Friday, January 16, 2015

Jambu Ke 7 Wonders


My Amazing Journey has come to an end.

Nggak tau harus seneng atau sedih. Seneng karena akhirnya menyelesaikan bucket list utama gue sebelum umur 25 tahun, seneng karena setelah 18 hari akhirnya bisa ketemu lagi sama Ayah, Mama, dan Eja. Terima kasih lagi kepada Facetime, kita sempet ngobrol sekali pas hari terakhir di Delhi. Rasanya gue pengen nangis waktu itu pas akhirnya liat muka Mama dan Ayah. Lembe banget ya. Tapi serius deh, trip ini merupakan trip dengan cukup banyak masalah. Tapi karena semangat dari keluarga, akhirnya bisa dijalankan juga. Rasanya pengen cerita beberapa masalah yang terjadi di trip ini, tapi takut Mama dan Ayah jadi kepikiran. Some things are better left unsaid. Sedihnya karena jalan-jalan ter-awesome gue (sejauh ini) akan segera berakhir dan gue akan kembali ke realita kehidupan dan harus fokus dalam mengerjakan tugas akhir. Tapi gapapa, for a better future, TA harus bagus dan selesai dengan cepet! Haha.

Buat yang jarang baca blog ini, beberapa waktu lalu gue menuliskan bucket list traveling yang ingin dicapai. Tulisannya sendiri bisa dibaca di sini. Dari post disana, yang sangat ingin gue kunjungi adalah tujuh keajaiban dunia. Ditambah, gue pengen mengunjungi ketujuh keajaiban dunia tersebut sebelum umur 25 tahun. Kenapa 25? Waktu itu sih mikirnya biar nggak kecepetan dan nggak kelamaan, serta pengen angka yang bulet aja. Padahal 23 24 dan seterusnya juga bulet. Tapi paham lah ya *wink*

Eh ya, 7 keajaiban ini sendiri agak banyak versinya. Bisa dicek sendiri di wikipedia, ada yang ancient, new, dan sebagainya. Terus gue sendiri pake versi yang mana? Ini yang menjadi pertanyaan besar saat gue lagi di Mesir. Waktu itu gue iseng googling 7 keajaiban dunia yang gue maksud ini maksud kategori apa. Begitu googling.... Hasilnya nihil! Hahaha

Tapi dulu waktu SD dan SMP gue sering baca atlas, RPUL, Buku Pintar, Buku Cerdas (namanya kenapa gini amat), dan buku IPS, entah kenapa gue selalu nangkep 7 keajaiban dunia ya yang ada di bucket list itu. Jadi dengan demikian bisa dikatakan 7 keajaiban dunia yang gue kunjungin ini adalah versi ingatan Eky semasa SD dan SMP.

Dari awal gue nggak pernah untuk menargetkan 7 keajaiban dunia ini. Yaiyalah, orang gue juga baru mulai suka traveling sejak Januari 2013. Tapi waktu mikir liburan awal tahun 2014 dan liat tiket murah ke Beijing, yang terlintas di benak gue adalah "wah di Beijing ada Great Wall nih. Kesana aja deh, lumayan dulu udah ke Borobudur dan Ka'bah. Berarti Great Wall bisa jadi keajaiban dunia ketiga yang gue kunjungin!"

Bener aja, begitu gue pulang dari Beijing gue mulai mikirin gimana caranya buat ngunjungin empat sisanya. Long story short, akhirnya hari Minggu tanggal 28 Desember 2014 gue berangkat untuk mengunjungi empat sisanya, dan hari Sabtu tanggal 10 Januari 2015 gue berhasil mengunjungi tujuh keajaiban dunia versi ingatan Eky semasa SD dan SMP.

Setelah melihat semuanya, I have to say that I'm impressed with Great Wall the most. Walaupun cuma mengunjungi secuil di Badaling section, gue nggak kebayang gimana caranya jaman dulu bikin begituan sepanjang 8.000 km! And Leaning Tower of Pisa impressed me the least. Heck, kenapa dia bisa berada masuk?! Untungnya di new 7 wonder dia nggak ada di daftar (unfortunately, along with Ka'bah and Borobudur).

Alhamdulillah gue bisa melihat Borobudur dan Ka'bah bareng keluarga. Sayangnya kelima sisanya gue nggak bisa melihatnya bareng keluarga. Tapi gue sebisa mungkin (baca: maksa) untuk mengajak mereka melihat keajaiban dunia. Mungkin bisa diliat di foto di bawah ini, walaupun akhirnya kagak jelas fotonya :')

Intinya, terima kasih banyak buat Mama, Ayah, dan Eja karena terus mendoakan menyemangati, dan sudah memberikan Eky uang jajan yang cukup sehingga bisa ditabung buat jalan-jalan (walaupun akhirnya suka kasian dan ditambahin lagi, haha). Maaf kalo jalan-jalan Eky yang sekarang ini banyak banget masalahnya sampe kalian suka kepikiran. Buat temen-temen yang suka meluangkan waktu untuk baca blog ini, terimakasih banyaak! Loh ini kenapa kesannya kayak mau nutup blog gini bahasanya?!

Buat Amanda Rahmadhani juga terimakasih banyak! Waktu ulang tahun ke-20, dia memberikan cupcakes enak dan kartu ucapan penuh doa. Kartu ucapan itu alhamdulillah masih tersimpan dengan baik, dan doa keduanya menjadi pengingat kalo gue harus mencoba menyelesaikan bucket list utama. Semoga doa pertama bisa tercapai juga ya, haha. Ini dia ucapannya.

Udah bacotannya, sekarang saatnya foto-foto. Apa aja ketujuh bucket list utama tersebut?

1. Candi Borobudur, Indonesia
Gue sekeluarga mengunjungi Borobudur setelah mudik tahun 2009. Waktu itu kita ke beberapa kota kayak Jogja, Magelang, dan Semarang. Borobudur sendiri dikunjungi tanggal 25 September 2009.
Bela-belain ngescan foto yang dicetak dari abang tukang foto di Borobudur karena file foto tahun 2009 udah entah dimana :(

2. Ka'bah, Saudi Arabia
Tahun 2012, alhamdulillah kami sekeluarga akhirnya berangkat buat melaksanakan umroh. Pergi umroh berempat udah menjadi keinginan Ayah dan Mama sejak lama, jadi mereka bener-bener udah nabung berhubung biaya yang dibutuhkan nggak sedikit. Sebagian uang yang dipake juga didapet dari pengorbanan Mama yang akhirnya bikin gue menitikan air mata saat pertama kali melihat Ka'bah. Foto ini diambil tanggal 25 Juni 2012, sementara gue pertama kali melihat Ka'bah tanggal 24 Juni 2012.
Mama dan Ayah selalu pengen biar bisa balik lagi kesini berempat. Semoga nanti anak-anaknya bisa gantian yang biayain, aamiin :')

3. Great Wall of China, China
Dikarenakan one-way ticket dari KL ke Beijing yang harganya murah, kunjungan ke Great Wall ini merupakan titik dimana gue bertekad untuk mengunjungi tujuh keajaiban dunia. Dateng ke Beijing pada bulan Januari merupakan pengalaman pertama gue merasakan musim dingin. Alhamdulillah dinginnya berasa banget, sampe tembus -9 derajat belom ditambah angin yang enggak manusiawi :) Great Wall gue kunjungi pada 15 Januari 2014. Cerita mengenai pengalaman gue mengunjungi Great Wall bisa dibaca di sini.
Masih senyum sumringah sebelom akhirnya gempor karena jalan sampe 4 pos

4. Leaning Tower of Pisa, Italy
Gue mengunjungi Menara Pisa tanggal 3 Januari 2015. Too bad it was cloudy in Pisa. Spent several hours muter-muter disana nungguin cerah, tapi langit tak kunjung menampakan warna biru. Akhirnya harus puas dengan apa yang ada.

Hore Ayah, Mama, dan Eja bisa ikutan ke Pisa!

5. Colosseum, Italy
Bangun pagi-pagi tanggal 4 Januari 2015 demi bisa berfoto di Colosseum saat masih sepi. Walaupun Rome sering dibilang punya temperatur yang lebih hangat dibanding negara Eropa lainnya karena terletak lebih utara, pagi itu tangan gue mati rasa karena sibuk ngatur kamera demi bisa dapet foto yang bagus hahaha.

Hore sekarang udah ke Rome!

Lima!

6. Great Pyramid of Giza, Egypt
6 Januari 2015. Getting here was surely on top of my worst travel experience by far. Saking kesel dan takutnya, gue hampir memutuskan untuk pulang aja tanpa masuk ke kompleksnya. But hey, bikin visa Mesir merupakan yang terlama dan gue nggak liat piramid dari deket? Hell no. Disini juga pertama kali ngerasain sandstrom yang bikin mata kelilipan ratusan kali, makan ribuan pasir, dan susah jalan lurus.

Yah gelap. Mari coba settingan lain.

Yes keliatan. Avatar style.

7. Taj Mahal, India
My final 7 wonders! Dateng kesini tanggal 10 Januari 2015 dan berkali-kali ngomong "alhamdulillah yaAllah, alhamdulillah…" dari selesai security check sampe melangkah masuk ke gerbang utama. And no, that's not a mosque. Beberapa kali jelasin ke mama dan tante saat mereka bilang "wah banyak ya menaranya, kayak di Madinah". Taj Mahal merupakan kuburan dari raja dan ratu…e… gatau namanya.

Tujuh! *tangan kanannya dipake buat klik shutter*



Alhamdulillah, terima kasih yaAllah sudah diberikan kesempatan, waktu, dan uang buat bisa melihat ketujuh landmark tersebut :') Kalo boleh ngurutin berdasarkan kekaguman, berikut urutan dari gue:
1. Great Wall
2. Pyramid
3. Borobudur
4. Ka'bah
5. Taj Mahal
6. Colosseum
7. Leaning Tower of Pisa

Jadi kapan nih mengunjungi sisa dari New 7 Wonders of the World? Jordan, Mexico, Brazil, and Peru. Anyone?

4 comments:

  1. Wah..heboh amat...europe,afrika,asia sekali tembak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Fe :D
      Iya nih mumpung masih mahasiswa, jadi masih dapet surat keterangan kampus biar dipermudah bikin visanya jadi sekalian aja datengin eropa ditambah Pyramid sama Taj Mahal :))

      Delete
  2. Jiah, ternyata anak FT juga toh. hahaha. Nice Bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Eko,
      Iya nih saya anak FT juga. Mas sendiri angkatan berapa?
      Terima kasih Mas udah baca blog saya :))

      Delete