Saturday, December 31, 2016

2016: Earn and Burn

Ahh sudah ada di akhir tahun 2016! Tahun ini kembali tahun baruan di rumah aja. Kemungkinan besar akan tidur sebelum jam 12 malem sih karena tadi kebangun jam 3 pagi, jadi mau ngucapin selamat tahun baru 2017 duluan :)) Btw hampir aja saya khilaf tahun baruan di Hong Kong karena kemarin iseng cek Cathay Pacific Jakarta - Hong Kong PP 4.3 juta buat 31 Desember - 2 Januari. Murah banget sih buat ukuran Cathay Pacific dan peak period, dan biasanya harga segitu nemunya di low season. Tapi alhamdulillah masih waras dan inget ada yang lebih penting, jadi batal deeh.

Anyway, apa aja yang terjadi di kehidupan saya selama 2016? Hmm.. honestly speaking, putting travel aside… apa ya? Saya orang yang sukanya main aman dan nggak suka berada dalam ketidakpastian, jadi nggak banyak mencoba hal baru di tahun ini.
Mesmerizing Machu Picchu
Memandangi Machu Picchu

Career-wise, so far so good. Bersyukur banget sih bisa di sini, lingkungan yang pace-nya cepet banget dan berisi orang yang suka bikin mangap kalo kepoin LinkedIn-nya. Whooops! :)) Kadang masih suka wondering kok bisa-bisanya kerja di bidang yang berbeda banget sama kuliah. Beberapa hari lalu pas dateng ke kantor di semua meja ada kartu ucapan gitu dari CEO-nya tentang 2016 dan gue senyum-senyum sendiri sambil mikir, "eh sepanjang 2016 gue kerja di sini ya? Betah benerrr!" Setahun lebih udah di sini, kerjaan jadi makin kompleks, makin banyak tanggungjawabnya. Dinikmati saja lah.

Ganti topik. Belakangan intensitas pertanyaan "Kak, kapan Kak?" dari Ayah dan Mama makin meningkat. Ada 2 yang ditanyain terus-terusan: kapan lanjut S2 dan kapan nikah. Untuk yang pertama, renacana awal adalah Fall 2017 harus udah mulai kuliah lagi. Tapi setelah baca-baca dan ngobrol dengan beberapa temen yang experienced, untuk bidang yang saya mau lebih baik cari pengalaman dulu sebelum enroll. Sementara untuk kapan yang kedua, ya ini masih di awang-awang.

Udahan ah intronya, mari masuk ke yang paling exciting: TRAVEL!

Saya lumayan "gila" untuk hal ini ditahun 2016. Jelas bukan hal frekuensi, melainkan dalam hal itinerary dan destinasi. Kenapa bukan frekuensi? Karena sebegai full-time employee yang jatah cutinya adalah 1 bulan kerja dapet 1 hari cuti, saya nggak bisa sering-sering liburan. Ini udah jarang pun pernah dapet teguran halus karena ambil blok cutinya terlalu dekat. Mayan kaget dan sedih sih pas diginiin, FYI saya ambil blok cuti itu bulan Mei (6 hari) dan kemudian September (6 hari). Mei ke September kan 4 bulan ya jaraknya, dan itu juga udah saya perhitungkan dengan teliti karena kerjaan saya menuntut untuk available selama peak period Lebaran dan Christmas/NYE, tapi masih dibilang kedeketan :( Ya apalah saya ini, jadi manut aja kalo ditegur. Eh malah curhat :)) Oleh karena itulah liburan saya selalu packed — banyak yang pengen didatengin tapi kepentok jumlah cuti.

Kenapa tulisan ini berjudul "2016: Earn and Burn"? Karena itu yang saya lakukan sepanjang tahun ini: earn money then burn it. Berhubung udah punya penghasilan sendiri dan belum ada kewajiban lain — eh ada sih 1, tapi itu langsung disisihin kok setelah gajian :p — jadi uang yang saya miliki saya kumpulin dan "dibuang" untuk jalan-jalan. Ini berhubungan sama paragraf sebelumnya sih. Karena cuti saya terbatas tapi saya mau kesana-kesini, jadi dalam 1 liburan selalu berusaha nyempilin tempat-tempat yang saya pengen. Alhasil tiket yang awalnya murah banget jadi mahal juga akhirnya, kayak pas ke Amerika Selatan lalu. Tiket ke Eropa-nya sih 5 juta, tapi tambah ke Brazil dan Peru ujungnya jadi 20 juta :((

Beda dengan tahun 2013/2014 dimana prinsip saya lebih ke kemana pun yang tiketnya murah, tahun ini liburan saya lebih berdasarkan destinasi. Saya mau ke A, ya saya nabung buat ke sana. Bukan berarti liburannya yang mahal banget juga sih, pokoknya masih make sense dan nggak ngutang deh. Tapi sepulangnya dari liburan, rekening saya layaknya disambut petugas pom bensin Pertamina dengan slogannya yang "mulai dari 0 ya…" :))

So, here's the summary of my travel in 2016.
  • Trips: South America trip in May, Bangkok with Ayah and Mama in May, Desert and Arctic in September, and Business Class Status Run in December
  • New countries visited (in order): Belgium, Brazil, Peru, Spain, Jordan, Finland, Sweden, Norway, Svalbard, Denmark, United Kingdom (transit), Ukraine (transit) — total: 12
  • Revisited countries (in order): The Netherlands, Thailand, China, Malaysia (transit), Singapore (transit), Qatar (transit) — total: 6
  • No. of miles flown: 60,187 miles (~96,862 km) i.e. 2.4x around earth!
  • Hit 100,000 miles flown all-time somewhere around UK, on board British Airways from London-Heathrow en route to Rio de Janeiro
  • New airlines (in order): British Airways, TAM, LAN Peru, Iberia, Singapore Airlines, Royal Jordanian, Ukraine International Airlines, Scandinavian Airlines, Air China
  • New aircrafts: A350-900XWB, A340-600, B787-8, B767-300, Embraer 190, and some variants of 737 (I don't bother to memorize it :p)
  • 5 times on business class!
2016 Flight Map
2016 Flight Map

Malaysia Airlines A330 New Business Class Seat - MH361 Beijing to Kuala Lumpur
Malaysia Airlines A330 New Business Class Seat

Some other details (captured from my FlightDiary page):
2016 Flight Trip Details

MOST MEMORABLE PLACES
1. Machu Picchu, Peru
Machu Picchu, Peru

2. Petra, Jordan
The Treasury, Petra, Jordan

3. Longyearbyen, Spitsbergen, Svalbard
Longyearbyen, Spitsbergen, Svalbard

MOST MEMORABLE EXPERIENCES
1. Roaming around Machu Picchu
Amazing Machu Picchu

2. Floating in Dead Sea, Jordan
Floating in Dead Sea, Jordan

3. Hiking to The Monastery, Jordan — capeknya ampun-ampunan!
Hiking to The Monastery, Jordan

Tahun ini liburan saya nggak mulus-mulus amat. Keluarga dan temen yang tau juga heran pas saya ceritain. Here's the top 3 unfortunate events this year:

1. Bagasi tidak terangkut di pesawat menuju Helsinki dan ternyata ketinggalan di Amman, padahal saya akan mengunjungi Longyearbyen yang lokasinya deket kutub utara alias dingin
Reunited with Missing Baggage at Oslo Airport
Reunited with my suitcase at Oslo Airport

2. Ketinggalan pesawat Malaysia Airlines ke Beijing karena flight dari Bangkok terlambat, berujung bagasi tidak terangkut ke Beijing. Kenyang banget deh setahun 2x ketinggalan bagasi….
Air China A330 Business Class Seat - CA872 Kuala Lumpur to Beijing
Norak-norak bergembira sebelum kursinya dilurusin (170 deg angled flat). Di rebook ke Air China oleh pihak Malaysia Airlines.

3. Christ the Redeemer yang ketutupan kabut
Foggy Christ the Redeemer, Rio de Janeiro, Brazil
Jauh-jauh loh ke Brazil demi ini...

Terus jadi sadar banyak banget cerita liburan yang belum saya tulis di sini :(( Maafkan sayaaa, huhu. Masa setahun cuma menghasilkan 17 tulisan (termasuk ini).

Tahun lalu saya nggak punya ekspektasi tinggi untuk 2016, well at least yang ditulis di sini sih :)) Dan hal yang sama akan tetep saya terapkan di 2017. Wishes-nya:
  1. Travel-wise, mau nambah 1 benua dan mengunjungi ketujuh New 7 Wonders of the World (satu lagiii!)
  2. Career-wise, mau perbanyak pengalaman supaya semakin mateng sebelum enroll S2 nanti, bisa di tempat sekarang atau di tempat lain
  3. Harus mulai investasi dalam bentuk nyata, bukan pengalaman ajaaa. Alias harus mengurangi jalan-jalan "gila" kayak tahun ini supaya bisa nabung beneran
  4. Minimal 20 tulisan sepanjang 2017 (cetek, I know, but it will be an improvement from 2016!)
Udah ah, kok jadi panjang katanya mau low expectation :))

Here's hoping for an exciting 2017 — in a good way, please!

9 comments:

  1. Huaaa, 60K miles!! Aku tahun 2016 cuma 46K miles aja, tapi frekuensinya naik daripada tahun 2015, alias kebanyakan trip-nya short distance, ahahahah!!!

    Keren Ky!! Peru, Longyearbyen, Petra!!! Aku mesti hati-hati nih kalau mau nyobain A340-600, keburu dipensiunin soalnya, haha. Kalau yang baru-baru (misalnya A350, dkk) masih cukup nyantai soalnya kesempatannya bakal masih banyak, hahaha...

    Eh Ky kamu naik Ukraine International, itu transit di Kiev butuh visa nggak? :D

    Mudah-mudahan resolusi tahun 2017nya tercapai ya!!!

    ReplyDelete
  2. Mas boleh minta emailnya? Saya mau tanya2 transit d dubai nih

    ReplyDelete
  3. Hi, great blog!! saya baru saja nulis travel blog, mungkin bisa tukeran site? blog saya di www.hmsiwabessy.com
    thank you :)

    ReplyDelete
  4. ok ini lucu :"D
    "Ini udah jarang pun pernah dapet teguran halus karena ambil blok cutinya terlalu dekat. Mayan kaget dan sedih sih pas diginiin, FYI saya ambil blok cuti itu bulan Mei (6 hari) dan kemudian September (6 hari). Mei ke September kan 4 bulan ya jaraknya, dan itu juga udah saya perhitungkan dengan teliti karena kerjaan saya menuntut untuk available selama peak period Lebaran dan Christmas/NYE, tapi masih dibilang kedeketan :( Ya apalah saya ini, jadi manut aja kalo ditegur."

    ReplyDelete
  5. Very good weekend pack. Can hold a sleeping bag and pad, water reservoir my link, clothes and other hiking/camping necessities. Plenty of places to clip other items too.

    ReplyDelete
  6. This is an awesome backpack see this website, I can't believe that the price is so cheap. a lot function and come with rain cover. I love it so much.

    ReplyDelete
  7. As well as we’re experts in capturing your personality online nye norske casino

    ReplyDelete
  8. Their adaptability was perfectly suited to this fast-paced project. branding company websites

    ReplyDelete