Wednesday, December 25, 2013

27000 Miles

UPDATE Dec. 27: changed the title, because of this. also edited the map. so, one flight to go and i'm ready to welcome 2014!

fyuh, no kidding. waktu ngepost ini nggak nyangka kalo 2013 bakal jadi tahun yang seru banget dari sisi traveling. semua berawal dari umrah yang membuat sadar betapa sukanya gue naik pesawat waktu dulu. dan kemudian gue sangat terobsesi buat sering-sering naik pesawat. sebagai full-time student di negara yang liburnya irit banget, sampai umur 20 tahun ini gue udah – atau baru? – naik pesawat sebanyak 28 kali, dengan rincian: tahun 1993-2012 sebanyak 7 kali (semenyedihkan ini) dan tahun 2013 – sampai post ini ditulis – sebanyak 21 kali. GILA!

Bulan Januari gue ke Bangkok dan Pattaya bareng adek dengan tiket yang dibeli bulan Juli 2012, 1-2 minggu setelah gue pulang umroh. bener-bener abis umroh tuh langsung ngebet banget deh pengen jalan-jalan terus. 2 hari setelah dari Thailand, gue jalan ke Padang sama mama. daytrip aja – pagi nyampe, malem pulang. Februari sampe April duduk manis menikmati kuliah karena belom segitu awarenya sama tiket murah. Lima hari setelah dari Padang, seharusnya gue daytrip ke Makassar dengan tiket promo AirAsia. cuma waktu itu males banget karena capek dan waktu itu ujan jadi tambah males (alesan macem apa ini).

Bulan Mei, walaupun ada sedikit drama, namun akhirnya gue bisa ngebolang ke Hong Kong, Macau, dan Singapore serta transit di Kuala Lumpur, SENDIRIAN! berawal dengan drama, trip ini juga berakhir dengan drama dimana gue pake acara meriang banget di Changi. Bulan Juni dan Juli kebetulan jurusan gue mengharuskan mengambil semester pendek, sehingga tiket ke Semarang yang gue beli buat awal Juni harus dihanguskan.

selesai SP, niatnya mau IndoChina Trip (minus Laos) dengan rute Jakarta - Kota Kinabalu - Kuala Lumpur - Yangon - Kuala Lumpur - Phnom Penh - Siem Reap - Phnom Penh - Ho Chi Minh - Kuala Lumpur - Jakarta (bahkan rutenya nggak cukup sebaris). 7 tiket pesawat udah di tangan, semua reservasi hostel dan bis udah dipesen, visa Myanmar udah nempel di paspor, even udah sampe di Soekarno-Hatta tinggal bayar airport tax, tapi gue meneteskan air mata pas lagi bengong-bengong. dan akhirnya bukannya masuk imigrasi, malah keluar dan naik Damri ke Blok M. belom waktunya ke IndoChina. maybe next time :')

Bulan Agustus, pulang kampung ke Banyumas, Jawa Tengah dan 1 hari setelah balik lagi ke rumah, gue bersama adek gue terbang ke Seoul. jalan ke Seoul (dan Busan) ini bikin gue sadar kalo adek gue itu travel partner yang baik karena sering menyadari kalo jangan buang-buang uang di tempat yang nggak penting, misalnya Petite France dan Teddy Bear Museum biar uangnya bisa buat jajan. bentar, itu berarti dia baik apa buruk ya kalo ngelarang masuk-masuk gitu? pulang dari Korea, transit dulu di Kuala Lumpur dan kita berpisah disana. dia balik ke Jakarta karena udah masuk sekolah, dan gue lanjut ke Taiwan. di Taiwan rencananya mau ngunjungin 4 kota besarnya, Taipei, Taichung, Hualien, dan Kaohsiung. cuma apa daya karena adanya typhoon sehingga cuma bisa ke Taipei dan Taichung.

Bulan September gue berangkat ke Solo dengan kereta api dari Bandung karena ada tiket promo waktu itu, total tiket dengan biaya reservasi Rp 115.000 untuk kelas eksekutif. di Solo berapa lama? 4 jam saja☺ ngapain aja 4 jam? bengong, naik ojek buat beli Serabi Notosuman, sarapan mie rebus telor, bengong lagi, lalu pulang.

Bulan Oktober seharusnya gue ke Bali dengan tiket promo Citilink Rp 113.000. it supposed to be a perfect weekend getaway after excruciating mid-term week. tapi abis diitung itung kayaknya nggak worth. tiket boleh 113.000, tapi travel Bandung-SoekarnoHatta pp 200.000an. jadi batal ke Bali.

Bulan November gue ke Philippines menyambangi 3 airport disana, yakni Ninoy Aquino-Manila, Fransisco Bangoy-Davao, dan Mactan-Cebu. setelah itu gue balik ke Bandung dengan sebelomnya transit di Singapore. capek banget waktu itu, dalam 2 hari naik pesawat sampe 6 kali. oh ya, di awal bulan November ini seharusnya gue ke Balikpapan dengan promo dari Citilink, tapi dengan bodohnya gue salah beli tiket.

Bulan Desember? bulan Desember nggak kemana-mana. eh, belom kemana-mana lebih tepatnya. mehehehehehe *digetok*

2013 route map

sensor dikit ah

begitulah gambaran tahun ini. otak gue udah maunya naik pesawat terus, jalan-jalan ke tempat baru (new countries are preferred), dan nabung terus buat kesana. jadi agak nge-bodo amat-in akademik. semoga nggak jeblok-jeblok amat ya IP semester ini, aamiin.

tahun 2014 kurang lebih bakal hectic juga kayaknya, tapi semoga lebih terorganisir. maksudnya lebih mikir lagi kalo beli tiket, biar nggak ada yang angus kaya tahun ini. 

No comments:

Post a Comment