Saturday, April 4, 2015

Mengurus Visa UAE (Dubai) Melalui VFS Jakarta

Saat The Amazing Journey yang lalu, saya akan melakukan perjalanan dari Cairo ke India. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya memutuskan untuk membeli tiket Emirates dari Cairo ke Dubai sebelum akhirnya terbang ke Mumbai. Cerita detail mengenai pengalaman naik Emirates akan diceritakan belakangan di post tersendiri.

Berhubung akan transit di Dubai, saya awalnya berniat untuk sekalian mengunjungi Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi di Dunia. Selain itu saya juga mau melihat langsung hotel yang menyatakan bahwa dirinya adalah satu-satunya hotel bintang tujuh di dunia: Burj Al Arab. Awalnya saya sempet hampir membatalkan jalan-jalan di Dubai ini berhubung kondisi keuangan yang menyedihkan. Tapi setelah penghematan sana sini, ternyata uang saya cukup jika mau jalan-jalan di Dubai. Yes! Awalnya mau sekalian ke Abu Dhabi karena cuma 2 jam naik bisa dari Dubai. Tapi uang dan waktunya nggak ada :( Udah seneng banget tapi kok jalan-jalan di Dubai.
Burj Al Arab from Jumeirah Beach, Dubai, UAE
Burj Al Arab from Jumeirah Beach, Dubai, UAE

Dubai merupakan salah satu kota di negara Uni Emirat Arab (United Arab Emirates-UAE). Seperti kebanyakan negara-negara di dunia ini, UAE mengharuskan pemegang paspor Indonesia untuk memiliki visa untuk masuk ke negaranya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan visa UAE ini.
1. Jika naik Emirates, bisa apply online melalui manage my booking di Emirates.com.
2. Kalau naik Emirates dan nggak mau apply online, bisa ke VFS Global di Jakarta. VFS Global ini partner-nya Dubai Visa Processing Center (DVPC).
3. Kalau naik Etihad, bisa apply online melalui agent yang udah bekerja sama dengan Etihad.
4. Kalau nggak naik Emirates/Etihad, bisa apply melalui online travel agent yang cukup banyak tersedia di google.com.
Berhubung saya udah punya tiket Emirates yang confirmed, berarti saya bisa milih antara pilihan 1 dan 2. Awalnya sih saya hampir memastikan untuk apply online aja karena gampang banget. Yang bikin ribet paling cuma scan paspor depan dan belakang aja, sisanya tinggal isi online form biasa. Tapi belakangan saya baru sadar kalo ada pilihan 2. Berhubung saya orangnya perhitungan dan cenderung pelit, akhirnya saya pilih apply lewat VFS. Berikut saya ceritain pengalaman saya mengurus visa UAE (Dubai) melalui VFS Jakarta. Sebelumnya, saya kasih tau dulu harga visa UAE (Dubai) kalo ngurus lewat online dan melalui VFS.

Harga Visa
Melalui VFS Global
96 hours visa: Rp. 792.150 (*efektif 7 Feb 2014)
30 day tourist visa: Rp. 952.100
14 days service visa: Rp. 1.296.500 ( Efektif 1 Mar 2014)
90 day visit visa: Rp. 2.748.000 (Efektif 11 Aug 2014, jenis visa ini silakan hubungi VFS Jakarta)
BARU CEK DUBAIVISA.NET TERNYATA HARGA UDAH BERUBAH PER 19 MARET 2015
Duration of stay : 90 days Rp 2.505.720
Duration of stay : 30 days Rp 1.202.320
Duration of stay : 14 days Rp 1.202.320
Duration of stay : 96 hours Rp 856.520
90 Days Multi Entry Long Term Visa Rp 6.136.620
30 Days Multi Entry Short Term Visa Rp 2.412.620
sumber: http://www.dubaivisa.net/Indonesia/news-updates.html

Melalui Emirates.com
96-hour visa: Approximately USD 55
30 days single visa: Approximately USD 90
30 days multiple visa: Approximately USD 175
90 days single visa: Approximately USD 330
90 days multiple visa: Approximately USD 475
sumber: http://www.emirates.com/english/plan_book/essential_information/visa_passport_information/prearranged_uae_visas.aspx

Tapi harga yang dikasih di sana itu ngaco, entah kenapa. Kalo dibaca di web DVPC yang merupakan partner yang ngurusin online visa ini, harga untuk 96 hours adalah USD 44, 30 days itu USD 68, dan 90 days USD 164 (sumber di sini). Seneng kan cuma USD 44? Tapi ternyata saat saya mau urus online ada service fee yang harganya USD 22.98 (96-hour atau 30 days sama aja). Ditambah tax di akhir, harga visanya jadi sekitar USD 70. Kalo bayar pake Citibank MasterCard, bisa-bisa kena Rp 920.000 karena kursnya yang totally ridiculous. Karena itu, saya pilih apply lewat VFS Global.
Harga online visa UAE (Dubai) melalui Manage My Booking di Emirates.com
Harga online visa UAE (Dubai) melalui Manage My Booking di Emirates.com

Dokumen yang Diperlukan
Awalnya sama email ke VFS nanya-nanyain tentang visa UAE. Ternyata sama orang sananya langsung dikasih banyak attachment yang berisi dokumen apa aja yang dibutuhin, harga visa, dan formulir aplikasi. Berdasarkan attachment tersebut, berikut dokumen yang diperlukan buat apply visa UAE melalui VFS Global.
1. Mengisi formulir aplikasi per orang dengan lengkap serta menandatanganinya. —> formulir bisa didownload di sini
2. Foto berwarna, jelas, ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar dengan latar belakang putih
3. Fotocopy halaman depan (biopage) dan halaman terakhir (address) paspor, fotocopy harus jelas
4. Copy konfirmasi tiket pulang pergi dari Emirates Airlines (tiket sudah harus di-issued) —> INI BOLEH ONE-WAY
5. Minimum 2 nama atau lebih di paspor (bukan satu nama, contoh : Hendra)
6. Fotocopy visa Amerika, Inggris, Negara-negara schengen, Australia, Selandia Baru, kanada, Jepang dalam kurun waktu lima tahun terakhir (salah satu dan jika ada)
7. Bagi WNI : Fotocopy kartu keluarga dan KTP , Bagi non WNI : Fotocopy KITAS
8. Bukti keuangan (fotocopy rekening 3 bulan terakhir) —> bisa dengan rekening koran
9. Jika anda karyawan (bekerja di suatu instansi), lampirkan surat keterangan kerja DALAM BAHASA INGGRIS dan kartu nama jika ada —> PELAJAR LAMPIRIN SURAT KETERANGAN MAHASISWA (dan fotokopi KTM)
10. Jika anda berwiraswasta, lampirkan surat keterangan kerja DALAM BAHASA INGGRIS dan bukti kepemilikan usaha (misalnya SIUP, NPWP,TDP)
11. Bukti reservasi hotel atau Jika anda mengunjungi teman, saudara atau anggota keluarga, lampirkan surat undangan dari orang tersebut DALAM BAHASA INGGRIS beserta fotocopy paspor, dan resident visa —> reservasi hotel dari booking.com yang belom dibayar bisa dipake
12. Jika seseorang mensponsori aplikasi anda, surat pendukung dari orang tsb DALAM BAHASA INGGRIS. Surat tersebut harus menyebutkan tujuan kunjungan dan lama kunjungan
13. Biaya visa disetorkan tunai melalui Bank BCA, Internet Banking BCA, atau melalui ATM BCA non tunai.

Pengumpulan Dokumen
Tanggal 15 Desember saya berangkat menuju VFS Dubai yang terletak di Kuningan City. VFS Dubai sendiri baru buka jam 9, tapi saya perlu ke Bank BCA dulu karena belom transfer untuk pembayaran visa. Untungnya di ITC Kuningan ada Bank BCA yang buka jam 8.30, jadi dari ITC saya tinggal jalan kaki ke Kuningan City. Setelah membayar Rp 792.150 ditambah Rp 5.000 karena perlu memberikan berita di kertas bukti transfer (tapi dikasih diskon Rp 50 perak haha), saya keluar dari BCA dan jalan ke Kuningan City.

Ternyata VFS di Kuningan City ini memfasilitasi banyak kedutaan. Di lantai 1 ada Norwegia, Denmark, dan sebagainya. Sementara di lantai 2 ada UK, Australia, New Zealand, Singapore, dan Dubai. Berhubung masih jam 8.50, bagian Dubai belom buka jadi saya belom boleh masuk.
VFS Global Jakarta di Kuningan CIty
Foto seadanya VFS Global di Kuningan City

Setelah jam 9.00, saya coba lagi dan udah boleh masuk. Berbeda dengan UK dan Australia yang perlu masuk lagi ke dalem, Dubai ini kecil banget ruangannya. Bahkan bukan ruangan, melainkan lebih mirip meja resepsionis. Mbak petugasnya juga baru selesai beberes, tapi langsung senyum dan persilakan saya untuk duduk. Saya langsung kasih semua berkas yang dibutuhkan, dan dia ngecek semuanya.

Selesai mengecek berkas, Mbak tersebut bilang, "kamu masih pelajar ya. Surat orang tuanya ada nggak?" Deg! Males banget kalo harus balik kesini lagi. Saya pun bilang "emang butuh ya Mbak? Di daftar dokumen yang harus dilengkapi kan nggak ada tulisannya. Saya ikutin yang di sana aja. Bukti saya masih mahasiswa udah saya lampirin juga dengan surat keterangan kampus". Kemudian Mbaknya menjawab, "Iya ya. Yaudah nanti saya masukin dulu aja dokumen kamu. Kalo ternyata diminta surat orang tua dari pihak Imigrasi UAE di Dubai kamu kirim scan-nya ada ke email kami."

Setelah semua beres, saya diberikan bukti berupa secarik kertas seperti struk belanja di supermarket. Di kertas tersebut ada reference number yang bisa digunakan untuk melacak sudah sampai mana proses aplikasi visa. Mbaknya bilang kalau visa biasanya diproses selama 3-5 hari kerja. Kebanyakan sih granted, kecuali ada alasan tertentu dari imigrasi UAE yang membuat visa ditolak dan Mbaknya juga kurang tau. Oh ya, sama seperti visa Australia, pengurusan visa UAE Dubai ini langsung dibalikin paspornya karena visanya nanti bukan dalam bentuk stiker yang ditempel ke paspor melainkan secarik kertas yang perlu diprint.
Receipt Paspor Visa UAE Dubai dari VFS Global Jakarta
Receipt penerimaan dokumen visa UAE dari VFS

Oh ya, ada tambahan. Visa UAE yang 96-hour ini berlaku 58 hari sejak granted. Jadi nggak bisa dari jauh-jauh hari banget bikinnya.

Visa Granted!
Besoknya, saya iseng cek status visa saya melalui dubaivisa.net (http://www.dubaivisa.net/Indonesia/track_application.html). Setelah masukin reference number dan passport expiry date, ternyata hasilnya masih in process.
Track visa application di dubaivisa.net
Track visa application di dubaivisa.net

Besok paginya lagi, saya kembali cek status visa di dubaivisa.net. Ternyata masih in process juga. Hmmm lama juga ya *padahal baru 2 hari*. Tapi ternyata jam 10.30 pagi saya dapet email dari DVPC yang mengatakan bahwa visanya granted. Di dalem email tersebut juga ada attachment visanya dan perlu diprint buat di imigrasi nanti. Yes!
email from Dubai Visa Processing Center DVPC visa granted
Email from DVPC

UAE Visa (Dubai) from Emirates
UAE Visa
Tuh liat kolom sponsornya EMIRATES AIRLINES

Mengurus Visa UAE Secara Online Melalui Emirates.com
Saking niatnya saya buat apply lewat online, saya sampe sempet buat screenshot step by step pengurusannya.
Mengurus Visa UAE Secara Online Melalui Emirates.com
Step 1: Pilih Manage My Booking di web Emirates, terus di kanan pilih Apply UAE Visa (klik gambar untuk perbesar)

Mengurus Visa UAE Secara Online Melalui Emirates.com
Step 2: Acknowledgement

Mengurus Visa UAE Secara Online Melalui Emirates.com
Step 3: Harga Visa (klik gambar untuk perbesar)

Mengurus Visa UAE Secara Online Melalui Emirates.com
Step 3 lanjut: Dokumen yang harus disiapkan (klik gambar untuk perbesar)

Tapi berhubung harga di VFS lebih murah dikit, jadilah batal ngurus online. Saya sempet nemu pdf yang berisi panduan lengkap untuk mengurus visa UAE secara online ini. Yang perlu disiapin emang cuma scan passport bagian identitas dan bagian belakang aja. Sisanya kayak ngisi formulir biasa. Buat yang nggak mau ribet, pilihan apply online ini emang yang paling tepat.

Ini pdf yang saya temuin, mungkin bisa bantu buat kalian yang mau apply online. Baca di sini (http://www.airtoursinc.com/docs/OnlineVisaPresentation.pdf.pdf)

Dubai Stopover Package
Pilihan ini yang saya jarang denger, cuma waktu lagi baca-baca website Emirates, tiba-tiba nyasar ke page Dubai Stopover Package. Ini linknya ada di sini kalo mau baca-baca dulu (http://www.emirates.com/english/destinations_offers/dubai_stopovers/dubai-stopovers.aspx).
Emirates' Dubai Stopover Package Brochure
Emirates' Dubai Stopover Package Brochure

Saya ngiler banget waktu liat penawarannya. Dengan harga mulai dari USD 48, kalian udah dapet hotel selama 24 jam, sarapan, transfer dari dan ke bandara, check-in 24 jam bisa kapan aja, dan berbagai perks kecil lainnya. Dan yang paling penting: FREE VISA 48 JAM!!! Bayangin aja, dengan harga USD 48 kalian dapet visa juga yang harganya USD 70! Tapi berhubung infonya minim banget dan setelah googling sana-sini nggak nemu cerita orang yang pernah pake Dubai Stopover Package ini, saya mutusin buat main ke kantor Emirates di deket Pacific Place, Jakarta Selatan.

Kantornya sepiii banget, waktu itu nggak ada pengunjung sama sekali. Jadilah saya banyak nanya-nanya di sana. Berikut penjelasan yang saya dapet dari nanya-nanya itu.
1. Harga yang di-quote itu (from USD 48) per orang. Kalo sendiri ya tetep USD 48, bukan jadi USD 96 berhubung occupancy per kamar biasanya buat 2 orang. Jadi solo traveler nggak perlu takut kalo harganya dikali 2.
2. Setelah nanya, katanya visa gratisan cuma berlaku 36 jam bukan 48 jam. Saya nggak nanya lebih dalem, siapa tau dia salah.3. Visa yang 36 jam itu dimulai dari PESAWAT LANDING. Jadi nggak bisa tuh istirahat dulu kalo pesawat landing malem terus baru ke imigrasi paginya. Kenapa?
4. Karena saat pesawat landing, kalian bakal dijemput sama petugasnya. Beuh kayak orang penting aja kan??
5. Transportasi dari dan ke hotel udah disediain, tinggal ngikut aja. Pas pulang, beberapa jam sebelom take-off udah diminta nunggu biar nggak telat ke airport.
6. Free breakfast di masing-masing hotel. Kalo di hotelnya ada wifi, free wifi juga. Kalo nggak ada ya nggak bisa wifian.

Nah enak kan? Kalo akhirnya mau pesen, kalian harus udah punya tiket Emirates yang confirmed. Boleh return, boleh one-way. Tapi akhirnya saya nggak ambil paket ini. Kenapa?  Karena saya pergi pas northern winter (Desember-Maret), yakni pas bulan Januari. Nah, pas winter itu termasuk peak season di Dubai. Jadi nggak ada hotel yang start from USD 48. Melainkan, hotel yang saat itu tersedia (sekitar 2 bulan sebelom kedatangan) paling murah USD 128. Itungannya sih tetep murah banget, tapi berhubungnya uangnya nggak ada jadi saya mutusin buat nggak pake paket ini.

Tebakan saya sih harga yang mulai dari USD 48 itu baru muncul saat kalian ke Dubai pas summer. Musim panas di Dubai itu katanya puanaaass banget jadi orang pada males ke sana dan sepi. Untuk menarik pengunjung, makanya hotel-hotel pada banting harga. Bahkan katanya hotel bintang 4 atau 5 semalemnya bisa "cuma" USD 100-130! Kalo tertarik, kalian harus dateng ke kantor Emirates terdekat karena reservasinya nggak bisa online. Ini ada alamat dan nomer telepon kantor Emirates di Jakarta.

Emirates' Jakarta Town Office
Address
One Pacific Place Building, 10th Floor
Jl.Jend. Sudirman. Kav. 52-53
Sudirman Central Business District (SCBD)
Jakarta 12190

Telephone
+62 21 2934 5555

Working hours
Mon to Fri, 08:30 to 16:45
Sat, Sun & public holidays, Closed

Mengurus Visa UAE Online untuk Penumpang Etihad
Berbeda dengan Emirates yang apply online-nya lewat manage my booking, penumpang Etihad ngurus visanya melalui website yang bekerja sama dengan Etihad, yakni www.ttsuaevisas.com. Tapi bentuk visanya nanti sama kok, pdf gitu dikirim via email dan harus diprint.

Info mengenai visa UAE untuk penumpang Etihad bisa dibaca di sini. Harga visanya juga nggak beda jauh sama Emirates, yakni:
Transit visa (96 jam): USD 58
30 days visa: USD 96
sumber: https://www.ttsuaevisas.com/en/global/visa-fees/


Mengurus Visa UAE untuk Pemegang Tiket non-Emirates dan non-Etihad
Dari tadi kan penjelasannya buat yang naik Emirates sama Etihad aja. Gimana kalo naiknya Cebu Pacific? Harga tiket Manila-Dubai PP pernah cuma 400.000 Rupiah aja loh! Atau gimana kalo naik Malaysia Airlines yang SIN-KUL-DXB round trip seharga SGD 450, padahal KUL-DXB pp 6-7 jutaan?

Berdasarkan hasil googling yang saya lakukan saat ngiler liat harga MAS itu, kalian perlu cari website yang melayani pengurusan visa UAE ini. Caranya kurang lebih sama kayak visa Mesir via online: kirim scan paspor dan bayar, nanti tunggu beberapa hari sebelom dapet visa. Tapi harga lewat online travel agent ini lebih mahal. Dan mereka nggak bisa ngurusin visa yang 96 jam. Tourist visa 14 hari harganya berkisar USD 130-150. Mungkin kalian bisa googling contoh travel agentnya.

Sekiranya segitu aja cerita pengalaman saya dalam mengurus visa UAE (Dubai) melalui VFS Global di Jakarta yang merupakan agen resmi rekanan Dubai Visa Processing Center (DVPC). Semoga bisa berguna buat kalian yang mau liburan ke UAE atau sekedar mengunjungi Dubai dan Abu Dhabi saat transit di sana. Sebenernya sayang sih ngeluarin hampir Rp 800.000 buat visa yang cuma berlaku 96 jam, dan akhirnya cuma dipake kurang dari 12 jam. Tapi nggak apa-apa deh, mumpung udah di Dubai jadi sekalian jalan-jalan aja.

Sampai ketemu di episode mengurus visa berikutnya: INDIA!

PT. VFS Services Indonesia
Dubai Visa Application Center
Address
Kuningan City Mall, 2nd Floor No.L2-19,
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan
Jakarta-12940
Indonesia

Office Hours : 
Monday to Friday 0900 - 1700 hours.
Lunch hours         1200 - 1300 hours.

Telephone: +62 21 3048 0747
Fax No: +62 21 3048 0747
For any queries, please email at : dvpcinfojkt@dubaivisa.net

113 comments:

  1. Online BCA in Dubai in distance education mode provide bachelors degree to students so students can do job with study to get bechelors degree.

    ReplyDelete
  2. mas untuk laporan keuangan yang $8,000 itu musti dibekukan atau nanti setelah proses bikin selesai uangnya bisa dipakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Khairunnisa,
      Berhubung kemaren saya applynya lewat VFS, jadi kurang tau pasti masalah ini. Tapi kayaknya sih $8,000 itu cuma buat bukti kalo punya uang segitu aja. Setelah visanya jadi uangnya boleh dipake lagi. Nanti di imigrasi juga nggak diminta liatin bukti $8,000 itu kok.

      Delete
    2. terimakasih banyak mas informasinya lengkap dan sangat bermanfaat
      meninggalkan jejak komentar dulu salam kenal

      Delete
  3. gan saya mau nanya,,apabila kita mau mengurus turis visa untuk 1 bulan, apa disana bakal susah untuk masuk nya ke abudhabi saat di imigrasi? soalnya dengar2 , mereka bakalan banyak nanya soal tujuan kita kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Sebelumnya maaf karena kemarin saya masuk lewat Dubai pake visa 96 jam. Jadi kurang paham pastinya tentang Abu Dhabi dan visa 1 bulan. Tapi menurut saya kalo kamu udah dapet visanya, petugas imigrasi paling cuma mastiin aja. Kalo mereka nanya tujuan kamu ke sana, kasih liat aja dokumennya (misalnya kalo mau liburan 1 bulan berarti kasih liat booking hotel dan tiket pulang ke Indonesia). Semoga lancar ya urusan visa Abu Dhabi-nya :))

      Delete
  4. Hi,

    Apakah harus melampirkan bank statement selama 3 bulan terakhir dan harus ada saldo $8000?

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Novi,
      Nggak kok. Waktu itu saya ngelampirin rekening koran 3 bulan terakhir saldonya 30 juta aja dan tetep granted visanya. Good luck!

      Delete
  5. Hi Mas Refky,

    Jika syarat lampiran rekening koran kita di sponsori boleh gak ? bukan ats nama kita sndiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hilda,
      Kayaknya sih boleh. Tapi harus melampirkan dokumen yang menunjukkan hubungan kamu dengan orang tersebut.

      Delete
  6. Halo, mau tanya yg bagian transfer ke BCA itu ada no. rek.nya kah? Thank you sblmnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Veronika,
      Saya copas dari PDF yang mereka kasih ya.
      Nama Bank: BCA Bank (bebas, di semua cabang)
      Nama Penerima: PT. VFS Services Indonesia
      Nomor account: 5385301313
      Mungkin kamu bisa pastiin lagi ke web VFS Jakarta siapa tau ada yang lebih update.

      Delete
  7. Mas, klo tiket perg dgn emirates dan pulangnya dgn singapore airlines visa nya bisa tetap diurus di VFS ngga? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Ayu,
      Kalo gitu nggak bisa urus via VFS. Karena persyaratan mereka adalah harus masuk dan keluar Dubai dengan Emirates. Btw thanks ya udah nanya, jadi saya harus sedikit update tulisan ini.

      Delete
    2. Jadi klo pulang pakai singapore airlines urusnya dimana ya visanya? Lewat travel agent ya? :) dan kalo buat tujuan liburan ke dubai ribet ya ngga ngurus visa nya? :)

      Delete
    3. Yup, mesti lewat travel agent. Kayaknya nggak begitu ribet kok asal dokumennya lengkap.

      Delete
  8. Mas maaf saya mau tanya kalau mau krj saya kira-kira pake visaa apa ya trs kl di sn gj krj gede engga . Saya mau tanya cara ngurus visanya gampang eengga kl bs tau informasi agent mau krj sana ok deh trm ksh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau kerja berarti harus pake visa kerja dan nggak boleh pake visa turis. Untuk masalah gaji saya kurang tau ya mas.

      Delete
  9. Mas kl bkn visa krj gampang engga trs hrgnya brp kirakira bisa brp tahun.kl vs turis jg brp tahun dpt tinggal sana.sy mau tanya mas ada agent engga untuk ngurussemua surat surat mas trm ksh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau masalah visa kerja, Mas. Kalo visa turis ada beberapa pilihan durasi tinggalnya: 4 hari, 14 hari, 30 hari, dan 60 hari. Saya nggak tau agent yang bisa urus visa kerja. Kemarin saya urus visa turis di VFS Global Jakarta yang di Kuningan City.

      Delete
  10. Mas kl ngurus visa turis ky 60 hr kl sy legal di sana bs engga trs sy mau tanyabiaya bikin visanya berapa harganya trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang udah saya tulis di atas, nggak ada yang 60 hari, Mas. Adanya 30 hari atau 90 hari. Yang 90 hari harganya Rp 6.136.620.

      Delete
  11. Mas pembuatan visa ke Dubai gak pake travel insurance ya ?

    ReplyDelete
  12. Pagi Mas Eky,

    seru seru banget baca pengalaman solo travelling nya mas eky.

    saya comment di page ini aja deh, berhubung next year mau ke Dubai. :D

    btw saya nanti kesana pakai MH, kalau pake airlines lain selain EK, ga bisa urus visa nya di VFS yaa ?

    kalau ga bisa di VFS, menurut mas eky mending urus visa nya mending via Travel Agent atau via yang website online kaya di atas itu yaa ?

    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Asep,
      Terima kasih ya udah sempetin buat baca tulisan saya :D

      Yep, kalo mau di VFS cuma bisa kalo punya tiket EK. Menurut saya kalo travel agent offline bisa, mending di situ aja karena kan lebih mudah dipegang dan lebih punya reputasi. Masalahnya, apakah ada travel agent macem Panorama Tour, WITA Tour, Bayu Buana, dan sebagainya yang bisa urus? Karena sejauh ini saya belum pernah denger yang urus lewat sana.

      Kalo ada infonya mungkin bisa dishare di sini Mas nama travel agent-nya dan berapa biayanya. Ahh serunya mau ke Dubai! Semoga pas di sana cuacanya nggak terik-terik banget yaa.

      Delete
    2. ohh gitu yaaa. makasih atas info nya.

      btw misalnya nih, sy ke Dubai jadi nya naik EK tapi via SIN (SIN-DXB-SIN, biar dapet A380, hehe), itu tetep bisa urus di VFS / Online dari web EK nya kan ? pokonya kalo megang tiket EK, visa nya bisa di urus dari 2 cara itu ?


      Delete
    3. Yep bisa kok kayak gitu. Pokoknya supaya bisa urus online di web EK atau lewat VFS, kamu harus masuk Dubai dan keluar Dubai dengan Emirates.

      Delete
  13. Mas, saya mau tanya. Apa bedanya 96 hours visa & 90 day visit visa? Kemudian, rencananya saya mau tinggal di Dubai selama 2 tahun sebagai turist, apakah bisa? jadi saya disana tinggal di rumah keluarga dan ingin jalan2 selama kurang lebih 2 tahun. Mohon infonya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Maychun,
      Sesuai namanya, 96 hour visa itu cuma berlaku buat di UAE selama 4 hari. Sementara 90-day visa bisa dipake buat di UAE selama 3 bulan.
      Wah kalo 2 tahun kayaknya bukan liburan tuh namanya, terlebih mau tinggal di rumah keluarga. Saran saya tanya ke embassy UAE aja deh supaya pasti, tapi rasa-rasanya kamu butuh visa tinggal kalo mau 2 tahun di sana.

      Delete
  14. Mas bs share itinery nya ga,kmrn kemana aja selama di dubai tmp2 ato spot yg bagus,unt referensi jg jln2 ke Dubai, tq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Pumkind,
      Saya berencana membuat post tersendiri tentang itinerary Dubai. Tapi entah masih berapa lama lagi hehe. In the meantime, kalau mau drop your email aja nanti saya kirim PDF-nya.

      Delete
    2. anissalinaputri27@gmail.com minta pdf nya ya mas hehe boleh kan?

      Delete
    3. Hy mas boleh send saya PDF nya jg donk !!
      ria.mariana2u@gmail.com
      Thanks before

      Delete
    4. Hi mas, boleh donk minta itinerary yang bagus di Dubai , send ke email nurulnasution27@gmail.com


      Terima kasih :)

      Delete
    5. mas, saya juga bikeh minta itenerary Dubai juga yah? send nya ke nurazizaa@gmail.com

      Terima kasih mas :D

      Delete
    6. Mas, saya boleh minta juga itinerary nya? Dikirim ke Hud4mantap@gmail.com
      Makasih ya sebelumnya mas

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. Mas boleh minta itin nya juga? D kirimkan ke cha.charia@yahoo.com

      Thanks ya

      Delete
  15. Selamat malam mas..
    saya rencana mau ke dubai dan mau appy visa via VFS ini.
    saya sekarang stay di medan.
    Baiknya saya mulai urus visa berapa hari sebelum flight saya ke dubai ya mas?soalnya saya gak mau lama2 nunggu di jkt nya.
    Ada gak ya minimal saldo selama 3bulan di rekening untk pengajuan visa yg 30days?
    haruskan saya melampirkan bookingan tiket Pulang juga?atau bisa tiket pergi nya aja dulu?
    Saya rencana di dubai stay 1minggu di hotel,dan untuk selebihnya saya akan stay di apartment temen saya yg stay dan bekerja disana.
    alamat mana yg harus saya lampirkan nanti ya mas?apakah kedua nya?
    Dan apa saya perlu surat sponsor dari temen saya tsb?
    saat ini saya lg break kerja dan blom renew kontrak kerja.jadi saya rencana mau visit dubai, apakah saya perlu surat keterangan tdk bekerja dr kantor saya dulu?
    Makasih sebelumnya mas,reply boleh via email..ini email saya..
    ayundakusuma05@gmail.com
    makasih yaa mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ayunda,
      1. Urus visa lewat VFS itu paling cepet 60 hari sebelum tanggal keberangkatan kalau nggak salah, dan nggak bisa lebih cepet dari itu.
      2. Hmm kayaknya nggak ada minimal saldo ya, pokoknya asal sekiranya cukup untuk tinggal selama 30 hari.
      3. Untuk bisa apply visa lewat VFS, kamu harus punya tiket masuk dan keluar Dubai dengan Emirates.
      4. Kalo reservasi hotel kamu cuma 1 minggu, berarti harus bilang juga kalo 3 minggu sisanya di tempat temen. Karena kalo nggak nyebutin nanti kedutaan bingung kenapa butuh 30 hari tapi hotelnya 1 minggu aja.
      5. Kalo bilang tinggal di tempat temen, tentu butuh surat sponsor dari temen tersebut.
      6. Sepertinya kalo nggak bekerja nggak perlu lampirin surat keterangan kerja/tidak kerja ya.

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Andra,
      Dubai dan Abu Dhabi itu sama-sama di negara Uni Emirat Arab kok, jadi kalo punya visa Dubai kamu bisa ke Abu Dhabi juga.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  17. syarat untuk financialnya sendiri untuk masuk dubai di rekening minimal berapa ya? cuma mau liburan aja 1 bulan...... info dunk. thank u.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa enter sharjah juga kan ya... 15 menit dr dubai katanya.. bener gak?

      Delete
    2. Hi,
      Sebenernya nggak ada exact amount harus minimal berapa tabungannya. Tapi kalo sebulan gitu sepertinya harus agak banyak juga. I think 40-50 juta will be enough.
      Bisa ke Sharjah kok, kan dia masih di dalam negara Uni Emirat Arab.

      Delete
  18. Hi Refky, terima kasih sharing pengalamannya di blog ini!

    Saya juga mau sharing pengalaman saya sendiri mengurus "visa on arrival" di Dubai Airport langsung. Saya juga agak kaget ada layanan ini, sebab saat cari2 di internet tidak banyak informasinya.

    Konteks: Waktu itu saya telat mau apply visa online. Sehingga saya mendarat di airport pasrah kalau harus bengong di airport lama. Tapi ketika sampai, saya coba ke Arabian Adventures travel agent desk, di dekat immigration gate, dan ternyata memang ada service ini, termasuk buat WNI. Syaratnya adalah kita harus beli paket hotel dari mereka, maka dapat bonus pemrosesan visa yg mudah.

    Proses dan Persyaratan:
    1. Ketika datang, saya harus memilih paket hotel yg disediakan. Saya datang dengan istri dan anak bayi, dan kena 392 USD + 35 USD totalnya untuk hotel + transfer + visa. Saya diberi quote perorangan tapi lupa2 ingat... kalau tidak salah 140 tanpa hotel dan 196 dengan hotel. Saat itu bulan Desember akhir.
    2. Saya menyerahkan passport saya, tidak perlu isi form banyak2 atau sediakan foto. Menunggu 30-60 menit, dan kemudian visa saya sudah siap

    Salah satu keunggulan paket ini adalah check-in 24 jam. Saya rasa berguna untuk flight dari Indonesia yg biasanya tiba jam 7 pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rafael,

      Wah thanks banget sharingnya! Ternyata emang beneran ada ya jasa urus visa on the spot-nya. Waktu itu pernah baca di socmed tapi pas googling susah gitu nemu detail-nya.

      Kalo baca penjelasannya, paketnya Arabian Adventures ini mirip dengan Dubai Stopover Package yang bisa dipesen lewat Emirates Office di Jakarta loh. Waktu itu saya nanya untuk keberangkatan Januari, harga per malamnya $128, termasuk visa, airport transfer dari dan ke airport, penyambutan setelah turun pesawat, sarapan, dan beberapa benefit lain.

      Delete
    2. Iya betul saya pake Itu juga kemaren kaya bang rafael, pelayanan mereka bagus tidak terlalu menanyakan banyak hal. Kl buat jaga2 ga pa2 sih duluan via online ato k office di jkt.aku baru pulang dr sana, Insyaallah nanti mo balik lagi......ada someone disana hihihihihihi: )

      Delete
  19. Nice Journey Mas...makasih infonya. Jadi tahu kalo pake Emirates bisa apply visa lewat manage my booking, very helpful karena mau ke Dubai transit 3 hari saja. Salam traveling is investing. ananto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ananto,

      Thanks for reading juga :D Asiknya bisa transit sampe 3 hari gitu, saya sehari aja nggak sampe :( Have fun di Dubai ya!

      Delete
  20. Hallo mas Refky, rencana pertengahan maret saya mau k Dubai selama seminggu. Untuk visa brp hari biasanya keluar? Sy baca banyak perbedaan info, ada yg blg 7hari kerja, ada yg blg tidak sampai 5hari, bahkan mas blg jauh2hari pengakuannya, 60hari sebelum keberangkatan. Dan satu lagi, mereka minta nama 2 suku kata, sedangkan nama saya hanya Mirani. Kl domestik untuk reservasi toket dan hotel saya mengulang nama Mirani Mirani. Tp ini prrta!a kali saya keluar negeri dan saya pusing liat persyaratan dimana saya, terima kasih mas. Ditunggu info secepatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mirani,
      Untuk proses approvalnya cepet kok. Waktu itu saya cuma 3 hari udah dapet email isinya visa. Yang saya bilang 60 hari itu kapan kamu udah bisa ngajuin visanya.
      Kalo untuk nama, coba kamu contact VFS Dubai di Jakarta aja supaya lebih jelas.
      Good luck!

      Delete
    2. Aduh sampe nangis, ngeliat tulisan aku disini ancur banget. Salah huruf ga diliat lagi pas ngeposting, hihihiii
      Tapi yg jelas, aku sukses sampe Dubai. Seruuuu. Ga mau pulang rasanya. Nanti mau kesana lagi, kangen ski Dubai ama Global Village. Sama mau cobain sky diving, desert safari, Emirati culture, dll. Makasih banyak lho mas πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜Š

      Delete
    3. Horeee! Ahh saya juga pengen banget sky diving dan desert safari!! Plus nonton kembang api tahun baru di Burj Khalifa *banyak minta*

      Sama-sama, Mirani. Senang bisa membantu :D Btw masalah nama kamu jadi gimana? Bisa dengan "Mirani Mirani"?

      Delete
    4. Hehehe berhubung paspor abis masa berlaku, sebelum pengajuan visa, aku perpanjang paspor sekaligus penambahan nama belakang, itu atas saran beberapa teman. Sekalian jadi 3 suku kata(siapa tahu ada niat umrah atw haji, karena syarat haji/umrah minimal nama 3 sukukata) menjadi Mirani (nama ayah) (nama kakek).
      Bagi peminat Nancy Ajram, Haifa atw penyanyi arab lainnya, mereka sering ngadain konser d Global Viĺage 😒😒😒😒 sedih pas kesana lagi ga ada konser

      Delete
    5. Hehehe berhubung paspor abis masa berlaku, sebelum pengajuan visa, aku perpanjang paspor sekaligus penambahan nama belakang, itu atas saran beberapa teman. Sekalian jadi 3 suku kata(siapa tahu ada niat umrah atw haji, karena syarat haji/umrah minimal nama 3 sukukata) menjadi Mirani (nama ayah) (nama kakek).
      Bagi peminat Nancy Ajram, Haifa atw penyanyi arab lainnya, mereka sering ngadain konser d Global Viĺage 😒😒😒😒 sedih pas kesana lagi ga ada konser

      Delete
    6. Visa yang granted kemarin, tertera kl sponsornya Emirates. Apa karena tiket sudah issued kali yah hehehehe tp ga tahu juga sih mas. Tapi dr situ saya paham, kenapa pakai Emirates untuk apply visanya.

      Delete
    7. Yep, kalo apply lewat VFS emang sponsornya bakalan Emirates.

      Delete
  21. Hi..aku boleh nanta gk?aq do invite teman ke dubai hanya aja aku kurang tau total keseluruhan biaya itu brapa ya?aku gk ngerti mata uang dr sana..kira2 brp yaauang sana ama Indonesia..mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mhay,
      Untuk keseluruhan biaya tiap orang beda-beda ya, saya waktu itu cuma setengah hari di sana jadi nggak keluar banyak uang. Mata uang di sana itu AED (Dirham), 1 dirham sekitar Rp3.500.

      Delete
    2. Perbandingan aja ya, kl KFC sana harganya lebih mahal jadi kualitas ayam dan rasa pun pasti lebih baik. Misalnya jus di cafe sini kisaran 27000-45.000 kl jus di kafe sana 20-25AED ataw 70.000 keatas, ya memang ada yg harganya 5-10AED tp yah gtu deh biasa aja. Carefour disana mewah buah2ah suppper fresh kaya baru metik dr pohooon. Budaya arabs meteka hidup sehat, suka banget buah dan sayuran juga fresh. Ga ada tuh liat buah sesegar dsana. Compare harga kay dsini, macam H*r*, fxrmxxs, fxxdhxll,mungkin sama, tp disana super seger. Yg bikin aku betah disana. Buah2annya seger kaya baru metik. Satu lagi, disana ga da nasi kaya kita loh, jd siap2 makan nasi yg bentuknya kaya bihun alias panjang2 dan rasanya tawar. Kebanyakan adanya d resto india. Jadi yg biasa makan nasi wah pusing deh hahahaha....
      Yang jelas biaya disana memang jauh lebih mahal ketimbang di Indonesia. Makanya Dubai kota impian para pencari kerja. Tp buat wanita Indo, siap2 dikira Pinoy 😠😬😬😬😠😀😀😀menyebalkan. Pinoy(orang phillipin)

      Delete
  22. hal mas ,mau tanya : jika saya berangkat pake visa sponsor kantor ke dubai utk dites,dan istri saya bawa bersama juga ,dan dia saya belikan visa turis 90 hari,kira2 jika employement visa saya granted,boleh ngga visa istri saya di convert inside dubai?...dan visa 90 hari itu persayaratannya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Wah untuk convert ini saya nggak tau ya bisa apa nggak. Persyaratannya sendiri sama kok kayak yang reguler, bisa dicek di web VFS yang linknya ada di tulisan saya.

      Delete
    2. mas, posisi mas dimana?saya di cicadas deket rs santo yusup mas, jujur saya benar2 buta,saya sekarang ada dibandung ini,bener2 saya ngga punya temen untuk urusan ginian,kiranya mas kita bisa ketemuan kalo bisa

      Delete
    3. Saya di Tangerang nih. Kalo ada yang mau ditanya, feel free to send me email aja. Akan saya bantu dari pengalaman dan info yang saya tau :) Alamat emailnya ada di bagian "Author" di kanan atas blog ini.

      Delete
    4. Hi Mas Refky,
      Saya rencana berangkat ke Europe bulan depan dan fly dari BKK - Madrid - BKK pake Emirates Airlines dan both journey are transit in Dubai. BKK - Madrid transit for 6 hours (overnight) dan Madrid - BKK transit for 21 hours (overnight juga).
      Pertanyaan saya, apakah saya harus apply 2 visa transit apa cukup dengan 1 visa transit saja. Please share your thought. Thank you for your advise. I'd appreciated :)

      Delete
    5. Hi Arsih, sudah saya jawab di comment kamu yang terbaru yaa :D

      Delete
  23. kalo nunggu visanya setelah apply yg visa bussines tu biasanya brp hari mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm setau saya sih sama aja ya waktu prosesnya, paling cepet 3 hari kerja.

      Delete
  24. halo refky, mau nanya kalo transit cuma 6 jam di dubai juga butuh visa ya? mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kalo di dalam airport dan nggak keluar imigrasi kamu gak perlu buat visa kok. Transit 6 jam jangan lupa ambil meal voucher-nya ya. Lumayan gratisan :))

      Delete
  25. Loved loved loved these info really helpfull. Thanks again lot man, a good job .an advice you make a blog website for the travelers looks would be great idea. Big love

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Budy, really glad you enjoyed my writing :D

      Delete
  26. Mas mau tanya kl aku pake royal brunei dari sub -bwn-dxb pp apa saja persyratan visanya apa hanya buruh scan paspor saja ? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Viansa,

      Kalau naik maskapai selain Emirates kamu harus apply visa secara normal nggak bisa lewat manage booking atau VFS.

      Delete
  27. Hi Mas Refky,
    Saya rencana berangkat ke Europe bulan depan dan fly dari BKK - Madrid - BKK pake Emirates Airlines dan both journey are transit in Dubai. BKK - Madrid transit for 6 hours (overnight) dan Madrid - BKK transit for 21 hours (overnight juga).
    Pertanyaan saya, apakah saya harus apply 2 visa transit apa cukup dengan 1 visa transit saja. Please share your thought. Thank you for your advise. I'd appreciated :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Apakah kamu ada rencana keluar bandara Dubai (maksudnya melalui imigrasi)? Jika nggak ada, kamu nggak perlu visa transit. Sementara kalo kamu emang mau jalan-jalan keliling Dubai, baru apply visanya. Jika di masing-masing transit mau jalan-jalan, berarti apply 2x. Sementara jika 1 kali saja (misal di transit 21 jam), kamu cukup buat 1x.

      Tapi kalo nggak ada rencana jalan-jalan keliling Dubai, nggak perlu visa kok.

      Delete
    2. Thank you for your prompt reply. I'd appreciated.
      Saya apply visa transit 1x saja :)

      Salam,
      Arsih

      Delete
  28. KALO SAYA BERANGKAT TANGGAL 24 AGUSTUS, MASIH BISA NGGA YA DAPAT VISA NYA?

    ReplyDelete
  29. saya baca di google kok bingung yaah mau urus visa nya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Herwina, jika mengurus online/lewat VFS masih bisa kok karena umumnya proses 3-5 hari kerja aja. Bingung gimana ya?

      Delete

  30. Saya mau nambahin mas kemaren saya barusan ke dubai pake grup tour tx travel pakai royal brunei
    3 agustus sampai 8 agustus ternyata masalah visa hal yang mudah cukup scan paspor dan bayar biaya visa 1 juta ruupiah visa uda keluar intinya di sini sebaiknya gunakan jasa agen travel karena mereka ngurusnya online langsung ke imigrasi dubai kalau pergi sendiri tanpa tour rasanya sulit tanpa pakai emirates saya sarankan pakai tx travel di jakarta mereka bisa bantu tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Viansa,

      Thanks for sharing! Baru tau kalo ikutan tour bisa urus visanya on the spot :D

      Delete
    2. Hallo Mba Viansa Deylan & Mas Muhamad Refky,
      Bisa saya minta kontak kalian, saya mau menanyakan tentang visa UAE ini. Saya akan melakukan perjalanan dan kemungkinan besar pake Emirates. Keterangan di bookingan tiket bilang dimungkinkan kena pemeriksaan imigran dan visa. Mohon bantuannya, terimakasih.

      Delete
    3. Line dan imstagram saya mas fatah di @viansabening bisa tanya2 soal visa dubai maaf mas saya laki bikan cewek😊

      Delete
    4. Ya mas refki kalau urusan visa serahkan semua pada agen travel karena mereka punya image atau nama bagus di imigrasi sana jadi lebih mudah ngurusnya

      Delete
    5. Ayo mas refki buat postingan trip ke australia soalnya sedikit sekali traveler indonesia yg berlibur kesana ,aku ada planing ke australia sembari nabungπŸ˜€ biar aku tahu biaya yang dibutuhkan untuk ke australi

      Delete
    6. Maaf Mas Viansa Deylan, dikira cewek. Hehe
      Oke, saya tanya2 di ig Mas.
      Makasih ya

      Delete
    7. Waah belum pernah ke Australia nih, sudah pernah planning dan beli tiket untuk tahun baruan di sana tapi batal :( Hopefully sometime next year bisa ke sana, aamiin. Kamu aja duluan pergi ke sana biar saya bisa minta tips-tipsnya :))

      Delete
  31. Hi mas Refky, Boleh minta itinerary ke email saya, kikishasa7@gmail.com, trims sblmnya ya.....

    ReplyDelete
  32. Hai mas, sy ingin bertanya, jika ke dubai hanya 4 hari an itu berarti yg 96 hours yah? Itu kira2 harganya brp yah jika di rp in? Trs kalo misal sy mndapatkan tiket gratis dubai dr sponsor, nah pengurusannya lewat mana? Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Eva,

      4 harinya apakah 4 hari 3 malam atau 4 hari 5 malam? Kalo masih kurang dari 96 jam sejak kamu landing dan take-off lagi, bisa apply 96 jam. Biayanya per Maret 2015 sekitar 860ribu. Untuk visa, jika tiketnya Emirates bisa dibantu oleh VFS pengurusannya.

      Delete
  33. Hi Mas Refky, wah seru ya cerita2nya. Jadi , kalau mau ke Dubai tanpa Emirates misalkan pakai Garuda, masih bisa ya ngurus Visanya on the spot disana ? misalkan untuk 14 hari. Thanks yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm ini saya nggak tau sih. Sejauh ini dari hasil baca-baca dan comment sebelumnya, yang saya tau bisa visa on the spot di bandara Dubai itu kalo:
      1) naik Emirates dan nggak sempet urus visa sebelumnya
      2) naik maskapai lain (contohnya Royal Brunei) tapi bareng tour

      Supaya aman saya saranin buat visa di Indonesia aja sih. Good luck ya!

      Delete
  34. kalo namanya cuma 1 min, susah ya? misalkan andi. udah gak bisa pergi gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya tetep bisa, tapi kamu harus ke kantor imigrasi untuk bikin keterangan nama yang 3 suku kata. Kasusnya akan mirip dengan kalo mau bikin visa Umrah/Haji.

      Delete
  35. Hi kak Refky minta send itinerary-nya dong.
    Fitriherawati16@yahoo.com
    Makasih di tunggu asap :)

    ReplyDelete
  36. selamat pagi mas, mas saya mau nanya saya hari rabu nge - apply visa dubai menggunakan jasa travel dan tamu saya berangkat nya besok pagi, saya boleh minta saran saya harus lakuin apa ya mas ?

    ReplyDelete