Monday, September 4, 2023

Pengalaman Mendapatkan Paspor Elektronik Same-day Tanpa Antrian Online

Sekitar empat tahun setelah mendapatkan paspor ketiga di tahun 2019 lalu, saya harus mendapatkan paspor baru. Sebenernya paspor lama baru akan expired Oktober 2024 dan masih ada sekitar 3 halaman lagi yang kosong, tapi karena perjalanan berikutnya akan pindah-pindah ke beberapa negara, 3 halaman nggak akan cukup. Terlebih pas perjalanan ke Brazil dan Afrika kemarin saya sempet deg-degan sebelum berangkat takut sisa halamannya (ada sekitar 7-8 yang kosong) nggak cukup karena sempet nemu thread di TripAdvisor forum kalo beberapa negara yang saya kunjungi cukup ketat dalam urusan minimal halaman paspor yang kosong. Alhasil itu halaman paspor yang masih kosong saya tempelin post-it supaya petugas imigrasi gak asal main cap.

Paspor lama

Paspor lama yang penuh dengan post-it

Terakhir perpanjang paspor ribet banget untuk dapet slot submit pengajuan via aplikasi, terlebih info di aplikasi gak jelas yang mengakibatkan saya harus daftar menggunakan KTP keluarga saya. Empat tahun berlalu, aplikasinya udah baru tapi tetep aja ribet dan makin susah dapet slot-nya.

Menurut saya yang bikin ini entah mikirnya apa, tapi untuk cek ketersediaan tanggal di suatu tempat itu harus isi form lengkap dulu. Kalo ternyata gak tersedia dan mau cek di tempat lain, harus ulang dari awal dan berarti ngisi form dari awal juga. Karena slot terbatas banget, mau nggak mau saya isi form beberapa kali.

Sama kayak sebelumnya, slot baru itu dibuka di Jumat siang sekitar jam 2. Ketika saya coba pilih, ternyata paling cepet di bulan Oktober. Gimana ceritanya ini padahal saya butuh cepet untuk pengajuan visa?! Btw ternyata sekarang setelah book slot harus langsung bayar paspor. Saya sempet book tapi akhirnya dibatalin secara otomatis karena nggak dibayar.

Slot hanya ada di Oktober untuk lokasi Kantor Imigrasi Jakarta Selatan

Untungnya saya inget bahwa adik saya pernah kasih tau ada layanan same-day yang tidak memerlukan antrian online.

Lokasi dan waktu layanan
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Instagram Direktorat Jenderal Imigrasi di account @ditjen_imigrasi, layanan walk-in pembuatan paspor same-day terdapat di beberapa lokasi yakni:
  • Unit Layanan Percepatan Paspor Lippo Mall Puri
  • Unit Layanan Paspor Pasar Pagi Mangga Dua
  • Unit Layanan Paspor Lippo Mall Kemang
  • Unit Pelayanan Percepatan Paspor Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
  • Unit Layanan Paspor Plaza Semanggi
  • Unit Percepatan Pelayanan Paspor Mall Cibubur Junction

Layanannya sendiri dibuka di akhir pekan di hari Sabtu dan Minggu dengan kuota yang terbatas, namun tidak setiap minggu ada. Ada atau tidaknya baru akan diinformasikan di hari Jumat sore sebelumnya. Untuk kuota per hari dari hasil baca-baca ada lokasi yang menyediakan kuota 50 seperti Lippo Mall Kemang, ada yang hingga 80-100 di bandara Soekarno-Hatta.

Pada umumnya layanan dibuka dari jam 8 pagi hingga 11 siang, namun jika kuota habis duluan maka bisa tutup lebih awal. Berhubung kuota yang terbatas, orang pun datang lebih pagi supaya bisa kebagian.

Dokumen yang diperlukan
Perpanjangan paspor hanya memerlukan paspor lama, KTP elektronik Jabodetabek, serta fotokopi keduanya dalam ukuran A4 (fotokopi KTP jangan dipotong). Bahkan di lokasi ULP Lippo Mall Kemang ada fasilitas self-service fotokopi gratis, jadi makin mudah menyiapkan dokumennya.

Syarat layanan same-day

Informasi dari Kantor Imigrasi Jakarta Selatan tentang KTP

Tambahan info adalah layanan ini hanya tersedia untuk pembuatan paspor baru dan perpanjangan paspor. Kalo penggantian paspor karena rusak tidak bisa melalui layanan weekend.

Biaya layanan
Layanan same-day ini ada biaya tambahan di atas biaya paspor sebesar Rp1.000.000. Jadi untuk paspor elektronik total biaya yang dibayarkan adalah Rp1.650.000 sementara paspor biasa adalah Rp1.350.000. Mahal sih sebenernya, tapi supaya dapet paspornya cepet jadi tetep saya pilih.

Mengajukan visa secara walk-in tanpa antrian online di Lippo Kemang
Setelah mendapatkan info dari petugas Kantor Imigrasi Jakarta Selatan melalui WhatsApp bahwa informasi akan ada layanan weekend atau nggak pada Jumat sore, saya mulai refresh profil Instagram mereka (@kanimjaksel) dari jam 3 sore. Sampe jam 6 masih nggak ada info jadi saya mikir mungkin minggu ini nggak ada. Tapi iseng cek lagi mendekati jam 7 malem dan ternyata weekend di tanggal 26-27 Agustus 2023 layanan dibuka.

Supaya bisa dapet kuota, saya berangkat dari rumah jam 5.30 pagi naik motor. Tiba di Lippo Mall Kemang jam 6.10 kemudian saya mengikuti petunjuk yang tersedia di review Google Maps untuk menuju tempatnya yang letaknya di gedung parkir lantai 2 area 5B.

Cara menuju Unit Layanan Paspor Lippo Mall Kemang
Kalo naik mobil bisa langsung ke parkiran, namun untuk yang naik motor begini caranya. Dari parkir motor jalan kaki lalu belok kiri dan akan terlihat tangga warna kuning yang dipisah antara naik dan turun.

Tangga kuning

Setibanya di atas, jalan menuju lorong yang ada security check. Waktu itu udah ada petugasnya dan saya diarahkan untuk masuk melalui pintu karyawan dan naik ke lantai 2 melalui service lift.


Service lift

Setelah keluar lift di lantai 2, jalan di lorong, lalu belok kiri. Ini sudah berada di dalam mall dan akan melihat petunjuk menuju kantor imigrasi yakni melalui pintu keluar di belakang Ixobox atau di dekat Informa. Kalo tiba ketika mall sudah beroperasi bisa masuk melalui pintu belakang di Informa.


Petunjuk di dalam Lippo Mall Kemang

Begitu sudah di parkiran, belok kanan dan keliatan petunjuk menuju kantor imigrasi. Ini petunjuk rada bingungin sebenernya. Jadi pas keluar di parkiran itu area 5A. Kalo ikutin petujuk ke atas, yang keliatan adalah 5C (atau 6A ya, lupa. Pokoknya gak ada 5B). Untungnya ada satu review yang bilang tetep ikutin petunjuknya ke atas lalu belok kanan. Kemudian jalan lurus terus sampai hampir ujung dan ketemu turunan di sebelah kanan. Baru deh keliatan itu area 5B dan ada kantor imigrasi di sana.

Petunjuk di parkiran Lippo Mall Kemang

Unit Layanan Paspor (ULP) Lippo Mall Kemang


Proses pembuatan paspor
Sekitar jam 6.25 saya ikutan antri dan di depan saya sudah ada 10-12 orang. Alhamdulillah, masih kebagian kuota. Kayaknya sebenernya gak perlu pagi-pagi banget karena jam 7an pun yang antri masih cuma 20-30 orang.



Jam 7.05 petugas mulai mendata yang sudah antre. Siapkan KTP elektronik untuk ditulis namanya dan kemudian dipersilakan masuk. Jam 7.30 nama-nama mulai dipanggil untuk mengambil nomor antrian dan diberikan map kuning. Siapkan fotokopi paspor di halaman identitas dan fotokopi e-KTP. Saya dapat nomor antrian 13.


Tepat jam 8 pagi satu per satu dipanggil ke ruangan untuk menyerahkan berkas dan diambil fotonya. Ada 3 loket yang dibuka dan proses lumayan lancar. Begitu dipanggil, saya serahkan berkas dan diberikan beberapa pertanyaan seperti udah ada rencana pergi atau belum dan kerja di mana. Pertanyaannya mirip dengan pengalaman sebelumnya, jadi gak tau ini bentuk “wawancara” atau basa-basi.

Setelah foto petugas memberikan kertas berisi instruksi dan kode pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui ATM, internet banking, atau Tokopedia. Petugas infokan pembayaran harus dibayarkan segera sebelum jam 10 dan paspor akan jadi dan bisa diambil jam 10-12.

Lembar pembayaran dengan kode bayar

Pilihan dan cara pembayaran paspor

Untuk pembayaran saya pilih melalui Tokopedia supaya bisa bayar pakai kartu kredit. Tapi sepertinya cuma bisa terima kartu kredit dari Citibank, UOB, dan Tokopedia Card. Awalnya saya coba pakai BCA tapi ditolak.

Pembayaran paspor melalui Tokopedia

Berhubung waktu itu masih jam 8.45, saya cari makan di mall dan yang baru buka cuma Kitchenette. Mayan lah berhubung tadi berangkat pagi dan belom makan. Kasian banget server-nya cuma ada 1 orang jadi kelabakan, mana makin siang makin rame dan mulai pada rese customer-nya maksa cepet-cepet.

Omelette di Kitchenette

Jam 10.15 saya sudah kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor. Nggak ada nomor antrian, jadi tinggal nunggu namanya dipanggil. Nggak sampai 5 menit nama saya dipanggil dan saya maju ke loket. Setelah mengecek paspor dan semua data benar, saya bisa pulang. Paspor lama dikembalikan dengan halaman identitas yang sudah digunting bagian bawahnya dan diberikan cap di halaman endorsement. Btw baru ngeh ternyata udah otomatis dapet paspor yang valid selama 10 tahun. Kirain harus request dulu.

Untuk pulangnya, saya sempet linglung cari jalan menuju parkir motor. Akhirnya nanya petugas dan diarahkan ke lorong di dekat Auntie Anne di lantai dasar.

Cap di halaman endorsement paspor lama


Sangat puas dengan layanan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan ini karena tersedia di weekend dan tidak perlu berurusan dengan aplikasi M-Paspor yang jelek itu. Walaupun ada biaya tambahan sebesar Rp1.000.000, tapi cocok buat yang perlu paspor cepat dan tidak mau sakit kepala dapetin slot.

No comments:

Post a Comment