Sunday, October 5, 2014

6 Tahun JambuKebalik

Enam tahun lalu, gue menulis post pertama di JambuKebalik.
My very first post!

Kenapa memutuskan untuk ngeblog? Dulu sih karena ikut-ikutan aja. Tapi dengan cukup rutinnya gue nulis blog—minimal sebulan sekali (kecuali Februari-Maret 2010 dan Februari 2013)—gue berharap di masa mendatang gue bisa melakukan napak tilas kehidupan melalui blog ini (berat aje bahasanya?!). Sekarang blog ini isinya emang nggak se-personal dulu yang bener-bener tentang kehidupan gue doang. Sekarang blog ini mulai merambah juga ke cerita perjalanan yang gue lakukan. Tapi dari cerita-cerita perjalanan ini gue juga bisa melakukan napak tilas, sambil sekaligus membantu orang-orang menemukan informasi yang berkaitan.

Dalam 6 tahun, tulisan gue disini beragam banget. Mulai dari yang "gila ngapain gue nulis beginian?", cerita selama SMA yang banyak banget tentang laporan nilai ujian, cerita perkuliahan, hingga sekarang ini lagi seneng-senengnya menulis cerita tentang perjalanan yang gue lakukan. Kadang-kadang gue suka heran sama post-post dibawah tahun 2010. Kok bisa-bisanya gue publish begituan :') Dari segi kuantitas, jumlah post tahunan disini emang cenderung menurun. Kalau liat archive, gue juga heran kenapa di awal ngeblog bisa sampe 28 post dalam 1 bulan. Tapi seiring dengan menurunnya kuantitas, gue terus mencoba untuk meningkatkan kualitas tulisan *kedip-kedip*

Alhamdulillah sekarang JambuKebalik sudah banyak post tentang perjalanan yang gue lakukan. Karena itu, ada orang-orang yang nyasar ke blog ini karena nemu saat googling dan beberapa dari mereka bertanya tentang perjalanan gue. Gue jadi seneng kalo kaya gitu, menandakan blog ini bisa bermanfaat buat orang lain. Cheesy banget ah, Ky! Tapi gue beneran seneng, koook :'3

Blog ini udah beberapa kali mengalami pergantian template, mulai dari yang standar disediain blogger hingga pernah minta bikinin template dan layout sama Manda yang dulu hobi banget makeover layout blognya. Sekarang balik lagi ke template dari blogger biar lebih minimalis. Gue juga mencoba bikin header blog. Walaupun masih berantakan, kasar, dan amatir banget, tapi ngerti lah ya maksudnya apa.

Selain ganti layout, blog ini juga udah sekali ganti title. Dari awalnya yang berjudul Life for Laugh, sekarang diganti menjadi The Story of My Life. Kenapa diganti? Karena dulu emang post gue berisi hal-hal konyol yang cukup lucu. Tapi masa-masa kuliah membuat blog ini menjadi suram dan tidak bisa membuat tertawa sama sekali. Karena sudah tidak ada kesesuaian antara isi dengan judul, maka judulnya diganti. Kenapa The Story of My Life? Karena gue sangat berharap nantinya gue bisa membaca perjalanan hidup gue dari blog ini. Oh ya, waktu itu ada yang bilang kalo title blog ini ngikutin One Direction. Eits, enak aja! Gue ganti tahun 2012, sementara One Direction release lagunya 2013 ya (beneran googling).

Sebagai hadiah ulang tahun untuk blog sendiri, gue memutuskan untuk mengubah domain blog ini. Eh, bingung istilahnya gimana. Pokoknya kalo kalian biasanya akses JambuKebalik dari alamat jambukebalik.blogspot.com, sekarang jambu kebalik sudah bisa diakses dengan alamat jambukebalik.com. Horeeee!

Jadi, kenapa namanya JAMBUKEBALIK?


(Rese nggak harus read more dulu?)
Alkisah waktu itu kelas 1 SMA, temen-temen SMP dan orang di sekitar gue pada bikin blog. Satu hal yang bikin gue bingung adalah: kenapa nama blognya bukan nama mereka masing-masing aja? Sebagai contoh, waktu itu Manda blognya beralamat di hell-ojakarta.blogspot.com. Hell-o banget, Man? Tapi sekarang dia udah insyaf dan mengubah alamat blognya menjadi februaryth.wordpress.com. Pritta di pixandpixies.blogspot.com yang kurang tau sumbernya darimana, Khana di screamoutlough.blogspot.com yang emang kalo ketawa kenceng banget udah kaya orang teriak, dan Ilman di sekasar-sikat.blogspot.com (Man baru ngeh ini kenapa wtf banget namanya) yang isinya tugas TIK-nya selama kelas 1 SMA. Selain itu temen-temen semasa di Labsky juga pada punya blog yang alamatnya tidak ada bau-bau nama mereka sama sekali.

Kemudian gue yang jaman dulu kerjanya ikut-ikutan ini mulai kepikiran bikin blog. Setelah memutuskan mau bikin di blogspot, saatnya mikirin nama. Pokoknya udah jelas nggak mau yang berbau Muhamad Refky Kamajaya, Eky, atau Refky. Tiba-tiba kepikiran temen SMP, Icha Jelly. Suatu hari dia pernah nyeletuk, "Ky, kepala lo kaya jambu deh tapi kebalik gitu. Eh, mirip stroberi dong ya berarti." That's it. Karena kepalastroberi.blogspot.com terlalu vulgar dan terlalu gamblang, maka dipilihlah jambukebalik.blogspot.com. Anyway, itu juga pertama kalinya gue dipanggil kepala stroberi. Terima kasih, Cha :')

Pas awal-awal bikin blog kayaknya nggak ada yang ngeh maksud dari JambuKebalik ini, tapi belakangan sepertinya sudah ada yang ngerti. Sekarang udah dijelasin arti dibalik JambuKebalik ini. Jadi makin ngerti kan?

Di hari ulang tahun JambuKebalik ini gue ingin berterima kasih ke teman-teman dan orang-orang yang sudah sengaja atau tidak sengaja meluangkan waktunya untuk membaca blog ini. Terima kasih juga buat yang sudah meluangkan waktu lebih untuk menulis komentar. Jujur, setiap komentar baru di blog selalu sukses membuat gue lebih senang dan bahagia. Lebay ya, tapi bener loh. Oleh karena itu, gue akan berusaha untuk menjawab pertanyaan, saran, atau sekedar tanggapan yang diberikan di komentar (atau yang secara langsung—tapi kayaknya jarang). Semoga gue selalu dapat meluangkan waktu untuk menulis post di JambuKebalik dan post disini bisa terus bermanfaat atau sekedar menghibur yang baca, aamiin!

Last but not least,
heeeey! welcome welcome. baca aja yaaa, gue bakal usahain update terus. comment tentang post-nya, tulis di bawah postnya ya. kalo tentang blognya, tulis di chatbox aja. oke? thanks for visit!
Se-malesin itu ya jaman dulu gue nulis bio-nya. Bio dan ChatBox blog ini akan terus dipertahankan selama blog ini ada, hahaha.

18 comments:

  1. Cie Ekky :] Aku juga suka deh baca cerita kamu, dari kocak-kocakan SMA kegalauan akademis kuliah sampe perjalanan keliling bumi yang heboh. Nulis terus ya Ky!

    ReplyDelete
  2. Kyaaa terima kasih banyak, Rani :))
    Aamiin, aamiin semoga bisa terus nuliiis :') Rani juga terus nulis yaa!

    ReplyDelete
  3. lama juga yah uda 6 tahun, wewww

    cie uda domain yg berbayar nih yeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas udah dari SMA bikinnya dulu juga gara-gara ikutan temen. Eh syukur bisa diterusin sampe sekarang blognya.

      Domain berbayarnya biar makin rajin ngeblog, Mas. Kan sayang udah bayar tapi blognya nggak ditulisin hahaha

      Delete
  4. congrats bro..
    six years is not a short time!!
    hoping next you'll more explore indonesia!!
    :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rocky, thanks for your support!
      It sure is not a short time, haha. Aamiin to that. Here's hoping for dirt cheap tickets within Indonesia so I can explore the eastern part :D

      Delete
  5. Hai ky, baru blogwalking kesini(niat nyari sih sebenernya haha) langsung sukaa banget baca tulisanmu, cara nulismu asik yaaa :3

    -mpus ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Puspitaa!
      Waah blognya didatengin Madame! *bebersih dulu* Terima kasih udah niat nyari blog ini dan bacaa. Semoga bisa sering baca ya, Puus :))

      Delete
    2. wih .. iya keren banget ini mah xD

      Delete
  6. Ciyeee kepala stroberi ... eh jambu kebalik ... *kabuuur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jambukebalik aja manggilnya biar blog-nya makin terkenal :))

      Delete
    2. hihi jambu kebaliknya keren kak ^^

      Delete