Sunday, January 25, 2015

My Amazing Journey: The Beginning

My Amazing Journey in picture

Kamis, 7 Agustus 2014. Setibanya di bandara Soekarno-Hatta dari liburan ke Jepang, gue diminta buat nunggu di bandara karena 5 jam setelahnya gue dan keluarga akan berangkat ke Surabaya buat daftar ulang adek gue di ITS dan mereka akan sampai di bandara 2 jam sebelum keberangkatan, which means I have 3 hours to spare. Awalnya gue makan di Bakmi GM yang harganya bikin kaget karena dengan Rp 50.000 gue hanya mendapatkan bakmi ayam dan teh botol kotak. Yasudah yang penting makan Bakmi GM yang enak itu.

Tapi karena masih laper dan nggak tau harus ngapain, gue memutuskan untuk pindah tongkrongan ke J.Co. Setelah memesan iced thai tea serta dua donat favorite gue—alcapone dan oreo, gue duduk manis sambil rewel di whatsapp minta adek dan mama supaya dateng lebih cepat. Karena nggak mempan, akhirnya gue bosen dan memutuskan untuk coret-coret di balik struk J.Co. Berikut adalah hasil coret-coretan waktu itu.
Coret-coretan J.Co.

Emang rasanya agak sombong, tapi kan itu kenyataan ya *dikepruk massal*. Tapi gue pengen punya tujuan, kira-kira ke depannya mau liburan kemana biar tau harus nabung seberapa banyak.
Seperti yang terlihat di bagian bawah foto, tertulis dengan gamblang "SOON: AUSTRALIA, aamiin!". Hal itu menggambarkan gue 80% mantep dengan persiapan liburan kesana yang sudah dipersiapkan sejak November 2013. 20% sisanya yang belum hanya tinggal pembuatan visa dan tuker uang ke Australian Dollar. Tiket pesawat, penginapan selama 3 malem (yang amit-amit susahnya dicari karena harga penginapan di Sydney saat New Year's Eve itu gila banget!), itinerary detil, dan budgeting semuanya sudah siap. Bahkan kalian bisa liat sendiri di header blog ini. Gue menempatkan Sydney Opera House di tengah karena sangat yakin itu akan menjadi landmark baru pertama yang dikunjungi setelah Borobudur, Ka'bah, Taipei 101, dan Great Wall.

Selain itu, terlihat juga di kolom sebelah kiri negara-negara yang ingin gue datengin setelah mengunjungi Australia. India dan Mesir menempati dua tempat teratas karena disana ada landmark yang masuk ke dalam bucket list utama gue. Berikutnya ada empat negara ASEAN yang belum gue kunjungi. Selain itu ada Nepal karena ingin melihat Himalaya dan memenuhi bucket list lainnya, yakni Everest mountain flight. UAE dimasukkan karena gue ingin melihat langsung kota Dubai dan Abu Dhabi yang terkesan wah banget. Sri Lanka dan Maldives dimasukin karena deket dan Maldives bebas visa, sementara ngurus visa Sri Lanka itu gampang dan lumayan murah.

Dalam urusan merencanakan traveling, gue punya kebiasaan yang berdampak buruk bagi tabungan sendiri: planning liburan lain setelah selesai planning liburan terdahulu. Jadi begitu beres bikin itinerary dan budgeting Sydney, gue mulai riweh memikirkan kemana enaknya gue setelah darisana. Opsinya tentu saja berada di kolom kiri foto di atas. India, Mesir, atau menamatkan ASEAN.

Long story short, pilihan jatuh ke India. Kapan berangkatnya? Langsung, sepulang dari Australia tanpa ke Jakarta terlebih dahulu. Gue konsultasi ke Mama dan Ayah, alhamdulillah mereka setuju-setuju aja. Tabungan gue juga alhamdulillah mendukung. Kemudian dilakukan research mengenai tiket pesawat. Pilihan jatuh ke Malaysia Airlines, dengan rute Singapore-Kuala Lumpur-Mumbai, dan baliknya New Delhi-Kuala Lumpur-Singapore. Dengan kondisi seperti ini, berarti gue harus beli tiket Kuala Lumpur-Singapore, refund tiket Kuala Lumpur-Jakarta yang udah dibeli, dan beli tiket Singapore-Jakarta.

Waktu itu gue udah cukup mantep dengan rencana ini. Gue udah urus refund, bahkan udah beli tiket Singapore-Jakarta yang baru. Selain itu, gue udah pesen hotel di New Delhi—walaupun belum bayar sama sekali. Udah semantep itu. Tapi tiap kali mau beli tiket Malaysia Airlines, entah kenapa masih ragu. Mama beberapa kali ingetin kalo emang beneran mau ya dibeli aja, keburu harganya naik. Tapi gue selalu bilang nanti aja.

Hingga akhirnya datang hari Minggu, tanggal 31 Agustus 2014. Belum tepat seminggu sejak semester 7 dimulai. Pagi harinya gue masih sibuk corat-coret itinerary buat di India. Nggak lupa sambil ngecek kondisi keuangan dan proyeksi ke depannya. Siang harinya gue memutuskan untuk keluar buat cari makan. Begitu keluar dan mengunci pintu kamar, gue memikirkan suatu hal, "Budget total Australia dan India kalo digabung lumayan juga ya, jangan-jangan bisa tuh dipake buat ke Eropa sekalian," pikir gue dalem hati sambil senyam-senyum. Di jalan, gue iseng buka aplikasi Kayak di hp dan mencari tiket ke Eropa. Betapa paniknya gue saat mengetahui warung makan yang gue pengen malah tutup! Sial berarti harus jalan lebih jauh! *merusak suasana*

Betapa paniknya gue saat Kayak memberikan hasil berikut.
Hasil KAYAK

DAAAANGGG TERNYATA BENERAN CUKUP UANG GUE BUAT KE EROPA ASAL NGEBATALIN AUSTRALIA! (Side tips: any tickets to Europe which less than USD 1000 are considered CHEAP!). Sama seperti orang Indonesia kebanyakan (maaf kalau dirasa melakukan generalisasi dengan tidak tepat), gue memiliki keinginan yang besar untuk bisa menjejakkan kaki di Eropa. Jadi begitu mengetahui bahwa gue punya uang yang mencukupi buat kesana, gue nggak nggak mau menyia-nyiakannya. Gue langsung telepon Mama saat itu juga dan menjelaskan semuanya. Mama agak ragu dan bilang sayang kalo harus menghanguskan tiket ke Sydney. Tapi di akhir telepon Mama bilang kalo gue mau dan mampu, nggak apa-apa. 

Telepon ditutup dan gue kembali menunggu makanan datang. Dua menit kemudian, Mama nelpon lagi. Sekarang Mama ngasih lampu hijau dan jadi agak excited saat gue bilang kalo uangnya cukup buat berangkat kesana selama 8-10 hari. Bahkan Mama nyuruh beli tiket secepatnya sebelom harganya naik. Kemudian Mama nanya tiket ke Australia yang udah dibeli bisa direfund atau nggak. Berdasarkan pengalaman dengan AirAsia, sepertinya gue bisa meminta refund airport tax.

Berikutnya, gue meminta masukan ke dua temen gue yang udah tau kalo gue bakal merayakan tahun baru di Sydney. Gue menjelaskan keadaannya dan mereka memberi masukan yang berbeda. Gue menekankan kalo gue pengen ke Eropa, but on the other hand, gue pengen melihat pertunjukan kembang api spektakuler yang bisa dilihat di Sydney pas tahun baru. Teman pertama bilang "Di Eropa juga ada kembang api, Ky", sementara teman kedua bilang "Kembang api tahun baru di Sydney kan one of the best, Ky".

Karena masih bingung, gue cerita sama adek gue. Biasanya gue cerita duluan ke adek, tapi waktu itu gue nggak langsung cerita. Kenapa? Karena kita pernah berencana buat ke Eropa berdua. Bahkan gue udah bikin itinerary buat 2 minggu disana. Tapi sayang kita harus postpone rencana itu karena satu dan lain hal. Makanya gue nggak enak kalo nanyain Eropa dan gue berangkat sendirian. Setelah gue cerita, dari jawaban chatnya keliatan banget kalo dia agak sedih kalo gue ke Eropa duluan. Gue jadi bingung banget.




But in the end, I decided to go with Europe and postponed Sydney. Planning ke Sydney yang udah 80% terpaksa diabaikan dan gue harus merencanakan liburan ke Eropa from starch. Gue minta maaf ke adek gue sekalian minta izin kalo bakal ke Eropa duluan. I knew I was selfish. Tapi gue merasa, kapan lagi gue punya kesempatan dan waktu buat ke Eropa. Mumpung uangnya ada juga, walaupun bakal pas-pasan. Menurut perhitungan gue, liburan semester 7 ini adalah liburan terbebas yang terakhir dikarenakan liburan semester 8 gue harus fokus pada persiapan setelah menyelesaikan semua kuliah. Wisuda dan either lanjut S2 or kerja.
What I missed (source)

What I saw

Dengan demikian, dimulailah planning Euro Trip gue yang belakangan berkembang menjadi once in a lifetime journey—tapi tentu saja gue berharap ini bukan yang terakhir. Di post berikutnya, gue akan menceritakan proses perencanaan gue dari yang awalnya pengen 1 benua aja kemudian berkembang jadi 3 benua dengan tujuan utama mengunjungi 7 keajaiban dunia yang menjadi bucket list utama gue.

Karena heboh dan serunya trip kali ini, gue bakal memberi nama jalan-jalan kali ini sebagai My Amazing Journey.

Anyway, sekarang gue seneng dan ngerasa lucu sama keluarga gue. Berbeda dengan keluarga lain yang kalo libur biasanya barengan, keluarga gue nggak kaya gitu. Di bulan Januari 2015 ini, kita berpecar ke tiga perjalanan. Diawali dengan gue dengan My Amazing Journey  yang berlangsung selama 17 hari dari 28 Desember sampai 14 Januari. Seminggu kemudian, Mama berangkat Umroh dari tanggal 21 sampai 29 Januari. Tiga hari setelahnya, Ayah dan Eja berangkat ke Jepang dari tanggal 24 sampai 31 Januari. Jadi sekarang gue lagi di Bandung, Mama lagi di Madinah (kayaknya), dan Ayah serta Eja lagi di Osaka.

Nggak apa-apa liburannya misah, berarti koleksi magnet kulkas di rumah bisa nambah banyaak haha. But on serious note, gue sama adek gue sebenernya udah sempet bikin plan buat bayarin liburan sekeluarga ke Singapore. Apadaya kondisi finansial kita berdua belum mencukupi, soalnya kita berdua gegayaan kalo mau manjain Ayah dan Mama, nginepnya diusahakan satu malam di Marina Bay Sands hahahahhahaha. Doain aja ya cepet kesampean cita-cita tersebut :')
Terakhir kali jalan bareng Juli 2014, pas mudik

Terakhir kali jalan bareng Juli 2014, pas mudik.

Terakhir kali jalan bareng Juli 2014, pas mudik.

Esalah ternyata yang terakhir itu pas kita ke Surabaya-Madura buat daftar ulang Eja.
Makan di Bebek Sinjay

Makan di Bebek Sinjay

63 comments:

  1. jahat banget lo ky sama adek lo!!!!! wkwkwkwk
    oooh ternyata buat bokap sama eja ya jepangnya :O.
    masih ada ky liburan bebas masa2 kuliah: abis sidang!!!! apply visa gitu2nya jeda antara revisi dan sidang HAHAHHAHA, jadi masih dpt surat tanda mahasiswa :p:p:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang dirasa-rasa agak jahat juga. Makanya every step along the way selalu minta maaf dan minta izin kaya pas mau apply visa dan beli tiket hahaha.
      Uhhhh takut aja kalo abis sidang gitu, kalo ada apa-apa masa harus angusin tiket dan segalanya. Lagian juga kemaren jalan jalan dapet cobaan jadi melayang semua uang gue :'''')

      Delete
  2. sebagai bagian dari fansclub saya merasa kecewa atas kebohongan publik sebelum keberangkatan anda ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha mohon saya dimaafkan. Jangan keluar dari fansclub saya ya, apalagi berhenti baca blog saya :'(

      Ngomong-ngomong ini siapaaa? Perasaan yang tau rencana awal gue dikiiiit banget

      Delete
  3. Wah enaknya ! Next mau deh daftar jd Member Fansclub nya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew, ada2 aja nih.. kalau ada sih, ane mau juga ikutan.. biar saling mengenal sesama blogger..hehe :)

      Delete
    2. waw dahsyat sekali bisa kesana :3

      Delete
  4. Halo...cara ngedapetin tiket2 promo itu darimana sih?kalo misalnya mau nyari tiket buat akhir tahun nanti mending dari sekarang atau nunggu ada promo aja ya?soalnya rencana mau nyari tiket untuk ke sydney, tapi pas dilihat sekarang juga udah lumayan harganya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sign-up newsletter masing-masing airlines aja. Jadi daftarin email kamu supaya kalo ada promo bakal dikasih tau. Sydney pas rentang tahun baru emang bakal susah sih nyarinya, makanya waktu itu saya liat promo 2,7 juta KL-Sydney PP pas tahun baruan langsung saya beli. Untuk yang sejenis AirAsia mungkin bisa coba flyscoot.com, siapa tau bisa murah (pesawatnya start dari SG). Atau Malaysia Airlines juga suka ngasih tiket murah kalo start dari SG.

      Delete
    2. Waaaa... saran yang sangat membantu dan tulus banget... maksih mas ^^

      Delete
    3. wow.... mantab banget bisa journey ke australia :o

      Delete
    4. Saya belum pernah ke Australia :(
      Tapi saya anggep ini jadi doa aja deh :))

      Delete
  5. Jadi inget big trip gw tahun lalu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Antho, kayaknya saya bikin trip ini ada sedikit pengaruhnya dari baca Antho's Journey waktu itu. Terima kasih udah menginspirasii :D

      Delete
  6. Mantap banget liburannya, keren banget deh mas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih, Mas! Semoga bisa liburan dengan mantap juga :)

      Delete
  7. wew.. walau awal namun keren bagus nih perjalanannya..
    dari dulu pngn banget melancong..sayang msih blm kesampaian hingga saat ini.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kulsum,
      Kenapa masih belom kesampaian? When there is a will, there is a way looh. Percaya deh :D

      Delete
    2. semoga cepet kesampaian kakak ^^ ... soalnnya aku juga pengen loh..

      Delete
  8. liburannya keren banget mas...belum pernah kesampaian keluar negeri huhu semoga suatu saat nanti xD

    ReplyDelete
  9. woaaaa, liburan yang menyenangkan kakak :D
    semoga dapet inspirasi dari artikel kakak hehe
    biar ketularan juga someday :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyenangkan bangett!
      Aamiin, semoga bisa dapet inspirasi dan ketularan yaa :)

      Delete
  10. Ya Alloh pengennnnnnnnnnn.................... suatu saat aku akan mengikuti jejakmu mas ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga bisa cepet jalan-jalan keliling dunia ya :))

      Delete
    2. hoo... iya semoga juga tercapai mas,... aku juga pengen keliling dunia :D hehe

      Delete
  11. kalo boleh tau untuk "my amazing journey" nya abis brp kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, abisnya banyak kayaknya hehe taou saya juga belom itung detail.

      Delete
  12. waah keren banget kak journeynya .... kapan2 aku juga mau kayak gtu ahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Timmy :D
      Aamiin, semoga dalam waktu dekat bisa jalan-jalan ke banyak negara yaa :)

      Delete
  13. Nice Blog ^^
    enak banget di baca dan lengkap infonya. *thumbs up*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Margaret,
      Thanks for stopping by and reading my blog :D

      Delete
  14. Awesome journey bro. New Year is the time at which a new calendar year begins and the calendar’s year count increments by one. new year beautiful wallpapers 2016r Many cultures celebrate the event in some manner.

    ReplyDelete
  15. Wow...Great!! I would love to do this !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks! I encourage you to do the same, then :D

      Delete
  16. Nice post. Keep updating your blog. Click Euro Cup 2016 to get the latest news about Euro Cup 2016

    ReplyDelete
  17. http://loveanddrelation.blogspot.in

    ReplyDelete
  18. Want to know regular updates of Euro Cup 2016????
    Get Euro Cup live Streaming,Euro Cup 2016 Schedule,Euro Cup 2016 Fixture,Euro Cup 2016 Live Streaming,Euro Cup 2016 Live Stream,Euro Cup 2016 Live Score.
    Venue-France,From 10th june-10july. 24 teams,10 stadiums. Stay updated. Watch Euro Cup 2016 Opening Ceremony.

    ReplyDelete
  19. It has been greatest and best accessory of Note series phones since it was introduced. S-pen is a combination of hardware and software which designed perfectly for Note Series. Samsung upgrades the features of S-pen whenever they release a new Note phone.

    Note 7 will also come with all new and advanced S-pen with capability of air commands which will be active soon after you take out the S-pen from the device.

    Up comming Samsung galaxy Note 7 specs

    How Samsung galaxy Note 7 Iris scanner works

    ReplyDelete
  20. Amazon is one of the biggest world wide eCommerce Site so here you will getSBI cashback offer Amazonso

    ReplyDelete
  21. Great SEO Gifts to build your empire in digital marketing on this week end!
    never miss these
    Cyber Monday A Small Orange Web hosting deals 2016

    ReplyDelete