Friday, August 1, 2014

Visa Jepang? GRATIS*!


Sebenernya post ini dibuat akhir Juni, tapi karena ini rahasia jadi baru di post setelah gue berada di Jepang.

*) hanya untuk mahasiswa S1 di Indonesia

Sebagai pemegang paspor biasa Indonesia, gue membutuhkan visa buat masuk ke Jepang. Sebenernya pada pertengahan Juni udah muncul berita bahwa warga Indonesia sudah dibebasin visanya buat masuk Jepang, dengan catetan paspornya sudah berbentuk e-passport yang pake chip. Berhubung paspor gue baru akan diperpanjang pada pertengahan tahun 2016, jadilah gue harus bikin visa. Lagipula peraturan bebas visa itu masih belum tau mulai kapan bakal diterapinnya, jadi marilah kita ngurus visa Jepangnya. Lagian kalo approved bisa dapet stiker visa yang ukurannya 1 halaman penuh, lumayan lah buat menuh-menuhin visa. Gratis juga kan visanya. LOH, GRATIS?! Iyadooong. Kenapa bisa? Mari dibaca lanjutannya.
Ngurus visa Jepang sebenernya nggak susah-susah banget, apalagi kalo udah pernah apply visa Korea sebelomnya. Persyaratannya pun kurang lebih sama dan dapat dilihat disini. Kalau masih mager, sini gue copy-paste-in.

Dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengajukan permohonan visa

  1. Paspor.
  2. Formulir permohonan visa. [download (PDF)] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  3. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  6. Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)
  7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu)
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
    Bila pihak Pemohon yang bertanggungjawab atas biaya
    * Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).
Saat ngumpulin berkas, nomer 2 sampe 8 jangan lupa diurutin ya pas disubmit.

PERSIAPAN DOKUMEN
Sekarang gue bahas yang sekiranya bisa dibahas karena menimbulkan banyak pertanyaan.
1. Formulir
Ngisi formulir sebenernya nggak begitu susah, tapi emang ada beberapa poin yang ngebingungin. Kemaren yang bikin gue sedikit pusing pas ngisi formulir adalah:
a. Nama
LAH NAMA AJA PUSING. Sempet baca blog, katanya untuk orang Indonesia surname ngak perlu diisi karena orang Indonesia gak punya nama belakang (surname). Setelah gue telusur, ternyata nggak masalah. Kaya contohnya gue, Muhamad Refky Kamajaya. Kalo beli tiket dan apply visa sebelomnya, gue selalu ngisi family name Kamajaya dan first/given name Muhamad Refky (nggak pernah ngisi middle name). Kalo kaya gitu, nanti di visa Jepang muncul namanya Kamajaya, Muhamad Refky. Kalo surnamenya nggak diisi, nanti munculnya Muhamad Refky Kamajaya. Nggak masalah.
b. Issuing Authority kemaren nulisnya Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.
c. Names and Addresses of hotels, kemaren gue ngisinya hotel pertama doang. Pas di loket nggak diminta buat nulis sisanya, jadi yaudah. Ada yang cuma ngisi hotel pertama jadi disuruh lengkapin semuanya. Gue sih kemaren nggak semuanya karena tempat ngisinya sempit hehehe.
d. Name and address of employer. Sebagai student, gue ngisi ITB dan alamat serta teleponnya. Sempet baca kalo student nggak usah isi bagian ini, tapi waktu apply visa Korea gue ngisi ITB sebagai employer dan lancar saja.
e. Untuk halaman kedua, karena gue sendiri dan gak pake guarantor dari Jepang, jadi isian name gue tulis NONE, di inviter dan guarantor.

Sudah deh, jangan lupa tanda tangan. Tanggalnya gue waktu itu ngisi tanggal aplikasi visa.

2. Paspor
Gimana kalo paspornya masih baru dan bersih tanpa noda cap imigrasi? Dicoba aja. Gue baca banyak kok orang yang baru bikin paspor langsung apply visa Jepang dan ternyata approved, kok. Jadi jangan takut yaaa.

3. Itinerary
Halaman buat ngisi itinerary bisa di download disini
Nah itu di print aja dan ditulis tangan buat ngisinya. Gimana ngisinya? Kuncinya adalah jangan bikin itinerary yang terlalu padat. Per hari cukup 2-3 objek wisata aja, jangan berlebihan. Terus kalo kalian kurang PD sama saldo akhir rekening koran, jangan nulis itinerary yang kotanya jauh-jauh. Yang biasa kan Tokyo, Osaka, Kyoto. Nah tulis aja begitu, jangan tiba-tiba ditambahin Sapporo lah, Fukuoka lah, apalagi Okinawa yang deket sama Taiwan. Intinya bikin itinerary yang masuk akal. Masuk akal dari sisi budget dan berapa lama kalian disana.

Sebenernya rute gue di Jepang adalah Osaka-Kyoto-Tokyo-Nagoya, tapi karena gue cuma 6 hari disana, terpaksa gue sedikit berbohong pas nulis itinerary. Waktu itu gue nulisnya cuma dateng ke Osaka-Kyoto-Nagoya. Nggak bakal dicek juga kok pas di Jepang apakah kita jalan sesuai itinerary yang dikasih ke embassy atau nggak. Tapi kalo kalian jujur yaa lebih baik deeh.

4. Bukti Pemesanan Tiket dan Hotel
Untuk masalah tiket masuk dan keluar Jepang, berdasarkan hasil baca-baca pengalaman orang, katanya cukup dengan reservasi dulu aja. Jadi nggak perlu dibayar dulu tiketnya. Gimana cara dapetinnya? Silakan hubungi travel agent terdekat dan minta bookingin pesawat roundtrip ke Jepang. Gue sendiri kebetulan udah punya tiketnya, jadi tinggal dikumpulin aja.

Untuk hotel—sebenernya penginapan sih karena gue sendiri tidurnya di hostel haha—dari booking.com aja udah cukup kok. Jadi pilih hotel yang ngasih fasilitas book now, pay later aja ya. Kecuali kalo kalian nggak mau ribet kerja 2x nyari hotel, bisa juga cari yang bener dan pesen hotelnya. Pas visanya udah jadi, nggak perlu cari-cari lagi. Kalo pesennya asal, pas visanya udah jadi tinggal dicancel aja pesenannya.

Gue sendiri berhubung bikin itinerary yang tidak asli, sehingga bookingan hotelnya pun dari booking.com. Sebenernya udah pesen kamar dan bayar DP 12% melalui hostelworld.com, tapi harus booking lagi dari booking.com biar match sama itinerary yang gue bikin. Pas visanya udah jadi, cancel deeh. Maapin ya booking.com dan hotel-hotel yang udah gue pesen tapi dicancel. Semoga hotel kalian selalu ramai ya, aamiin.

5. Rekening Koran
Untuk rekening koran, gue cukup mendatangi Bank Mandiri dan bilang mau cetak rekening koran dengan ngasih buku tabungan dan KTP. Biayanya Rp 2.500 per lembar. Untuk aplikasi visa, biasanya cetak rekening koran selama 3 bulan sebelom bikin visa. Jadi kalo apply visa-nya awal Juni, berarti minta rekening koran dari awal Maret sampe akhir Mei.

Berapa besarnya tabungan yang harus ada? Sebenernya hal ini nggak dikasih tau sama kedutaan, tapi kalo baca-baca blog orang katanya kalo bisa minimal saldo akhir tabungan adalah sebesar banyaknya hari tinggal di Jepang dikali 1 juta. Kalo seperti gue, cuma 6 hari, berarti butuh 6 juta aja. Mungkin amannya sih belasan juta, ya. Gue sendiri rekeningnya cukup gemuk karena Ayah udah transferin uang kuliah 2 semester dan uang bulanan sampe Oktober, jadi nggak begitu panik sama urusan rekening koran.

6. Surat Keterangan Mahasiswa
Nah ini dia nih senjata paling ampuh yang bikin visa Jepang gue gratis (Harus dilebayin tulisan gratisnya biar pada melek). Jadi, kedutaan Jepang menggratiskan biaya visa Jepang untuk mahasiswa S1 di Indonesia. Cuma kayaknya nggak banyak orang yang tau. Gue cari infonya di web embassy Jakarta tapi nggak nemu, dan nemunya di embassy Denpasar. Pengumumannya bisa dibaca disini (Informasi Bagi Mahasiswa Negara Anggota ASEAN yang Hendak Berlibur ke Jepang)

Sebenernya gue udah cukup sering sih minta surat keterangan mahasiswa di TU, sampe TU nya bilang “kamu jalan-jalan terus sih”. Dan gue juga biasanya ngasih format suratnya dan TU tinggal ngetik doang dan ngasih tanda tangan kepala program studi. Semua berjalan lancar sampe akhirnya gue tiba di Jakarta dan menanyakan kepastian visa gratis ini ke embassy.

Setelah menelepon, gue mendapat penjelasan bahwa visa akan gratis jika ada keterangan kita sebagai mahasiswa S1. Harus ditulis ya S1-nya itu. Mbaknya menekankan berkali-kali di S1 itu. Nggak cukup dengan tulisan mahasiswa saja, nggak cukup dengan sedang di semester berapa. HARUS ADA TULISAN MAHASISWA S1. Kemudian gue melihat surat keterangan gue yang tampilannya seperti ini.
Surat dari TU

OH NOOOO NGGAK ADA TULISAN MAHASISWA S1-NYA! Gimana dong nih masa harus bayar??? Mana gue nggak ada rencana buat ke Bandung pula. Duh gimana dong ini. Akhirnya gue melototin surat itu mulai dari kop surat. Tetep nggak ada keterangan S1. Tapi akhirnya gue menemukan sedikit celah.

Mau tau apa yang gue lakukan dengan celah ini?
Setelah menemukan celah

 Keliatan nggak? Sini gue perjelas
Usaha demi visa gratis

Semoga saja dengan ini gue bisa mendapatkan visa Jepang tanpa mengeluarkan uang alias gratis. Aamiin.

PENYERAHAN DOKUMEN
Penyerahan dokumen bisa dilakukan langsung ke Embassy of Japan yang terletak di Thamrin. Kalo dari arah Blok M, letaknya setelah Plaza Indonesia dan sebelom eX. Ada di kiri jalan, gedungnya yang warna coklat dan bentuknya kaya benteng. Penyerahan dokumen bisa dilakukan hari Senin sampai Jumat jam 08.30-12.00. Saran gue sih pagi-pagi aja karena masih sepi.
Tampang Embassy of Japan di Jakarta (sumber)

Gue dateng hari Senin, 23 Juni 2014 jam 8 lewat sedikit dan gerbang belom dibuka. Jam 8.15 gerbang baru dibuka dan harus nyerahin KTP buat dituker dengan nomer pengunjung. Kemudian masuk ruang x-ray barang bawaan, terus baru ke ruangan buat nyerahin dokumen. Jangan lupa ngambil nomer antrian yang A, ya.

Di dalem ruangan ada 5 loket, 1 loket buat travel agent yang ngurus visa, 2 loket buat orang yang mau urus visa, dan 2 lagi buat orang Jepang. Kalo nomernya udah muncul, silakan ke loket buat ngaasih berkasnya. Sekali lagi, jangan lupa buat diurutin persyaratannya dari nomer 2 sampe 8. Sambil petugasnya meriksa, kita disuruh ngisi kertas yang buat ngambil paspornya nanti.
Kertas penyerahan paspor dan dipake buat ngambil paspor nantinya

Gue nyerahin dokumen nggak sampe 3 menit dan akhirnya dibilang “Nanti kesini lagi 3 hari dari sekarang, berarti hari Kamis tanggal 26 Juni” dan dikasih kertasnya. Ngurus visa jepang emang gitu, disuruh dateng 3 hari kemudian. Kalo ngurus Senen, dateng Kamis, dan seterusnya. Enak deh karena cepet. Gue tanya gimana masalah visa gratis, katanya nanti embassy yang nentuin dan baru ketauan gratis atau nggak pas ngambil di loket. Okedeh.

PENGAMBILAN VISA
Pengambilan visa dapat dilakukan hari Senin sampai Jumat dari jam 13.30 sampe jam 15.00. Ngambilnya boleh sendiri, boleh diwakilin. Karena gue lagi kerja praktek, jadi gue minta tolong sama Adek gue. Rada susah bujuknya, tapi ditawarin duit akhirnya dia mau. Dasar kutu. Gue bekelin dia kertas yang dikasih embassy, KTP asli dan fotokopi, KTM asli dan fotokopi, sama surat kampus. In case aja nanti ditanyain mana bukti mahasiswanya. Kasih uang juga 320.000 buat biaya visa Jepang.

Jujur gue ngarep banget buat dapet visa gratis. Sebenernya udah kepedean sampe nggak masukin biaya visa di budgeting. Makanya sedikit sedih pas tau kalo di surat kampus harus ada keterangan S1 sementara di gue nggak ada. Tapi gue berharap dari keterangan tambahan yang gue tandain, gue tetep bisa dikasih visa gratis.

Kemudian saat lagi di kantor, adek gue whatsapp

ALHAMDULILLAH!!!! Visanya approved dan gratiiiiis. Berarti ampuh juga tuh keterangan tambahan yang gue kasih di suratnya hmuhahehau alhamdulillah!

Sampe rumah, gue langsung minta paspor dan memberikan imbalan kepada Adek tercintah. Tadaaa visa baru yang klimis banget sampe ada pelapis plastiknyaa.
Yihaaa visa Jepaaang!

Begitulah kisah gue mengurus visa Jepang. Mudah dan cepat prosesnya. Semoga program bebas visa buat warga Indonesia dapat diimplementasikan secepatnya, dan semoga negara lain dapat menyusul. Ngomong-ngomong, per 9 Juni 2014 kemaren Myanmar juga udah bebas visa buat paspor Indonesia. Hore! Semoga bisa kesana ya, berhubung tahun lalu udah punya visa tapi gagal berangkat. Tetep sedih ya kalo diinget :(

240 comments:

  1. Gratis biaya visa Jepang tuh maksudnya gratis bikin dokumen visanya atau jadi seolah-olah bebas visa ya? Yang paling berat kalo mau jalan-jalan kesana kan bikin visa harus punya saldo minimal yg banyak tuh.
    Btw nice post bro. Informasinya sangat membantu hehe

    ReplyDelete
  2. Halo
    Gratis disini maksudnya nggak perlu bayar untuk visanya. Untuk pengurusan visa Jepang, biaya visa (Rp 320.000) dibayarkan saat pengambilan paspor. Kalau ada dokumen yang bisa membuktikan bahwa pemohon visa adalah mahasiswa S1 di Indonesia, biaya visa tersebut akan ditiadakan/digratiskan. Berkas/dokumen yang dibutuhkan sih tetap sama dengan pengurusan biasa.

    Nggak begitu berat kok untuk masalah rekening. Asal buat itinerary yang tidak terlalu rumit dan muter-muter, saldo yang dibutuhkan nggak begitu besar untuk meyakinkan embassy (ini hasil baca-baca blog juga).

    Semangaat, kalau ada niat dan kemauan buat ke Jepang mudah-mudahan bisa dipermudah dan diperlancar.

    Wah, alhamdulillah kalau informasinya membantu. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komen, yaa :)

    ReplyDelete
  3. hoii jadi yg digembar gemborken kalo pake passport yg ada chip nya gratis visa itu ternyata tidak benar ya?

    Nice posting!
    Wong

    ReplyDelete
  4. Halo Mas Wong,
    Berita bebas visa untuk ke Jepang denga paspor chip itu BENAR adanya. Tapi sepertinya baru dimulai pada tahun 2015. Berhubung saya berangkat tahun 2014, maka harus tetap apply visa terlebih dahulu. Namun, saya dibebaskan dari biaya visa (digratiskan) karena saya dapat menunjukkan masih berstatus mahasiswa S1 di Indonesia.

    Terima kasih, Mas! :D

    ReplyDelete
  5. Refky, salam kenal ya sy Ray, btw boleh minta cth itenerary japan ny? Oy km pas kmrn brangkat sendiri atau brg temen ni? Trims infony y :)

    ReplyDelete
  6. Halo Ray,

    Bisa minta alamat emailnya? Biar nanti saya email aja.
    Saya kemarin sendiri ke Jepangnya.

    Salam kenal juga, Ray :D Terima kasih sudah mampir kesini :)

    ReplyDelete
  7. Oy email sy: horn.trumpet1@gmail.com, trims y :)

    ReplyDelete
  8. Sudah di email, Ray. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Selamat liburaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ki,

      kenalin gue eki dan rencana mau kesana juga maret tahun depan, mau juga dong contoh itin nya, email : obakriee@gmail.com

      Delete
    2. Hai EKi,
      Itinerary yang saya buat untuk jalan-jalan di Jepang kemaren udah dikirim yaa. Semoga bisa bermanfaat dan semoga lancar liburannya bulan Maret nanti!
      Salam kenal yaa :D
      Terima kasih sudah main ke blog saya :)

      Delete
  9. Halo Refky

    Saya boleh minta contoh itinerary ( yg di submit pas apply visa & itin selama di jepun kemaren)

    Kalo boleh tolong kirim ke julianwn89 [at] gmail.com

    thanks in advance :)

    ReplyDelete
  10. Halo Julian,

    Sudah di email ya contoh itinerarynya :)

    Terima kasih sudah mampir kesini. Semoga lancar mengurus visa dan liburannya :D

    ReplyDelete
  11. Hi Refky,

    Firstly, nice & helpful post!

    2. Kemaren ke Jepang nya sendiri? Saya berencana ke Jepang awal december nanti, berdua sama temen saya, tapi in case dia ga jadi, saya mau tetep lanjut walaupun sendiri karena tujuan utama kesana mau ntn konser di Tokyo. Untuk yg belum pernah ke Jepang dan ga bs bahasa jepang, aman2 saja kah kl kesana sendiri?

    3. Boleh share itenerary nya waktu kesana? Kl boleh bs kirim ke gusti.intania@gmail.com.


    Terima kasih!

    ReplyDelete
  12. Halo Intan,

    Iyaa saya sendiri kemarin ke Jepangnya. Bisa kook, saya gabisa bahasa Jepang tapi lancar-lancar aja disana. Kalo takut nyasar, siapin petunjuk arahnya dari Indonesia aja. Locals sepertinya bisa basic English kalo buat tanya-tanya arah.

    Sudah saya kirim itinerary-nya. Semoga berguna, ya :)

    Terima kasih sudah mampir kesini. Have a great trip! :D

    ReplyDelete
  13. hai, boleh saya copy itin nya? bias dikirim ke email saya nadeshiko_mai_26@yahoo.com
    TY

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Itinerarynya sudah saya kirim lewat email. Semoga bermanfaat dan have a great holiday!

      Terima kasih juga sudah mampir kesini :D

      Delete
    2. Hi Bro Refky, bisa bantu saya kirimin itenerarynya ? Rencana saya mau berangkat ke Jepang sndiri dam urus visa sndiri juga.
      Email saya : lia_fiola@yahoo.com.
      Sekalian kiat dan hal2 yg harus diperhatikan kalo berangkat sndiri dan brapa biaya yg hrs disiapkan.

      thanks Bro....

      Delete
  14. Bro Refky boleh minta rincian kasar biaya selama di jepang?? saya ada rencana Desember 2015 mau ke Jepang, kalau boleh minta tolong send ke surya081093@gmail.com

    thanks before :)

    ReplyDelete
  15. ohh iya kalau boleh di tambahin sama biaya Penerbangan Pergi + Pulang

    Thanks again hehehehehe

    ReplyDelete
  16. Halo Surya,

    Itinerary saya selama di Jepang termasuk biaya transport dari dan ke Jepang sudah di email, ya. Semoga bisa bermanfaat :)

    Have a great trip there dan terima kasih sudah mampir kesini :D

    ReplyDelete
  17. Mau dong rincian sm biaya dr indonesia tercinta ini sampe balik lagi ke indonesia tercinta ini lagiii.. Thanks before..
    rantytirani@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Halo Ranty,

    Email berisi itinerary dan biaya transportasinya sudah dikirim. Semoga bisa bermanfaat. Have great trip :D

    Terima kasih sudah mampir kesini :)

    ReplyDelete
  19. halo refky,

    alam kenal say effri.

    saya dan teman' saya berencana untuk ke jepang maret 2015, tapi kita belum tau langkah" nya seperti apa, setelah liat bloq refky mulai ada gambaran, saya boleh minta tolong contoh itinerary ( yg di submit pas apply visa & itin selama di jepang kemaren)

    Kalo boleh tolong kirim ke effriansyahwijaya@yahoo.com

    terimkasih

    ReplyDelete
  20. Halo Effri, salam kenal juga :D

    Itinerary yang saya buat dan contoh itinerary yang disubmit ke embassy sudah saya email yaa. Semoga mengurus visa dan jalan-jalannya nanti lancar yaa!

    Terima kasih juga sudah mampir kesinii :)

    ReplyDelete
  21. Hai kak, boleh minta contoh itinery & budget ke Jepang ?
    regina.audry@gmail.com
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Regina,

      Itinerary dan budget saya kemarin sudah saya kirim via email yaa. Have fun di Jepang :D

      Terima kasih sudah mampir ke blog sayaa :)

      Delete
  22. halo refky , salam kenal :)
    rencana mau pergi ke jepang, tapi masih belum ngerti buat ngurus visa
    boleh minta cth itenerary sama budget scra kasar ke jepang ?
    sasaanggraini.sa@gmail.com
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sasa, salam kenal juga :)
      Pengalaman saya mengurus visa sudah saya jelaskan secara mendetail di post ini. Dibaca saja, kalau ada yang tidak mengerti bisa ditanya disini.
      Untuk contoh itinerary dan budgeting sudah saya kirimkan ke emailnya.
      Terima kasih juga sudah datang kesini :D

      Delete
    2. Makasih , email nya sudah diterima
      oh ya saya mau nanya , dlam pengisian itinerary itu apa harus dijelaskan secara rinci tempat-tempat yg mau dkunjungi? kemudian pengisiannya dalam bhasa indonesia atau bhs inggris?
      trims

      Delete
    3. Kayaknya nggak perlu terlalu detil, Mbak. Dan jangan terlalu banyak juga dalam sehari. Mungkin contohnya seperti ini
      Day 1: Tokyo (Ginza, Shibuya, Shinjuku)
      Day 2: Tokyo (Asakusa, Roppongi)
      Pengisiannya saya waktu itu pakai Bahasa Inggris, Mbak

      Delete
  23. hai ka refky saya niat taun depan bulan maret mau ke jepang sama teman saya bagi dong
    contoh itinerary dan budgeting yah di email : muhamadasrori92@gmail.com onegaishimasu refky san

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Huzaifah,
      Sudah saya kirim itinerary dan budgetnya ke email.
      Semoga lancar ya liburannya bulan Maret nanti :D

      Arigatou juga sudah main ke blog saya :)

      Delete
    2. ka refky aku boleh mnta nomor kaka ga yg ada whats up nya atu pin bb masih buta gulita tuh itinerary padet bgt nih di email aja bila himitsu desu jyaa onegaishimasu

      Delete
  24. hay refky....blognya bener" membantu banget buat org indonesia yg ingin liburan ke jepang...boleh minta no hapenya?saya mau tanya" detailnya mas...krm via email y mas...gudel803@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, silakan dicek emailnya :D
      Terima kasih sudah main ke blog saya :)

      Delete
    2. blm ad e sob...send lagi ya....onegaishimasu...

      Delete
    3. Barusan sudah saya forward lagi
      Mungkin bisa dicek di spam atau junk inboxnya

      Delete
  25. Hallo Refky..
    aku boleh minta contoh itin kamu waktu itu? kirim ke email aku ya byankafitiari@gmail.com
    oh ya, deposit itu ada minimalnya atau enggak ya?kalo itinnya simple, deposit dibawah 10jt
    atau 5jtn bisa?

    ReplyDelete
  26. Halo Byanka,
    Sudah saya kirim ya itinerary yang saya gunakan waktu itu ke email kamu. Semoga bisa bermanfaat :D
    Sebenernya sih nggak ada minimalnya berapa, tapi orang-orang biasanya sebanyak berapa hari kamu disana dikali Rp 500.000-1.000.000 per hari.
    Saya pernah baca cerita orang yang rekeningnya di bawah 10 juta dan paspornya masih baru (belum ada cap imigrasi negara lain) tapi tetep approved, kok
    Visa Jepang itu mudah sebenernya, asal jelas tujuannya dan bisa membuktikan bahwa akan kembali lagi ke Indonesia.
    Good luck ngurus visanya! :D
    Terima kasih juga ya sudah mampir ke blog saya :)

    ReplyDelete
  27. Hi. Boleh minta contoh itin dan budget selama km dijepang ga? Kirim email youlinessa@gmail.com ya.
    Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga :)
      Itinerary dan budgeting buat liburan saya ke Jepang kemarin sudah saya kirim lewat email yaa. Have fun di Jepang nanti :D
      Terima kasih sudah mampir kesini yaa

      Delete
  28. Hi Refky, salam kenal. Saya Tikah. Permintaan yg sama jg seperti di atas. Bisa saya minta itinerary yg kamu buat waktu ke Jepang? dan boleh tau gak kisaran seluruh budgetn dari pulang sampai pergi berapa2 aja? mohon maaf banyak permintaanya yah. Harap di emailkan ke atsp240590@yahoo.com

    ouh ya, mau tanya lagi. Gratis visa di Jepang, apa hanya berlaku u/ Universitas Negeri ajah? dan Jangka waktu surat ket. kalau kita mahasiswa S1 itu berlaku hingga berapa lama?

    Terima kasih sebelumnya. Mohon maaf yah kalau kurang terlalu merepotkan dan banyak pertanyaan serta permintaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tikah, salam kenal juga.
      Untuk itinerary dan budgeting saya sudah diemail ya.

      Kalo dibaca disini (http://www.denpasar.id.emb-japan.go.jp/indonesia/document/02_06_03aseans1_id.pdf) sepertinya nggak ada tulisan cuma PTN aja yang bisa gratis, berarti kemungkinan besar mahasiswa PTS juga bisa digratiskan, pokoknya jangan lupa di dalam surat harus mencantumkan keterangan mahasiswa S1. Saya kurang tau ya masalah berapa lamanya, tapi waktu itu saya apply sekitar 1 bulan setelah tanggal yang tertera di surat keterangan mahasiswa.

      Wah nggak apa-apa kok, saya malah senang kalo bisa bantu :D
      Terima kasih ya sudah mampir ke blog saya, kalau ada yang mau ditanya bisa comment disini lagi kok :)

      Delete
  29. Hai Refky, salam kenal,
    Saya Opi, permintaannya masih sama nih, Boleh saya minta contoh itinerary dan seluruh budget PP ke Jepang? Mohon di emailkan ke oppie_rain@yahoo.com yaa.. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Opi, salam kenal juga :)
      Itinerary dan budgeting saya waktu ke Jepang kemarin sudah dikirim lewat email yaa
      Semoga bisa berguna dalam merencanakan liburnnya nanti.
      Terima kasih ya sudah mampir ke blog saya :D

      Delete
  30. Hi Bro Refky salam kenal, bisa bantu saya kirimin itenerarynya ? Rencana saya mau berangkat ke Jepang sndiri dam urus visa sndiri juga.
    Email saya : lia_fiola@yahoo.com.
    Sekalian kiat dan hal2 yg harus diperhatikan kalo berangkat sndiri dan brapa biaya yg hrs disiapkan.

    thanks Bro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga :D
      Saya sudah kirimkan itinerary dan budgeting liburan saya kemarin.
      Untuk kiat-kiat yang harus diperhatikan kalo berangkat sendiri maksudnya gimana ya? Buat selama disana, gitu? Kalo takut nyasar dan canggung nanya sama locals, mungkin direction kemana-mananya sudah disiapkan dari Indonesia.
      Mungkin bisa diperjelas kiat-kiatnya gimana, supaya saya bisa lebih membantu hehe

      Sama-sama bro, terima kasih juga udah main kesini :)

      Delete
  31. Hi refky, mau jg donk contoh ittenary jepangnya. Kirim ke hony_haikal@yahoo.com ya...
    Oiya, soal rekening, itu saldo km emg dr 3 bln sblumnya udh terisi ya? Aku sih saldonya baru banyak dr 1blnan, sblum2 nya cndrung minus. Klo jml yg skrg sih lmyan gendut. Itu kira2 gmn ya? (Aku udh pnya visa korea selatan sblumnya tp msh deg2 an krn tab yg baru keisi sebulanan ini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Itinerary yang saya buat untuk liburan kemarin sudah diemail yaa.

      Untuk saldo rekening, sepertinya nggak ada yang bisa memastikan baiknya gimana. Saya sendiri waktu itu di rekening koran terlihat suntikan dana yang masuk di awal rekening koran. Tapi sepertinya asal gendutnya nggak dalam 1-2 minggu terakhir sebelum apply visa masih bisa dimaklumi. Good luck mengurus visanya. Kalau persyaratannya lengkap dan tabungan cukup, mudah-mudahan dapet visanya :D

      Terima kasih sudah mampir ke blog saya :)

      Delete
  32. Nice post Bang! Ngomong2 boleh tlg kirimin juga itin+budgeting nya ke email ayamgorenglezat@gmail.com hehehe. Trus aku mau nanya beberapa hal:
    1. mahasiswa D4 juga bebas visa gak ya? scara mnurut peraturan bru d4 setara s1
    2. Aku blm ngurus apa2 nih padahal berangkat Maret, baru pantengin harga tiket aja. Nah, semakin lama kan harga tiket makin naik, tapi aku juga blm bs ngurus visa krn takut expired duluan, jadi saran Bang Refky gimana yak? Apa mending nekat beli tiket dulu?
    3. Ada saran gak kalau buat keperluan study tour daftar visa nya biar lebih dipermudah dapetnya oleh pihak embassy? (Aku ikut international study tour di Kyoto Osaka, tp daftarnya mandiri, gak lewat kampus, jadi semua ngurus sendiri)

    Thanks in advice, mohon dibantu yak Bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ge,
      Itinerary dan budgeting yang saya pake buat liburan kemaren udah diemail ya.

      Sekarang saya coba jawab pertanyaannya.
      1. Untuk masalah itu, sepertinya peraturan tertulis dari embassynya S1. Saya juga kurang tau jadinya kalo D4 itu bisa disamakan atau nggak dengan S1. Tapi kayaknya sebenernya mereka nggak ngecek ke kampus deh. Jadi mungkin kalo kamu bisa kompromi ke TU buat nulis "undergraduate study" atau semacamnya di surat, mungkin jadi bisa dibebaskan biaya visanya.

      2. Menurut saya kalau sudah niat dan mantap mau ke Jepang bulan Maret, nggak ada salahnya beli tiket keburu naik. Apalagi Maret udah mau masuk spring yang biasanya peak time karena hanami (cherry blossom). Berdasarkan hasil baca-baca cerita orang, sepertinya visa Jepang sekarang makin mudah buat didapet. Kalo yang ditolak biasanya karena nggak bisa membuktikan bakal balik lagi ke Indonesia. Tapi berhubung kamu masih mahasiswa jadi sudah pasti bakal balik lagi ke Indonesia. Menurut saya, surat kampus itu "senjata sakti" buat urus visa, karena ini menghapus kemungkinan untuk jadi penduduk illegal disana jadi nggak ada alesan buat nolak visa kita (dengan asumsi tabungan mencukupi, hahaha).

      3. Masalah ini saya kurang tau nih, berhubung belom pernah ikut study tour/international conference gitu. Mungkin bisa dicek ke web embassy Jepang langsung, ada visa yang khusus buat peserta study tour/conference atau nggak. Kalau nggak ada berarti bisa apply visa kunjungan sementara. Tapi harus diperhatikan, visa Jepang kebanyakan cuma dikasih 15 hari buat stay disana.

      Semoga jawaban saya bisa membantu yaa. Kalau ada yang kurang jelas atau ada yang mau ditanya lagi bisa tanya disini lagi :)
      Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya :D

      Delete
    2. Membantu banget Bang.
      Siappppp. Siap-siap jadi sasaran tempat tanya (dan curcol) aja ya. Masih banyak yang bingung krn ini first trip go to abroad dan langsung kena ngurus yang namanya visa hehe.

      Keep writing and sharing!

      Delete
  33. Hi refky, thanks infonya ya..
    oh ya, refky bisa minta contoh Itinerary dan budgeting y selama di sna?? rencananya sih pngen ke sana, tpi masih tkut kurang aja budget y..

    nih alamat e-mailnya : mandt16.sulaiman@gmail.com

    arigato gozaimasu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Eman, maaf baru sempet dibales.
      Itinerary dan budgeting yang saya pake udah diemail ya.
      Kalau mau neken budget mungkin bisa nginep hostel dan bawa bekel makan dari sini.
      Terima kasih udah main kesini :D

      Delete
  34. Hi refky, salam kenal :)
    infonya sangat bermanfaat sekali
    refky boleh minta contoh Itinerary dan budgeting selama di sana??

    ini alamat e-mailnya : silvikarina@ymail.com

    Terima kasih banyak ya..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga :)
      Alhamdulillah kalo bisa bermanfaat ya, hehe.
      Itinerary dan budgeting saya selama di Jepang udah dikirim via email ya.
      Terima kasih juga udah mampir ke blog saya :D

      Delete
  35. Hai Refky... :)
    infonya penting banget. aku sama junior ku ada planning ke Jepang Backpackeran akhir 2016.. bisa liat itinerary sama budgetnya gak?
    trus jg detail pas udah turun dari bandara trus mau naek apa2nya gitu.. soalnya aku paranoid pas di bandara ga tau ke mana/pake transport apa..biasa dijemput soalnya.. email : anugrah_putri25@yahoo.co.id makasih sebelumnya :) semoga sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Itinerary dan rincian pengeluaran yang saya gunakan selama di Jepang udah di email yaa.
      Untuk menjawab pertanyaan yang transportasi dari bandara, emang kamu turun di bandara mana?
      Tapi rata-rata di semua bandara utama yang biasa menjadi tempat mendarat pertama orang Indonesia (Osaka-Kansai, Tokyo-Haneda, Tokyo-Narita) punya ground transportation yang sangat baik. Pilihannya ada kereta, bis, dan taksi. Kalo mau murah bisa pilih kereta atau bis, tapi kalau ada biaya lebih dan mau langsung sampai ke pintu penginapan bisa pilih naik taksi. Naik taksi sendiri kurang disarankan karena harganya yang mahal dan biasanya airport terletak jauh dari pusat kota, seperti Tokyo-Narita dan Osaka-Kansai.
      Mungkin kamu bisa sebut mau landing di airport mana, nanti siapa tau bisa saya coba bantu jelaskan.
      Terima kasih atas doanya, dan terima kasih sudah mampir ke blog saya :)

      Delete
  36. Halo refky,

    salam kenal saya Andi.

    saya dan teman saya berencana untuk ke jepang, tapi kita belum tau langkah" nya seperti apa, setelah liat bloq refky mulai ada gambaran, saya boleh minta tolong contoh itinerary ( yg di submit pas apply visa & itin selama di jepang kemaren)dan minta rincian kasar biaya selama di jepang ohh iya kalau boleh di tambahin sama biaya Penerbangan Pergi + Pulang.

    Kalo boleh tolong kirim ke Andi.pratama48123@yahoo.co.id
    Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Andi, salam kenal juga.
      Wah, bagus deh kalau blog saya bisa ngasih gambaran ke kamu. Semoga liburannya ke Jepang nanti lancar yaa :D
      Itinerary yang saya submit ke embassy, itinerary yang saya gunakan, rincian biaya, dan detail transportasi pulang pergi sudah saya email ya.
      Semoga gambarannya bisa menjadi lebih jelas.
      Terima kasih sudah membaca blog saya :)

      Delete
  37. Hi... Salam kenal.
    Saya minta contoh itinerary dan budgeting kamu donk..
    Sekaligus info untuk trasnportasi slama djepang biasa kamu pake apa?
    Soalnya sy brencana jln sdri tp masi bgg cr info..
    Please email ke kiki_cu73@hotmail.com
    Makasih byk...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga :D
      Itinerary dan budgeting yang saya gunakan selama di Jepang kemarin sudah saya kirim lewat email, yaa.
      Untuk transportasi dalam kota di Jepang, saya selalu menggunakan transportasi umum seperti kereta dan bis.
      Di Kyoto saya gunakan bis dan kereta JR, di Osaka saya gunakan Subway dan untuk ke Universal Studio saya gunakan kereta JR, sementara itu di Tokyo saya gunakan Subway (Metro dan Toei) dan untuk ke Odaiba saya gunakan kereta JR.
      Untuk transportasi antarkota, saya gunakan kereta Shinkansen antara Kyoto dan Osaka, pesawat antara Osaka dan Tokyo, serta bis malam antara Tokyo dnan Nagoya.
      Good luck dengan planningnya, semoga bisa berangkat secepatnya. Kalau ada yang masih bingung mungkin bisa ditanya kembali disini.
      Terima kasih ya sudah main ke blog saya :)

      Delete
  38. Hi Rifky, boleh minta tolong kirimkan contoh itinerary ke annisaacitradelita@gmail.com? Oiya pas ke jepang kemarin pakai pesawat apa? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Annisaa,
      Itinerary sudah saya kirimkan ke email kamu ya.
      Waktu itu saya karena prioritasnya adalah tiket yang murah, jadi pesawatnya beragam. Jakarta-SIngapore-Kuala Lumpur dengan TIgerair, Kuala Lumpur-Osaka dan Nagoya-Kuala Lumpur dengan AirAsia X, dan Kuala Lumpur-Jakarta dengan Malindo Air.
      Kalau dirasa melelahkan karena banyak transit, pilihan pesawat yang direct dari Jakarta ke Jepang ada banyak namun harganya suka mahal (di atas USD600 return), misalnya Garuda Indonesia, JAL, dan ANA.
      Kalo mau yang one-stop transit dan murah, mungkin bisa naik AirAsia X dengan transit di Kuala Lumpur dan Scoot yang berangkat dari Singapore.
      Naik one-stop transit dengan maskapai full-service bisa pilih Malaysia Airlines, Singapore Airlines, Cathay Pacific, Philippine Airlines, Vietnam Airlines, China Airlines, Korean Air, Asiana Airlines, Thai Airways, atau China Southern.
      Semoga bisa membantu dan terima kasih sudah mampir ke blog saya :D

      Delete
  39. Mas Kamajaya, kalau masih ada boleh saya minta contoh itinerarynya juga? Sebetulnya saya mau cari penginapan disana sendiri, tetapi ternyata karena perlu bikin itinerary jadi batal deh rencana saya..

    Maaf karena takut kena spam jadi emailnya saya taruh di gambar ini
    http://i.imgur.com/JFDKvgb.png

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Leonardy,
      Itinerary yang saya gunakan waktu itu udah di email yaa.
      Ngomong-ngomong apa hubungannya cari penginapan sama bikin itinerary?
      Maksudnya "cari penganapan disana sendiri" tuh go show atau gimana?
      Anyway, good luck bikin visanya semoga approved dan lancar ke Jepangnya :D
      Terima kasih juga udah main ke jambukebalik :)

      Delete
    2. Rencananya saya mau jalan-jalan 'bebas' gitu, jadi cari penginapan dan lain-lainnya disana. Emailnya sudah diterima, makasih :)

      Delete
  40. Bro ki bisa minta itin n budged selama di sana email ke kwokcinglong@gmail.com.thx.truz kalo ke tokyo-kyoto-osaka-nagoya minimal brp hari br cukup? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kwok,
      Sudah saya email itinerary dan budgeting liburan saya ke Jepang kemarin.
      Saya sendiri sukanya liburan yang cepat, jadi menurut saya Tokyo 2 hari dan Kyoto-Osaka 2 hari sudah cukup.
      Tapi kalo mau lebih menikmati, saran saya adalah Tokyo 3 hari, Kyoto 2 hari, dan Osaka 1 hari. Waktu itu saya di Nagoya nggak sempet muter-muter, tapi kalo mau mungkin 1 hari cukup. Waktu yang saya berikan disini dengan catatan tanpa mengunjungi theme parks, ya. Karena kalo sekalian ngunjungin theme parks harus seharian di sana biar puas. Jadi kalo di Osaka mau ke Universal Studio Japan harus nambah sehari, begitu juga kalo di Tokyo mau ke Disneyland, Disneysea, Fuji-Q, atau Lake Kawaguchi untuk lihat Gunung Fuji.
      Semoga bisa ngasih sedikit pencerahan.
      Terima kasih juga sudah mampir ke sini :D

      Delete
  41. hai Refky, senang bisa baca share-annya kamu tentang ini. btw bagi contoh ittinerarynya ke gintaryansaputra@yahoo.co.id dong, oh iya, share budgettingnya jg ya, saya ada plan, tp cm ke tokyo (shinjuku, shibuya, sm odaiba), punya rekomen hostel dormitory atau daerah penginepan yg strategis buat tujuan itu gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ginta,
      Wah saya ikut senang kalo post saya bisa bermanfaat buat orang lain hehe
      Itinerary dan budgeting yang saya gunakan selama di Jepang kemarin sudah dikirim lewat email.
      Untuk rekomendasi hostel, saya sebenernya kurang paham karena baru sekali ke Tokyo dan hanya nginep di 1 hostel. Kalo kamu mau ke Odaiba (terletak di kanan kalau lihat peta) dan Shinjuku serta Shibuya (yang terletak di kiri peta), berarti butuh hostel yang terletak di tengah kota Tokyo. Tapi bagi saya asal hostel terletak dengan stasiun subway itu sudah cukup strategis.
      Kemarin saya menginap di Khaosan Tokyo Ninja yang terletak di Asakusa. Letaknya 10 menit jalan kaki dari exit stasiun Toei Asakusabashi. Ke Odaiba sangat dekat dari Asakusabashi, tapi ke Shinjuku dan Shibuya cukup jauh (30-45 menit).
      Tapi saya milih karena lokasinya dekat dengan exit Toei dan harganya yang murah.
      Semoga pengalaman saya tersebut bisa sedikit memberikan pencerahan.
      Terima kasih sudah mampir di blog saya :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. okeoke Thanks Ky, emailnya sdh diterima

      Delete
  42. halo kaaak, boleh minta Itinerary dan budgeting pulang pergi dan selama di jepang gaaa? kalau boleh send via email ya kak ke amaliapgunawan@gmail.com thankyou kaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Amalia,
      Itinerary dan budgeting yang saya pake selama liburan di Jepang kemaren udah dikirim via email yaa.
      Terima kasih juga udah mampir ke blog saya :D

      Delete
  43. Hallo Refky,
    salam kenal saya aqil, pertama" thx in advance yah sama sharingnya..ngebantu bgt soalnya mau ada rencana ke jepang juga april nanti..
    btw ITBnya angkatan brpa? saya juga maasiswa ITB soalnya,hehe..

    sama kya orng" yg diatas, boleh mnta estimasi budget sama jadwal perjalanannya engga?
    klo boleh kirim ke sini yaah
    aqiland@gmail.com

    thx sebelumnya, semoga bisa share info menarik lainnya dan ditunggu juga yah emailnya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Aqil, salam kenal juga :)
      Saya ITB angkatan 2011 nih, kamu angkatan berapa?
      Untuk itinerary dan anggaran biaya selama di Jepang kemarin udah dikirim lewat email yaa.
      Thank you juga ya udah main ke blog saya. Iyaa, semoga bisa sering berbagi info yang bermanfaat dan menarik :D

      Delete
  44. hi refky , salam kenal saya riko , seneng bgt bisa nemu blog yang bahas ke jepang :D. agak confuse juga sih apa aja yang harus di siapin sebelum ke jepang. oiya season yang pas ke jepang itu kapan ya ? terus ehemm tiket yg agak murah di bulan apa ya ? oiaa contoh yg embassy S1 itu ditulis gelar nya atau gimana ya ? nah satu lagi boleh minta itinerary sama budgeting selama di sana ga ? kalau boleh kirim ke : chikotakeru@yahoo.com

    thanks before .. maaf banyak nanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Riko, saya coba jawab yaa.
      1. Masalah season, Jepang kayaknya seru buat sepanjang tahun. Jadi balik lagi ke kamu maunya ngerasain apa. Yang paling seru sih kayaknya pas spring, karena di Jepang ada hanami alias cherry blossom alias bunga sakura (yang khas banget dari Jepang) pada bermekaran. Autumn juga katanya bagus. Kalo mau ngerasain salju, bisa dateng pas winter. Atau kalo mau cuaca yang bagus walaupun terik bisa dateng pas summer. The choice is yours :)
      2. Tiket murah kalo dari Jakarta kayaknya asal bukan deket-deket liburan besar dan libur sekolah (Des-Jan, Juni-Agustus).
      3. Nggak ditulis gelarnya, cukup ditulis "adalah mahasiswa S1 di program studi […] universitas […]"

      Budgeting dan itinerary saya sudah dikirim via email yaa.
      Terima kasih juga udah mampir ke blog saya :)

      Delete
  45. Hi Rifky, boleh minta tolong kirimkan contoh itinerary, budget, sama contoh surat keterangan mahasiswa ke silviairna19@gmail.com? pas ke jepang kemarin pakai pesawat apa? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Itinerary, budgeting, dan format surat keterangan kampus udah saya kirim ya.
      Kemarin saya naik pesawat campur-campur.
      Jakarta-Kuala Lumpur naik Tigerair via Singapore
      Kuala Lumpur-Osaka dan Nagoya-Kuala Lumpur naik AirAsia X
      Kuala Lumpur-Jakarta naik Malindo Air.
      Terima kasih juga udah dateng ke blog saya :D

      Delete
  46. Halo refky,blh saya minta itinerary dan budget nya selama di jepang?lalu saya mau tnya,kl blm kerja tp punya rekening bank dan saldo yg cukup krena dksh ortu,apa saja yg dibutuhin buat apply visa jepang tersebut?tolong dikirim dan dijawab ya ke email saya di assasinxstlouis@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Itinerary dan budgeting liburan kemarin sudah saya kirim lewat email ya.
      Untuk masalah yang belum kerja, saya juga agak bingung.
      Di satu sisi, pada umumnya kedutaan negara lain itu minta surat kerja atau surat kampus. Sementara untuk Jepang, kalo dibaca disini http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html dia cuma bilang butuh surat kampus untuk mahasiswa, sementara untuk yang udah kerja nggak ada keterangannya.
      Jadi untuk dokumen yang dibutuhin, mungkin bisa diikutin aja dari link yang saya berikan tadi dan semoga lancar mengurus visanya.
      Good luck ngurus visanya, semoga lancar dan approved :)
      Terima kasih udah main ke blog saya

      Delete
  47. hai refky, berkat baca postingan km yg satu ini, saya jadi terinspirasi sekali buat ke jepang. Boleh minta contoh surat keterangan mahasiswanya ga? Biar staf TU kampus bisa bikin sama persis, hehhe. Tolong kirim ke sagitariusblue@rocketmail.com terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  48. oh iya, sama apakah suratnya mesti dalam bahasa inggris? Kalau dalam bahasa indonesia, boleh ga untuk kedutaan? Kalo b.indo kan bisa lebih gampang ditulis S1. hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Wah syukur deh kalo gituu :D
      Format surat keterangan kampus udah saya kirim lewat email yaa.
      Saya sendiri selalu bikin surat pake bahasa inggris. S1 = Undergraduate Program.
      Tapi Desember kemarin saya bantu urus adik saya, dia pake bahasa indonesia karena TU nya nggak mau buatin pake bahasa inggris.
      Tapi alhamdulillah lancar-lancar aja dan approved juga.
      Terima kasih banyak juga udah dateng ke blog saya :)

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Halo refky,blh saya minta itinerary dan budget nya selama di jepang?lalu saya mau tnya, tentang rekening bank dan saldo yg cukup itu bagaimana ya? soalnya saya hanya ingin mempresentasikan paper disana selama 4-5 hari tanpa aneh2 di jepang sana. Terimakasih ya! bisa dikirimkan ke duajunisembilanempat@gmail.com Ref :))

    ReplyDelete
  51. Halo refky,blh saya minta itinerary dan budget nya selama di jepang?lalu saya mau tnya, tentang rekening bank dan saldo yg cukup itu bagaimana ya? soalnya saya hanya ingin mempresentasikan paper disana selama 4-5 hari tanpa aneh2 di jepang sana. Terimakasih ya! bisa dikirimkan ke duajunisembilanempat@gmail.com Ref :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rifki,
      Itinerary dan budgetingnya sudah saya kirimkan lewat email.
      Masalah saldo tabungan, berdasarkan hasil baca-baca saya kalo mau aman itu minimal saldo adalah sebesar berapa hari disana dikali Rp 1.000.000. Kalau belum beli tiket pesawat, ditambah 7-10 juta. Jadi posisi aman sepertinya ada di kisaran 10-15 juta.
      Tapi saya juga pernah baca ada yang approved dengan saldo di bawah 10 juta.
      Good luck mengurus visa dan presentasi papernya!
      Di universitas mana kalau boleh tau mau presentasinya? Seru ya kayaknya, saya belum pernah ikutan buat paper gitu haha
      Salam kenal ya. Terima kasih juga udah mampir ke blog saya :D

      Delete
    2. Kemarin saya sih ikut call for paper yang dibikin sama PPI Hokkaido sana haha, nama lomba nya HISAS 12. Terimakasih ya sudah menjawab pertanyaan saya! terimakasih :))

      Delete
    3. Asiknya bisa main ke Hokkaidooo!
      Semoga lancar dan menyenangkan ya ke Jepangnya, dan semoga sukses HISAS 12 nya!

      Delete
  52. Hi Rifky,
    boleh minta tolong kirimkan contoh itinerary ama budgetnya ke fullradiant02@gmail.com
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Sudah saya kirimkan lewat email itinerary dan budgeting liburan saya ke Jepang kemarin. Semoga bisa bermanfaat :)

      Delete
  53. Ohayo Mas Refky
    Alhamdulillah kmrin saya juga berhasil kesana, dengan epaspor bebas visa.. :)
    Mas refky, saya boleh minta contoh itinerary dan anggaran biaya selama di Jepang kemarin? Dan format surat keterangan mahasiswanya untuk adik saya..
    Kalau boleh tolong kirimkan ke alamat email ini ya fanisaa@gmail.com.
    Terimakasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohayo juga Firdha :D
      Enaknyaaa, jadi lebih gampang ya kalo pake e-passport bisa bebas visa 3 tahun.
      Sudah dsaya kirimkan lewat email ya itinerary, budgeting, dan format surat keterangan mahasiswanya.
      Good luck mengurus visanya!

      Delete
  54. Halo Refky,

    Saya boleh minta itinerary dan budget selama disana.. kebetulan mei ini saya akan kesana. dikirim ke adryanti_risa@yahoo.com

    trims ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Sudah saya kirim lewat email itinerary dan budget saya selama disana kemarin.
      Have fun liburannya bulan Mei nanti :))

      Delete
    2. haii refky.. boleh minta dikirimin juga ga itinerary dan budget selama disana . tolong dikirimkan ke email ini ya : evan_thy@yahoo.com
      terima kasih banyak

      Delete
    3. Haloo, udah saya kirim ya itinerary dan budgeting yang saya pake selama liburan di Jepang kemarin.

      Delete
  55. Halo mas refky!
    Boleh minta kirim itinerary budget sm format surat kampus ga ke nata_stefanie@yahoo.com?
    terima kasih banyak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Enid! Itinerary dan budgeting saya selama di Jepang kemarin udah dikirim ya, sekalian sama format surat kampusnya.

      Delete
  56. Hello mas refky, boleh minta tolong dikirimin juga gak itinerary dan budget selama di sana ke freakmewhatsoever@gmail.com
    terima kasih banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, udah dikirim lewat email ya itinerary dan budgeting saya waktu liburan ke Jepang kemarin.

      Delete
  57. Halo refky..
    Saya sama temen ada rencana mau ke jepang boleh minta itinerarynya. Bisa di kirim ke email rikhadwicahyani@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rikha, itinerarynya sudah saya kirim lewat email yaa :D

      Delete
  58. hay bro, salam kenal gw mau nanya kalo ngurus visa harus org yg bersangkutan apa boleh diwakilin?
    oiya sama bagi donk itinerarynya ke email gw, atha.funter@gmail.com
    oiya lo ada rencana mau liburan kemana lagi tahun 2015 ini?

    ReplyDelete
  59. hay bro, salam kenal gw mau nanya kalo ngurus visa harus org yg bersangkutan apa boleh diwakilin?
    oiya sama bagi donk itinerarynya ke email gw, atha.funter@gmail.com
    oiya lo ada rencana mau liburan kemana lagi tahun 2015 ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bro, salam kenal juga.
      Pengalaman saya sih bisa diwakilin asal bisa nunjukin hubungan antar keduanya. Desember lalu gue wakilin adek gue dengan nunjukin fotokopi kartu keluarga. Itinerary udah dikirim ya lewat email.
      Tahun ini belom ada rencana kemana-mana nih Udah ada sih 1, tapi kayaknya mau dibatalin aja karena masih harus ngerjain skripsi. Lo sendiri mau kemana aja tahun 2015 ini rencananya?

      Delete
    2. hay bro thanks bgt ya udah dikirimin itinerarynya,
      ya gitu tahun ini rencananya pengen ke Thailand atau Jepang,
      tapi gw malas kalo pergi sendirian, makanya nyari2 temen mungkin aja ada yg mau bareng2,
      oiya kabarin ya kalo lo mau liburan ke luar negeri atau di Indonesia,
      oiya gw juga pengen nge-Explore Sumatera nih, belum pernah kesana soalnya, hehehehee

      Delete
    3. Seru banget tuh liburan ke Thailand dan Jepang.
      Kalo nggak ada temen mending berangkat aja, dua negara itu nyaman banget kok walaupun sendirian. Nyari temen kelamaan bisa-bisa nggak berangkat loh hehe.
      Wah tahun ini saya belum ada rencana kemana-mana nih :(

      Delete
  60. Sekarang pake visa waiver (stiker bebas visa ke jepang) juga gratis kok :D lebih gampang lagi deh sekarang ini~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya itu tapi sayang masih harus punya epasspor. Nanti kalo paspor lama udah abis rencananya ganti ke epaspor biar bisa daftar visa waiver :D terima kasih infonya. Salam kenal, Fahmi! :)

      Delete
  61. hi refky,
    rencana saya ingin ke jepang untuk bulan juni, boleh saya minta iten nya ke email : monica.christanti@gmail.com
    makasih sebelumnya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sudah saya kirim itinerarynya lewat email. Semoga lancar dan menyenangkan ya liburannya Juni nanti :))

      Delete
  62. Salam Refky, saya tertarik untuk solo backpacker April ini, saya juga mau minta contoh itinerary yg dibuat utk kepengurusan visa sekalian sama budget selama disana. Trims, email : matuar_hiumar@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, itinerary untuk pembuatan visa Jepang dan budget selama di sana udah saya kirim via email ya.

      Delete
    2. Emailnya sudah saya terima, Thanks Eky untuk responnya, ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan lewat email, mudah-mudahan berkenan menjawabnya.

      Delete
  63. Malem mas bro.... tertarik dgn cerita solo backpackerx ke negeri sakura. Jadi pengen nyobain.... hehehe.... bisa bagi itennya n rincian budgetnya donk, mana tahu tahun depan bisa nyasar ke jepang, email aq : hazarfianqueen@yahoo.com..... thanks buat infonya z

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hazar,
      Itinerary dan budgeting liburan ke Jepangnya udah saya kirim yaa. Semoga bisa nyasar ke Jepang secepatnya :D

      Delete
  64. Halo Refky, saya berencana ke Jepang. Bisa tolong share itinerary dan budgetnya ke email saya di esther_rinelda@yahoo.com...thanks alot ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Esther, itinerary dan budgetnya udah saya kirim lewat email :)

      Delete
  65. Halo Refky, saya berencana ke Jepang. Bisa tolong share itinerary dan budgetnya ke email saya dari keberangkatan-pulang ke Indo lagi ? trims yaa. email saya : yenz_blueberry@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Filbert,
      Itinerary dan budgeting liburan ke Jepangnya udah saya email ya :D

      Delete
  66. Halo bro

    Wah pas banget ini sama momentnya ane mau liburan januari tahun depan (masih dingin2nya hahaha)
    Boleh minta itinerari sama budgetnya bro
    dianpradana1988 @gmail.com

    Thanks banget jadi punya gambaran manajemen waktu pembuatan visanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dian,
      Itinerary dan budget liburan ke Jepang saya kemarin udah dikirim lewat email yaa :))

      Delete
    2. Btw harga tiket2 pesawat sekarang itu biasanya sudah termasuk airport tax ya ? Ato masih harus keluar lagi ?

      Delete
    3. Hmm kalo saya kemaren sih bayar airport tax lagi di Jakarta aja. Tapi kalo nggak salah sekarang harga tiket udah termasuk airport tax juga, cuma saya lupa mulai diberlakukan untuk tiket yang pembelian sejak kapan. Mungkin kalo kamu udah beli tiket bisa telpon ke airlinesnya tanyain nanti di airport perlu bayar tax lagi atau nggak.

      Delete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. haloo Refky. Makasih banget ya, postingannya membantu banget buat aku yg ada rencana mau ke Jepang. kalau bisa minta tolong kirim intinerary juga ya ke email ini adindamarcilea@yahoo.com.

    Oiya, minta tips-tipsnya dong gimana liburan sendirian di sana? kalau dibayangin kayaknya bakalan bingung ya sendirian di sana. Apa kamu nyari kenalan baru?

    Thanks yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Marcilea,
      Itinerary-nya udah saya kirim ya lewat email :D

      Untuk tips liburan sendiriannya, sebenernya sama aja sih kalo kamu jalan-jalan sendiri di Singapore, Malaysia, atau bahkan di Jakarta.
      Biar nggak nyasar, kalo bisa udah siapin screenshot peta untuk mencapai objek wisata atau hotel. Lebih baik lagi kalo di hp kamu ada map (atau offline map kalo nggak beli simcard atau sewa wifi).
      Untuk petunjuk arah dan sebagainya, Jepang udah termasuk ramah buat turis kok karena petunjuknya kebanyakan udah ada bahasa Inggrisnya juga jadi nggak usah takut karena nggak bisa bahasa Jepang.
      Kalo emang nyasar, coba tanya ke locals aja. Katanya sih kebanyakan dari mereka ramah dan suka bantu turis yang kebingungan.
      Saya kemarin bener-bener sendirian di sana. Nggak ada kerabat atau saudara dan nggak sempet kenalan sama temen-temen di hostel juga karena jadwal saya yang padet hehe.

      Semoga lancar ya nanti liburannya di Jepang. Nggak perlu takut kok kalo jalan sendirian juga :))

      Delete
  69. halo Refky, blognya menarik banget. kebetulan sy ada planning ke jepang tahun depan, boleh bagi itinerary sm budgetingnya ga, kirim ke email laksemanadewi@gmail.com

    oh ya, mau minta saran nih, saya kan baru lulus s1 agustus ini mulai s2, skrg sy lg bekerja jg status pegawai kontrak, nah menurut Refky, sebaiknya saya menggunakan surat keterangan mahasiswa atau surat bekerja ya? kalau saya menggunakan surat keterngan mahasiswa saja tanpa melampirkan surat bekerja, bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ayu,
      Itinerary dan budgetingnya udah saya kirim lewat email yaa.

      Menurut saya kalo emang bisa dapet surat keterangan mahasiswa dari kampus, lebih baik pake itu aja karena rasanya mahasiswa bakal lebih mudah diapprove dibanding karyawan karena keterikatannya dengan negara asal cukup kuat (nggak mungkin jadi penduduk ilegal di Jepang, kan masih kuliah di Indonesia).

      Kalo udah ngelampirin surat mahasiswa, nggak perlu ngasih surat kerja nanti kedutaannya bingung kamu mahasiswa apa karyawan, hehe.

      Delete
  70. Hai Refky!! mksh ya sharinganya sugoi!! 👍👍
    surat keterangan dr kampusnya itu harus berbahasa inggris gitu atau bs pake bhs indonesia ya?
    oh iya selama disana pake wifi pocket ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Novia, terima kasih juga udah baca post saya :D

      Bisa dua-duanya kok.
      Waktu itu saya pake bahasa inggris, tapi adek saya bulan desember kemaren pake bahasa indonesia dan nggak masalah.

      wah saya nggak sewa pocket wifi, cari wifi gratisan dan wifi hostel aja biar irit haha.

      Delete
  71. hallo refky

    salam kenal mau juga dong itenarynya rencana mau kesana juga
    makasih banyak loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yang Nay, salam kenal juga.
      Email kamu apa ya supaya bisa saya kirim lewat email.

      Delete
    2. Halo mas refky, blh mnt itinerarynya jg ke riza@mramedia.com ? Thanks yaa

      Delete
    3. Halo,
      Udah saya email ya itinerarynya. Semoga bisa berguna :D

      Delete
  72. Halo Refky,

    salam kenal.
    Rencananya saya akan ke Jepang sekitar tahun depan.
    Boleh minta itinerary ddan budgetingnya?
    Tolong dikirim ke realicetic@gmail.com

    Ada rencana ke Jepang lagi kah? :D

    Kira-kira kapan waktu yang tepat untuk ke Jepang ya kalau dilihat dari sisi finansial?
    Hehe, pengennya jalan-jalan yang hemat aja soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Amanda, salam kenal juga :D
      Itinerary dan budgeting yang saya buat udah dikirim lewat email yaa.
      Kebetulan belom ada nih, mau ke negara-negara lain dulu aja yang belom pernah hehe. Tapi kalo dibayarin boleh sih, nggak nolak kok :p

      Kalo saya baca-baca, peak time-nya Jepang itu pas Hanami (April-Mei) karena bunga sakura lagi mekar-mekarnya. Jadi bakal banyak turis yang ke Jepang, sehingga harga lebih mahal. Sisanya sih biasa aja nggak begitu mahal, kecuali kayak holiday yang global kayak natal atau tahun baru. Bulan Januari-Februari dan September-November kayaknya bakal lebih murah dari bulan sisanya. Summer (Juni-Agustus) lebih mahal sedikit karena bakal cukup rame sama turis-turis.

      Delete
  73. makasih mas refky, infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Annisa, terima kasih juga udah baca post saya ini :D

      Delete
  74. Wah postingnya bagus sekali mas. Btw mau nanya. Kalo kita aplikasi visa kita ditolak. Kita harus bayar ga ya? Makasih mas. Maju terus jambukebalik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah baca suatu postingan blog orang lain, kalo nggak salah nggak perlu bayar kok kalo visanya ditolak. Tapi semoga visa kamu approved ya.

      Hahaha majulah jambukebalik. Terimakasih ya udah mampir ke sini dan ngedoain blog saya supaya maju :))

      Delete
    2. Sama2 Mas Refky! :))

      Delete
  75. Hi Bro Refky, bisa bantu saya kirimin itenerarynya ?
    ada rencana saya mau berangkat ke Jepang dan urus visa juga.
    Email saya : jeffry.winata@ymail.com.

    Sekalian kiat dan saran2 yg harus diperhatikan kalo berangkat dan brapa biaya yg hrs disiapkan. dan referensi hotel dll ato alur perjalanan lengkapnya.


    thanks Bro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Untuk itinerary udah saya kirim lewat email. Dari sana mungkin kamu bisa prediksi kira-kira berapa biaya yang bakal dikeluarin selama liburan. Tinggal disesuain aja sama gaya traveling kamu. Di itinerary itu juga ada alur perjalanan saya yang lengkap selama di Jepang.

      Referensi hotel kebetulan saya nggak ada nih karena kemarin saya nginep di hostel (Piece Hostel Kyoto dan Khaosan Ninja Tokyo). Tapi saya sempet bookingin hotel buat Ayah dan adik saya pas mereka liburan dan kata mereka hotelnya enak. Waktu itu saya bookingin di Ark Hotel Osaka Shinsaibashi, Hotel Gran Ms Kyoto, dan Hotel MyStays Asakusa Tokyo.

      Semoga bisa membantu yaa!

      Delete
  76. Salam kenal mas refky
    Saya mahasiswa uns solo ktp asal medan kmrn buat paspor d jakarta

    Bisa ga saya urus visa d jakarta?
    Klu harus k medan dan pake jasa agen msh bisa pake surat keterangan mahasiswa s1 nya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gaby, salam kenal juga.
      Setau saya yurisdiksi tempat ngurus visa Jepang itu ngeliat KTP-nya. Kalo gitu berarti kamu harus ngurus lewat kedutaan Jepang di Medan.
      Nah, yang masalah agen ini saya kurang tau ya. Kalo dipikir sih mereka tetep minta surat keterangan mahasiswa kamu, tapi berhubung ini travel agent jadi bayarnya tetep harga normal. Saya nggak tau kamu bisa nego apa nggak buat bayar jasanya aja, karena travel itu kan komponen harga pembuatan visanya adalah harga visa itu sendiri dan biaya tambahan untuk bolak-balik mereka. Dicoba tanya langsung ke kedutaannya aja.

      Delete
  77. Mas Refky makasih banget lho infonya buat aplikasi visa gratis! Ckckck berkat mas visa aku gratis nih ke Jepang :) Dan mas juga bikin aku terinspirasi untuk ngeshare trip2 aku lewat blog karena ternyata dengan sharing itu membantu orang lain banget dan next time aku bisa bikin orang terinspirasi juga layaknya aku yang terinspirasi sama kamu mas #eaaa
    Sukses terus Jambukebalik!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal yaa :D
      Sebelumnya selamet dulu karena visa jepangnya udah granted dan gratiiiss!

      Saya juga terima kasih banget sama kamu udah baca blog saya dan ninggalin komen. Komen-komen kayak kamu gini yang bikin saya jadi semangat ngeblog :')
      Kamu udah punya blog kah? Kasih tau linknya dong supaya saya bisa ikutan baca.

      Sekali lagi, terima kasih udah doain supaya blog saya sukses terus. Semoga liburan ke Jepang kamu juga lancar terus yaa!

      Delete
    2. Sama2 Mas! Boleh di cek blog saya www.jarangjalanjalan.wordpress.com. Saya baru coba nge blog juga nih hehehe. Amin!

      Delete
    3. Waaah asik ada bahan bacaan baruu. Pasti saya kunjungiin!

      Delete
  78. Keren pisan, sangat membantu sekali artikelnya :))
    Boleh kirim itenerary, bujet sama contoh surat keterangan mahasiswa nya ke harismaprawira@gmail.com

    1. Baiknya mengajukan visa berapa hari/bulan sebelum keberangkatan? rencana saya berangkat bulan september nanti
    2. Masalah saya ada di rekening itu, rencananya saya mau meminjam uang ortu. Nah apakah selama 3 bulan trkhir tersebut harus ada transaksi walau kecil? apa boleh mengendap/stabil?
    3. Oh ya surat keterangan mahasiswanya harus ada bacaan S1? kalo tdk ada bagaimana?

    Terima kasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Harisma,
      Itinerary dan budgeting liburan ke Jepangnya jdah saya kirim lewat email ya.

      1. Visa Jepang itu paling cepet diajuin 3 bulan sebelom keberangkatan. Saya sendiri sih enaknya makin cepet makin bagus biar cepet tenang. Jadi waktu itu saya ngurus visanya 2.5 bulan sebelom berangkat. Tapi adek dan ayah saya ngurus 1 bulan sebelom berangkat juga nggak ada masalah kok.
      2. Kalo saya baca-baca cerita dan penjelasan orang, rekening koran yang bagus itu yang aktif. Jadi walaupun saldonya banyak tapi selama 3 bulan cuma ada let's say 10 transaksi, itu nggak bisa dibilang aktif.
      3. Berdasarkan hasil telepon saya ke kedutaan, mereka nekenin banget harus ada S1 nya. Kalo nggak ada nggak bisa gratis. Begitu katanya.

      Semoga jawaban saya membantu ya :D

      Delete
  79. Salam.. ki, ini saya lagi. Alhamdulillah, Mei kemarin saya berhasil hanimun ama suami ke turki. Thanks blog kamu membantu bgt, apalagi buat dapetin tiket promo kl-ist-cgk and ist-kay. huhu.

    Insya Allah desember ini kami berencana mau k jepang ama beijing (saja). Boleh minta itinerary nya ga ki? tlg kirimin k email noviaelisa89@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Elisa,
      Horee! Semoga mengesankan dan menyenangkan ya liburannya ke Turki kemaren :D

      Itinerary Jepang udah saya kirim lewat email, cuma yang Beijing kebetulan nggak nemu nih itinerarynya. Nanti kalo udah ketemu saya kirim nyusul aja yaa.

      Delete
  80. Hi... Refky... boleh copy itinerary n budget selama di jepang? Trims sebelumnya email le ima.dewinursanty@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Itinerary dan budgetingnya udah saya kirim yaa

      Delete
  81. Hi bro Refky salam kenal.
    Terimakasih karena sudah share tata cara pembuatan visa ke Jepang ,tapi sekarang kan WNI dibebaskan visa untuk ke Jepang.
    Berarti hanya perlu pasport aja ya,dan gak usah urus2 visa lagi untuk bisa pergi ke Jepang?

    Beruntung sekali bro Refky sudah bisa liburan ke Jepang.Seperti apa sih warga Jepang disana terhadap pendatang seprti kita? Apakah ramah atau bagaimana?

    Mohon maaf sebelumnya bolehkah saya minta contoh itinerary dan budgeting selama berada di jepang,saya sendiri sih belum ada rencana ke Jepang tapi mungkin aja beberapa waktu kedepan saya bisa ke sana.
    Tolong dikirim ke alamat ikhsanrijki29@gmail.com

    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, salam kenal juga.
      Sebelumnya itinerary dan budgetingnya udah saya kirim lewat email yaa.

      Untuk yang bebas visa Jepang itu khusus yang paspornya udah paspor elektronik. Itu juga kalau pertama kali harus tetep daftar ke kedutaan supaya bisa dikasih free visa waiver Jepang yang berlaku selama 3 tahun. Tapi kalo paspor kamu masih paspor biasa, berarti harus tetep urus visa dulu.

      Untuk orang Jepang sendiri dari pengalaman saya sih mereka cuek-cuek aja sama turis. Kalo nanya, baru mereka bisa ramah dan helpful. Nggak perlu takut kok, mereka sadar kalo negaranya jadi tujuan liburan turis-turis, jadi udah terbiasa juga.

      Semoga bisa secepatnya ke Jepang yaa :D

      Delete
  82. Boss,,gmn kh caranya kesana,,saya pengen ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mizugi,
      Kalo mau ke Jepang, siapin tiket dan hotelnya dulu biar bisa ngurus visa. Selain itu jangan lupa siapin tabungan juga, hehe. Semoga bisa liburan ke Jepang :D

      Delete
  83. halo Refky, boleh sy minta contoh itinerary dan budgeting selama di jepang, sy sendiri rencananya awal oktober ke sana, sama contoh surat keterangan kampus ya :), oh iya apa idak bs jika hanya menggunakan KTM?
    Tolong dikirim ke alamat ihputri22@yahoo.com. terima kasih banyak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, kl ada contoh surat kampusnya yg dalam bahasa Indonesia ya, soalnya sepertinya kampus sy tidak bs jika meminta surat dlm bahasa inggris, maaf merepotkan

      Delete
    2. Hi! Udah saya email ya itinerary, budgeting, dan contoh surat kampusnya.
      Aak asiknya Oktober gitu lagi autumn daun-daun udah mulai meng-orange/merah/kuning!
      Hmm kalo dibaca di sini sih boleh aja pake kartu identitas asal ada tulisan kamu mahasiswa S1.

      "Dokumen yang dapat menerangkan bahwa pemohon adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1. (Apabila pada kartu identitas mahasiswa atau yang lainnya tidak dijelaskan bahwa yang bersangkutan sedang menempuh pendidikan S1, maka dapat menyerahkan surat keterangan dari perguruan tinggi. Program ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan selain S1)."

      Tapi nggak ada salahnya kok lampirin surat keterangan ditambah KTM biar makin meyakinkan, hehe.

      Delete
    3. Untuk surat keterangan mahasiswa yang Indonesia kebetulan saya nggak ada contohnya nih. Mungkin kamu tinggal translate dari contoh yang saya kirim aja. Good luck ya ngurus visanya, semoga lancar dan granted :D

      Delete
  84. Halo Refky

    Saya boleh minta contoh itinerary ( yg di submit pas apply visa & itin selama di jepun kemaren)

    Kalo boleh tolong kirim ke arnaldy@gmail.com

    thanks in advance :)

    arnaldy

    ReplyDelete
  85. kalo boleh dengan budgeting, dan contoh surat kampusnya.
    trims ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Arnaldy,
      Dokumen-dokumen yang kamu minta udah saya kirim lewat email ya.

      Delete
  86. Mas refky, tanya dong ttg bebas visa utk S1..boleh ngga lampirkan ijazah S1 aja tanpa keterangan Dr kampus, sy lulus dah beberapa thn yg lalu...Dan terakhir nih yg bikin galau..status ktp sy karyawan ttpi 2 bln yg lalu sy nggak kerja lg, pengajuannya gmn ya? Tks ya Mas refky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ika,
      Bebas biaya visa itu hanya untuk mahasiswa S1. Jadi kalo kamu udah wisuda berarti nggak bisa bebas biaya visa. Hmm saya belom pernah ngalamin kayak gitu sih. Tapi kayaknya nanti kamu bisa bilang KTP kan nggak up-to-date jadi nggak perlu lampirin bukti kamu masih karyawan.

      Delete
  87. Halo Kak, saya mau ke Jepang pertengahan Oktober nanti, terus mau apply visa dari sekarang. Kalau berkenan, boleh saya minta contoh itin yang dibuat untuk apply visa? Kirim ke navia.izzati@yahoo.com

    Saya juga mau nanya, kan saya sudah lulus, tapi belum wisuda dan belum dapat ijazah, apakah bisa mendapatkan pembebasan biaya visa juga ya? Terus itu surat keterangan S-1 harus dalam Bahasa Inggris? Saya sudah ada, tapi dalam Bahasa Indonesia. Kira-kira bisa ga tuh ya?

    Terus ada lagi yang mau ditanya (maap banyak ya kak hehe). Kan nama asli saya di semua identitas (KTP, Akte lahir, kartu keluarga) itu Navia Izzati, tapi di paspor Navia Izzati Arfan (ditambah nama orang tua karena waktu itu ada peraturan untuk umroh nama di paspor harus 3 suku kata). Nah, di tiket saya ke Jepang namanya juga 3 suku kata. Terus nanti di form visa saya tulis nama 3 suku kata atau 2 suku kata ya kak? Bingung banget takut salah.

    Thanks in advance kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Navia, udah saya kirim ya contohnya.

      Kalo ada suratnya bisa kok dapet pembebasan biaya visanya, kan kedutaan nggak tau kamu belom wisuda. Nggak mesti Bahasa Inggris kok. Waktu itu adek saya Bahasa Indonesia dan tetep boleh.

      Di form visa tulis 3 suku kata. Kasusnya sama kayak Ayah saya. Dia di KTP, akte, KK namanya 1 suku kata tapi paspor dan tiket 3 suku kata. Awalnya sempet parno bakal masalah ke kedutaannya, tapi kata mereka nggak masalah dan ternyata emang granted.

      Wah asik banget Oktober gitu pasti daunnya udah pada merah-orange-kuning. Semoga lancar ngurus visanya yaa!

      Delete
    2. Kak emailnya udah diterima dari beberapa hari yang lalu tapi lupa ngabarin. Thank you so much.. Your email & your explanation help a lot! :D

      Delete
    3. Good luck with your visa application then!

      Delete
  88. Halo Refky. Posting an kamu seru dibaca dan ngebantu banget.
    Boleh minta contoh itinerary dan budget?
    Apakah kamu uda pernah ke sapporo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo,
      Kalo mau dikirimin itinerary dan budgeting kasih tau email kamu aja di sini supaya bisa saya kirim.
      Waktu itu nggak punya waktu buat ke Sapporo, jadi main di Osaka, Kyoto, dan Tokyo aja.

      Delete
  89. hai refky, bisa minta itinerary dan budgeting nya?
    kalo boleh kirim ke permana.aditya08@yahoo.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Itinerary dan budgeting-nya udah saya kirim yaa :D

      Delete
  90. Hallo refky!
    Bole minta itinerary yg diapprove kedubes jepang, itinerary waktu km di jepang, sama budgetnya?
    Kalo bole tlg kirim ke haruhitokiseki21@gmail.com.
    Makasih banyak ^^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ayumi, sudah dikirim ya yang diminta :)

      Delete
  91. Hi Bro....Bisa minta tolong kirimkan itin dan budget ke jepang yg di approve. Ke grace.kelly90@yahoo.com. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo! Cek email bro, udah dikirim itinerary dan budgetingnya :D

      Delete
  92. Gue baru ngalamin yang lo jabarin hari ini. Langsung bengong pas petugas loket kedubesnya bilang visa gue gratis..ampe disuruh minggir dari loket gegara mematung tak percaya bisa ngirit biaya..rezeki anak solehah ahahaha XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah selamat kalo gitu! Bulan lalu temen gue bilang adiknya nggak gratis padahal udah ngasih surat keterangan mahasiswa S1 di Indonesia. Kirain udah nggak berlaku bebas biaya visanya, eh ternyata lo masih bisa gratis.

      Btw, selamat udah punya visa Jepang yaa! Semoga liburannya lancar dan menyenangkan :)

      Delete
  93. haay mas Refky, perkenalkan saya tya dari samarinda..
    rencananya pingin main2 ke jepang jg tahun depan..
    bagi2 info juga dong soal itinerary dan budgetingnya :D ke tyambenk(at)ymail.com
    sama tips2 spot bagus selama disana yaaa..

    kalau ada info pengurusan visa yg ga mahasiswa jg bagi2 boleh yaaa..

    terima kasih banyaaak mas Refky..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tya, salam kenal ya :)
      Sudah saya kirim itinerary dan budgetingnya, semoga bisa berguna.
      Spot bagus bisa cek di japan-guide.com aja karena itu lengkaaap banget.
      Mengurus visa yang mahasiswa dan non-mahasiswa sama persis kok caranya, bedanya kalo mahasiswa pas ngambil visa nggak perlu bayar.

      Delete
  94. minta contoh Itinerary dan budgeting dong

    email : nanda.rizwanda95@gmail.com

    terima kasih

    ReplyDelete
  95. Hi Refky!
    Salam kenal sy Diana, boleh sy minta contoh itinerary dan budgeting selama di jepang, sy sendiri rencanany ke sana, sama contoh surat keterangan kampus ya
    Tolong dikirim
    Ke email rossa.dianna@gmail.com

    Terimakasih banyak yaaa. Ditunggu emailnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Diana, salam kenal juga ya :)
      Sudah saya kirim itinerary, budgeting, serta contoh surat keterangan mahasiswanya.

      Delete
  96. Halo Refky,
    Salam kenal ya...

    saya mau tanya, tapi mungkin sedikit keluar dari konteks.
    jadi begini, kemarin pada saat pengajuan visa dan di itin saya menulis masa tinggal kunjungan wisata saya di Jepang tgl 23-27 November 2015 (hanya 5 hari) tapi karena satu dan lain hal setelah visa saya keluar, saya akhirnya memutuskan untuk tinggal 23 November-7 Desember 2015 (15 hari). kira-kira ini akan jadi masalah gak ya pada saat di imigrasi Jepang, apalagi saya balik ke Indonesia pas banget di hari ke 15, ?
    Oh iya, exp visa saya masih sampai Februari 2015.

    Terima kasih sebelumnya Refky...

    ReplyDelete
  97. Hi Mas Refky,
    Boleh minta itinerary dan budgeting selama di jepang?
    Makasih :)

    ReplyDelete
  98. Halo refky,blh saya minta itinerary dan budget nya selama di jepang?
    nggolocoy@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nggolo,
      Sudah saya email ya itinerary dan budgetingnya :)

      Delete