Saturday, December 28, 2013

Problematika Menabung

kalo lagi bengong gini di rumah dan series udah abis ditonton, pasti ujungnya liat-liat harga tiket terus budgeting sambil bikin itinerary. udah kelar budgeting, pasti cuma bisa sesek dan emosi karena butuh uang banyak tapi ngebet pengen buru-buru kesana. tapi karena nggak mungkin, berarti harus sabar dan diliatin lagi aspek mana aja yang bisa dikurangin budgetnya. kalo udah dirasa nggak ada dan masih mahal, ya saatnya pasrah. kalo bener-bener pengen kesana ya berarti harus diniatin. harus nabung lagi.

nabung tuh capek banget, suer. rasanya pengen makan enak pake uang sendiri tanpa banyak mikir. pengen beli sandang juga. udah lama nggak beli sandang baru. uang lebaran kemaren dari mama langsung dipake buat uang jajan di Seoul. sisanya? ditabung buat trip berikutnya, ke Philippines dan trip berikut-berikutnya. pengen beli gadget baru juga. pulang dari Taiwan sebenernya udah diniatin kalo Januari 2014 mau beli iPad, eh duitnya malah dipake beli tiket lain.

kalo gini kesannya maksain banget ya mau jalan-jalan. tapi kalo dipikir, beli iPad buat apa kalo hp masih bisa dipake buka pdf dan masih kebaca? jadi pembelaan gue: mending dibeliin tiket deh, buat pengalaman dan liat negara baru dan gimana hidup disana. terakhir beli gadget itu kayaknya hp deh, which is 1.5 years ago. butuh harddisk eksternal juga, karena yang udah ada (1.5TB) udah mulai penuh dan harddisk laptop tinggal 20GB. jadi karena belom ada anggaran – sebenernya udah ada, tapi bernasib sama kaya anggaran iPad – ya harus diapus-apusin series yang dirasa nggak penting. tapi lambat laun saat udah nggak ada series yang bisa diapus, pasti harus beli HDD. semoga saat masa itu datang, udah ada rejeki yaa aamiin.

kalo sesek nabung gini, kadang nyesel. kenapa baru mulai traveling setahun terakhir. kenapa nggak dari SMA. kenapa nggak kenal AirAsia dari SMA – bahkan SMP? tapi kalo dipikir lebih dalam, mungkin emang ini takdirnya. gue juga nggak yakin sih, kenal traveling lebih dini bikin sekarang lebih santai dari sisi nabung. bisa-bisa gue nabung buat traveling dari dulu sampe sekarang masih terus nabung. kalo gitu caranya, nggak bakal deh punya hp dan laptop apel kroak ini yang pengorbanan banget belinya, sampe beraaat banget pas beli (cuma untungnya puas banget dan barangnya awet, nggak banyak tingkah sampe sekarang). nggak mungkin punya harddisk external sampe 2 biji, nggak mungkin juga nonton konser Maroon 5 waktu itu. yah, gimanapun juga semua emang udah jalannya ya, disyukurin aja.

jadi, kapan kira-kira bisa berhenti nabung? nggak dalam waktu dekat, yang jelas. tahun 2014, believe it or not, udah dilakukan budgeting selama 1 tahun dengan pemasukan berupa uang bulanan dan pengeluarannya berupa anggaran jalan-jalan. jalan-jalannya sendiri, setiap memungkinkan buat pergi, ya pergi. gue juga gak tau mikir apaan waktu beli tiketnya 6 bulan yang lalu. jadi tiketnya udah dibeli semua – ada beberapa yang butuh connecting tapi belinya pas udah deket aja kayaknya – dan harus dipake semua! gue udah bertekad tiket ke Kuala Lumpur - Jakarta yang seharusnya dipake Januari nanti adalah tiket terakhir yang gue angusin. nggak boleh gegabah dan nggak mikir lagi kalo beli tiket pokoknya. semangat nabung lah pokoknya!!! mungkin berenti nabung setelah ke Eropa? eh tapi US gimana? Brazil? Machu Picchu? Patagonia? alamaaakk

5 comments:

  1. ky gue ngerti banget itu rasanya nabung demi prioritas :_) gue kadang kalo ditawarin beli laptop baru ama nyokap suka langsung "MENDING DUITNYA BUAT MANDA KE JEPANG INI MASIH BISA DIPAKE KOK LAPTOPNYA" HAHAHAHA

    tetep semangat ky semoga birthday wishes dari gue terkabul semua yaaaa AMINNNNN :")

    ReplyDelete
  2. gue menjadikan wishes lo tantangan nih :') berat banget tapi kalo dipikir haha yang 23 dan 25 tahun diundur jadi 32 dan 45 tahun respectively boleh nggak (segitunya)

    ReplyDelete
  3. yaoloh wishes pun pake ditawar :"). yaudah mudah2an umur segitu at least udh pernah nyicipin semua benua ya walaupun baru beberapa negara amiiiiin C':

    ReplyDelete
  4. Aku doian biar bisa terpenuhi travelling ke negara2 yg dimau. Jangan berenti nabung tapi yaaa soalnya aku pengen nabung2 gitu cuma ya kok palnning doang dan hasilnya gatot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah terima kasih atas doanya :D
      Kalo mau nabung gitu emang tekadnya harus kuat, kalo nggak pasti bakal dipake buat jajan terus haha temen saya sering cerita begitu soalnya.

      Terima kasih juga ya udah mampir ke sini :)

      Delete