europe sendiri dan nyoba airbnb semoga lancar deh hehe conference cuma 4 hari sih, dan saya udah list mana aja yg mau saya kunjungi di belanda sama belgia, pengen bgt ke bruges ke madam dummon buat beli coklatnya haha *kegoda sama bberapa saran dari blog lain*
      ohiya saya juga coba rome2rio buat cari alternatif transportasi disana gitu, cuma gangerti gimana cara booking atau gimananya haha oke makasih mas infonya, saya trus mantengin next postingan masnya loh, soalnya impian bgt bisa kayak mas gitu haha

      Delete
    3. Ahh iya banyak denger cerita Brugges itu bagus, gitu juga dengan Antwerp. Sayang waktu itu bahkan saya nggak mampir ke Belgia :(

      Oh kalo rome2rio itu saya juga pake buat cari jenis transportnya aja sih. Setelah tau company bus apa yang punya rute itu, saya langsung cek ke web company-nya.

      Ahh terima kasih! Semoga tetep betah baca blog saya yaa dan semoga bisa jalan-jalan ke banyaaak negara, aamiin!

      Delete
    4. oh ya, garagara jadinya ke dubai sama mesir itu ya? itu sih menang banyak haha next trip bisalah ya ke belgia :D
      untuk bookingnya sendiri dari berapa minggu sebelum keberangkatan?
      betah ko, kebetulan baru baca baca beberapa hari ini, dan udah kepoin lumayan banyak postingan masnya, saking serunya sampai pas praktikum toksik nungguin hasil uji iseng lanjut baca postingan yg udah lama disini haha

      Delete
    5. Yep karena itu. Kalo mau semua bisa-bisa nggak makan berbulan-bulan pas pulang haha. Booking tiket pesawat ke Eropa-nya 2 bulan sebelum berangkat setelah dapet visa Schengen-nya. Tapi saya apes dan ketinggalan pesawat, jadi beli tiket baru 20 jam sebelum keberangkatan haha (udah sempet saya ceritain juga dramanya).

      Happy reading, then!

      Delete
  7. Jreeeeng, aku menahan sakit hati bacanya. Aku beli Qatar juga ke Turki =)) Kayaknya musti mulai subscribe Qatar deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kenapa sakit hatii kan seneng beli tiket liburan ke Turkii! Sakit hatinya nanti aja pas liat tagihan kartu kredit (atau lihat mutasi di rekening) :))

      Delete
    2. Sakit hati karna murahan kamu =))

      Delete
    3. Eh eh eh emang saya beli *celingak-celinguk* :p

      Delete
  8. Wow! Jadi penasaran ni supaya bisa dapat tiket murah. Salam kenl mas 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bai, salam kenal jugaa :) semoga bisa dapet banyak tiket pesawat murah yaa!

      Delete
  9. Hiks..hiks kenapa baru di post tulisan ini setelah sale nya selesai? Mg lalu waktu start qatar sale, saya juga udah search tiket ke amsterdam, tapi carinya yg jkt - amsterdam, masih 12 jt. Gak tau kalo mau dpt murah, mesti dari Kl. Btw, thx banget atas info nya ini. Next time kalo ada sale, mau ikutin yg saran eky.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yepp kalo dari Jakarta emang pasti bakal jauh lebih mahal. Promo berikutnya harus search dari KL dan pulang ke Jakarta yaa supaya dapet yang murah :D

      Delete
  10. Hyaaaaa murah banget cuma 5 juta ke Eropa, saya juga dapat email promonya, sayang ngga berani lihat karena udah beli tiket Jepang tahun depan hahahha

    Minimal berapa hari sih untuk liburan ke Eropa itu? Trus visanya ngajuin dari Jkarta atau Surabaya mudah mana? Domisili kan sby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh seru banget bakal ke Jepang! Musim apa nih rencananya? Jangan spring dong nanti saya iri kalo liat foto sakura :'') hahaha.

      Nggak ada aturan sakleknya sih berapa hari. Kalo horang kayah 3 hari aja cukup kali. Tapi buat yang budget pas-pasan kayak saya mungkin minimal 1 minggu. Mudahan dari Jakarta! Waktu itu saya H+1 setelah masukin berkas udah jadi, sementara adek saya urus di Surabaya harus nunggu 14 hari kerja karena dokumennya dikirim ke KL dulu.

      Delete
  11. Replies
    1. Hihi jangan iri, ini cuma ngasih info buat promo berikutnya supaya bisa dapet yang murah juga :D

      Delete
  12. Qatar kata nya mmg lagi banyak promo, eh itu leonardo juga cari tiket promo yaaaa #laluDikeplak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhir tahun gini emang banyak maskapai yang ngeluarin promo, nggak cuma Qatar aja. Daripada pesawatnya kosong, mending banting harga :))

      Delete
  13. Halo boleh minta email atau cp nya ga? Biar kalau ada tiket promo bisa share ke saya hehehe
    email saya inelvariani@gmail.com
    Mau banget ke eropa tp kalau trip brg tour min 20 juta ke atas, pas baca blog nya lgsg terinspirasi jdi hunter tiket promo ke eropa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Inelva,
      Wah saya juga nggak selalu aware dengan promo semua maskapai. Supaya aware, kamu subscribe newsletter maskapai yang kamu pengen aja supaya selalu dapet info kalo mereka ada promo. Selain itu saya saranin join group Backpacker Dunia di Facebook karena dari sana banyak banget info promo, mulai dari yang beneran promo sampe yang salah harga :))

      Delete
  14. hahaha... yg promo kemaren itu bener2 heboh ya, rame benerrr yg ngomongin!
    aku sih sudah beli bbrp minggu sebelumnya dari maskapai tetangga. masih lebih murah yang dicapture di atas sih, tapiii... kalo pas dilihat di tanggal yang aku beli sebelumnya, harganya masih lebih murah yang aku book, jadi gak terlalu sakit hati, hahahah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emang selalu ada kepuasan ya pas ticket udah issued terus iseng cek harga tiket maskapai lain di tanggal yang sama dan menemukan harga yang lebih mahal. Lain cerita kalo pas iseng malah nemu yang lebih murah, dijamin uring-uringan setengah hari :))

      Delete
  15. Haduh parah ya emang promo ini menggiurkan banget... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangettt. Kamu sempet berpartisipasi nggak?

      Delete
    2. Salam knl ky..adk km urus visa via konsulat kan? N mkan waktu 14 hr kerja..jd booking tiketnya gmn it...trima ksh

      Delete
    3. Halo Samroh, salam kenal juga :)
      Lampirin reservasi seperti biasa aja. Kayaknya nggak malasah kalo reservasinya udah hangus.

      Delete
  16. Halo mas Eky.. nama saya Ronny. Makasih banyak yah udah berbagi di blognya. Saya jadi tau banyaaaakkk mengenai gimana dapet tiket murah ke Eropa :) Bulan Agustus 2015 kemarin sempat ke West Europe tapi karena "buta" sama sekali jadinya lewat tour, biaya sekitar 35 jutaan :(

    Rencana taon depan mau ke Turki / Rusia + Scandinavia / Islandia. Cuma masih bingung menentukan pilihan.

    Akhir Desember ini saya cek tiket ke Turki utk keberangkatan Maret 2016 dgn cara multi city harganya 7.7 Juta. Kayaknya agak telat yah ga pesen waktu promo Qatar di bulan November 2015 :,( Jadi masih nimbang2 dulu mau ke turki/nggak.

    Btw kalo mas eky ada rencana ke Islandia lihat aurora borealis dan nyari teman barengan kesana, kabarin ya mas. Dari dulu pengen kesana cuma susah cari temen karena ga banyak temen suka traveling, yang suka pun kendala di budget... :)

    1 lagi mas.. saya kan udah klik buat join di Group Facebook "Backpacker Dunia" tapi belum di approve sampe sekarang sama adminnya.. gimana ya biar bisa di approve? :D trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ronny, salam kenal juga ya. Dan terima kasih juga udah mau baca tulisan-tulisan saya :D

      Walaupun lumayan mahal, tapi yang penting udah ke West Europe looh. Enak juga tinggal duduk manis ikut sana-sini sama tournya, saya malah mau kayak gitu tapi sayang nggak punya banyak uang :))

      Alamaakk! Kece banget rencana tahun depannya *nebeng masuk kopernya* Saya mau bangettt liat aurora borealis, tapi sepertinya nggak di 2016 :( Tapi I'll let you know if I change my mind :D Ngiler banget soalnya tiap liat foto dan baca tulisan orang yang jalan-jalan di Iceland.

      Btw tentang tiket ke Turki, saran saya kalo emang 7.7juta itu udah masuk budget, beli aja. Soalnya nggak ada yang jamin tiketnya bakal lebih murah. Tapi sudah pasti akan lebih mahal suatu saat nanti *kasih racun hihihi* Saran saya, coba ke Scandinavia/Russia-nya naik Turkish Airlines terus pilih stopover beberapa hari di Istanbul. Walaupun (mungkin) sedikit lebih mahal, tapi kalo dihitung-hitung sebenernya lebih murah berhubung nggak perlu beli tiket Jakarta-Scandinavia/Russia-Jakarta dan Jakarta-Turki-Jakarta.

      Akk saya kurang tau masalah Backpacker Dunia itu, soalnya waktu itu saya masuk pas masih open kayaknya. Tapi ditunggu aja Mas, mungkin adminnya lagi sibuk. Btw siapkan diri Anda kalo udah join, banyak racun bertebaran!! Hahaha :P

      Delete
  17. kak , tanya dong
    kalau rute CGK-KUL-eropa PP

    saat ganti maskapai di KUL apakah ribet ?

    dari arrival ke departure , imigrasi, customs fee utk barang bawaan, baggage claim, dst

    trm kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Riri,
      Kalo ditanya ribet apa nggak, tentu ribet kalo dibandingin sama yang langsung dari Jakarta. Tapi berhubung selisih tiketnya bisa 4-5 jutaan, ya dibela-belian dikit deh :))
      Asal waktu transitnya cukup, nggak ribet kok semua tahapan itu. Saya pernah dari pesawat nempel di gate KUL sampe dapet bagasi within 30 mintues aja.

      Delete
    2. Makasih kak, infonya
      karena sekarang sudah tahu ribet
      berarti jeda transit antar flight harus lama
      kira-kira 4 jam transit mepet atau cukup ya ? kalau bawa rombongan yg ada orang tuanya ?

      Delete
    3. Kalo pesawat dari Indonesia-nya nggak delay, 4 jam itu lebih dari cukup menurut saya. Tapi kalo pesawat delay udah lain lagi ceritanya.
      Hmm kalo bawa orang tua jangan mepet-mepet yaa, takutnya harus rada lari in case delay terus malah nggak kekejar. Aman nya sih ambil yang sehari sebelumnya aja, sekalian main ke KL kalo emang belum pernah ke sana.

      Delete
  18. Hi refky :D

    Aku penasaran nih visa adeknya, total berapa hari jadinya? Maklum sama2 ngurus dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vika,
      Jadinya tepat 14 hari kerja setelah submit dokumen.

      Waaah asiknya mau liburan ke Eropa! Berangkat kapan nih?

      Delete
  19. Klw seminggu ke uerop nya pricenya brp,belanda 2 hari,prancis 2 hari belgia 1 hari,jerman 2 hari dgn asumsi pkai hostel,subway,bus,bserta mkn dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ammang,

      Sepertinya alokasi 1 juta per hari cukup, di luar tiket PP dan pengurusan visa.

      Delete
  20. Wahh lengkappp ih infonya thanxk bro pgn nanya2 banyakk ni cos okt nanti phn ke eropa!first time n low budget hihihi.bisa minta line id ot wa?tq

    ReplyDelete
  21. Mending via skyscanner or traveloka ya mas????saran dong...pgn nua si KL amstrrdam return.cm bingung sempet liat kok pake traveloka enk juga.menurut mu gmn ya?????bingung krn kurang jago bandingin harga pesawat hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nadina,
      Kalo mau tanya-tanya silakan kirim email aja. Alamat email saya ada di bagian about (di kanan atas page).
      Kalo mau KL-Amsterdam return coba cek Traveloka aja, harganya bersaing loh. Terus sekarang lagi ada program cicilan 0% juga, lumayan banget!

      Delete
  22. kemaren sempet liat tiket jakarta itali pp cuma 10 juta tapi malah ga beli krn nunggu siapa tau bisa lebih murah, eh malahan skrg naik nya smp sejuta lebih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Monalisa,
      Ahh I feel you! Rasanya kalo gini mau puter waktu supaya bisa beli tiketnya dulu *ikutan nyesek ngebayanginnya*. Coba dipantau beberapa hari lagi, atau cek pake komputer lain. Kadang suka rese mereka naikin harga, tapi begitu dicek dengan cara lain bisa turun. Tapi kalo udah dicek dengan cara lain harganya udah naik, ya saatnya pasrah :(

      Delete
  23. Hai salam kenal... aku rencana mei nanti berangkat ke Inggris nih hehe tp cm bentar seminggu aja...
    Untuk hotel, aku selalu dpt gratis di hyatt krn benefit dari tempat kerja... paling tinggal cari tiket2 murah aja.. pengen euy ke eropa lagi ajak keluarga, cuma aku kurang pinter cari tiket2 promo...
    Bisakah kita saling bagi info soal tiket promo? Klo mau bsa simbiosis, bisa dapet corporate rate buat hotelnyaaa hehe
    Email aku : anggita.thiana@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gita,
      Wah menarik banget penawarannya, tapi saya baru respon sekarang jadi udah telat ya :( Anyway, kuncinya kalo mau ke Eropa untuk tiket murah adalah search dari KL/Singapore. Harganya selalu lebih murah dibanding dari Jakarta. Happy hunting ya!

      Delete
  24. halo bro.

    Bro mau tanya, gue mau ke Paris, udah ikuti cara lo pake Multi-City search (SIN-CDG FCO-MNL). Itu murah bgt sampe cuma PHP 32,000 (Kalo di RP -+9jt-an, berhubung gue tinggal di Manila jadi pake nya PHP). Nah pertanyaan nya, itu harga yang gue liat di skyscanner itu beneran udah all in dari gue berangkat sampe gue balik ke Manila lagi kah?

    Mohon pencerahan nya, thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Reza,
      Udah all-in kok nggak perlu bayar apa-apa lagi. Emang trik multi-city ini berguna banget untuk yang mau ke Eropa :D

      Delete
  25. Nice post bro, asli murah banget under 5jt, gw coba hunting tiket PP ke Europe juga selalu dapat nya di kisaran 10jt PP karena dari Jakarta, baru tau trik nya harus multicity gini baru dapat murah.

    Seperti nya kalau baca pengalaman nya bro yang murah antara Turkish Airlines sama Qatar Airways ( CMIIW ) dengan catatan harus nunggu open promo dulu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Frenkey,

      Yup multi-city ini so far ampuh sekali untuk unlock harga tiket PP ke Eropa yang miring. Selain itu bisa dicek juga Etihad, kadang bersaing harganya. Mainin Kayak aja deh pokoknya, nanti tinggal pilih yang muncul paling atas :))

      Delete
  26. Hi Refky
    Mau tanya dong aku ada rencana buat winter ke eropa tapi ga tahan dingin...bego bgt ga sih...tapi itu cuma waktu cuti yg memungkinkan. Gimana nih pengen bgt ke eropa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Arya,
      Kalo rasa pengennya udah banget, sedingin apapun juga bakal tahan kok :)) Saran saya kalo mau maksain, bisa layering yang banyak (long john, daleman, jaket/sweater berlapis, coat). jangan lupa penutup kepala, kuping, dan syal.

      Kalo emang nggak tahan banget, bisa main ke Eropa bagian selatan (Spanyol, Portugal, Italia, Yunani). Tetep Eropa kok, dan mereka biasanya lebih hangat. Pokoknya jangan ke Scandinavia ya kalo beneran gak tahan dingin.

      Delete
  27. Hallo ekky, mau nanya lg nih. Promo yg akhir oktober-november dr qatar emg untuk penerbangan januari-juni tahun depannya ya? Saya kmrn g ikut promo yg tahun lalu soalnya dananya blm cukup. Skrg udah ada dana dan mau ikut yg promo akhir okt-awal nov (tahun ini). Dan kira² bisa gak ya untuk penerbangan secepatnya mksudnya pgn brgkt november tahun ini gt .. mohon jawaban + sarannya ya. Thankyouu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nauval,

      Setau saya sih periode terbangnya dari saat promo juga, sampai Juni tahun berikutnya. Tapi mungkin karena ketersediaan kursi promo last minute nggak gitu banyak, harganya nggak akan semurah kalo terbang tahun depannya.

      Kalo mau terbang Oct/Nov, coba cari Turkish Airlines deh. Kemarin sempet liat KUL-AMS PP 6 jutaan.

      Delete
  28. Halo salam kenal.. saya juga dapet flight kul-eropa naik qatar 5juta nih.fyi promonya sampe 5 Sep 2016. Setelah dapet dan gugling tentang qatar jadi nemu blog ini. Mas, bisa share ga, kalo kita naik malaysia airline cgk-kul, apa bener bagasi bisa ke checkin langsung untuk flight qatarnya? Codeshare itu maksudnya gimana sih? Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga ya :D

      Yay selamat sudah dapet tiket murahnya! Untuk bagasi, waktu itu saya nanya ke petugasnya dan katanya bisa. Tapi bulan lalu saya tanya katanya udah nggak bisa lagi. Kayaknya tergantung petugasnya sih, kamu coba tanya aja dulu dan kalo waktu transitnya singkat sepertinya akan bisa diterusin langsung bagasinya.

      Delete
  29. hallo mas,saya baru nemu artikel mas nih, saya juga mau jalan antar negara di eropa gitu mas, planning Inggris-Copenhagen-Amsterdam-Ceko-Hungary, bagus nya naik apa mas biar hemat? oiya mas, cari di skyscanner secara multiple flight gmn mas?soalnya saya cari tombolnya ngak ada gitu. Tolong saran nya ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Gerald,

      Saya udah lama nggak pake Skyscanner. Tapi kalo buka di desktop, ada pilihannya di samping sekali jalan sama pulang pergi. Kalo mau enak di HP, mending download aplikasi Kayak aja. Nanti tinggal pilih multi-city.

      Kalo rutenya gitu, berarti dari Indonesia ke Inggris, lanjut naik pesawat ke Amsterdam. Amsterdam ke Copenhagen bisa naik kereta, begitu juga Copenhagen ke Prague dan Prague ke Hungary.

      Delete
  30. Aku penasaran nih visa adeknya, total berapa hari jadinya? Maklum sama2 ngurus dari Surabaya

    ReplyDelete