Sunday, December 22, 2013

Craving for Boba: The Hunt

Taiwan adalah kampung halaman dari boba atau biasa dikenal bubble tea. sebagai orang yang emang suka sama bubble jelly yang bulet item dan kenyel manis itu, tentunya gue googling mengenai tempat-tempat wajib beli bubble tea di Taiwan, lebih tepatnya di Taipei. Berdasarkan sumber ini, akhirnya muncullah nama-nama tempat yang recommended. toko di bawah ini ada beberapa gitu di Taipei, ya kaya chain restaurant gitulah.
1. Chun Shui Tang
2. Chen San Ding
3. TenRen Tea
4. Gong Cha
5. Meeting Love/Happiness Taste

Perburuan pertama dimulai pas baru sampe di Taipei dari Taichung. waktu itu ujan dan enak banget ngeringkel di kasur hostel yang super pewe. Tapi daripada nggak sama sekali, jadinya gue buka foursquare buat nyari-nyari dari 5 tempat di atas, siapa tau ada yang deket hostel. Ternyata nihil. Yaudah malem itu keluar hostel cuma buat nengokin Taipei 101 aja. pas jalan mau balik lagi ke hostel, ternyata di deket Taipower Building exit yang mau ke hostel ada yang jualan bubble tea tapi bukan salah satu yang di atas. jadi cuma ngeliatin doang dan berlalu begitu saja.

Hari berikutnya tetep jadwal utama mengunjungi Taipei 101. Ujan tetep deres, bahkan lagi deres-deresnya. Ombak di pantai-pantai Taipei katanya lagi tinggi-tingginya. ini juga yang bikin gue batalin trip ke Hualien dan Kaohshiung. sedih sih, cuma daripada kenapa-kenapa, mending gue ngeliatin Taipei 101 yang super-awesome itu! udah bosen ngeliatin Taipei 101, saatnya muterin buat nyari 5 toko itu. Pas gue baca lokasi TenRen Tea, ternyata ada di basement mall yang sempet gue jadiin tempat berteduh. jadilah gue masuk kesana dan nyari. ada sih TenRen Tea gitu, tapi nggak ada boothnya. mereka jual teh belom jadi gitu dan segala yang related sama tea tapi masih dibungkus nggak siap minum dan harus diolah dulu. akhirnya pindah ke tempat berikutnya, yakni GongCha.

turun dari metro dan milih exit yang sesuai dengan petunjuk, akhirnya gue buka maps sambil ngebaca jalan (berhubung nggak nyalain data jadi gabisa nyari lokasi). sempet nyasar dikit, akhirnya gue berada di jalan yang bener. kata maps tinggal lurus aja sampe perempatan. terus gue udah mulai girang senyum simpul gitu. pas sampe perempatan, sepi banget toko-toko di sekitarnya nggak ada yang buka. cuma gue masih optimis kalo Gong Cha buka. kenapa tutup coba, kan dia jualan minuman doang. jadilah gue memutarkan badan gue di tengah perempatan dan betapa sedihnya pas nemuin kalo GongCha nya tutup :(((( katanya due to typhoon, makanya tutup. kenapa cobaaaa emang jellynya kebawa typhoon apa :'( karena udah sedih dan pengen banget bubble tea, akhirnya gue nyari booth bubble tea merk apa aja asal ada bubblenya. terus gue ke salah satu night market dan beli bubble tea. minta menu ke masnya, terus semua menunya dalam bahasa taiwan…… akhirnya nanya yang enak apa disini. terus dia nunjukin 1 nama dan bilang kalo itu milk tea jeruk nipis….. pusing gue kenapa yang laris malah yang jeruk nipis. mungkin lemon kali ya, tapi dia bilangnya "lime" kok waktu itu. akhirnya gue beli aja yang original dan minta bubble. dengan harga TWD55 (~IDR19.000), harus dikatakan kalo bubble tea pertama gue di kampung halamannya si bubble tea: HUWEEEKKK. tehnya nggak ada rasa! mungkin original bener-bener plain gitu kaliye. jadi bayangin kalo makan di kaki 5, dikasih teh tawar. nah yang gue pesen rasanya kaya teh tawar itu, dikasih es, dikasih bubble. untung bubblenya enak.

setelah kecewa, besoknya (dan hari terakhir gue di Taipei) gue udah males nyari boba dan udah fokusnya ke Taipei 101 aja. mulai dari ngeliat Taipei 101 dari Elephant Hill sampe masuk dan naik ke observation decknya. pulang darisana gue mampir ke toko bubble yang deket hostel dan pesen yang bubble milk tea (TWD 45~IDR16.000). rasa tehnya? lebih manis dari yang sebelomnya tapi masih kurang aja. tapi harus diakui bubble yang dikasih buanyaak banget. jadi dari 1 large cup, bubblenya 1/3 cup. pas tehnya abis, masih ada bubblenya 1/4 cup. coba di Jakarta. mana ada yang ngasih bubble segitu banyak? bisa bisa bubblenya abis duluan malah.
sisa bubble yang masih banyak

abis beli bubble, balik hostel, packing, dan persiapan ke Taipei Main Station buat naik THSR ke Taoyuan dan disambung naik bis ke Taipei-Taoyuan International Airport. sambil nunggu check-in, berdasarkan foursquare diketahui kalo ada Chun Shui Tang di foodcourt bawah. akhirnya kesana dan beneran ada. alhamdulillah! seenggaknya ada 1 yang kesampean deh dari 5 list itu, dan 1 nya itu yang nomer 1 alias paling recommended.
 cara mastiin ini Chun Shui Tang karena nggak ada tulisan latinnya: nyamain 3 karakter di atas itu dan logonya dengan foto di hp gue☺

jadilah gue kesana dan pesen yang ada bintangnya. lupa apa, kalo nggak salah original bubble milk tea. harganya TWD 75 (~IDR 26.000) buat yang regular. emang katanya paling mahal si Chun Shui Tang ini. abis pesen, gue dikasih ginian 
alat gaul

terus bingung dong buat apaan, biasanya kan kalo disini dikasih nomer doang. cuma gue nggak mau udik nanya ke mbaknya karena dia juga beleberan bahasa inggrisnya, nanti yang ada gue malah tambah bingung (sok bener berasa bahasa inggrisnya bagus mehehe). akhirnya gue duduk dan menunggu. setelah beberapa menit, alat tadi nyala dan geter-geter! WUOH CANGGIH CARA NGASIH TAUNYA! kirain mbaknya bakal teriak teriak "NUMBER TWO, NUMBER TWO!" kalo udah geter, alatnya dibawa ke tempat beli dan dibalikin, nanti dikasih minumnya.
mission accomplished!

bubblenya sendiri tetep kurang manis, tapi emang paling enak dibanding yang lain. tapi mungkin standar manisnya orang Taipei beda sama gue. apa guenya aja yang standar manisnya ketinggian? fyi manisnya gue itu manis yang sampe ocha dingin di Zenbu aja gue tuangin gula cair 3 gelas. ocha nya udah berubah nama deh jadi teh hijau manis.

dengan habisnya Chun Shui Tang gue, maka naiklah gue ke departure hall buat check-in dan berakhirlah hunting boba di kampung halamannya. buat Gong Cha, akhirnya nemu di Grand Indonesia waktu abis nonton 4DX. dan emang enak, manisnya pas. mungkin udah disesuain sama lidah Indonesia kali ya? oh ya, padahal di Taipei si Gong Cha ini tokonya kecil di pinggir jalan masuk gang gitu. eh disini malah adanya di dalem mall. emang ya suka berlebih orang Indonesia. tapi emangsih siapa yang bakal nemu GongCha kalo adanya di dalem gang, let's say misalnya di gang yang ada di BenHil?


1 comment: