Wednesday, March 21, 2012

bi.....ngung

ngerasa kejadiannya keulang lagi. bingung mau masuk mana. sama banget kaya dulu pas SMA, cuma tau maunya masuk ITB, dan gatau mau fakultas apa. dari dulu maunya kerja di offshore gitu, jadi pengen FTTM. cuma kelas 1 SMA pengennya STEI, dan bertahan sampe SMA kelas 3 sampe pada akhirnya beberapa hari sebelom nge-fix-in pilihan SNMPTN Undangan, gue pilih FTI. bingung? sama.

sekarang alhamdulillah gue udah jadi mahasiswa FTI dan sebagai mahasiswa tingkat pertama, harus milih jurusan buat 3 tahun berikutnya. dan gue ngerasa lagi kaya dulu. jujur gue masuk FTI gara-gara pengen Teknik Industri. pas udah diterima disini, langsung pengen Teknik Kimia. kenapa? karena orang bilang lulusannya banyak dicari orang dan prospek kerjanya juga bagus. cuma, Teknik Kimia ITB katanya mayan keras persaingannya, kalo mau masuk sana IP nya harus tinggi dan lain-lain lah, intinya susah. belajarnya juga berat dan susah katanya. duh susah deh pokoknya. capek gue sama yang susah-susah. pengen nyantai sedikit, masa dari SMP udah ada di lingkungan susah semua, kapan nyantainya dong terus.

sekarang, pilihan agak goyang di Teknik Fisika. kenapa? karena gue gamau Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri, so pilihan antara Teknik Fisika dan Teknik Kimia. sangar banget gaksih Fisika, Kimia, berat-berat gitu namanya. kenapa Teknik Fisika? sebenernya gak ada alesan khusus gue mau TF. cuma gue punya alesan buat enggak milih TK. gue bikin poin-poin ajadeh.

1. Mama. waktu itu responnya agak berat pas di telpon gue bilang mau pilih TK. dia bilang cari jurusan yang lebih enteng dan santai. gue juga gatau sih sebenernya TF segimana beratnya, soalnya di ITB yang ketauan berat kayaknya cuma TK doang. emangsing kuliah ada titik titik dimana jurusan jadi berat, cuma TK kayaknya sepanjang kuliah disana bakalan berat terus. gimana dong? Mama bilang kalo kuliah yang berat-berat nanti gue juga stress. Mama tau banget kalo gue stress gimana, bisa nelpon dia mulu kerjaannya minta maaf. emangsih bener juga, gue sering banget stress. stressnya gara-gara temennya dan nilainya. temen dalam hal ini saingan. gue akuin gue butuh saingan disebuah lingkungan yang bikin gue terpacu buat punya hasil lebih diantara saingan-saingan gue. pas di SMA itu ngebantu banget sampe alhamdulillah gue sempet tembus yang semester 2 kelas 11 itu (girang). cuma kalo di ITB, bisa mati gila kalo mikirin saingan. bener bener susah dan udah gak kekejar, dan rata-rata dari mereka maunya masuk TK. kalo nerapin prinsip yang sama, prinsip ultra-competitive gue, bisa either mati gila atau sukses di TK.

bersambung ah mau mandi (terus harus di publish dulu gini ya hahahaha)

8 comments:

  1. Jadi sekarang milihnya TF atau TK ka? Heheee

    ReplyDelete
  2. Haloo,

    Saya akhirnya milih TF nih. Alhamdulillah belum menyesal dan semoga nggak bakal nyesel, aamiin :)
    Kamu masih TPB, kah? Ayoo dipilih jurusannya yang bener yaa. Tiga tahun salah jurusan itu nggak enak looh.

    Anyway, terima kasih sudah mampiir :D

    ReplyDelete
  3. Ooh amiiin:) iya, dan kayanya ini makin labil aja deh wkwk-_- iya sama sama yaa, kasih saran dong hehe

    ReplyDelete
  4. Uhhmm saya juga bingung kalo disuruh kasih saran, abis saya juga banting stir dari yang awalnya pengen Teknik Kimia (karena lebih suka Kimia dibanding Fisika), jadi pilih Teknik Fisika.

    Kalo harus kasih saran, turutin kamu minatnya dimana. Karena kalo dasarnya emang udah minat, bisa ngikutin pelajaran dengan lebih baik. As simple as that sih, tapi kadang belum yakin juga ya minatnya dimana haha.

    Coba ke LK, ada psikolog disana. Cukup tokcer tuh saran dari Beliau. Tanya orang tua juga, minta saran. Pokoknya jangan 100% karena ikut temen aja yaa, takutnya nanti nyesel.

    Maaf kalau sarannya seadananya. Good luck dalam memilih! Masih panjang kok waktu untuk mikirnya, hehe :)

    ReplyDelete
  5. haloo kak, salam kenal, saya masih kelas 10 mau tanya :)
    kak basic yang harus kita punya untuk masuk tf-fti itb itu Matematika, Fisika, Kimia? ada yang lain? oh iya kak, apa kita harus mantep di prakteknya? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Hilda, salam kenal juga ya :D
      Nggak peru kuat Kimia kok karena in general di TF itu nggak akan nyentuh Kimia kecuali kamu mau fokus di Pemrosesan Material atau Advanced Material.
      Maksudnya mantep praktek gimana ya? Di TF akan ada praktikum, tapi 1 sks aja di tiap semester.

      Delete
    2. kak, saya suka pelajaran matematika dan fisika,tapi lebih di matematika daripada fisikanya, tapi saya mau masuk tf, menurut kakak gimana?

      Delete
    3. Saya juga lebih suka Matematika dianding Fisika. Berhubung kesukaan kita mirip, mungkin kamu akan cocok juga di Teknik Fisika :)

      Delete