Saturday, October 10, 2015

7 Tahun JambuKebalik

Waaah umur blog ini udah nambah 1 tahun lagi! Perasaan belom lama mutusin akhirnya beli domain untuk ngilangin kata "blogspot" di url. Ini telat 5 hari sih post-nya, karena post pertama blog ini tanggal 5 Oktober.
JambuKebalik… literally. Hasil karya MPIKE.

Dari sisi angka, dalam setahun blog ini tumbuh bangeet. Liat counter di kanan? Nah, sekitar 70% dari angka itu adalah total view selama setahun ini. Nggak tau mesti seneng atau sedih sih:
1. Seneng karena dalam setahun blog ini jadi lebih rame dari sebelumnya.
2. Sedih karena 6 tahun ngeblog ternyata yang baca cuma 30% dari angka sekarang :''')
Kalo liat stats tahun 2010, sebulan view-nya cuma 200 yang mana 50%-nya adalah saya sendiri. Sekarang dalam sehari bisa 3-4x nya.

Bertambahnya view berarti blog saya juga nambah yang baca! Terima kasih yang udah suka baca blog saya, entah emang udah tau dari dulu dan suka buka-buka maupun yang nyasar ke sini setelah cari info di Google. Contoh kasus nyasar: googling dengan keyword "mengapa sepatu terbuat dari kulit" dan nyasar ke cerita psikotes saya waktu SMA. Random ya...

Selain jadi banyak ada yang baca, blog ini juga jadi banyak ada yang komen! Tulisan beberapa tahun lalu mah hampir nggak ada yang komen. Sekalinya ada yang komen juga paling hasil maksa-maksa supaya komen (ini true story, btw). Makanya saya selalu seneng kalo ada komen yang masuk, entah itu nanya tentang pengalaman mengajukan visa Schengen (ini juara komen terbanyak sih), minta itinerary dan budgeting liburan di Jepang (runner-up), atau komen menanggapi tulisan saya. Intinya saya seneng kalo bisa berinteraksi sama yang baca. Oleh karena itu saya selalu berusaha untuk bales semua komen yang masuk.

Ada yang interaksi lewat komen, ada juga yang lewat personal macem email atau message Facebook. Kenapa ya nggak komen di blog aja? Kan mereka abis baca postnya bisa gampang langsung komen di bawahnya tuh, lebih praktis juga. Jadi kenapa ya ada yang lewat jalur personal? Sebenernya saya prefer kalau nanya lewat komen sih, supaya yang lain bisa baca juga. Tapi mau lewat manapun bakal saya bales juga kook. Btw yang pernah nanya lewat personal, komen di sini dong kenapa nanyanya lewat email :p

Dari beberapa komen, email, message, Line (!), dan WhatsApp (!!) yang masuk, saya suka dibuat tertegun dan terenyuh bacanya karena kata-katanya tulus banget. Dulu sempet saya screenshot-in satu-satu sih (saking girangnya), tapi di HP lama dan udah lenyap karena nggak di back-up. Ini ada salah satu komen yang bikin saya makin semangat untuk berbagi cerita (terutama yang tentang jalan-jalan) di blog ini.
Baca ini jam setengah 5 subuh dan rasanya seharian enteeeng banget :')

Dengan bertambahnya yang baca, berarti sekarang nggak ada lagi acara ngepost cuma buat ngelaporin hp rusak, ngasih tau nilai ujian (ini gapaham banget dulu kenapa segininya), atau bahkan ngasih info koneksi internet Speedy yang lelet.

Dari bertambahnya kunjungan ke blog saya juga, akhirnya saya juga bisa sedikit kecipratan rejeki hihihi *girang*. Belom banyak dan nggak dalam bentuk tunai sih, tapi saya juga udah bersyukur banget. Seenggaknya udah bisa "balik modal" setelah ngeluarin uang buat beli dan perpanjang domain. Udah ngelebihin, bahkan! Haha :p
uber bandung jakarta free code ubereky
Hal yang datengnya nggak pernah diduga tapi pas dateng bikin cengengesan :))

Salah satu rejeki datang dari cerita saya saat pertama kali naik Uber di Bandung. Berhubung Uber punya sistem referral, sepertinya beberapa orang pake kode saya: ubereky. Jadi saya kedapetan free rides (dulu sih credit balance). Alhasil sampe sekarang saya udah beberapa kali naik Uber di Bandung dan Jakarta belom pernah bayar. Selain itu masih ada beberapa free rides juga yang masih bisa dipake sampe Januari 2016. Alhamdu? lillah… Btw, tulisan saya tentang Go-Jek juga menghasilkan beberapa free credit sih, tapi belom sebanyak Uber.

Dari tulisan tentang Uber ini juga saya bisa dapet voucher hotel di Bandung. Siapa sangka?! Jadi waktu itu sayalagi di jalan tiba-tiba dikabarin pihak Uber Bandung kalo saya merupakan satu dari 2 orang yang kode referral-nya paling banyak dipake. Bingung dong?! Perasaan nggak sebanyak itu, tapi yaudahlah saya terima aja vouchernya. Terima kasih, Uber Bandung! Btw kayaknya saya yang lebih banyak referral-nya dibanding orang lain itu, karena kayaknya harga hotel hadiah saya lebih mahal dari yang kedua *hahaha tengil banget maapin*
uber bandung jakarta free code ubereky
Mendapatkan hadiah dari Uber Bandung berupa voucher hotel!

Rejeki lain dateng dengan cukup mengagetkan. Waktu itu saya lagi refresh email buat nungguin kabar sebagai jobseeker, eh ternyata yang masuk malah email tawaran kerjasama! Alhamdulillah... Siapa sangka bisa dapet rejeki dari nulis blog? Hahaha *ketawa enak*

Ke depannya, semoga saya tetep bisa rutin nulis di blog ini. Tulisan saya yang tentang informasi liburan, semoga bisa bantu-bantu yang lagi cari info. Sukur-sukur bisa sampe menginspirasi, kayak yang udah bilang ke saya. Tapi rasanya menginspirasi itu kok berat banget ya… Sementara itu kalo tulisan yang tentang kehidupan sehari-hari, biarkan saya curcol di sana :p Semoga yang baca juga betah dan suka baca tulisan saya, walaupun kadang suka panjaaaaaang banget sampe saya sendiri suka males baca ulang (lah?!) atau random banget sampe nggak paham sebenernya lagi baca apaan. Salam JambuKebalik! *yeeu*

16 comments:

  1. banyak bener foto terakhirnya. pusing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha beneran baru sadar sekarang! Terima kasih banyak udah diingetin, anonymous!

      Delete
  2. Hehehe, selamat ulang tahun ke-7 ya untuk blognya :D

    ReplyDelete
  3. Hi Ekky,

    Kami baru balik dari Turki kemarin Sabtu :D.. Kami mau bilang makasih banyak yaa.. karena travelingnya dengan sukses diilhami dari Itinerary Turki yang kmu bikin, kami contek 100%.. well ga 100% juga sih, karena dari Izmir kami balik ke Goreme demi naik balloon lagi, setelah balloon yang kami mau naiki di hari kedua gagal terbang akibat cuaca buruk. Jadi di istanbul cuma kebagian jatah sehari dan cuma bisa visit hagia sophia & sultanahmet. Semoga besok bisa balik lagi kesana amiinn..

    btw saya juga pakai uber codenya.. xixii..

    makasih banyak ya.. share terus cerita2 dan itinerary kmu travelling. semoga kami bisa travelling ke negara2 yang udah kamu visit. aminnn.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nisa,
      Woow, how was your trip? Udaranya udah sejuk-sejuk mau fall kah, atau masih panas bekas summer? Terima kasih juga udah baca blog saya. Saya ikut seneng kalo itinerary yang saya buat bisa bantu yang lain ngerencanain liburan.

      Ahh sayang banget pertama kali visit Goreme dapet cuaca buruk. Tapi setelah balik lagi dari Izmir bisa naik balon nggak? Yaah sayang di Istanbul cuma dapet sehari. Saya aja 3 hari rasanya masih kurang. Aamiin aamiin, semoga kita bisa balik lagi ke Turki! Saya masih pengen explore kota lain yang nggak kalah kece dengan yang kemaren dikunjungin.

      Hahaha terima kasih juga udah pake referral code Uber saya. Yes bisa naik Uber gratisan dong berarti :p Aamiin, semoga betah juga ya baca tulisan-tulisan saya di sini :)

      Delete
    2. It was amazing! i wish i can stay longer.. :)
      will definitely visit Istanbul lagi kalo besok jalan2 ke Eropah aminn.. :D

      Cuacanya udah dingin, ngecek di widget pagi2 pas sebelum naek hot air balloon, it was 6' C! brrr... pas siang udara mulai hangat, kata guide pas kita ikutan Green tour, october adalah bulan paling oke buat ke Goreme.

      Kami jadi naik ballonnya setelah balik dari Izmir, bahkan kami dikasi diskon 20 Euro sama Bapak pemilik penginapan, si Bapak Osman dari Pelin Pansion, padahal harga tanpa diskon aja udah jauh lebih murah dari rate yg dikasi sama ballon companynya. Karena kasian kali ya sampe bela2in balik lagi ke goreme :D

      Makasih ekky, pasti betah sih baca tulisannya.. Banyakin itinerary & tips2 yaa.. biar bisa terus di'contekin' :D

      x, nisa

      Delete
    3. Wah lumayan banget itu diskon 20 Euro! Eh ya katanya emang kalo pesen dengan dateng langsung lewat tour di sana harganya lebih miring dibanding yang dipasang di internet.

      Hahaha doain semoga bisa sering jalan-jalan juga supaya banyak yang bisa ditulis :))

      Delete
  4. Unik bgt naman blognya, jambu kebalik.. Boleh tau gak kenapa dinamain itu? Kepo. Hihihiiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya dibikinnya pas SMA jadi namanya masih rada khilaf. Tapi sayang kalo diganti. Gapapa "unik" supaya bisa diinget yang dateng ke blog ini :p

      Asal muasal nama jambukebalik bisa dibaca di tulisan saya setahun lalu pas blog saya ulang tahun yang ke-6: http://www.jambukebalik.com/2014/10/6-tahun-jambukebalik.html

      Delete
  5. I was googling in the middle of night, typed "travel ke hong kong" as the keywords, then found out your blog. Itinerary dan Biaya Liburan 5 hari di Hongkong (dan Singapura) was your first post which I read. I became so excited to read your other posts, then here I am still reading them one by one. So inspiring!
    Whoaaa, wow, gilaakk, sakit ni orang, maybe some of my expressions while being terhanyut in your blog haha :) I really want to try travel alone. Sad things, my father wont allow because Im a girl :"(
    Btw, lagi nabung juga nih mau ke Hongkong. Biasanya jambukebalik nabung brp lama buat sekali trip yg lgsg ke beberapa negara gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dian,

      Ahh really glad you enjoyed reading my writing! Tambah seneng lagi kalo bilang so inspiring, berarti berhasil ngeracunin orang-orang supaya seneng jalan-jalan… muahahah (ketawa seneng)

      Bukan nggak boleh kali ya, tapi karena belum waktunya aja. Semoga suatu saat nanti (hopefully in the near future!) sudah boleh solo traveling, aamiin. Hmm tergantung sih, kalo nggak ada gangguan bisa 2-3 bulan. Tapi kalo banyak godaan bisa 6 bulan kali ya haha.

      Delete
  6. Caranya buat referral code gmn? Syaratny harus naik Uber gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup sign up dulu aja nanti langsung ke-generate referral-nya. Untuk dapet referral, nggak perlu naik Uber dulu kok.

      Delete
  7. Terjebak jadi asik baca tulisan-tulisanmu Ky, gara-gara nggak sengaja nyantol nyari post tentang tiket murah ke Eropa. Di kantor nyolong-nyolong baca pas agak senggang, pulang kantor anteng bener masih hanyut baca blogmu aja. Informatif banget! Detail tapi nggak bosenin buat dibaca. Bikin wish list travelingku beranak pinak, adududuh. Terus nulis pantang kendor ya Ky! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Laras,

      Thank you for your kind words ya! Kadang kalo lagi males nulis dan baca beginian jadi semangat lagi :') Semoga tulisan saya terus bisa bikin kamu terhanyut dan betah ya. Dan semoga bisa makin ngeracunin kamu supaya wish list-nya makin panjang.. muahauahua *ketawa enak*

      Delete