Monday, October 1, 2018

Menginap Gratis di Doha dengan Program +Qatar

Pada tahun 2017 Qatar Airways meluncurkan program +Qatar. Dengan program +Qatar, penumpang Qatar Airways yang transit di Doha minimal selama 12 jam dapat menikmati fasilitas hotel gratis untuk 1 malam. Bagi yang mau extend 1 malam lagi, cukup membayar USD 100 untuk semua hotel (sekarang harganya sudah naik, dulu saat programnya baru diluncurkan biaya tambahannya hanya USD 50). Program ini sudah diperpanjang 2x, sehingga sekarang masih berlaku untuk pemesanan hingga 28 Desember 2018 dan periode menginap hingga 31 Desember 2018.

The Westin Doha Hotel & Spa - Pool

Fasilitas
Terdapat 2 kategori program +Qatar, yakni Premium dan Luxury. Kategori Premium diperuntukkan ke penumpang kelas ekonomi, sementara Luxury ke penumpang kelas bisnis dan first. Hotel yang terdapat di kategori Premium adalah hotel bintang 4, sementara pilihan di kategori Luxury adalah hotel bintang 5.

The Westin Doha Hotel & Spa - Deluxe Room

Fasilitas yang didapatkan jika mengikuti program +Qatar adalah dapat check-in kapan pun dan masa tinggal dihitung 24 jam setelah check-in. Ini sangat menguntungkan karena jadwal terbang Qatar Airways suka aneh-aneh, bisa landing jam 12 malam atau 5 pagi. Beberapa hotel di kategori Premium menawarkan fasilitas pick-up dan drop-off secara gratis juga. Berdasarkan pengalaman orang lain yang merupakan elite member dari sebuah hotel chain, walaupun menginapnya gratis tapi masih mendapat elite recognition seperti sarapan gratis bahkan upgrade room (berhubung kamar yang diberikan adalah kamar standar).

Pilihan hotel
Dalam periode sekarang, pilihan hotel yang tersedia untuk kategori Premium adalah Radisson Blu Hotel Doha dan Holiday Inn Doha The Business Park. Sementara untuk kategori Luxury pilihannya adalah:
  • The Westin Doha Hotel and Spa
  • Hilton Doha
  • Intercontinental Doha – The City
  • Marriott Marquis Doha
  • Oryx Rotana Doha
  • Al Aziziyah Boutique Hotel Doha
  • Millennium Hotel Doha
  • Warwick Doha
  • Millennium Plaza Doha
  • Souq Waqif Boutique Hotel
The Westin Doha Hotel & Spa

Pilihan hotel ini sudah berkurang dari periode pertama dimana dalam kategori Luxury terdapat pilihan hotel yang lebih mewah seperti Four Seasons, St. Regis, Ritz Carlton, W, dan sebagainya.

Pilihan hotel tergantung ketersediaan di tanggal menginap ya.

Cara memanfaatkan program +Qatar
Untuk menikmati fasilitas +Qatar, tiket yang kamu beli harus merupakan tiket Qatar Airways, bisa one-way maupun round-trip, dengan transit di Doha minimal 12 jam. Catatan: kalau jadwal pesawat kamu berubah sehingga waktu transit menjadi kurang dari 12 jam, benefit tidak bisa dipakai. Tiket Qatar Airways ditandai dengan e-ticket yang diawali dengan nomor 157.

Setelah membayar tiket dan punya nomor e-ticket, kunjungi halaman +Qatar di link berikut ini: https://discoverqatar.qatarairways.com/us-en/plusqatar. Masukkan tanggal kalian butuh penginapan.

Homepage

Kemudian akan muncul pilihan penginapannya, ada keterangan kategori Premium atau Luxury.

Pilihan hotel

Jika kalian klik “More Details”, di bagian bawah ada “Additional Benefits”. Dari bagian tersebut bisa diketahui fasilitas tambahan apa saja yang disediakan oleh hotel. Contoh berikut adalah additional benefits dari Holiday Inn Doha The Business Park, dimana tersedia pick-up dan drop-off gratis dari dan ke Hamad International Airport.

Additional benefits

Setelah memilih hotel, kalian harus mengisi form yang cukup simpel. Jika pesawat landing atau berangkat di jam yang tidak lazim, langsung tulis aja perlu check-in jam 4-5 pagi, misalnya. Nomor e-ticket juga harus diisi dengan tepat. Infonya bisa didapatkan di PDF email itinerary atau Manage My Booking. Nomor yang perlu dimasukkan adalah 10 nomor setelah 157 ya.

Form Plus Qatar

E-ticket number di PDF itinerary

Selesai deh dan langsung dapat konfirmasi penginapannya. Kalo transit kalian kurang dari 12 jam tapi coba-coba registrasi akan tetep berhasil karena mereka nggak bisa cek langsung e-ticket yang dimasukkan detailnya seperti apa. Namun beberapa hari sebelum jadwal menginap akan diinfokan bahwa pemesanan tiket Qatar Airways-nya tidak memenuhi syarat dan ketentuan sehingga reservasi +Qatar-nya di-cancel.

Confirmation email

Ada pertanyaan tentang +Qatar? Bisa baca FAQ yang ada di halaman ini.

Pengalaman saya dengan +Qatar
Saya sudah 3 kali menggunakan program ini, 2 kali untuk diri sendiri dan 1 kali untuk keluarga. Pada dua kesempatan untuk diri sendiri, sebagai penumpang kelas bisnis dan first saya bisa memilih hotel di kategori Luxury. Pertama kali saya menggunakan di bulan September 2017 pilihan jatuh ke W Doha dan kesempatan kedua di Februari 2018 saya memilih The Westin Doha Hotel and Spa. Saya memilih kedua hotel ini karena sama-sama belum pernah menginap di brand W dan Westin, serta dari pilihan yang ada hotel inilah yang paling mahal hahaha, sekitar Rp2,5 – 3 juta per malamnya.

W Doha - Lobby

Hotel ini tidak menyediakan free airport transfer, sehingga saya harus mengeluarkan uang untuk menuju hotel. Pertama kali saat menuju W Doha saya menggunakan bis yang berhenti tepat di depan hotel seharga 5 QAR (~Rp17.000), namun waktu yang dibutuhkan lebih lama (hampir 1 jam). Oleh karena itu berikutnya saya selalu menggunakan Uber yang walaupun lebih mahal sekitar 28 – 40 QAR (~Rp100.000 – Rp135.000) tapi lebih praktis dan cepat. Lebih gaya juga gitu turunnya langsung di lobby dan dibukain pintu (eh…) padahal nginepnya juga gratisan :p

The Westin Doha Hotel & Spa - Lobby

Check-in sangat mudah dan lancar, tinggal menunjukkan boarding pass penerbangan pertama dan lanjutannya, paspor, serta reservasi. Lebih baik reservasi dicetak karena saat di Westin mereka bilang perlu versi cetak. Untungnya mereka mau nge-print-in reservasi saya setelah saya forward ke mereka bukti pemesanannya.

W Doha - Check-in Area

Berhubung saya bukan elite member dari Starwood Preferred Guest (SPG), saya tidak mendapatkan upgrade dan sarapan. Namun kamar standard di kedua hotel ini udah tergolong luas loh, sekitar 50 m2. Lebih dari cukup untuk transit sebentar.

W Doha - Spectacular Room

W Doha - Bathroom

Karena waktu yang sangat singkat di hotel, saya tidak keluar hotel sama sekali. Selain itu transportasi umum di Doha belum bagus menurut saya. Hanya ada bis yang frekuensi dan rutenya belum banyak. Sehingga kalau mau praktis harus pilih Uber yang lebih mahal. Untungnya sebelumnya sudah pernah keliling Doha menikmati free city tour di bulan Maret 2017 (sekarang masih ada). Masih penasaran dengan Museum of Islamic Art, tapi mungkin kesempatan berikutnya baru jalan-jalan.

Museum of Islamic Art, Doha

Sementara saya memilih Holiday Villa Hotel & Residence untuk keluarga saya. Selain karena salah satu hotel yang paling mahal di kategori Premium, hotel ini menyediakan free shuttle dari dan ke bandara. Jadi begitu tiba di arrival hall tinggal mencari representatif dari hotel.

Visa Qatar
Kabar baik bagi pemegang paspor Indonesia, sekarang sudah tidak memerlukan visa untuk mengunjungi Qatar. Sehingga begitu tiba di Doha bisa langsung menuju imigrasi dan kemudian ke hotel.

Immigration Area at Hamad International Airport, Doha

Ada yang sudah pernah menggunakan fasilitas dari program +Qatar ini? Semoga membantu untuk kalian yang ada rencana transit panjang di Doha sampai akhir tahun 2018 ini ya.

3 comments:

  1. Wah, asyik banget ya kalo bisa dapat fasilitas ini Ky! Bahkan termasuk untuk penumpang economy class pula!! Tapi gak kebayang deh gimana itu cost-nya untuk QR kalau tiketnya pun sudah yang promo banget, hahaha... . Itu beneran kaga ada persyaratan minimal subclass apa gitu, asalkan selama masa transitnya >12 jam? :D

    ReplyDelete
  2. Nungguin update tentag promo qatar kaya thn kmrn.. mau cari tiket murah ke istanbul.. 😁

    ReplyDelete