Sunday, June 9, 2019

3 Alasan Memilih Airbnb Ketimbang Hotel atau Hostel

Jika sedang berlibur sendiri, saya akan hampir selalu pilih untuk menginap di hostel karena harganya yang jauh lebih murah dan berhubung saya akan lebih sering jalan-jalan jadi tidak membutuhkan banyak privasi. Walaupun belakangan saya mulai merasakan butuh kamar mandi sendiri, tapi berhubung harganya beda jauh jadi ya pilih hostel lagi.

Berbeda kalau liburannya dengan keluarga atau liburan sendiri tapi nggak pengen banyak jalan-jalan, hotel menjadi pilihan saya. Alasannya tentu karena butuh kenyamanan yang lebih. Ini juga milihnya telaten banget supaya bisa dapet hotel yang paling oke alias best value for money.

Namun selain hostel dan hotel, udah beberapa kali saya pilih untuk menginap di Airbnb. Airbnb memiliki konsep berupa penyewaan kamar, apartemen, rumah, atau villa kepada penginap. Saya baru 4 kali mencoba Airbnb, mungkin masih tergolong sedikit dengan yang lainnya yang suka banget nginep di Airbnb karena lagi nge-trend belakangan ini. Sebenernya saya nggak begitu suka menginap di Airbnb karena berasa numpang di rumah orang, walaupun udah pilih yang entire place. Oleh karena itu saya coba cari benang merah dari keempat pengalaman saya memilih Airbnb tersebut dan menemukan bahwa ada tiga alasan utama mengapa saya akhirnya memilih untuk menginap Airbnb.

Cancun, Mexico

Hanya ada Airbnb di daerah tersebut
Berhubung konsepnya adalah menyewakan akomodasi, jadi lokasi Airbnb ini tersebar dimana-mana. Kalau lagi eksplor di daerah yang kurang populer dan nggak ada hotel apalagi hostel, Airbnb lah satu-satunya pilihan kamu. Waktu itu saya perlu terbang pagi dari bandara Evenes di Harstad/Narvik, Norwegia setelah menyelesaikan liburan di Lofoten Island. Berhubung nggak mau nyetir pagi buta dari Lofoten ke Evenes, kami cari penginapan di dekat bandara dan menemukan Airbnb di daerah Evenskjer yang jaraknya 15 menit dengan mobil dari airport.

Evenskjer, Norway

Butuh lebih dari satu kamar dengan fasilitas lengkap dan harga terjangkau
Ini alasan utama saya memilih Airbnb ketika berada di Tromso. Ketika itu saya liburan bertiga sehingga butuh 2 kamar. Hotel di Norwegia kan harganya amit-amit, jadi beli 2 kamar harganya makin mahal lagi. Udah gitu kami niatnya mau masak sendiri, jadi karena nggak ada serviced apartment kayak ketika liburan di Paris bareng keluarga maka dipilihlah Airbnb.

Cari yang entire place, 2 bedroom, dan ada dapur. Harganya nggak murah banget sih, tapi value for money karena design-nya bagus (bonus) dan pemandangannya juga bagus (bonus lagi). Terlebih ternyata ada mesin cuci di apartment-nya jadi temen saya bisa cuci baju sekalian.

Bedroom in Tromso, Norway

Living room with Arctic Sea view

Living room

Kitchen

Mendapatkan pemandangan yang cantik
Dari 4 kali menginap di Airbnb, 2 diantaranya adalah demi mendapatkan akses lebih mudah untuk lihat pemandangan yang cantik. Ketika liburan di Cancun, Mexico, saya kepengen banget nginep di Hotel Zone karena pantainya yang indah. Tapi sedihnya semua hotel di sepanjang garis pantai mahalnya keterlaluan. Akhirnya saya cek Airbnb dan mendapatkan apartment dengan harga sepertiganya saja!

Bedroom in Cancun, Mexico

Villa Marlin

Jadi bisa pagi-pagi lihat sunrise cukup dengan turun dari apartment ke pantai.

Sunrise in Cancun

Sunrise in Cancun

Selain itu saya dari dulu pengen banget lihat Petronas Tower dari salah satu apartment di Kuala Lumpur yakni Regalia Residence yang terkenal dengan infinity pool-nya. Nggak pernah tercapai sampai akhirnya baru bisa nginep akhir tahun lalu. Ternyata tempatnya biasa aja, malah cenderung jelek haha. Udah gitu rame banget tempatnya. Yaudahlah asal nggak penasaran dengan combo infinity pool + view Petronas Tower.

Apartment in Kuala Lumpur, Malaysia

Bedroom in Kuala Lumpur, Malaysia

Infinity pool with Petronas Tower and KL Tower view

Begitulah tiga alasan utama mengapa akhirnya saya memilih untuk menginap di Airbnb dibandingkan hostel dan hotel. Buat yang belum pernah coba Airbnb dan penasaran, bisa sign-up pake referral saya yakni link berikut: https://www.airbnb.com/c/mkamajaya1. Biasanya besarnya berubah-ubah di kisaran belasan USD, tapi sekarang lagi gede banget! Jika kamu sign-up sekarang, kamu bakal dapet USD 32!!! Sama-sama untung juga loh, kamu dapet USD 32, saya dapet USD 24. Membantu sesama berpahala loh :p

1 comment:

  1. Jujur belum pernah cobain Airbnb. Padahal kalau dilihat benefitnya sih oke banget. Next time pengin traveling ke mana gitu, boleh nih cobain.

    ReplyDelete