Monday, June 15, 2015

Pengalaman Naik Uber di Bandung


Suatu hari di tahun lalu saya lagi baca travel blog langganan saya dan dia lagi bahas tentang Uber di Amerika sana. Saya cuma baca sekilas aja karena nggak begitu tertarik. Dari hasil baca itu, saya nangkep kalo Uber itu nggak beda jauh sama taksi. Saya sih ogah banget sama taksi. Selama ada angkot atau kendaraan umum lain yang murah, sebisa mungkin saya nggak naik taksi. Karena itu saya nggak begitu tertarik dengan Uber. Begitu Uber dateng ke Jakarta saya juga tetep nggak tertarik. Ngapain naik yang mahal-mahal kalo masih ada angkot?!

Kemudian Ojan si Mahasiswa Berprestasi ITB ini secara random ngomong ke saya. "Ky, lo tau Uber nggak?" Saya jawab kalo saya tau dan dia kaget kenapa saya bisa tau apa itu Uber. "Gue nggak segitu ansosnya kali…" Ternyata, Ojan ini lagi bantu-bantu tim Uber karena bakal launching di Bandung. Tapi saya tetep nggak tertarik. Dia ngobrolin tentang Uber, saya cuma manggut-manggut aja sambil nimpalin sedikit pengetahuan yang saya tau tentang Uber.

Uber sendiri soft launch di Bandung tanggal 29 Mei 2015 yang lalu. Berarti sekarang di Indonesia Uber udah ada di Jakarta, Bali, dan Bandung. Jumat minggu lalu (5 Juni 2015),  Ojan dateng ke kamar kosan saya. Terus dia buka aplikasi Uber, dan request Uber. Saya liatin layar HP-nya yang kemudian memberikan informasi tentang berapa lama lagi mobilnya dateng, jenis mobil yang akan dateng, lengkap dengan plat nomer dan nama supirnya! Sesuai dengan estimasi waktu yang diberikan, kemudian sebuah mobil Avanza dateng dengan plat nomer yang sama. Ojan kemudian keluar kosan dan masuk ke mobil tersebut. Karena terkesima, saya ngintipin mobil itu jalan dari depan kosan menuju Cititrans Dipati Ukur *norak detected*

Sejak terkesima itu, saya langsung bertekad buat nyoba Uber. Setelah dapet Rp 75.000 sebagai free credit dengan masukin kode promo dari temen (mau tau gimana caranya dapet free credit Rp 75.000? saya bakal kasih tau di post ini!), saya bertekad buat pake Uber secepatnya. Awalnya pengen nyoba buat dipake dari kosan ke ITB, tapi karena takut diomelin karena terlalu deket akhirnya saya mengurungkan niat. Sampe akhirnya Rabu sore kemarin saya diajak makan sama temen di daerah Citarum dan pulangnya saya pesen Uber.


Berikut pengalaman saya pake Uber di Bandung (beserta screenshot dan gambar-gambarnya).

Sebelum order Uber, kalian harus bikin account dulu. Pertama download aplikasi Uber di HP kalian, tinggal search "Uber" di App Store dan kemudian install. Tahap berikutnya adalah sign-up.

Untuk sign-up, ada pilihannya connect to Facebook dan bikin account baru. Waktu itu saya pilih yang buat account baru. Untuk isi "Mobile", pilih bendera Indonesia dan masukin langsung angka setelah 0.

Kemudian di next dan isi first dan last name.

Tahap berikutnya adalah memasukkan data kartu kredit. Saya kurang tau bisa pake debit apa nggak.

Supaya dapet free credit sebanyak Rp 75.000, tap "enter promo code" dan masukin kode uberjambue. Lumayan loh Rp 75.000, bisa buat dari ITB ke BIP 5 kali!

Tadaaa jadilah profile Ubernya.

Untuk cek credit, bisa tap "PAYMENT" dan nanti ada balancenya. Ini balance saya setelah pake Uber sekali. Awalnya ada Rp 75.000.

Setelah selesai buat account dan udah ada credit di dalam account Anda, mari kita pake Uber-nya! Jangan lupa ya, masukin promo code "uberjambue" (tanpa kutip–atau klik http://www.uber.com/invite/uberjambue) supaya bisa dapet free credit sebanyak Rp 75.000!

Buat order Uber, kalian buka dulu aplikasi Uber dan pilih pick-up location. HP-nya harus aktif internetnya ya! Dari GPS di HP, lokasi sekarang kalian bakal kedetect. Bakal ada alamatnya juga di bagian atas. Kalo kurang akurat, geser-geser dikit aja petanya. Kalo udah geser-geser tapi masih nggak pas juga, pilih yang terdekat aja nanti tinggal sms drivernya buat kasih alamat yang bener dan lebih spesifik.

Kemudian tap "SET PICKUP LOCATION". Di sebelah kiri tulisannya itu akan ada angka, dan itu merupakan estimasi waktu Uber akan datang di lokasi pick-up yang udah dibuat. Setelah itu akan muncul konfirmasi.

Selanjutnya tap "REQUEST uberX". Di Bandung adanya baru UberX aja. Kalo di kota lain udah ada UberBlack (yang lebih mewah), UberPlus, dan jenis lainnya. Bahkan di India ada Uber Rickshaw. Setelah tap REQUEST, nanti bakal muncul detil mobil yang akan jemput kalian. Mulai dari nama driver, foto driver, plat nomer mobil, dan jenis mobil.

Kalo detil yang di bawah itu di swipe ke atas, bakal muncul beberapa option seperti contact dan cancel trip. Biaya cancel trip kalo nggak salah Rp 30.000. Berhubung tadi di peta saya pinpointnya ke Jalan Citarum No. 33 padahal saya di No. 35 (Restoran De Soenda), saya sms drivernya buat koreksi alamat tersebut.

Kemudian muncul lokasi real time dimana mobil berada. Dari situ kita bisa tau mobilnya udah dimana dan ada estimasi waktu kedatangan mobil yang cukup akurat.


Ketika mobil udah sampe di lokasi, hp bakal geter dan muncul notifikasi "arriving now".

Dan kemudian...

Mobilnya beneran dateng! Hahaha *norak*

Setelah cek pelat nomer, tipe mobil, dan muka drivernya, saya nggak sabaran langsung mau masuk padahal mobilnya masih gerak sedikit *tambah norak* Padahal kalo saya sabar dan sok terbiasa naik Uber, bisa kayak Ojan yang dibukain pintu sama driver Ubernya.

Setelah masuk, saya kembali bilang kalo tujuan saya ke Cisitu Indah dan mobil mulai jalan. Di jalan kami ngobrol cukup banyak. Mungkin karena saya bilang kalo ini pertama kalinya saya coba Uber, driver saya juga jadi banyak cerita tentang Uber.

Selama nyetir, driver saya beberapa kali ngecekin hp. Ternyata pas saya intip di hp itu ada pinpoint tujuan akhir penumpangnya. Jadi kalo nggak tau arah bisa liat peta dari hp itu.

Setelah sekitar 20 menit, saya nyampe di kosan. Uber ini sistemnya cashless, jadi pas sign up diminta nomer kartu kredit. Buat bayar, nanti Uber langsung narik ke kartu kreditnya. Jadi begitu sampe, saya cukup bilang terima kasih aja dan langsung keluar dari mobil.

Berhubung saya punya free credit Rp 75.000 dan ride kali itu cuma abis Rp 22.000, jadi nggak ada tagihan yang dicharge ke kartu kredit saya. Dan free credit saya tinggal Rp 53.000 deh sekarang.


Ini rincian biaya trip saya waktu itu.

Base farenya itu Rp 3.000. Biaya per kilometer Rp 2.500, sementara per menitnya Rp 400. Lumayan murah sih menurut saya, berhubung sekarang taksi base farenya udah Rp 5.000-6.000 (gak tau deng, terakhir naik taksi kayaknya 1.5 tahun lalu :p)

Overall saya puas banget sama Uber ini. Apalagi saya bayarnya pake free credit, jadi nggak ada biaya yang dicharge ke kartu kredit. Gratis tis tis! Menurut saya, enaknya Uber ini adalah:
1. Gampang banget pesennya
2. Bisa tau posisi mobil saat mau jemput secara real time
3. Nyaman juga karena mobilnya ber-AC (beda sama angkot)
4. Door-to-door dari asal ke tujuan, jadi nggak perlu pake acara jalan kaki dan ganti angkot
5. Kalo diitung-itung harganya murah loh, apalagi kalo naik Uber-nya nggak sendirian jadi bisa patungan dan nggak jauh beda sama angkot
6. Cashless! Nggak ribet mikirin uang dan kembaliannya. Pas nyampe tinggal bilang terima kasih, terus keluar mobil deh.
Dari hasil ngobrol sama driver saya, Uber di Bandung ini katanya masih sepi. Dia pernah sehari ngangkut 2-3 penumpang aja. Mungkin karena belom banyak orang yang tau juga tentang keberadaan Uber di Bandung. Selain itu angkot di Bandung lumayan luas jangkauannya, jadi mungkin mereka masih pilih naik angkot aja.

Kalo kalian mau iseng-iseng nyoba Uber dari kosan ke kampus gitu misalnya dan nggak mau keluar uang, silakan sign up di uber.com atau langsung dari aplikasinya di hp kalian. Masukin uberjambue di bagian promo code. Lumayan loh dapet Rp 75.000!

Atau bisa juga klik ini (https://get.uber.com/invite/uberjambue), nanti tinggal masukin data diri kalian dan promo code uberjambue. Inget ya, buat daftar ini kalian harus punya kartu kredit karena sistemnya Uber ini cashless. Saya nggak tau juga bisa masukin nomer kartu debit apa nggak.

Ini saya berhasil ngebujuk salah satu temen saya buat coba Uber dan dia puas banget! Hahaha.

Gimana? Seru kan naik Uber? Emang jaman sekarang teknologi itu ya… ckckck *berasa udah umur 50 tahunan* Tertarik dengan Uber? Pengen nyoba tapi belom mau keluar uang? Masukin promo code uberjambue saat kalian sign-up dan kalian bakal dapet Rp 75.000 secara cuma-cuma!

55 comments:

  1. itu nomer hp sengaja ngga diblurrin? biar ada yang kontak ya? boleh uga caranya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deeuh yang lagi berbunga bunga abis diajak nari-nari sambil tarik-tarikan selendang matanya ampe siwer... Itu nulisnya 8567891011 kok :")

      Delete
  2. ki,kode promo nya gk bisa tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rizkyyy, maaf kalo sebelumnya nggak bisa. Barusan udah sedikit diubah settingannya. Mungkin bisa dicoba lagi. Semoga sekarang udah bisa yaa :D

      Delete
    2. gara2 tulisan lw,gw coba ini uber.mayan sency ke BL (semoga lw tau tempat ini) 26rb.alias pake kode promo jadi gratis..👍👍👍

      Delete
    3. Tuhkaan enak pake Uber. BL ini Budi Luhur kah? Gue pernah dari Sency ke rumah (5-10 menit dari budi luhur) naik taksi abis 60.000. Berarti Uber emang irit banget. Belom lagi ada kode promo ini jadi bisa gratis :p

      Promosiin ke temen-temen lo supaya pada nyoba Uber. Pake kode promo gue aja biar bisa gratisan juga, udah dibenerin kok ubereky jadi bisa dapet Rp 75.000 :p *malah promosi lagi*

      Delete
  3. Jadi Uber ini macam Go-Jek, tapi pakai mobil ya?

    Kayanya menarik dan murah, tapi jujur saya merasa ini ada biaya terselubung. Jatohnya nggak murah juga.
    1. Harus punya kertu kredit. Nggak semua orang bisa afford kartu kredit.
    2. Harus punya smartphone. Akunnya kan personal, kalau sharing smartphone nggak lucu juga.
    3. Jaringan internet harus stabil. Berarti aplikasi ini mensyaratkan inet di HP nyala terus. Biaya lagi. Kalau jaringan putus di tengah jalan gimana ya?

    Silakan dikoreksi kalau ada yang salah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yogi,

      Iya Uber ini semacem Go-Jek tapi pakai mobil.
      1. Nah kartu kredit ini salah satu hal yang bikin banyak temen saya jadi nggak bisa nyobain Uber. Tapi karena sistem Uber ini emang cashless, jadi mau nggak mau harus pake kartu kredit. Karena di Uber ini begitu mobil sampe, kamu masuk, perjalanan, dan begitu nyampe tinggal keluar aja. Nggak perlu mikirin uang pas, kembalian, dan sebagainya. Buat yang punya kartu kredit dan butuh Uber sih jadi terbantu dan praktis banget, tapi buat kota dimana belum banyak orang yang pake kartu kredit hal ini yang bikin Uber belom banyak peminatnya. Kalimat ini saya sadur dari omongan supir Uber saya di Bandung waktu itu.
      2. Tapi kalo mau pinjem hp temen buat order bisa kok, tinggal ganti accountnya aja. Terus kalo udah dateng tinggal sign out deh.
      3. Nah ini yang perlu saya koreksi sedikit. Nggak perlu jaringan internet yang stabil kok. Selama ini saya pesen Uber selalu pake wifi berhubung HP saya nggak ada paket internetnya hahaha. Jadi kalo mobilnya udah dateng, HP mati juga nggak masalah.

      Salam kenal ya, Yog :D Kamu udah pernah cobain Uber belom?

      Delete
  4. khairunisafatimahAugust 4, 2015 at 7:52 PM

    halo, saya barusan kirim email ke emailmu, ditunggu balesannya ya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Khairunisa, sudah saya balas ya emailnya :)

      Delete
  5. hai mas refky,
    terimakasih atas tulisannya tentang uber informasinya sangat menarik mas :)
    saya mau berbagi promocode (free first ride Rp. 100.000) siapa tau ada yg membutuhkan hehe
    Promocode : BAJKTDESTIA

    terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Desti,
      Thanks for reading! Really glad it helps :)
      Waaah sekarang referral dapetnya Rp100.000?! Kok saya waktu itu cuma Rp75.000 :(

      Delete
  6. weuw artikelnya kocak kang haha
    pgn nyoba tp kendala CC ya coba bisa tunai pasti byk peminatnya :D

    ReplyDelete
  7. Hi Ratu,
    Sekarang Uber di Bandung dan Jakarta udah ada pilihan untuk bayar tunai loh :)

    ReplyDelete
  8. Nyata nih...
    Di Surabaya, uber udah ada fitur cash payment. So, gak da alasan buat gak naek uber.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Uber Surabaya udah terima cash juga? Good news banget nih! Benerr, udah nggak ada alesan untuk nggak naik Uber :))

      Delete
  9. yuk download Uber, masukkan kode BAJKTALFIANDION dapat free first ride 100rb.
    untuk daerah jabodetabek ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah free ridesnya kok bisa 100ribu ya? Saya cuma 75ribu :(

      Delete
  10. Hallo kang..
    Wah kayanya menarik ya, saya mau coba uber tapi masih was was. Udah dapet fre ride nih Rp.100.000, tapi takut pas udah sampe tempat tujuan malah "dipalak", ga bisa pake kode promo. hahaha.
    Kalo kode promonya udah pernah dipake sama orang lain masih bisa gratis kan?
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tatun,
      Nggak perlu takut. Kalo ada free rides akan secara otomatis free rides kok yang kepake duluan.

      Delete
  11. Kalau order uber di Lembang mau ke bandung kota, apa ada yang mau jemput?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hamdan,
      Ini tergantung drivernya. Saya pernah dapet driver yang cerita kalo dia pernah ke Lembang, tapi pernah juga dapet yang bilang nggak mau. Jadi langsung coba request aja di app-nya.

      Delete
  12. Saya udah pakai promo code punya kamu.. Itu berlaku unlimited ya? Kalau ada 20 orang yang pakai jadi dapat 20*75.000?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Annisa, thanks ya udah pake kode referral saya :)
      Itu hanya untuk 1x pakai saja dengan masa berlaku 3 bulan sejak kodenya diinput (kalau nggak salah). Yep, kalo ada 20 orang yang pakai kode referral saya, saya dapet 20 free rides yang masing-masing bernilai 75.000

      Delete
  13. Biasanya naik uber kalo udah kesasar naik angkot yg keluar trayek :/
    Sayang banget cuman bisa pake cc, seharusnya kalo mau cashless sediain juga sistem deposit
    Jadi kita transfer ke uber buat jadiin deposit di akun kita (kayak di app gojek)
    Soalnya jarang jg yg pake cc apalagi mahasiswa/pelajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang Uber di Jakarta dan Bandung udah bisa pake cash loh! Nggak ada alesan untuk nggak naik Uber deh sekarang :))

      Delete
  14. Wah asyik juga untuk dicoba, sayang Uber masih baru beroperasi di beberapa kota saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, too bad ya. Mungkin mereka selektif dalam memilih kota, dan diutamakan yang demand-nya gede dulu. Kamu di kota mana kah tinggalnya?

      Delete
  15. Add kode itu cuman sekali doang yah ? Gakbisa berulang2 kali ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dita,
      Iya sekali aja. Kalo berkali-kali nanti Ubernya nggak dapet untung dong :))

      Delete
  16. Kak apa free ride nya langsung kepake, itu apa harus pilih payment nya dulu? Atau free ride nya langsung terpakai waktu memesan taksinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agoes,
      Langsung kepake kok. Waktu itu saya pernah nanya ke Uber pokoknya elama ada free ride dia akan pake itu dulu.

      Delete
  17. Mau tanya ka, tmn ku jg pake kode promo dr aku, nnt aku dpt jg kan ya free rides tanpa perlu bayar lagi? Thx ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup...kalau teman kamu naek uber untuk pertama kalinya, kamu otomatis dpt free ride juga

      Delete
    2. Halo Mahira,
      Bener. Karena sistemnya referral, kalo ada temen kamu yang input kode kamu dan pake Uber nanti kamu dapet 1 free ride juga.

      Delete
  18. Ini yg kepotong pertama pasti saldo freeride nya kan ya bro??

    ReplyDelete
  19. salam kenal...free rides dari uber itu 75.000 kok sampai kemaren...baru denger kalo ada yg dapet 100.000, hoax kali hehe...tapi kalau kamu total perjalanan cuma 20.000 sisanya hangus loh....bukan sisa 55.000. Jadi kalo dapet free rides mending yang jauhan aja biar puas hehe....oiya hati-hati sama supirnya yang 'nakal', suka pura-pura bego kalo tulisannya Rp. 0 , dia bilangnya tagihan belum keluar biar kita bayar cash ke dia. Jadi penumpangnya jangan kalah pinter dari supir ya. semoga ke depannya semakin baik pelayanan Uber ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yolanda, salam kenal juga yaa :D
      Iya nih makanya bingung kenapa ada yang bisa bilang kalo masukin kode dia free rides-nya sampe 100.000. Kan pengen juga… haha :P
      Yup, sejak lebaran 2015 Uber Indonesia ganti sistem. Awalnya 75.000 itu bisa dipake berkali-kali, sekarang sekali aja dan kalo nggak 75.000 sisanya hangus.

      Wah baru denger nih modus supir yang kayak gini. Emang ya Indonesia ini orangnya terlalu kreatif cari celah...

      Delete

  20. Untuk yang belom pernah pakai uber, silahkan download dan daftarkan diri anda!
    Lalu jalan-jalan menggunakan uber, karena saya akan bagi kode gratis sebesar 100RIBU! Sekali jalan ya!
    Caranya gunakan kode ini; BABDGBELLAG
    SELAMAT MENCOBA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kenapa free rides-nya 100ribu jugaaa? Saya juga mau dong gimana sih biar free ridesnya worth up to 100k juga?

      Delete
  21. bagi yg ingin mendaftar UBERMOTO ataupun UBER MOBIL silahkan add pin bb 5a160760..langsung aktif di tempat dan gak perlu antri..

    ReplyDelete
  22. Wah tulisan yang sangat menarik dan sangat bermanfaat!
    Saya Gita selaku Brand Ambassador dari Uber Jakarta selalu berterimakasih untuk setiap review yg dituliskan oleh teman-teman pengguna Uber Jakarta yang tentunya sangat bermanfaat. Oleh sebab itu saya ingin turut mengajak teman-teman semua untuk download dan menggunakan applikasi Uber. Tentunya layanan Uber Car dan Uber Motornya memiliki tarif yang bersaing bahkan jauh lebih murah dari armaada kendaraan umum online lainnya.
    Dan silakan untuk menggunakan kode promo BAJKTGITATRI dan dapatkan FREE RIDE untuk perjalanan pertama kamu !

    Promo code ini berbeda dengan promom code lainnya yang menggunakan sistem hangus pada setiap voucher yang telah digunakan untuk sekali perjalanan (walau tariff perjalanan kurang dari jumlah promo yang tertera dalam voucher anda) senilai Rp. 50,000- yang artinya, apabila biaya perjalanan kurang dari Rp. 50,000,- maka sisanya bisa digunakan di orderan berikutnya !!!
    Promo code akan aktif selama 3 bulan dari pembuatan, untuk exp date lebih pastinya dapat di cek saat penginputan kode promo.

    Untuk memudahkan, langsung saja kunjungi https://www.uber.com/invite/BAJKTGITATRI atau dapat download langsung di playstore atau ios mu!

    Selamat mencoba dan berkendara bersama UBER ! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gita,

      Wah ada Brand Ambassador Uber! Btw kenapa sekarang free ride-nya jadi Rp50.000 aja ya, sedikit banget loh padahal di US aja USD 20, di Thailand THB 300...

      Delete
  23. thank you promotion code nya, seneng juga ya skrg ada pembayaran yang cash, jadi kalo masih anak sekolah juga bisa make haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, ini yang yang penting: cash payment. Nggak ada alesan lagi untuk nggak nyoba Uber :))

      Delete
  24. Hi Refky,
    Kalo mau order dari Depok ke Bandung apakah bisa?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dhiaulhaq,

      Setau saya sih nggak bisa, tapi coba aja tanya langsung ke drivernya. Kalo dia mau, berarti bisa-bisa aja.

      Delete
  25. Berapa orang maksimum penumpang per mobil? Apakah maksimum 4 orang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah maksimum penumpang tergantung service-nya sih (UberX, Uber Van, etc). Tapi biasanya maksimum 4 orang.

      Delete
  26. itu code ubernya cuma yg pake kartu kredit ya yg bisa sesuai apa kita mau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Chintya,

      Nggak mesti pake kartu kredit kok, Uber di Jakarta dan Bandung sekarang udah terima cash juga.

      Delete
  27. tumpang bertanya, uber masih boleh di jumpai di bandung nggak? kerna saya terbaca uber ini dibanned di bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir saya ke sana masih bisa sih, tapi kurang ikutin info juga kalo emang di banned.

      Delete