Monday, April 27, 2015

norak part 4

Dan ternyataa "norak" post punya lanjutan!

Untuk yang udah ngikutin blog ini sejak lama, mungkin kalian inget kalo di blog ini udah ada 3 seri post berjudul norak. Kalo nggak inget yaudah gak apa-apa, berhubung saya juga baru sadar lagi 2 hari lalu :')

Buat yang mau baca post norak sebelomnya, silakan baca di sini:

norak ah
norak part 2
norak part 3

Alkisah minggu kemaren ceritanya ada long weekend buat mahasiswa ITB. Berhubung ada KAA, jadi hari Jumat tanggal 24 April kemaren kita semua diliburin. Saya sendiri sih nggak begitu ngerasain keputusan Jumat libur ini, berhubung semester ini jadwal kuliah cuma Senin-Rabu aja. Tapi tiba-tiba hari Rabu jadi kepikiran pengen pulang. Mungkin karena duit abis "dirampok" setelah diajak temen makan di Sushi Tei, makanya kepikiran pengen pulang untuk menyelamatkan uang jajan *anak macem apa ini*.

Setelah menimbang pulang atau tidak, akhirnya saya mutusin buat pulang aja berhubung sebagian besar tugas udah selesai dan bisa bermalas-malasan di rumah. Pulang ke rumah itu harus dalam kondisi udah nyelesain tugas-tugas penting, berhubung kalo di rumah 99% dipastikan nggak bakal nyentuh hal-hal yang berbau kuliah. Nelpon Mama juga ternyata dibolehin buat pulang. Yes! Dibolehin pulang = uang travel diganti. *lagi-lagi anak macem apa ini*


Jadilah saya pulang hari Kamis siang dan bisa bermalas-malasan di rumah sampai hari Jumat. Hari Sabtu rencananya mau ke Dufan buat ikutan family gathering kantornya Ayah. Mayan lah bisa ke Dufan lagi. Kalo nggak salah terakhir ke Dufan itu pas Bintang Pintar Ultra, yang mana udah… 8 tahun lalu.
Nyobain salah satu wahana yang baru diliat kemaren: Kontiki alias kora-kora mini tapi diputer-puter.

Di Dufan cuma naik Kontiki sama Bianglala. Untung aja tiketnya gratisan.

Saat males-malesan itulah terbesit ide yang akhir menghasilkan post norak keempat ini. Dari sisi uang sebenernya masih belom cukup, baru sekitar 70-80%. Tapi setelah berkonsultasi dengan Mama dan ditambah bumbu "kalo uangnya didiemin di tabungan nanti gatel pengen beli tiket teruuus. Bahkan kemaren Eky bikin rencana liburan ke 3 tempat* dan ternyata cukup loh uangnya! Kalo akhirnya jalan-jalan lagi kapan bisa belinya", akhirnya saya dibolehkan!! Udah kepikiran bakal cicilan 3 bulan ke Ayah berhubung uangnya masih kurang sedikit :p

Singkat cerita setelah dari Dufan kami makan siang dulu di tempat favorit Ayah dan Mama: Dapur Sunda. Dari situ baru menuju tempat yang diinginkan. Berhubung uangnya sebenernya nggak terlalu banyak, jadi saya memutuskan untuk nggak beli di authorized seller semacem iBox, Emax, Estore, dkk.

Sekarang saya mau coba jelasin apa bedanya beli barang ini di toko yang authorized seller dengan non-authorized seller.

Dari cerita 2 orang temen dan hasil baca-baca di internet, dengan beli dari non-auhtorized berarti barangnya itu garansi distributor (mereka sih bilangnya garansi internasional). Barang yang didapet bakal sama aja, cuma bukan barang yang udah dikhususkan buat dijual di Indonesia. Jadi ada yang dibelinya di HK, SG, MY, atau belahan dunia lain. Kalo ada masalah, nanti bisa ke toko belinya dan dari sana bakal dikirim ke authorized service center yang ada di QCD Singapore. Kalo beli di iBox/Emax dkk itu dibenerinnya di garansi masing-masing dulu (SES/Trikomsel). Kalo mereka nggak bisa juga akhirnya dikirim ke QCD. Bahkan lebih enak yang langsung ke QCD karena nunggunya 1-2 minggu aja. Kalo yang lewat SES/Trikomsel dulu itungannya udah bulanan.

Jadi intinya kalo beli barang Apple di authorized seller, kalian bakal dapet barang dengan model yang ada kode PA/A atau ID/A-nya. Itu artinya barangnya emang buat dijual di Indonesia. Sementara kalo ZA/A, ZP/A, MY/A, LL/A, atau yang lainnya, itu berarti barangnya dibeli dari luar negeri. Saya juga heran kenapa bedanya bisa lumayan jauh. Saya sempet itung-itung, beli di Singapore ditambah tiket pulang-pergi day trip (ampun deh gaya banget ke SG cuma day trip buat beli barang doang) tetep lebih murah dari harga di authorized seller di Indonesia! Makanya setelah berpikir dengan matang saya mutusin buat beli di toko non-authorized seller aja.

Sesampainya di Plaza Semanggi (sebelumnya udah googling dengan mendalam buat cari toko yang terpercaya buat jual beginian) kami langsung ke toko tersebut dan nanya barangnya. Untungnya yang dipengenin ada. Beberapa hal yang harus dipastiin kalo beli barang ginian adalah udah diaktivasi atau belom. Mas yang jaganya udah proaktif dan nunjukin kalo barangnya belom diaktivasi. Berarti tahap 1 aman. Liat juga packagingnya masih rapi apa nggak. Terus sebelom dinyalain liat barang utamanya dulu. Mulus nggak. Plastik pelindung layarnya ada bubble nggak. Di cek dengan seksama deh. Terus cek aksesorisnya. Charger, earpod, dan kepala charger-nya. Kalo tokonya rese suka ada yang diganti aksesorisnya. Kalo beli di tempat beginian, di bawah hpnya ada stiker yang nutupin baut dan nggak boleh dilepas. Kalo dilepas dengan alasan apapun (misal: duh gak cantik banget hpnya ada stiker kecil, copot ah), garansi dari tokonya bakal void dan kalo ada apa-apa disuruh ke QCD langsung.

Setelah memastikan semuanya aman, baru deh nyalain dan silakan menikmati barang baru. Jangan lupa bayar :p Harganya beda 2 juta dengan di authorized seller dan cuma beda 200 ribu dengan di Singapore. Lumayan lah. Oh ya! Emang Allah itu suka dengerin doa hamba-Nya ya. Kebetulan Ayah dapet bonus yang baru dia liat hari Sabtu itu juga. Karena itu, Mama dapet jatahnya dan anaknya ini kecipratan juga. Jadilah ternyata uang saya cukup dan nggak perlu nyicil ke Ayah! Eheheheee, alhamdulillah :)))

Setelah di Paris cuma bisa pegang-pegang doang, akhirnya sekarang bisa dibeli juga ya :))) Semoga barang baru ini awet dan bisa bermanfaat deh ya. Gapapa uangnya abis asal seneng. Kalo mau jalan-jalan ya harus nabung lagi :p
Cuma bisa pegang-pegang di Apple Store Louvre, Paris

Gimana dengan hp lama? HP lama saya hibahkan ke Mama. Saya curiga Mama nyetujuin ide beli hp baru ini karena kalo saya punya hp baru berarti hp lama saya bisa dipake sama dia. Padahal dia nggak paham apa-apa. Contoh: kemaren nggak tau cara ngangkat telepon karena pas diajarin yang muncul itu logo merah dan ijo, tapi kemaren yang muncul malah "slide to answer". Tapi nggak apa-apalah, Ayah dan Mama seneng, saya ikutan seneng juga. Sementara itu, hp Mama yang lama (yang merupakan hp saya yang lebih lama lagi) dikasih buat Ayah kalo ada tugas ke luar kota. Jadi Ayah ini suka nyusahin temen kantornya kalo ada apa-apa karena nggak punya hp. Jadi temen kantornya selalu hubungin rumah, Eja, atau saya buat nanyain Ayah.

HP saya yang kemarin itu merupakan barang yang sama yang selalu saya bawa selain paspor (dan charger hp-nya). Empat hari setelah dibeli hp itu langsung ikutan umroh dan 34 bulan setelahnya selalu ikutan kemana saya pergi. Untungnya hp itu nggak pernah bertingkah, jadi nggak pernah dibenerin sama sekali. Semoga hp yang sekarang bisa sama awetnya ya. Aamin.
Terima kasih, 4S!

* = setelah diitung dengan seksama dan prediksi keuangan sampe akhir Juli, ternyata 2 dari 3 rencana jalan-jalan ini masih bisa direalisasikan!!! Should I??

3 comments:

  1. ini sebenernya tema ceritanya apa sih, kok otak gw rasanya booting, hahaha
    but, nice story !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Riza,
      Maaf kalo lo nggak ngertiii karena di post ini emang gue nggak nyebut barangnya sama sekali. Tapi kalo baca dari 3 post yang berhubungan sebelumnya (norak ah, norak part 2, dan norak part 3) yang linknya ada di awal post mungkin lo bakal sedikit lebih ngerti haha.

      Intinya ini post tentang iPhone 6, Za.

      Delete