Friday, June 27, 2014

Review TV Series: Drama

Di tengah cerita perjalanan tentang Turki, gue mau menyelingi dengan menuliskan beberapa review tentang TV series yang bergenre drama. Setelah beberapa bulan lalu menuliskan review tentang TV series bergenre comedy yang pernah gue tonton, sekarang saatnya yang drama.

Gile ternyata banyak bener drama yang pernah gue tonton! Temanya pun beda-beda dan banyak dari tema itu yang seruuu banget makanya gue terus ngikutin. Ini gue pilihin 10 dulu drama yang gue bahas. Sisanya yaa kapan-kapan deh haha, banyak banget lagiaaan. Belom drama-drama yang udah tamat macem Breaking Bad, Lost, Prison Break, 24, etc etc. Gue sendiri lagi demen banget sama series-series yang berbau politics, crime, government, murder, dan semacamnya. Walaupun nontonnya juga sambil merem-merem, tapi seru deh pokoknya!

Beginilah review 10 series yang gue tonton

House of Cards
Theme: Politics
Status: Season 2 Done
House of Cards berkisah tentang seorang congressman bernama Frank Underwood. Awalnya dia dijanjiin buat jadi secretary of state, tapi kemudian nggak jadi. Mungkin karena dendam kali ya, jadi dia bertekad buat menyakiti (?) orang-orang yang bikin dia batal jadi secretary of state. Selain Frank, beberapa tokoh utama di series ini adalah istrinya, Claire Underwood, dan jurnalis cewek yang bernama Zoe. Awal pertemuan Zoe dan Frank ini mayan maksa sih—spoiler dikit—yakni dimana mereka sama-sama dateng ke sebuah acara, dan Frank ketangkep kamera ngeliatin pantatnya Zoe yang nyeplak dalemannya. Zoe kemudian blackmail Frank, dan minta Frank ngasih segala news di dalem pemerintahan. Dari sinilah semuanya mengalir. Silakan dinikmati sendiri. Yang jelas gue cukup kaget, scratch that, kaget banget pas nonton episode 1 season 2-nya.

Series ini juga ada bagian-bagian dimana Frank ngomong ke kamera, mirip sama Modern Family gitulah. Jadi kalo dia lagi ketemuan sama orang dan abis ngomong yang manis-manis, dia langsung ngomong pait ke kameranya. Personality Frank ini sebenernya jahat sih, tapi dia pinter dan mainnya bersih banget gue jadi salut sama dia. Gue juga demen karena bisa tau tingkah laku busuknya orang-orang di pemerintahan yang bener-bener ngelakuin apa saja demi mencapai yang mereka mau.


Fargo
Theme: Black-Comedy, Thriller
Status: Season 1 Done
Fargo ini adalah series yang menceritakan seorang bernama Lorne Malvo, dimana dia merupakan orang yang sangat SARAAAAPP!! Dia dateng ke sebuah kota di Minnesota yang bernama Bemidji. Di Bemidji ini pula tinggal lah seorang sales asuransi yang bernama Lester Nygaard. Karena suatu hal, mereka bertemu di ruang tunggu sebuah rumah sakit. Kemudian terjadi percakapan antara 2 orang yang tidak saling kenal dan berakhir dengan awal mula keseruan series ini. “Lester, yes or no?"

Entah kenapa belakangan ini lagi suka sama series yang banyak violencenya, bunuh-bunuhan, tembak-tembakan, series yang bikin tegang deh pokoknya. Padahal gue nontonnya juga suka ngumpet-ngumpet atau di mute karena nggak tahan sama sound effectnya. Yang bikin series ini sangat menarik juga adalah karakter Lorne Malvo yang sangat gila, picik, dan nekat. Pinter juga sih dia sampe bisa ngelakuin semuanya. Salut deh sama dia. Tapi nggak bisa salut jugasih abis ini kisah nyata yang terjadi di tahun 2006 :( Turut berduka buat para korbannya.

24: Live Another Day
Theme: Politics
Status: Season 1 Ongoing
24: Live Another Day ini adalah lanjutan dari series 24 yang sudah berakhir beberapa tahun lalu. 24-nya sendiri berjalan sebanyak 8 season dan gue udah nonton semuanya. Beberapa season seru banget karena full of twists, tapi beberapa season lainnya biasa aja dan cenderung ngebosenin. 24: Live Another Day ini adalah season baru (dan sepertinya terakhir) yang sayangnya cuma bakal ada 12 episode :(

Jack Bauer adalah seorang agent di CTU (Counter Terrorist Unit). Di akhir season 8 24, dia dinyatakan sebagai teroris oleh Amerika (spoiler bener Kyy!!). Karena itulah dia mengasingkan diri entah kemana. Tapi di season ini dia kembali ke London untuk menyelamatkan presiden yang katanya sedang dalam bahaya. Bahaya apa? Tonton saja sendiri. Buat yang suka action, sangat disarankan buat nonton ini!

24 sendiri punya format yang cukup unik. Karena—sesuai namanya—1 season 24 ini mengisahkan tentang 24 jam yang dilalui oleh Jack Bauer dan timnya untuk menyelesaikan masalah. Hebat, bukan? Tapi yang Live Another Day ini sepertinya hanya setengah hari saja karena cuma diorder half-season. Yang menjadi lebih hebat lagi adalah selama 24 jam ini Jack Bauer sama sekali nggak pergi ke kamar mandi! Gila ya bisa nahan seharian gitu saking fokusnya buat nangkep penjahat.

Sampe post ini dipublish, sekarang udah 9 episode dan kemungkinan bakal selesai 3 episode lagi. Lagi seru-serunya nih karena lagi dalam kondisi typical 24, dimana setelah masalah selesai bakal muncul masalah lain. Semoga FOX bakal pick-up season baru lagi kalo liat ratingnya yang bagus, aamiin.

The Blacklist
Theme: Mystery (?)
Status: Season 1 Done
Seorang buronan FBI bernama Raymond Reddington tiba-tiba menyerahkan diri ke FBI. Kenapa? Dia minta perlindungan (eh iya nggak ya, lupa!) dari FBI. Sebagai gantinya, dia bakal ngasih “blacklist” ke FBI. Blacklist sendiri adalah daftar yang isinya nama-nama buronan yang dikejar-kejar FBI. Mereka ini biasanya tingkat kejahatannya udah tinggi dan unik-unik kejahatannya. Uniknya, si Reddington ini cuma mau kerja sama orang FBI yang namanya Elizabeth Keen. Nah, kenapa tuh? Yaudah ditonton aja. Ini juga baru season 1 masih belom jelas bener gimana-gimananya.

Gue ngikutin The Blacklist ini karena sejujurnya gue agak heran tapi kok seru ngikutin tindak-tanduk penjahat yang ada disini. Tiap episode bakal ada 1 penjahat, ya seperti biasa deh 1 episode itu isinya bakal bagaimana cara menangkap penjahat itu. Tapi, series ini punya benang merah juga. Yakni siapakah Red ini sebenarnya? Kenapa cuma mau sama Lizzy (panggilan akrabnya Elizabeth)? Setengah series ke belakang bakal muncul juga sebuah plot baru yang seru banget buat diikutin. Disini gue suka gemes sendiri karena Lizzy terlalu mentingin kerjaanya sampe lupa suami. Belom sama bosnya di FBI yang namanya Harold yang ngeselin banget sampe gue menanti-nanti kematian dia di series ini. Ditunggu deh season 2 nya!

The Newsroom
Theme: Broadcasting, Politics
Status: Season 2 Done
Sesuai dengan namanya, The Newsroom ini menggambarkan tentang kejadian di belakang layar—dan kadang-kadang di layar— suatu stasiun berita TV. Bener-bener diceritain dari awal sebuah berita muncul “gosip-gosip”-nya, kemudian ditelusuri, dicari narasumbernya, sampe akhirnya bisa tayang jadi sebuah berita. Berita-berita yang dibahas dengan dalam disini juga bukan berita yang menye-menye, dan beberapa berita yang disini ternyata beneran kejadian pas gue cek di google.

Disini keliatan banget intrik-intrik dari persiapan sebuah berita deh pokoknya dan ternyata seru bangetttt. Kalo passionate sih pasti demen banget sama kerja beginian, tapi kalo kagak dijamin bakal tepar deh. Mereka pernah ngecover liputan pemilu AS dan seruuuu, mulai dari ngitungin quick count, sampe ngeluarin prediksi di state A si ini menang, si B menang disini, gitu deh. Ketauan juga kalo disana bener-bener niat karena orang yang bakal ngeluarin prediksi bakal diisolasi di sebuah ruangan dan mereka gak boleh liat apa yang terjadi di luar sana. Kereeen!

Season 2 lebih seru lagi karena inti dari season ini adalah menguak sebuah berita yang gede banget impactnya. Yang udah level national security deh, makanya mereka harus hati-hati banget investigasinya. Kalo belom kuat segalanya, mereka nggak mau ngeluarin beritanya dulu karena emang bahaya banget. Terus gimana kelanjutannya? Nonton saja sendiri.

Hannibal
Theme: Serial killer, Cannibalism
Status: Season 2 Done
Sesuai temanya, series ini isinya tentang serial killer yang hobi makan orang. Lead actornya Hugh Dancy, berperan sebagai Will Graham. Will ini kerja di FBI sebagai tim penyelidik. Dia punya kemampuan rekonstruksi suatu pembunuhan gitu deh, jadi berguna banget buat mecahin kasus di FBI. Nah si FBI juga kerjasama dengan Hannibal Lecter. Hannibal inilah yang suka bunuhin orang. Hannibal ini seorang psikater yang nanti bakal nemenin Will buat mecahin kasus. Tapi bukannya bantuin, dia malah mulai masuk ke pikirannya Will dan bikin Will jadi gangguan mental. Hannibal disini juga diceritakan sebagai orang yang jagooo banget masaknya. Selalu ngiler deh kalo liat masakan dia. Tapi ya itulah, bahan masakannya manusia -__-

Gue suka banget series ini terutama season 2-nya. Di season ini tegangnya tiap episode mulai episode 4 selalu dapet karena Hannibal udah mulai kecium bau-bau kalo dia serial killer. Heran gue, emang gada yang nangkep apa—Hannibal, Cannibal? Kan mirip tuh udah pasti ada hubungannya <— penonton gemblung. Kasus-kasus pembunuhan di season 1 dan 2 tuh beda-beda dan bener-bener amazing banget deh, kepikiran aja bunuh orang sampe segitunya. Eya, nggak semua pembunuhan dilakuin sama Hannibal ya, ada juga yang emang pembunuh benerannya.

Kalo orangnya enek-an, jangan nonton sambil makan ya. Bisa-bisa apes dapet scene Hannibal masak terus dia makan dengan santainya.

Person of Interest
Theme: Politics
Status: Season 3 Done
Series ini mengisahkan seorang Harold yang jago banget deh urusan yang berbau IT-nya, yang membangun sebuah sistem dimana sistem ini bisa mendeteksi tindak kejahatan yang akan terjadi. Sistemnya ini dibangun menggunakan semua CCTV di New York dan disambungkan ke sebuah “otak” yang ngolah semua datanya. Karena dia nggak bisa menghentikan kejahatannya sendiri, maka dia meng-“hire” Reese. Reese ini dulunya agen CIA yang jago banget deh pokoknya berantemnya. Keren pokoknya kalo liat dia berantem. Gaya berantemnya dia adalah hampir nggak pernah bunuh orang, jadi ditembak di kaki, tangan, atau lainnya, yaa pokoknya jarang mati deh lawannya. Jadi tiap episode series ini berisi tentang kolaborasi Reese dan Harold—dibantu dengan beberapa karakter lainnya—untuk menghentikan kejahatan.

Cara kerja sistemnya adalah dengan ngeluarin nomer-nomer yang merupakan social security number seseorang. Nah kalo nomernya muncul, berarti orang tersebut bakal terlibat dalam kejahatan. Tapiii, masih nggak tau dia bakal jadi victim or perpetrator (orang jahat). Makanya orang itu harus diselidikin dulu. Harold tugasnya di basecamp buat cari info tentang dia, kalo Reese tugasnya di lapangan buat deketin orang tersebut. Kemudian nanti ketauan orang itu siapa dan kejahatannya dapat dihentikan deeeh.

Kalo baca deskripsi gue, tiap episode emang satu kasus gitu, tapi sebenernya nanti ada benang merahnya dan beberapa kasus sebenernya terkait. Jadi jangan lompat-lompat ya nontonnyaa. Sekarang udah selesai season 3 dan makin kesini makin ketauan cara kerja sistemnya dan ternyata ada orang jahat yang busuk amit-amit pengen ngerebut sistem itu. Series ini juga cukup banyak twistnya, jadi nggak monoton dan nggak ngebosenin.

Homeland
Theme: Politics
Status: Season 3 Done
Homeland berkisah tentang agent CIA bernama Carrie yang dapet info kalo ada tentara US yang jadi aset buat Irak. Nah setelah dia berangkat sendiri dan akhirnya tau kalo Brody adalah asetnya, dia mencoba ngasih tau ke CIA kalo Brody adalah teroris. Tapi ya susah deh nggak ada yang percaya, apalagi pas ketauan pas Carrie punya personality disorder. Tiga season ini udah menggambarkan jatuh bangunnya Carrie dan Brody yang cukup pelik. Bingung ceritanya karena gue juga udah lupa ceritanya lumayan rumit.

Kalian nonton aja deh, buat ngisi waktu luang lumayan banget loh karena tiap episodenya selalu bikin penasaran. Ending season 3 juga dahsyat banget yang bikin gue mikir gimana nanti season 4 nya. Ehya, Homeland ini banyak ha-ah ho-oh nya juga di season 1, siapa tau betah kan nontonnya hihi.

The Americans
Theme: Spy
Status: Season 2 Done
The Americans intinya sih kisah sepasang spy dari KGB (Russia) yang ditempatin di Amerika. Mereka bernama Philip dan Elizabeth, dan punya 2 orang anak. Mereka tetanggaan sama seorang FBI yang kerjanya nyariin anggota KGB di Amerika. Nah seru kan tuh, yang dicari ternyata malah tetangganya!

Plot intinya sih berbagai cara yang dilakukan pasangan ini buat dapetin apa yang diminta sama bos KGB. Mereka punya banyaaak banget wig buat menyamar. Jadi kalo ketemu si X pake wig ini, ketemu si Y pake wig ini, dan banyak wig lainnya. Gue juga bingung mereka gimana ngingetinnya.

Series ini agak sadis juga, bener-bener ngasih tau kalo spy KGB itu bakal ngelakuin apa aja biar dapet informasi yang mereka inginkan. Di beberapa episode, tindakan yang dilakukan pasangan ini cukup menegangkan sampe gue sering bergumam “ATI ATI DONG PLIS JANGAN KETAUAN, JANGAN MATI”. Puncaknya adalah episode season finale season 1 yang tegang BUANGET! Di season 2, anaknya yang cewek udah mulai dewasa jadi mulai penasaran dan suka ngelawan sampe gue gemes sendiri.

Untuk season 1, jujur gue sedikit lupa dan cuma inget episode finalenya aja. Untuk season 2 ini masalah utamanya ditampilin di episode 1, dan sepanjang season akan mencari siapa pelaku di episode 1 ini dan ternyata cukup mengejutkan ya. Gue cuma bisa “oo…ke, oke…” pas tau di akhir episode. Ditunggu season 3 nya!

Scandal
Theme: Politics
Status: Season 3 Done
Series ini menceritakan tentang Olivia Pope. Dia ini mendirikan sebuah firm dengan beberapa anggotanya buat bersihin nama seseorang yang related sama government. Jadi kalo ada yang mau maju di pemilu gitu, nah biasanya nelpon firmnya Olivia ini buat bersihin namanya kalo punya sejarah yang kelam. Seru deh ngeliatin effort mereka buat bersihin nama seseorang.

Series ini juga cukup banyak twistnya, jadi gue suka ngikutinnya. Darisini juga tau kalo ada banyak hal yang mungkin terjadi di sebuah pemerintahan. Banyaaak hal-hal busuk yang ada di belakang pemerintahan yang kayaknya nggak mungkin masyarakat sipil biasa tau. Scandal ini udah 3 season, tapi gue mulai nonton sejak season 2 dan belom nonton season 1 nya. Makanya pas nonton finale season 2 dan muncul rahasianya, gue kebingungan dan nggak ngerti. Jadi kalian kalo mau nonton dari season 1 yaa.

Huah susah ya ternyata nulis review yang tidak spoiler. Semoga dari review boncos ini udah bisa nangkep series itu maksudnya apa. Kalo tertarik jadi bisa download, gituuu. Lumayan nih lagi liburan kan 2 bulan lagi, jadi bisa ngisi waktu sambil nonton series. Dari series ini juga gue selalu bawaannya negative thinking aja kalo ngeliat sesuatu hahaha. Jadi tau buanyak banget kemungkinan motive orang melakukan suatu hal.

Belom lagi kaya pemilu Indonesia sekarang gininih yang chaos banget kayaknya. Gimana kalo di pemilu sini ada yang kaya Frank Underwood? Gimana kalo ada yang kaya Olivia Pope? Belom pas Jokowi ngomongin drone langsung kepikiran Jack Bauer. Pengen tau juga gimana di belakang layar TV One atau Metro TV yang kayaknya mendukung banget salah satu pihak. Apakah ada orang-orang kaya di The Newsroom? Nggak ada yang berontak gitu kalo jagoannya diberitain jelek-jelek? Apakah ada yang bernasib seperti Zoe? Yaa gitulah pikiran gue sekarang ini.

No comments:

Post a Comment