Wednesday, December 18, 2013

Semester 5

whoaaa time flies! the 5th semester almost  come to an end! udah lama ya nggak cerita akademik. jadi inget dulu masa-masa post isinya pelajaran mulu dan ngedumel terus, sampe akhirnya ganti header blog dari Life for Laugh jadi The Story of My Life. sekarang malah post isinya jalan-jalan mulu. capek jugasih nabung buat jalan-jalan. cuma paid off kok pas liburannya.

sekarang bahas apa yang terjadi selama semester 5 ajadeh. semester ini dimulai dengan tidak begitu baik, dimana pas PRS gue lagi di Seoul dan cuma bisa terkoneksi ke internet pas di hostel, jadi nanya-nanya orang ngambil mata kuliah pilihan apa aja cuma bisa malem. sebenernya semester ini mata kuliah wajib ada 18 SKS, tapi 5 SKS udah di-SP-in karena disuruh prodi. jadilah tinggal 13 SKS aja wajibnya. dengan target semester ini minimal 20, makanya bingung ngambil apa. singkat cerita gue akhirnya ngesubmit dengan matkul pilihan Termodinamika Statistik (3 SKS), Rekayasa Lingkungan Termal (3 SKS), Sistem Energi (3 SKS), dan Kapita Selekta Teknik Fisika (1 SKS). gila emang, 23 SKS dari maksimal 24. cuma akhirnya tau kalo RLT dan SiSen itu susahnya banget, jadi gue drop. KapSel juga gue drop karena di jadwal yang sama ada mata kuliah 2 SKS. terus pas PRS ngambil Konservasi Energi (3 SKS). niatnya nggak pengen ngambil KonSer karena jadwalnya nggak enak. niatnya mau ambil MKDU aja tapi kata TU Sostek nggak boleh karena udah ketinggalan lebih dari 3 kali absen. pas gue mau drop Konser jam 15.01, ternyata udah approved sama dosen wali gue jam 15.00.38 (inget saking tipis bedanya). jadilah semester ini ngambil 21 SKS. belajar apa ajasih? ayo sini dijelasin.

Sensor dan Aktuator (wajib) ini belajar tentang alat yang berhubungan dengan Sensor dan Aktuator. wah membantu sekali penjelasannya. tugas besarnya disuruh ngerancang suatu sistem sensor, boleh ide baru atau inovasi. dipikirin mulai dari ide dasar, cara kerja, biaya pembuatan, konsumennya, dan sebagainya. terus presentasi di kelas pake bahasa inggris. dosennya sering gak dateng karena ke luar negeri mulu, mulai dari Beijing, Seoul, dan terakhir ke Berlin.

Metode Pengukuran (wajib) ini belajar tentang alat-alat pengukuran dan sistem pengukuran serta seluk beluknya, kaya karakteristiknya, cara ngitung kesalahan ukurnya, dan macem-macem. waktu itu ada anak kosan nanya "ujian apa, Ky?" "Metode Pengukuran" "belajar cara make penggaris?" hi hi

Lingkungan dan Energi (wajib tapi narik dari semester depan) ini isinya duduk di kelas, lalu main hp. baru merhatiin saat batrenya merah atau abis. denger presentasi gitu deh tentang masalah lingkungan dan energi dan bagaimana kita sebagai lulusan teknik fisika mengatasi masalah tersebut. UTS nya nggak ada tertulis, melainkan bikin video tentang cara mengatasi permasalahan lingkungan/energi dengan tekonologi. UAS nya cukup bikin 2 essay maksimal 4 halaman mengenai lingkungan dan energi.

Konservasi Energi (pilihan) belajar gimana caranya menghemat energi yang digunakan suatu bangunan. awalnya belajar teori, setelah UTS disuruh audit energi bangunan komersial, mulai dari pencahayaannya, airnya, listriknya, dan lainnya. awalnya penasaran banget sama mata kuliah ini dan ada ketertarikan sama bidang energi. cuma ya karena ngambil mata kuliah ini juga karena keburu di approve sama dosen wali, jadinya agak setengah hati.

Termodinamika Statistik (pilihan) isinya diem, nunduk, main hp. sekalinya ngangkat kepala buat ngeliat slide juga percuma karena nggak ngerti apa-apa. oh ya, selain itu di kelas juga ngobrol ngomongin "anjir kayaknya sekelas nggak ada yang ngerti". abis dosennya kaya suka mencoba interaktif gitukan melempar pertanyaan, tapi 95% kelas hening saking nggak tau apa yang dibahas. ini belajarnya tentang Termodinamika, cuma diperhatiin dari sisi per molekul/partikelnya. pelajaran ini kaya nyampurin Termodinamika, Probabilitas dan Statistik, serta Fisika Kuantum dan Nano. nyaho. untung ujiannya online atau take home test, jadi bisa googling dan nanya nanya.

Transfer Kalor dan Massa (wajib) wah ini bingung belajar apa. intinya transfer kalor dan massa melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. di kelas 70% main hp dan ngobrol.

Pemrosesan Sinyal (wajib) kalo boleh pinjem kata-kata dan ekspresinya Charlie Skinner di The Newsroom, gue pengen banget ngomong ini di depan muka dosennya. "I MEAN, WHAT THE HELL?!" nggak tau pas kuliah jelasin apa, ngasih kuis rutin tiap minggu tapi nggak pernah dibahas dan sekalinya ngebahas dia juga bingung gimana jelasinnya, ngasih ujian susahnya minta ampun. bilang materi dari A sampe C, ternyata dia ngeluarin soal bahannya M-Q. yaudah tewas. kirain dia cukup terpukul karena muridnya nggak pada bisa ngerjain UTS dan bakal ngegampangin soal UAS. nyatanya, I MEAN, WHAT THE HELL?! post ini dibikin karena lagi kesel banget sama dosen mata kuliah ini. saat mulai kecium harapan bisa IP bagus biar dapet uang di semester ini, terpaksa hancur dan harus dipendam dalam-dalam. cuma keajaiban dan kebaikan hati dosennya yang bisa bikin gue dapet IP yang bisa menghasilkan uang cukup banyak. ah sedih. ohya, kuliah ini belajar apa? AUK AH ELAP.

sebenernya masih ada PR dan UAS TermoStat, cuma mager ya kayaknya pengen nyontek aja. udah kecium hawa-hawa rumah nih. tapi baru bisa pulang Jumat besok. terus gue pengen maksimalin liburan di rumah karena setelah diitung gue cuma punya waktu di rumah selama 12 hari dari tanggal 20 Desember sampe sebelom kuliah semester 6 dimulai 20 Januari. sisanya kemana? jalan-jalan dong~~ doain nggak tiba-tiba sendu dan homesick terus ngebatalin trip kaya IndoChina kemaren yaa, aamiin. 

No comments:

Post a Comment