Thursday, August 17, 2023

101!

Halo dari Singapore! Pagi ini saya mendarat setelah terbang dari Cape Town, Afrika Selatan via Johannesburg. Total perjalanan sekitar 13 jam dengan penerbangan pertama sekitar 1,5 jam ditambah transit 1,5 jam, kemudian 10 jam terbang dari Johannesburg. Sekarang lagi transit di Singapore selama 10 jam sebelum terbang lagi ke Jakarta nanti sore. Niatnya mau bikin tulisan ini pas di pesawat tapi apa daya lebih enak tidur atau nonton dan makan.

Seperti biasa judul post-nya ambigu-ambigu gak jelas, padahal ini salah satu post milestone yang exciting. Ada yang bisa nebak? (Apa sih sok interaktif). 101 ini maksudnya adalah… *drum roll* saya akhirnya sudah mengunjungi 100 negara dan teritori! Ujungnya jadi 101 negara karena tujuan perjalanannya nyampur sama nyobain pesawat yang membuat negara ke-100 yang dikunjungi kurang berkesan karena cuma overnight transit di mana landing jam 9 malem dan terbang lagi jam 9 pagi berikutnya. Tapi karena melalui imigrasi, jadi bisa dihitung dong :))

Negara ke-100 yang saya datangi adalah… Ethiopia!

Addis Ababa Bole International Airport, Ethiopia

Selfie biar resmi (resmi ape)

Btw saya tambahin "dan teritori" karena kalo "negara" doang Antartika gak termasuk dan enak aja jauh-jauh ke Antartika masa gak dihitung?! Plus dulu saya nge-track jumlah pakai aplikasi "been" yang ngegabung keduanya. Sekarang dia udah ada versi baru dimana bisa ngetrack terpisah khusus negara yang diakui UN juga.

Tampilan countries + territories: 37% (101 dari 266)

Tampilan countries only: 44% (86 dari 195)

Walaupun kunjungan pertamanya singkat banget dan nggak sempet keliling kotanya sama sekali, semoga nanti bisa dateng lagi untuk jalan-jalan di Addis Ababa dan mengunjungi Lalibela. Sebenernya udah ada plan ke sana di tahun 2020 tapi karena Covid ya harus dibatalin.
 
Menginjakkan kaki di negara ke-100: Ethiopia! Biasanya kesel kalo dapet bus gate tapi ini gapapa deh

Hotel gratis dari Ethiopian Airlines: Skylight Hotel

Yang diliat selama di Addis Ababa...

Selfie lagi

Anyway, seperti post milestone biasanya, tulisan ini nggak bakal panjang-panjang. Rencananya bakal tulis overview perjalanan ini karena ini merupakan salah satu perjalanan saya yang menarik. Balance dari sisi destinasi dan pesawat, sehingga selalu ada yang dinanti tiap harinya.
 
So, what’s next?

Sebenernya akhir tahun nanti saya bakal jalan-jalan lagi. Berawal dari ngejar pesawat, tapi malah berkembang ke sana ke mari. Lumayan balanced juga perjalanannya antara destinasi dan pesawat, jadi cukup excited.

Setelah itu masih nggak tau bakal gimana. In general sekarang saya udah nggak begitu ngoyo jalan-jalannya. Berhubung udah terlanjur nyobain duduk di non-economy class untuk penerbangan jauh, mungkin bakal mikir kalo harus terbang jauh di ekonomi. Pengecualian kalo emang pengen banget ke destinasi tersebut dan jenis pesawatnya gak menarik. Terlebih kantor saya udah mewajibkan datang ke kantor 3 hari dalam seminggu, jadi udah nggak bisa terbang terus bengong lama-lama di suatu destinasi nungguin jadwal pesawat, pun udah nggak bisa impulsif beli tiket kalo nemu yang murah atau jenis pesawat yang saya mau.
 
So let’s see tahun depan bakal gimana. Pengennya sih salah satu perjalanannya honeymoon tapi ya gimana ini hilalnya belom keliatan :))

No comments:

Post a Comment