Monday, August 24, 2015

Sebulan dengan Fujifilm XM-1 dan Fujinon XF 35mm


Awal bulan lalu dengan agak randomnya saya pengen ganti kamera. Canon 600D saya masih bagus banget sih sebenernya, jarang dipake pula. Paling dipake kalo jalan-jalan doang. Itu juga suka males dibawa kalo nggak bawa bagasi karena bikin berat dan lebih milih foto-foto pake iPhone aja. Tapi waktu itu saya kepikiran pengen ganti aja ke mirrorless. Biar kece gitu kayak anak muda jaman sekarang. Bahahak! Sampah gak? Gak deng, sebenernya biar bisa selalu dibawa pas jalan-jalan karena ukurannya yang nggak terlalu gede.

Sebenernya waktu itu uangnya nggak ada sih, karena awal tahun kemaren kan baru ganti hp yang jadi semacem kiss of death buat tabungan saya. Tapi kalo kamera lama dijual dan minta sumbangan ke Ayah, Mama, dan Eja kayaknya bakal bisa dipake buat ganti kamera. Dengan embel-embel "nanti kan kameranya bisa dipake bareng-bareng kalo mau jalan-jalan", akhirnya Mama dan Eja mau ikutan patungan. Ayah bilang lagi gak punya uang jadi nggak patungan. Huff yaudah jadi saya yang nambahin bagian Ayah.

Singkat cerita, kamera saya laku 4.3 juta dibeli sama orang dari FJB Kaskus. Awalnya sih saya nggak mau jual di Kaskus, jadi tanya toko kamera kamera saya dihargain berapa. Eh ternyata cuma 1.5 juta masa?! Yaudah akhirnya saya jual di Kaskus aja dan SMS ini ke toko kameranya. Eh ya, kemaren saya coba telepon beberapa toko kamera ternama dan yang bisa tuker tambah adalah JPC Kemang dan Toko Camzone. Kalo Oktagon nggak bisa, sementara itu saya lupa kalo Focus Nusantara.
review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-4
SMS Mbaknya supaya bikin keki

Setelah uangnya kekumpul, saya mulai cari-cari mau kamera apa. Singkat cerita lagi pilihan jatuh ke Fujifilm XM-1. Sempet mikirin Sony a5100 sih, cuma kalo liat hasil fotonya saya lebih suka XM-1. Oke, tipe kamera yang mau dibeli udah tau. Sekarang tinggal mikirin lensanya. Untuk harga, XM-1 ini dijual seharga 7 juta dan dipaketin dengan lensa kit Fujinon XC 16-50 mm.
Fujifilm XM-1 dengan lensa kit XC 16-50mm
Fujifilm XM-1 dengan lensa kit XC 16-50mm (source)

Nah, cuma kalo baca baca review lensa Fujinon, hampir semua orang sangat merekomendasikan lensa XF 35 mm f/1.4. Sebagai orang yang suka banget sama bokeh, saya juga terpana ngeliatin hasil fotonya. Saya rada aneh sih, sukanya foto pemandangan tapi doyan bokeh. Gimana ceritanya ya?! Belom lagi prime lens gini berarti zoomnya manual alias maju mundur pake kaki. Kalo ruangannya sempit gimana dong masa nanti kepotong?! Tapi akhirnya saya menetapkan hati buat beli XM-1 dengan lensa XF 35 mm ini. Harganya lebih mahal 2 juta dari yang lensa kit. Tapi gapapa deh, supaya saya bisa lebih puas. Kemaren sama 600D kan belinya sama kit tuh, jadi sekarang mau coba yang lain.
review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-17 bareng xm1 di ngong ping
XM-1 di Ngong Ping Village, Hong Kong

Terus gimana setelah sebulan ini make XM-1 dengan XF 35mm? PUAS BANGET!!!

Pertama-tama mari kita bahas kameranya.

FUJIFILM XM-1
Begitu buka dusnya, saya langsung girang liat ukuran body kameranya karena menciut dari 600D dan nggak jauh beda dengan digicam saya. Emang sih begitu dipasangin lensa jadi nggak bisa dikantongin kayak digicam, tapi tetep lebih enteng dari 600D.

Awal-awal make masih kagok banget sih karena sedikit beda dengan 600D. Kalo di 600D suka pake mode Auto, di sini sok-sokan pake mode Aperture terus karena bukannya yang sampe 1.4. Tapi suka capek dan pusing sendiri dan akhirnya pake mode SR juga (SR ini semacem Auto gitu).

Yang bikin saya pilih Fujifilm juga katanya punya tone yang khas. Kalo dibandingin dengan Canon emang rada beda sih dan Fuji lebih adem dikit ngeliatnya (adem.. emang ada kipasnya?!)
Sebulan dengan Fujifilm XM-1 dan Fujinon XF 35mm tone
Hasil Fujifilm XM-1

Kamera ini juga punya Wi-Fi, jadi abis motret bisa langsung dikirim ke hp setelah sebelumnya install aplikasi Fujifilm Camera App di hp-nya. Masih banyak sih fiturnya, tapi terlalu teknis jadi saya juga nggak begitu paham :p

Nah, berhubung XM-1 termasuk line-up bawahnya Fuji, tentu ada kekurangannya. Yang paling gamblang adalah nggak ada viewfinder. Jadi kalo mau motret ya harus liat layar. Tapi sejauh ini saya nggak ada masalah kok liat layar. Eh ya, layarnya XM-1 juga bisa di tilt sampe 90 derajat. Nggak sampe 180 derajat kayak XA-2 yang bisa buat selfie.
review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-6 xa2
Fujifilm XA-2 (source)

Kekurangan lainnya adalah suka nyebelin kalo fokusnya miss pas di bukan mode C. Maunya fokus kemana, eh malah ke titik lain fokusnya. Bisa sih diatur mau dititik mana fokusnya kalo pake mode C. Cuma kalo pengen simpel mode SR suka miss focus jadi gemes.
review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-13 miss focus
Ketika salah fokus: pengennya di orang, malah di background

Kalo tadi udah bahas kelebihan dan kekurangan kameranya (XM-1), sekarang saya mau cerita tentang lensanya.

FUJINON XF35mmF1.4R
Salah satu faktor utama yang bikin saya puas banget sama kameranya adalah lensa ini. Nggak nyesel udah nambahin 2 juta buat upgrade dan nggak ngambil lensa kit (XC 16-50mm). Dengan bukaan f/1.4, foto portrait bakal kece banget deh. Sebagai orang yang suka bokeh sih saya doyan bangeet!
review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-7 portrait 1
Portrait

review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-7 portrait 1
Portrait lagi

review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-7 portrait 3
Portrait tapi landscape (??)

Selain itu bukaan f/1.4 juga bikin foto malam hari lebih bagus daripada iPhone. Walaupun XF 35 mm f/1.4 ini belom punya OIS (image stabilizer), tapi kalo foto di tempat yang cahayanya cukup bakal keren banget. Kalo cahayanya kurang, tinggal naikin ISO supaya nggak terlalu blur hasil fotonya.
review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-3 hasil foto malem dengan iphone 6 hongkong the peak
Foto malam hari dengan iPhone 6

review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-11 night scene from victoria peak hong kong
Foto malam hari dengan XM-1 dan XF35mm

Buat foto barang dan makanan, hasilnya bakal caem juga.
review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-15 foto makanan
Tahu tempe

review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-16 polo bun kam wah cafe hongkong
Polo bun (atau pineapple bun) yang terkenal dari Kam Wah Cafe, Hong Kong

Sementara itu, kekurangan lensanya adalah... kurang wide. Bahahha protes macem apa ini?! Udah tau lensanya fixed 35 mm malah protes kurang wide. Tapi beneran deh, awalnya seneng-seneng aja liat hasil fotonya pas motret skyline Hong Kong. Cuma waktu itu ngeluarin iPhone dan motret pemandangan yang sama dan wow sempit banget hasilnya Fuji!
review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-13 the peak
Foto Pemandangan Hong Kong dari Victoria Peak dengan XM-1 dan XF35mm

review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-2 hasil foto dengan iphone 6 hongkong dengan peak
Foto Pemandangan Hong Kong dari Victoria Peak dengan iPhone 6

Lensa ini nggak bisa banget dipake buat foto promosi kamar hotel karena bikin keliatan sempit banget! Dan yang jelas nggak bisa buat selfie karena bakal jadi muka doang kagak keliatan backgroundnya.
Sebulan dengan Fujifilm XM-1 dan Fujinon XF 35mm-2 kamar micro hotel
Hasil foto kamar di Micro Hotel dengan Fujifilm

Sebulan dengan Fujifilm XM-1 dan Fujinon XF 35mm-2 kamar micro hotel iPhone 6
Hasil foto kamar di Micro Hotel dengan iPhone 6

Tapi yaudahlah kumpulin uang lagi buat beli lensa wide macem XF 16 mm atau 23 mm f/1.4 atau XF 10-24 mm. *Pingsan dulu liat harganya yang bisa buat dibeliin tiket ke Eropa*

Eh ya, saya juga sekalian beli tripod buat ke Hong Kong kemaren supaya bisa dapet foto long exposure yang bagus. Waktu di Paris, saya nggak punya tripod jadi naro kameranya di tembok jembatan supaya still. Nggak bisa lama-lama sih lensanya ngebuka (paling 2.5 detik aja), karena sedikit goyang-goyang. Tapi lumayan keren kok hasilnya.
review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-14 long exposure paris eiffel with canon 600d
Eiffel Tower at night from Pont Alexandre III Bridge taken with Canon 600D

Nah supaya bisa ngebuka sampe 30 detik makanya saya beli tripod. Masih yang murahan banget sih, cuma 100ribuan, karena emang buat coba-coba doang. Tapi hasilnya bagus juga kok. Mereknya Excell Promos, lumayan banget cuma 130ribu. Yang harus diperhatikan adalah tripod ini nggak bisa masuk ke koper 20". Tapi boleh tripodnya boleh dibawa masuk ke kabin pesawat kok dan sejauh ini security check di bandara aman-aman aja.
review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-12 long exposure
Long exposure dengan XM-1 airnya jadi silky

review fujifilm xm1 and fujinon xf35mm f1.4-10 long exposure contrails
Long exposure supaya ada contrails (tapi gagal) dan lampunya kayak bintang

VERDICT
Kamera Fujifilm XM-1 ini cocok banget buat kalian yang naksir dengan hasil kamera Fujifilm tapi budget terbatas buat beli XE atau XT series. Walaupun ada kekurangan seperti nggak ada viewfiender, tapi kelebihan lain dan harganya bikin saya menjatuhkan pilihan ke kamera ini. Untuk masalah lensa, saya sangat menyarankan Fujinon XF35mmF1.4R buat kalian yang udah pernah pake lensa kit dan mau mencoba lensa fix. Dijamin puas deh! Buat traveler, pake kamera ini jauh lebih ringkes dan enteng karena ukurannya yang lebih kecil dari DSLR tapi kualitas foto yang dihasilkan nggak jauh beda. Emang sih nggak bisa dikantongin kalo pake lensa XF35 ini, jadi kalo mau yang bisa dikantongin sepertinya harus ganti lensa pancake semacem XF27 *pingsan harus nabung lagi*.

Pokoknya sejauh ini saya puas banget dan nggak nyesel udah ganti kamera padahal uangnya bisa dipake buat jalan-jalan. Ya emang terkadang harus berhenti jalan-jalan dulu sih supaya bisa beli barang ini itu. Semoga awet deh kameranya, dan semoga makin sering jalan-jalan juga biar makin sering diajak pergi kameranya. Aamiin!

p.s.: saya beli kamera dan lensanya di showroom Fujifilm di Grand Indonesia. Dengan harga 8.999k dapet memory card 16GB. Hampir di semua tempat resmi sama aja sih harganya, dan rata-rata pada ngasih free memory card juga. Makanya saya pilih beli di showroom-nya Fuji aja yang paling resmi.

162 comments:

  1. Hasil fotonya bersih, tak heran ya jadi incaran traveler soalnya mirrorless jadi lebih kompak dan hasil gambarnya tak kalah dengan DSLR :hehe. Meskipun harganya juga lumayan sih... :hihi, kalau saya mungkin harus menggeprek celengan babi ini supaya bisa membelinya :haha *lebay*. Hasil fotonya bikin mupeng, apalagi dirimu ahli tenan Mas fotografinya, keren dah :)). Foto Eifelnya itu terutama :aaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget! Makanya banyak orang (termasuk traveler) pada lebih mirrorless daripada DSLR karena ukurannya yang kompak tapi hasilnya nggak jauh beda. Hahaha kalo udah ngidam pasti dibela-belain kok, Gar :p Aakk terima kasiih, ini masih coba-coba. Semoga ke depannya bisa lebih canggih lagi fotonya :))

      Delete
  2. wey nape foto wisuda yg berdua ma gw ga ditampilin sih? itung2 gw nampang di jambukebalik gitu ky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan di post Graduation Day ude ade mukeluuu! Nanti kalo muka lo mulu yang muncul, bisa-bisa nggak ada yang baca blog gue :(

      Delete
  3. Ngarep banget ada yg ngasih fuji yang lagi kekinian ini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kekiniaaan :D Aamiin deeh, saya doain ada yang ngasih kamera Fuji gratisan!

      Delete
  4. saya ngga ngerti camera2-an ... tapi dari beberapa blog yang kebetulan saya baca ...banyak yang rekomendasi Fujifilm XM-1 .... memang hasilnya oke bangett ya .... jadi pengen ganti camera pocket saya .... tapi mahal ya .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak yang rekomendasi XM-1 ini karena harganya di level menengah dan hasilnya tetep memuaskan. Nabuung, supaya foto-fotonya lebih kece hehehe :p

      Delete
  5. wah keren banget speknya mas, pengin banget punya kamera DSLR, namun sampai sekarang belum tercapai.
    thanks banget buat referensi sharing cameranya. saya bookmark dulu deh buat referensi kayak testimoni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa cepet punya DSLR ya Mas :D
      Silakan di bookmark, semoga bisa berguna buat murusin beli kamera apa nanti :)

      Delete
  6. keren banget hasil foto nya mas :) (Y)

    ReplyDelete
  7. Terfujilah Mas. :)

    Saya sudah review Fuji beberapa kali dan memang memuaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti emang beneran bagus ya XM-1 ini. Hahaha terfujilah :))))

      Delete
  8. Gleeeeekkkkk aku ngincer kamera iniiiiiiiihhh,,, tapi apa daya hanya kuat beli samsung nx3000... jadi yaaah emang kita anak muda banget yang kekinian pake mirrorless :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah baca review Samsung NX3000 juga sama-sama kereeen! Hahaha kekinian :p

      Delete
  9. seru banget lensanya ki! sebulan lalu juga kebetulan beli Fuji XM-1 tapi lensa bawaannya biasa aja dan bete karena kurang bokeh. sepertinya memang harus beli lensa fix lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeet! Wah kalo emang doyan bokeh, harus nabung buat beli lensa fix yang bukaannya gede biar makin demen sama hasil fotonya haha :p

      Delete
  10. Hasil fotonya keren-keren! Memang beda ya kualitasnya jika dibandingkan dengan pocket camera biasa (apalagi kamera hp), hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha beda bangeet. Awalnya puas dengan hasil foto iPhone, tapi begitu dibandingin sama kamera ini jadi jauh banget bedanya :))

      Delete
  11. Hasil fotonya keren.. itu semua dengan settingan manual'kah? Saya naksir yang foto malam hari,saya selalu gagal terus :( itu waktu malam hari gimana settingannya? Kebetulan saya juga menggunakan xm-1 tp saya lensa kit yg XC16-50mm, bawaan dari kameranya. Btw, untuk lensa XF35mm kisaran harga berapa? Tapi saya belum secanggih kamu pengambilannya,maklum saya juga masih ngeraba menggunakan xm-1.. kira-kira, ada recomend untuk lensa xm-1 yg harga'nya gak bikin nangis dompet.. heehehheee... Sory kalo banyak pertanyaan.. Thank's for sharing... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa ada yang mode SR (semacem auto) karena kalo di jalan bakal ribet kalo harus manual *ketauan bukan pro haha*
      Kalo malem hari kuncinya biar bagus adalah di long exposure, jadi bukaannya lama. Karena lensa ngebuka lama, makanya sangat disarankan buat pake tripod karena kalo dipegang tangan kemungkinan besar bakal goyang. Kalo pengen tau kamu googling aja tentang long exposure :)

      XF35mm itu kalo beli satuan harganya 6 juta terakhir saya ngecek. Aahh saya juga masih pemula banget, coba sana-sini kalo mau motret. Kalo masih awal, pake kit dulu ajaa (XC16-50) udah cukup kok. Saya gak paham juga lensa yang bagus, soalnya nggak banyak baca.. tapi lensa Fujinon yang cukup bersahabat harganya kayaknya pancake XF27mm deh.

      Delete
  12. Lensa fix 35mm nya kalau boleh tau brpaan?hasilnya bagus banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli lensanya aja harganya 6 juta. Waah terima kasih dibilang bagus :))

      Delete
  13. Wah sama jadi anak fuji, suka banget mas sama reviewmu. Btw, yg motret malam di hongkong itu pake iso berapa, tergantung pencahayaan juga ya? Saya soalnya masih sering blur kalo pake foto malam, masih pake lensa bawaan juga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh terima kasih, Vika!
      Saya pake ISO 100 atau 200, tapi dengan kondisi pake tripod. Kalo foto malem nggak pake tripod kayaknya emang susah buat nggak ngeblur. Tapi kalo males bawa tripod, harus tinggiin ISO supaya nggak blur banget. Btw saya ngomong teknis banget padahal masih coba-coba terus :p

      Delete
    2. kasih saran donk pilih yang lensa 27 mm atau 35mm aja? soalnya saya juga suka foto makanan dan juga suka traveling? edisigalau hehe

      Delete
    3. Waahh saya belom pernah pake 27mm nih jadi gabisa kasih rekomendasi sebenernya. Kamu cek aja hasil fotonya di google terus bandingin lebih srek yang mana. Tapi kalo mau foto makanan dengan gaya kekinian di instagram yang mesti dari atas, saran saya JANGAN ambil yang 35mm karena jadi sempit banget dan mesti berdiri biar dapet semuanya

      Delete
  14. kak mendingan X-M1 atau X-A2 yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Vanni,
      Hmm saya belom pernah pake X-A2 sih. Tapi kayaknya kalo kamu seneng selfie mending ambil X-A2 deh karena layarnya bisa di flip jadi enak kalo selfie nggak bakal salah pose :))

      Delete
  15. kak, mau tanya,
    Lagi bingung antara xm-1 ini ato sony a5100.
    antara 2 pilihan itu, hasil fotonya bedanya dimana ya?
    apa sama" bagus tapi lebih ke preferensi masing" orang aja.hehe.
    Thank sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo,
      Saya belom pernah liat hasilnya yang apple-to-apple sih karena temen saya punya a5100 lensa kit, tapi lensa yang saya punya bukan kit.
      Tapi pas saya browsing kamera mirrorless, yang bedain pilih Sony atau Fujifilm itu preferensi sih karena tone warna yang dihasilkan keduanya agak beda. Kamu googling dan compare aja hasil foto keduanya, terus pilih deh lebih suka yang mana.

      Delete
  16. X-M1 ni bisa buat selfie kah? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok. Tapi menurut saya kalo emang bakal sering dipake buat selfie, mending ambil X-A2 aja karena layarnya bisa diflip, jadi bisa liat posisinya udah bagus atau belum.

      Delete
  17. Kang mau tanya nih kemaren beli dimna ya xm-1 nya ?
    Bisa tuker tambah gitu ya sama yg standarnya klo saya baca"..
    Saya juga mau ambil nih dengan opsi lenss tuker tambah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin saya beli di showroom-nya Fujifilm di Grand Indonesia.
      Di showroom-nya nggak terima tuker tambah. Kalo mau tuker tambah kamera dari pengalaman saya nanya-nanya itu di tokocamzone.com dan jpckemang.com. Tapi saya nggak saranin tuker tambah karena harganya bakal drop banget. Mending kameranya dijual di semacem FJB Kaskus aja.

      Delete
    2. Bukan bukan maksud saya tuker tambah lensa bawaan standar xm1 sama lensa 35 jadi saya ga ambil lensa standarnya gitu..

      Delete
    3. Oh kalo itu mereka emang jual 2 paket mas: X-M1 sama lensa kit dan X-M1 sama XF35mm ini.

      Delete
  18. Kak kalo beli body nya lensa kitnya diganti fx harganya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Eca,
      Harganya 9 juta kalo pake lensa fix. Kalo pake lensa kit hargnya 7 juta. Tapi ini bulan Juli 2015 lalu, kurang tau sekarang masih sama atau enggak.

      Delete
  19. Hello. Mau tanya kalau sy pake xt-10 tp hasil yg di camera pas kirim ke iphone jd beda kenapa ya ? Jd kayak penurunan kualitas, jd lbh gelap. Apa ada yg harus disetting ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Arthur,
      Apakah kamu kompres size image yang dikirim ke iPhone? Kalau nggak salah by default settingnya itu compressed image. Mungkin bisa dicek kameranya. Tapi saya juga kurang yakin ini root cause-nya atau bukan. Screen brightness iPhone-nya udah diadjust nggak gelap, kan?

      Delete
  20. kalo udh bosen 35mm nya lempar ke saya ya..saya lg nyari line ke RILIESYA
    tengkiuuu mas

    ReplyDelete
  21. Halo kak. Mau tanya, apa ya bedanya lensa kit sama fix?
    Baru pake xm1 dan masih agak bingung gimana sih cara ngehasilin foto yang bagus kayak di instagram orang2. Udah coba utak atik, tapi kok masih belum puas ya sama hasil fotonya. Setelah baca ini jadi mikir apa harus beli lensa baru atau gimana. Btw, saya pake lensa bawaan, xc16-50mm. Tolong sedikit penjelasannya ya kak, makasih!:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Huseinatul, lensa kit itu lensa bawaan yang biasanya didapet kalo beli kamera. Biasanya lensa kit itu merupakan lensa zoom. Kalo lensa fix itu lensa yang nggak bisa zoom, jadi untuk zoom kamu harus maju/mundur.

      Nggak perlu lensa baru kook. Tapi kalo liat instagram foto barang/makanan yang bagus-bagus, biasanya mereka pake lensa fix supaya dapet bokeh-nya (kamu googling aja in case nggak tau bokeh itu apa). Lensa XC16-50mm udah bagus kok. Dimaksimalin dulu aja lensa itu, kalo emang ngerasa perlu upgrade baru deh ganti lensa.

      Delete
  22. Haduuh... bagus bangett...
    Jadi keracunan nehh...
    Itu Fuji ada file RAW_nya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe saya juga selalu menggumi hasil foto XM-1 karena tone-nya Fuji yang bagus, ditambah lensa XF35mm yang kece bangettt :)
      To be honest saya nggak pernah foto dengan hasil RAW. Tapi barusan googling dan ternyata ada option-nya kok.

      Delete
  23. Bang mau tanya, saya liat hasil dari lensa XF35mm bagus bgt tapi hasilnya jd sempit ya bang? Kira-kira buat motret landscape dan arsitektur mending pilih lensa XC16-50mm aja atau ambil yg lensa XF35mm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep sempit banget kalo buat landscape. Kayaknya lensa ini lebih cocok untuk street photography/portrait.
      Kalau pilihannya antara 2 itu, saya vote XC16-50mm untuk landscape.

      Delete
  24. Bang, lensa XF 35mm kalau di beli dgn xm 1 body only berapa? Thx!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rilo,
      Juli lalu saya beli harganya Rp8.999.000.

      Delete
  25. Sebenarnya ngidam banget sama fujifilm XM-1 ini terutama yang warna brown, kelihatan kece gitu hahaha. Dulu hampir tiap hari lihat FJB Kaskus buat lihat2 harga (padahal duit mah ga punya :D). Dan akhirnya gw berhasil memiliki kamera ini untuk beberapa hari karena gw lihat harganya murah banget, XM1+Kit+ 35mm dijual 10 juta. Walhasil kepikiran lah otak dagang gw, dihari itu juga gw telp seller nya bilang minta COD malam (padahal kagak punya duit segitu). Pontang-panting gw cari pinjaman ke temen2 gw dan terkumpullah uang 10 juta dan gw berhasil jual dengan margin yang lumayan lah.
    Honestly, pas gw lihat hasil fotonya even pakai yang kit, gile bening banget bahkan pas malam (kalau yang 35mm mah gak usah ditanya ya,bokeh gila)..
    Ya mungkin belum jodoh dengan XM1 semoga bisa dapat yg lebih baik min XT10 lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whaaaattt?! Body+kit+XF35mm 10 juta?? Masih ada nggak barangnya?? *pengen beli terus dijual lagi*
      Haha iya benerr bening dan bokeh bener ya yang 35mm. Saya juga seneng banget kalo fotonya bokeh gitu :))
      Aamiin aamiin, semoga bisa punya XT10 secepatnya ya!

      Delete
    2. ralat gan,ternyata 10 juta itu tambah lensa 50-230 juga ��

      Delete
    3. Hahaha itu yang jualan mabok apa kenapa sebanyak itu lensanya tapi cuma 10 jutaaa *berharap dia mabok lagi terus jual murah*

      Delete
  26. Haloo kak :)
    Minggu lalu saya juga baru kebeli nih xm1 nya, tapi kok ga ada paketan lensa 35mm kaya kakak yaa. 9 juta bisa dapet sama fix huhu asiknyaa. Malah sekarang harga 35mm nyampe 7juta hufff. Beda kota ngaruh gak ya? Saya di bandung soalnya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Annisa!
      Wah berarti nggak semua tempat punya stok body+35mm ya? Beberapa website yang saya cek waktu itu pada punya sih, dan harganya sama semua. Seharusnya beda kota nggak ngaruh sih, mungkin stoknya aja yang lagi kosong kali ya? Soalnya waktu saya beli juga tinggal 2 kata penjaga tokonya.

      Delete
  27. Saya baru baca reviewnya. Sebenarnya saya galau banget pilih antara beli XM1 sekarang atau nunggu pas ada successor nya (XM2, kali aja sebentar lagi di launching, hehe) oh iya kak, lensa fix sama lensa fx yang zoom itu menurut kakak bagus nggak? Sy lagi consider buat beli XM1 plus lensa FX yg zoom. Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Siti,
      Saya nggak ikutin news tentang Fuji sih, jadi nggak tau XM-2 bakal keluar kapan. Daripada nunggu yang nggak pasti gitu, mending beli XM-1 aja :))
      Lensa Fuji kalo baca review bagus-bagus kok, tinggal kamu butuhnya untuk apa. Kalo mau landscape mungkin bisa ambil zoom, tapi kalo butuh portrait ambil fix lebih bagus.

      Delete
  28. Kak mau nanya kalo buat foto close up enaknya pakek lensa fix apa ya, hehe kalo ada yang edisi kantong pelajar :d makasih kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Danu,
      Kalo mau close-up berarti kamu butuh lensa fix. Lensa fix yang paling murah di line-up-nya Fuji itu XF 35mm. Saya pake XF 35mm f/1.4, tapi mereka baru release XF 35 mm f/2.0 dengan harga yang lebih murah dari f/1.4. Mungkin kamu bisa buka focusnusantara untuk tau harga terakhirnya.

      Delete
  29. Kak, aku barusan beli xm1, baru pertama pegang kamera.
    Dan kesusahan buat ngatur fokus nih...
    Emeng susah gitu yak?
    Kasih tips dikit donk pake mode apa dan gimana..
    Btw, fotonya kuerennn bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Liendra,
      Haha penyakit punya kamera baru emang gituu hasilnya nggak langsung memuaskan. Kalo blur, kamu set fokusnya ke auto aja. Terus pastiin kamu pegang kameranya steady, kalo perlu pake tripod. Pastiin juga cahayanya cukup (kalo cahayanya kurang bakal ada logo kamera kuning di layar). Kalo muncul logo itu, kamu mesti atur-atur ISO-nya.
      Selamat otak-atik kamera barunya!

      Delete
  30. aaaaaaa aku pingin banget kamera ini, soalnya ini yang masih masuk akal dan masuk di kantong >.< btw kak mau tanya, yang aku liat selama ini adalah hasil kamera ini selain terang, tajem dan dapet bokehnya. nah bokeh nya itu efek dari lensa yang dipakai ya? bukan bawaan dari kamera? berarti kalau lensa fujinon 16-50mm bokehnya kurang ya? atau gimanakah? mohon pencerahannya ya kak hehehe thank you :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Puti,
      Iya bokeh itu dari lensanya. Dan bener, 16-50mm bokehnya nggak sebagus lensa fix/prime kayak 35mm ini. Kalo mau banget udah langsung dibeli ajaaa :))

      Delete
    2. Ahh ternyata begitu toh. Baiklaaah nabung dikit lagiii biar langsung dpt 35mm hihii :') Makasi penjelasannya kak :)

      Delete
  31. aku pernah beli x-m1 gara2 istri keberatan bawa 70d kalau pas pergi mengajar.
    setelah cari2 info, yg paling menarik x-m1, a5100 dan a6000.
    pas bulan mei 2015 ada flash sale fuji di cw surabaya. x-m1 + xc 16-50mm f:3,5-5,6 dijual 5,499jt
    tanpa banyak berpikir, langsung titip temen untuk beliin.

    impresi: kamera yg solid, picture quality bagus & tone keren.
    akhir agustus 2015 dapat tawaran pre-order x-t10 + xf 18-55mm f:2,8-4,0 + xf 35mm f:1,4 seharga 14,999jt.
    langsung pecah celengan babi & titip temen lagi buat ngantri pre-order.

    november 2015 ada temen yg nawar x-m1 ku dan deal di harga 5,499jt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Anton,
      Wah lumayan banget dapet XM-1 diskonan sampe 5.5 juta gitu! Mana pas dijual 6 bulan kemudian harganya masih sama, temennya kalo tau itu kamera diskonan pasti nawarnya lebih rendah tuh :))
      Btw gimana XT-10? Sebeda apa sama XM-1?

      Delete
  32. maaf sbelumnya, mau tanya untuk sistem video gmn saya sudah punya xm1 tetapi fokus y selalu hunting terus apakah saya salah setting atau aapa padahal saya utak atik,?
    mau tanya itu masalah lensa atau apa ya terima kasih seblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Indra,
      Kebetulan saya belum pernah pake kameranya untuk video nih jadi belum bisa kasih masukan :(

      Delete
  33. Gw penasaran X-M1 sama X-A2 cuma beda di rotating display doang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain itu ada perbedaan sensor katanya. XM-1 pake sensor yang sama dengan XE dan XT series (kalo nggak salah), XA series sensornya beda sendiri. But, mata orang awam katanya sih susah bedain hasilnya.

      Delete
  34. Hi.. mau nanya dong kak..
    saya pengen banget beli kamera fujifilm, tapi masih bingung..
    kalau dibandingin x30 sama xm1 gimana ka?
    terus itu beli xm1+lensa fix nya di GI gitu ka?
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Wah aku minta maaf nggak bisa jawab yang perbandingan dengan X30 berhubung kemarin nggak tes tipe lain sebelum beli XM-1.
      Kalo penasaran kamu bisa langsung ke showroom-nya yang di GI aja untuk coba kameranya dan bandingin hasilnya gimana, supaya puas gitu :))
      Iya, saya beli paketan XM-1 dan lensa fix di GI . Tapi di beberapa toko lain juga jual paket tersebut dengan harga yang sama kok.

      Delete
  35. Halooo... Saya mau mau numpang promosi boleh?
    Mana tau ada yang minat...
    Mau jual XM-1 nih , include 2lensa 16-50 dan 27 mm, leather case, memory 16gb
    Warna black
    Di jual karena mau upgrade kamera.. Fungsi normal dan kondisi fisik 90%
    Bisa contact saya di : yuliiahuang (line)
    Thanks ya Mas ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yulia,
      2.5% dari harga jual buat pemilik blog ya :)) Anyway, kalo 27mm-nya aja bisa dilepas berapa nih? Hehe pengen :P

      Delete
    2. tawar aja ya hehehhe .. Japri (line ya) thx

      Delete
  36. hi aku baru di beliin temen XM1 untuk keperluan foto hasil makeup untuk portolio (saya kebetulan makeupartis) kalo pake lensa bawaan bisa bagus kah? soalnya saya gaptek tapi latah liat temen makeupartis pake ini hasil2nya mulus gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Pada dasarnya tone-nya Fuji ini bagus banget menurut saya untuk warna kulit. Jadi dengan lensa bawaan sepertinya sudah cukup. Kalo ada uang lebih mungkin bisa invest untuk lensa fix/prime supaya lebih ciamik lagi. Karena lensa fix/prime ini emang better untuk foto portrait.

      Delete
  37. Halo, baca artikel ente bkin ane pengen beli xm1 + 35mm 1.4, nah tapi ane cari² di internet gaada duh yg jual paket body only + lensa fix. Ente ada gak rekomendasi tempat gitu selain GI? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Andito,
      Kemarin saya sempet cek di webnya FocusNusantara, Oktagon, dan TokoCamzone. Harganya sama dengan yang di GI. Mungkin bisa cek di sana dulu.
      Semoga menemukan ya!

      Delete
    2. Tapi bro setelah ane hubungi mereka, gaada yang jual paket xm1 + 35mm 1.4. Semuanya ngeharusin beli xm1 + kit. Nah emang kalo di GI itu pasti ada ya paket xm1 + 35mm 1.4 tanpa kit? Kebetulan posisi ane di Malang, kalo pasti ada ane langsung cusss nih ke jkt hehe

      Delete
    3. Oh kalo gitu kamu telepon dulu aja ke showroom yang di GI. Waktu itu saya juga telepon dulu untuk mastiin ada stok atau nggak. Sayang kalo langsung ke Jakarta.

      Delete
  38. Halo mas, mau tanya. Aku barusan dapet kamera fujifilm x-m1 dari kuis. Gratisan :)) trus kok batreinya (maaf) "telanjang" tanpa ada penutup/pelindungnya gitu ya? Apa memang begitu? Yang kedua, ada gak tips buat nyimpan kamera dan batrei supaya awet tahan lama? Terima kasih sebelumnya. Mohon dijawab ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Citra,
      Akkk mau juga kamera gratisaaan :))
      Eh gimana ya maksudnya telanjang? Di tempat baterai nggak ada tutupnya? Saya ada kok kayak kamera-kamera biasanya.
      Untuk tips supaya kamera awet, beliin tas yang di dalemnya ada padding yang tebel jadi nggak kebentur-bentur. Untuk baterai, usahain jangan overcharged. Udah sih saya taunya segitu aja, soalnya masih amatir juga nih hehe.

      Delete
  39. Hallo mas mau tanya donk klo aku beli kamera fuji XA2 dgn lensa fm 35 bisa tdk? Dan apakah klo selfie hasil nya akan bokeh jg pake kamera fuji XA2 dan lensa 35mm? Dan klo gak selfie bisakah hasil foto bokeh jg pake kamera fuji XA2 dan lensa 35mm? Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Bisa kok XA-2 dengan 35mm. Hasil foto dengan lensa 35mm tentu akan lebih bokeh dibanding lensa kit (16-50mm). Selfie di sini maksudnya yang foto pake tangan kan ya, bukan minta tolong ke orang atau pake tripod? Kalo iya saya saranin jangan pake 35mm karena bakal muka kamu semua isinya (nggak keliatan background-nya) berhubung area yang bisa kefoto dengan 35mm jadi lebih sempit.

      Delete
  40. Hallo mas salam kenal hehe , mau tanya nih saya kan pake canon 60D mau ganti ke lebih kecil kaya fuji XM1 , sebener nya puas banget sama canon 60D ane tpi udah males bawa yg gede2 hehe .. Yg mau saya tanyakan ada ga yang jual Xm1 tpi body only nya aja ? Saya pengen beli lensa fish eye kaya samyang gitu tpi saya searcing2 yg jual jarang :( jadi xm1 + fish eye hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rangga, salam kenal juga :)
      Ada kok. Waktu browsing saya sempet liat ada yang jual body only. Mungkin bisa telepon showroom Fujifilm di Grand Indonesia atau cek tokocamzone, focusnusantara, oktagon, dan semacamnya.

      Delete
  41. halo bro, salam kenal :)
    Kl buat foto", settingan di kameranya biasanya apa aja? kaya Dynamic range levelnya, kontras dll nya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Andre, salam kenal juga :D
      Wah, teknis banget nih pertanyaannya dan saya belum secanggih itu. Biasanya saya pake mode A (mungkin singkatan dari aperture?) kalo untuk foto portrait dan S (mungkin singkatan dari shutter speen) untuk foto long exposure. Kalo lagi bmales setting pake mode SR aja. Kadang yang suka diadjust itu hanya aperture, shutter speed, ISO, dan exposure aja. Untuk dynamic range dan contrast belum pernah adjust sepertinya, jadi auto aja.

      Delete
  42. Hai numpang tanya ya, saya termasuk beginner pengguna mirrorless juga nih hehe

    "Tapi yaudahlah kumpulin uang lagi buat beli lensa wide macem XF 16 mm atau 23 mm f/1.4 atau XF 10-24 mm. *Pingsan dulu liat harganya yang bisa buat dibeliin tiket ke Eropa*" --> untuk 2 contoh lensa di atas apakah berbeda jauh dengan XF 35mm f1/4? Soalnya saya juga suka travelling sih dan suka ambil panorama wide. Kalau boleh tau bedanya sejauh apa?\
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rizky,
      Saya saranin kalo suka ambil panorama/wide mending jangan ambil 35mm deh. Sama iPhone juga masih lebih wide iPhone (walaupun kualitas gambarnya jauh lebih bagus Fuji, of course). Kemarin saya liburan jadi pusing lensanya sempit bangett.

      Delete
  43. Halo kak, kalau fuji xa 2 bisa ganti lensa gak? Bagusnya pakai apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Vita,
      Bisa kok. Bagus atau nggaknya tergantung keperluan kamu sih hehe. Emang rencana dipakai untuk foto-foto apa?

      Delete
  44. Kak mau tanya fuji x_m1 di bandong camera sony alpa 6300 lebih bagus yang mana dari segi fitur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Krisnaldi,

      To be honest saya nggak ngerti teknis kamera sih, terlebih dicompare dengan brand lain. Tapi yang saya tau X-M1 ini setaranya dengan Sony a5100. Kalo dibandingin dengan a6300 kayaknya lebih unggul Sony ya.

      Delete
  45. Hi! Kebetulan bgt lagi galau nambah lensa trs nemu review ini. Untuk daily use + landscape non astro si 35mm ini udah cukup atau mending sekalian ambil 23mm sik? Thanks in advance :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hana,

      Kalo mau landscape, saya saranin untuk nggak ambil 35 mm. Better pilih 23mm atau sekalian aja 16mm. Saya suka panas liat hasil landscape 35mm, makanya lagi pilih-pilih lensa baru.

      Delete
  46. bedanya lensa Fujinon XF 35mm f/1.4 sama f/2 itu apa ya gan dari fisik sampe fungsinya ?

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Khalid,

      Sorry nggak bisa bantu jawab karena nggak gitu paham. Tapi setau saya f/2 itu lebih kecil fisiknya, lebih murah juga. tapi kualitas bokeh better di f/1.4 karena bisa lebih besar bukaannya.

      Delete
    2. http://www.cameralabs.com/reviews/Fujifilm_Fujinon_XF_35mm_f2_R_WR/

      Delete
  47. mau tanya settingan bulb itu ada gak yah d xm1? kalo baca d manual ada tp tak kuta katik ga nemu? btw utk long expo gmana cara set timer nya yah di S mode ada ga ya... klo liburan banyakan pake auto abis waktu buat set sot sana sini.. but overall puas pake kamera ini ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Wah saya nggak paham bulb itu apa… Beda kah dengan long exposure? Di S mode ada kok, kamu puter aja yang semacem gerigi di kanan layar bagian atas.

      Hahaha setujuu, saya juga kalo day time seringan pake auto. udah auto pun suka lambat autofocus-nya, gimana kalo harus repot set ini itu. Bisa keburu ilang object-nya :))

      Delete
  48. ka Refky, reviewnya bagus. kombinasi xm-1 dgn xf35mm ngatur diafragma nya dari kamera atau lensa? pengen xf35mm tapi punyanya body x-a2, bisa nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ait,

      Wah thanks ya! Aduh saya norak nih, diafragma maksudnya bukaan bukan ya? kayak f/1.4, f/2 dan seterusnya? Kalo iya, ngaturnya dari lensanya. Kayaknya bisa-bisa aja deh.. tapi nggak yakin sih. Sorry :(

      Delete
  49. betul f/1.4, f2 dst, makasih infonya ka, eh selamet Idulfitri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Ait! Selamat Idul Fitri juga ya kalo kamu merayakan :)

      Delete
  50. Halo kak, kalau fuji xa 2 bisa ganti lensa gak? Bagusnya pakai apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Slosa,

      Bisa kok. Kalo bagusnya pake apa, semua balik ke kamu butuhnya seperti apa. Kalo ini kamera SLR/mirrorless pertama kamu, bisa dicoba pake lensa kit-nya dulu (XC 16-50mm). Kalo bukan, bisa langsung pilih lensa sesuai kebutuhan: untuk landscape, portrait, atau yang lain.

      Delete
  51. maaf sbelumnya, mau tanya untuk sistem video gmn saya sudah punya xm1 tetapi fokus y selalu hunting terus apakah saya salah setting atau aapa padahal saya utak atik,?
    mau tanya itu masalah lensa atau apa ya terima kasih seblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Cucubago,

      Saya jadi pensaran dan akhirnya ambil XM-1 saya :)) Maksudnya tiap geser kameranya dia akan cari fokus baru ya? Ini kayaknya karena by default fokusnya diset ke "Continuous Tracking", yang menyebabkan begitu pindah posisi, dia akan menyesuaikan lagi dengan objeknya. Kalo nggak mau, kamu bisa ganti ke "Manual Tracking" aja. Caranya klik MENU OK, lalu pilih menu dengan logo kamera dan angka 4, terus pilih MOVIE SET-UP. Nanti akan ada pilihan FOCUS MODE-nya. SIlakan dicoba ya :D

      Delete
  52. Kak kan ada nih sekarang paket xa2 dengan double lens 16-50mm dan 50-230 mm, nah kalau yg 50-230mm bokeh nya bagus ga ? Lg pilih"nih dan maaf nih kalau unknown soal nya ga ngerti kalau mau ngomen hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Beg Beg,

      Barusan saya googling XC 50-230 mm ini aperture-nya berapa, ternyata f/4.5 yang paling lebar. Kalau seperti ini, beum terlalu bokeh. Karena lensa ini ditujukannya untuk tele (foto jarak jauh) kali ya, jadi nggak butuh aperture yang terlalu besar.

      Kalo mau yang bokehnya bagus, kamu harus pilih lensa yang aperture-nya besar (fyi: aperture besar ditandai dengan semakin kecil angka "f/"-nya). Contoh: f/1.4 lebih besar dari f/4.5, jadi hasil bokeh lensa f/1.4 (contohnya hasil di tulisan ini) lebih bagus dari f/4.5.

      Semoga cukup membantu ya, sorry kalo kurang jelas karena saya nggak begitu ngerti teknis :))

      Delete
    2. Makasih bro cukup membantu, lg bingung nih mau beli kamera apa soalnya budget terbatas kisaran 8-9.Suka foto alam semisal curug,gunung dan pengen foto yg bokeh. Berarti harus punya lensa 2 tuh ya sama yg fix

      Delete
    3. Sebenernya untuk Fuji ada yang versatile enough; bisa masuk landscape dan bokehnya bagus: XF 16 mm f/1.4. Tapi harganya itu yang bikin nangis, 2x lipat body kamera saya (X-M1) hahaha.

      Delete
  53. kalau hasil foto di IG, itu bisa mulus2 n hasilnya bagus banget kayak artis, itu biasanya pakai fuji type n lensa apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya yang mulus-mulus gini karena lensanya sih, entah itu XF 35 mm, XF 23 mm, XF 16 mm, atau XF 56 mm

      Delete
    2. Lensa fix itu berarti nggak bisa di zoom. Contohnya kayak yang saya sebutin di atas. Kamu bisa langsung googling aja untuk tau penjelasan lebih lanjut dan liat contoh gambar yang dihasilkan

      Delete
  54. fix dgn lensa xf 35mm hasilnya bagus yg mana ya mas, klw hasilnya bisa seperti terang, mulus n kayak artis itu lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lensa XF 35mm itu salah satu jenis lensa fix-nya Fuji. Dengan lensa ini bisa kok dapet foto yang terang dan mulu.

      Delete
    2. oh..diantara yg mas info, XF 35 mm, XF 23 mm, XF 16 mm, atau XF 56 mm..itu yg mana mas yang paling bagus lensanya?
      maaf mas banyak tanya, newbie banget nih

      Delete
    3. Paling bagus XF 56 mm kata saya, apalagi kalo kamu maunya foto yang kayak artis.

      Delete
    4. 19 juta kalo nggak salah yang versi baru

      Delete
    5. wah..lumayan yah..klw xf 35 udah lumayan blm mas?
      itu mas belinya 9jta udah dapat apa aja ya?

      Delete
    6. XF 35 udah bagus kok, itu contohnya ada di tulisan ini. Saya 9 juta dapet X-M1, lensa XF35mm, dan memory card 16 GB.

      Delete
  55. Mas nanya dong.. harga total seri M-XI plus lenses FX 35mm f/1.4 berapaa?? Dan sekarang kira2 masih available ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Deddy,

      Waktu itu saya beli harganya 9 juta (paketan X-M1 dan XF 35 mm). Sayangnya terakhir ngecek ke Fuji, X-M1 udah nggak dijual lagi :(

      Delete
  56. Tone nya khas banget ya.. mupeng euy.. kamera yang lagi trend buat para traveller sama foodstagramer nih..

    ReplyDelete
  57. mas tanya dunk, kalau X-M1 udah ga dijual lagi di fuji. ada usul ga ambil apa untuk dapetin fitur n hasil foto yg sama? budgetnya ud pas untuk yang x-m1 nih n suka tonenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Shirley,

      Ambil X-A2 aja, kualitasnya sama kok dan harganya juga mirip.

      Delete
  58. Mas..itu hasil fotonya bisa silky gimna? Aq pemula, tapi pai fuji XA2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Wahyu,

      Silky ini maksudnya bokeh kah? Kalo iya, itu karena lensa yang digunakan (XF 35 mm). Atau ada maksud lain?

      Delete
  59. mas waktu beli lensa 1.4ny dmn yah hhee kebetulah saya pengguna x-a2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rizki,

      Waktu itu saya beli di showroom-nya Fujifilm di Grand Indonesia.

      Delete
  60. Dari dulu pingin kamera macem ini tapi selalu shock liat harganya haha, anyway keren kok hasil fotonya :D tapi beneran lebih wide yang waktu pakai iPhone 6 sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lila,

      Thanks ya! Yep, kalo wide-nya dibandingin sama hasilnya iPhone bakal jomplang banget karena lensa ini range view-nya sempit banget :))

      Delete
  61. Mas...apa bedanya xf 35 mm f1.4 dan f1.2 ya, krn ada promo yang f1.2 trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Novita,

      Mungkin maksudnya dengan f2 kali ya? Sesuai spec-nya, f1.4 punya bukaan lebih besar sampai 1 step. Ini berguna untuk foto low light. Selain itu bokeh-nya f1.4 juga lebih bagus dibanding f2. Tapi kalo keduanya ini nggak gitu masalah buat kamu, ambil f2 udah lumayan kok. Lebih kecil juga kan ya, jadi lebih enteng :D

      Delete
  62. Mantep brorefky ! Kynya mau ambil body only n lensa 35mm f1/4 , tapi ga perlu adapter or apapun ya, lgsg colok aja bisa ya om kalo camera n lensa nya sama2 fuji? Nice share great post om !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, kalo pake lensa Fujinon di kamera Fuji bisa langsung pasang kok.

      Delete
  63. Lebih prefer ke xe1 ato xm1 bro?
    Mengingat xe1 lebih lawas, apakah masih worth?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm dua-duanya udah lawas sih karena udah nggak produksi yang baru lagi. Sepertinya X-E1 atau X-M1 balik ke kebutuhan kamu dengan viewfinder. Kalo butuh, pilih X-E1. Kalo nggak butuh, X-M1 aja karena spec-nya juga udah improved.

      Delete
  64. Kalo boleh tau, kalo pengin beli Fujfilm XM-1 + Lensa Fujinon XC 16-50mm, kan, kata Mas-nya dihargain 7 juta(an), dan kalo misalnya beli Fujifilm XM-1 + Lensa XF 35 mm f/1.4 harganya dinaikin 2 juta. Jadi kalo dijumlahin totalnya 9 juta(an), kan, Mas? Saya pengin beli mirrorless Fujifilm, lagi lihat-lihat review dari blog dan forum. Kalo boleh tau juga, Mas-nya beli mirrorless sama lensanya dimana, ya? Hehehehe.. Makasih sebelumnya, Mas-nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seperi itu scheme harga-nya. 9 juta kurang 1 ribu btw, bukan 9jutaan :))

      Waktu itu saya beli di showroom-nya Fujifim di Grand Indonesia, but too bad sekarang udah nggak jual lagi paketan X-M1 dan XF 35 mm.

      Delete
  65. Mas kalo xa2 mau di gedein range view nya pake apa ya? Ganti lensa ya? Kalo iya ganti lensa yg mana? Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo MIta, "gedein range view" ini maksudnya apa ya? Dengan lensa yang kamu punya kalo pake lensa XC 16-50 mm tinggal puter aja lensanya. Sementara jika lensa kamu udah di posisi 16mm atau punyanya lensa fix kayak saya (XF 35 mm), bener banget cara gedein range view-nya adalah ganti lensa. Cara lain yang lebih murah: mundur sampe masuk semua objectnya hahaha.

      Lensanya berati harus yang di bawah 16 mm, kayak XF 14 mm atau XF 10-24 mm.

      Delete
  66. mas XF 35 mm mau dijual nggak yak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah belum mau nih, gak ada uang buat beli lensa baru :))

      Delete
  67. Aaakkk lagi pengen beli lensa ini jugaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliii, dijamin puas loh apalagi kalo suka sama bokeh!

      Delete
  68. Gan M Refky, saya baru beli XA2 dgn lensa standar yg tidak bisa untuk foto batu akik bacan atau batu akik sungai dareh dari dekat.. saran agan saya beli lensa Xf35 f1.4 atau lensa macro?

    ReplyDelete