Thursday, February 6, 2014

Winter and Great Wall: Introduction

akhirnya berhasil mengunjungi salah satu old 7 wonders lagi!!!! pertama kalinya juga ngerasain suhu minus alias di bawah suhu beku air alias di bawah nol derajat celcius! sempet ragu pada awalnya, cuma dengan segala doa dan tekad akhirnya berangkat juga ke… CHINA! lebih tepatnya ke Beijing dan Shanghai. demi menginjakkan kaki di Great Wall, gue yang merupakan manusia tropis ini pun menerjang suhu minus yang amit-amit dinginnya apalagi pas ada angin. trip ini menguras uang gue banget dan menjadikan trip ini sebagai trip termahal sejauh ini.

seperti biasa, mau introduction dulu tentang gimana persiapan sebelom berangkat, karena gue emang paling seneng cerita bagian ini. jadi maaf kalo kalian enek. siapa suruh baca blog ini?! (kenapa jadi nyolot).

Kamis, 13 Juni 2013
waktu itu sore-sore mau maghrib, ceritanya abis kumpul di kampus. kalo nggak salah ngomongin kulker, dan perkiraan tanggal kulker adalah 5-12 Januari 2014. pas tau hasil itu, rasanya ngenes banget karena prediksi gue kulker bakal tanggal belasan januari mulainya. kalo gini caranya, tiket ke bali yang udah dibeli januari 2013 buat 7-9 Januari 2014 terancam nggak kepake. cuma masa gue ngotot minta kulker diundur? jadilah gue diem saja dan kemudian pulang ke kosan. di tengah gundah gulana itu, gue buka laptop dan iseng iseng cari tiket. jeder! nemu tiket yang menurut gue murah, Kuala Lumpur - Beijing dengan AirAsia X Rp 650.000 one-way tanpa bagasi dan meal. ngecek Jakarta - Kuala Lumpurnya, nemu Lion Air Rp 350.000 one-way udah sama bagasi 20 kg. langsung deg-degan saat itu juga, dan mikir mikir tanggal. gimana kalo tiket udah dibeli dan kulkernya diundur ? gimana kalo nanti kedinginan pas winter disana, berhubung sempet ngurungin niat buat winter di Seoul sebelomnya? tapi akhirnya gue menepis semua pikiran itu dan mutusin buat beli tiketnya. kapan lagi jaman sekarang one-way 1 juta udah sampe Beijing? akhirnya pesen via tiket.com dan bayar via ATM malem itu juga, sekitar jam 8. SUPER IMPULSIVE. pulangnya gimana? nanti aja dipikirin. oh ya, gue juga dengan impulsivenya beli tiket Kuala Lumpur - Jakarta seharga 384.500 dengan bagasi 15 kg buat tanggal 19 Januari 2014 karena mikir mau pulang naik AirAsia X dari Shanghai ke Kuala Lumpur. waktu itu Shanghai-KL masih 2.5 juta exclude baggage, jadi ntaran aja belinya. jadi rencana awal: CGK-KUL-PEK(Beijing) // bullet train Beijing-Shanghai // PVG(Shanghai)-KUL-CGK.

Jumat, 18 September 2013 dan Minggu, 20 September 2013
booking hostel di Beijing dan Shanghai. rencananya nginep di Beijing 2 malem dan Shanghai 1 malem. harga hostel di China murah benerrrr! buat mixed dorm di Beijing semalemnya dapet 50 Yuan (~100.000) dan di Shanghai dapet 55 Yuan (~110.000). buat booking ini gue pake www.hostelbookers.com dan cukup bayar DP 10% dengan CC ayah, hihi. tapi akhirnya email hostel buat cancel 1 malem di Beijing dan cancel di Shanghai karena perubahan itinerary.

gue terus mikirin gimana rute yang enak buat pulangnya. sempet kepikiran buat nggak ke Shanghai, cuma nanggung karena udah di China masa nggak ke Shanghai yang tersohor akan modern-nya itu. terus kepikiran juga buat transit di Hong Kong karena terakhir kesana bener-bener ngos-ngosan dan ada beberapa to-do-list yang nggak dikerjain saking sempitnya waktu. alhamdulillah ternyata ada budget airlines di China, namanya Spring Airlines. harganya emang nggak sedahsyat budget airlinesnya South East Asia sih, tapi masih lumayan deh daripada penasaran sama Hong Kong. akhirnya rute menjadi CGK-KUL-PEK // bullet train Beijing-Shanghai // PVG-HKG-KUL-CGK.

masalah berikutnya muncul. HKG-KUL nggak ada yang murah. sempet kepikiran buat transit di Bangkok tapi waktunya mepet banget. terus tiba-tiba di facebook dapet kabar kalo Scoot mau buka rute baru ke Hong Kong. tapi kalo beli Scoot ini, tiket Mandala gue yang KUL-CGK bakal hangus begitu saja dan gabisa refund. pusing.

Senin, 30 September 2013
setelah beberapa hari menunggu, akhirnya hari ini datang juga: promo launch fare-nya Scoot! Scoot baru buka rute Singapore-Hong Kong-Singapore dan ngasih harga promo. HK-Sin one-way HKD268 buat yang kelas fly (tanpa bagasi&meal). beli ini pas kelas sensor dan bener bener ngerefresh terus kerjaannya. alhamdulillah dapet HKD268 itu, terus upgrade ke flybag jadi HKD388 (termasuk bagasi 15kg).

dengan dibelinya tiket Scoot ini, gue merelakan 384.500 hangus begitu saja dan harus bayar biaya tambahan buat reschedule flight Lion Air. nggakpapa deh, asal jadwalnya semua masuk dan pas.

Jumat, 11 Oktober 2013
akhirnya dibeli juga tiket Shanghai - Hong Kong. pengorbanan banget nungguinnya dari beberapa 1-2 bulan sebelomnya karena dia munculnya pelan-pelan. tiketnya tergolong mahal buat flight 2 jam-an dan pesawat narrow body. cuma emang pesawat di China mahalnya amit-amit, jadi beli aja tiket Spring Airlines ini.

Sabtu, 12 Oktober 2013
mumpung lagi di Jakarta, nyempetin ke kantor Lion Air buat reschedule flight Singapore - Jakarta. berdasarkan hasil telepon ke customer servicenya, ganti tanggal gini cuma bisa diurus langsung ke kantornya yang di Harmoni.

Senin, 11 November 2013
berhubung tiket yang sekiranya dibutuhin udah dibeli, jadilah sekarang saatnya ngurus visa! berhubung lagi jaman kuliah, jadi ngurusnya melalui travel agent. gue pake Wita Tour, tempat yang sama buat ngurus visa Taiwan. harganya reasonable banget dibanding harus ngeluarin uang buat travel bolak balik ke Jakarta yang sekali jalannya aja udah 100.000. ngurus visa Cina single enty dikenai harga 576.000 dari normalnya 540.000. waktu itu ngurus visa Taiwan dikasih harga 520.000 dari normalnya 460.000. kalo negara yang common emang nggak beda jauh, tapi kalo negara yang uncommon nggak waras banget harganya. waktu itu iseng nanya harga visa Myanmar, katanya 700.000. padahal kalo ngurus langsung cuma butuh 200.000!

ngurus visa China sejauh ini yang paling gampang dan hassle-free. dokumennya pun nggak nyusahin. 1. Paspor
2. Isi form. karena lewat agent dan males ngisi, jadi minta tolong diisiin dan cuma disuruh tanda tangan doang.
3. Pas foto. waktu itu ngasih foto warna 4x6 2 lembar background putih. cuma kepake 1 foto.
4. Fotokopi KTP (dan KTM, optional)
5. Booking tiket dan penginapan. gue waktu itu kasih tiket seabrek-abrek, CGK-KUL, KUL-PEK-PVG-HKG, HKG-SIN, SIN-CGK. mbaknya rada bingung tiketnya banyak bener ketengannya haha. booking hostel waktu itu ngeprint dari hostelbookers.com, bayar DP 10% aja.

udah cuma kasih dokumen itu aja, gabutuh fotokopi rekening koran, surat keterangan dari kampus, sama surat izin orang tua. bahkan dulu nggak perlu ngasih bookingan tiket dan penginapan. ngurusnya kalo langsung di kedutaan butuh 3 hari kerja buat yang reguler, ada yang 2 hari dan 1 hari juga tapi biayanya nambah. tapi karena gue lewat agent, tetep aje lama nunggunya. sekitar 10 hari baru bisa diambil lagi.
oh ya, ini visa termahal sejauh ini.

Jumat, 15 November 2013
setelah pencarian panjang, akhirnya menjatuhkan pilihan ke Hong Kong Hostel sebagai tempat bermalam di Hong Kong selama 1 malem. nyari penginapan murah di HK tuh emang susah kalo dibandingin kota lain. penginapan di HK kebanyakan bentuknya guesthouse yang kamar singlenya mahal dan nggak masuk budget gue yang pelit ini. tapi akhirnya nemu penginapan yang ada dormnya dan masuk budget. makin srek setelah ngeliat rating dan reviewnya.

Rabu, 4 Desember 2013
masalah terakhir akhirnya harus dihadapi dan harus secepatnya bikin keputusan. kapan mau ke Shanghai? ada 2 option.
1. berangkat dari Beijing tanggal 16 sekitar jam 2 naik bullet train dan sampe Shanghai jam 7 malem.
   (+) bisa nyobain bullet train-nya China
   (+) bisa liat pemandangan malemnya Shanghai yang katanya keren (dan emang cakep sih, coba googling).
   (-) beli tiket keretanya susah banget dan jatohnya lebih mahal dari pesawat
   (-) waktu di Beijing bakal singkat banget padahal lebih banyak objek wisata dibanding Shanghai
2. naik pesawat tanggal 17 pagi dan sampe Shanghai jam 9-11 pagi
   (+) beli tiketnya gampang
   (+) punya waktu lebih panjang di Beijing
   (+) nyobain full-service maskapai China
   (-) nggak bisa nyobain bullet train
   (-) nggak bisa liat view Shanghai pas malem, berhubung pesawat ke Hong Kong berangkat jam 8 malem.

sempet kepikiran juga buat naik pesawat jam 9 malem tanggal 16 dan sampe Shanghai jam 11, terus naik night line bus ke The Bund dan kemudian nginep di hostel buat istirahat. cuma setelah googling, katanya lampu-lampu gedung di The Bund dan di seberangnya bakal mati jam 10-11pm. terus setelah nanya di travelchinaguide, baru tau juga kalo nggak boleh tidur di Shanghai HongQiao Airport.

setelah mikir berhari-hari, akhirnya mutusin buat milih option 2 dan merelakan view Shanghai di malam hari. airport di Shanghai ada 2, Hongqiao yang mainly domestik dan PuDong yang mainly international. gue mutusin buat beli tiket yang landing di PuDong karena cuma punya waktu sekitar 7 jam di Shanghai. terus karena gue travelingnya bawa koper, makanya harus dititipin biar nggak ribet. galucu kan muter-muter Shanghai sambil geret koper? nah dengan waktu yang sempit itu, gue harus nitip kopernya di PuDong karena pesawat ke Hong Kong nanti bakal berangkat dari PuDong. jadi kalo beli tiket pesawatnya yang landing di Hongqiao, gue bakal bolak-balik nantinya (Hongqiao-PuDong sekitar 1 jam). jadi diperhatiin ya kalo mau beli tiket ke Shanghai.

dengan dibelinya tiket ini, berarti gue melepaskan kesempatan mencoba bullet train-nya China. padahal pengen cobain semua bullet train Asia. kemaren udah coba KTX-nya Korea dan THSR-nya Taiwan. well, there will always be another time, right? aamiin. pokoknya nanti kalo ke Jepang gaboleh kelewatan nyobain Shinkansen! dan semoga bisa ke China lagi buat nyobain bullet trainnya! aamiin.

akhir Desember 2013 - awal Januari 2014
saatnya ngurusin perlengkapan apa aja yang harus dibawa kesana biar nggak mati kedinginan. jujur gue agak deg-degan pas liat forecast buat tanggal 15-17 di Beijing kisaran suhunya max. 3 derajat celcius dan bisa turun sampe -10 di tengah malem. Shanghai yang secara geografis di bawah Beijing, suhunya kisaran 2-10 derajat. kena angin di Bandung malem-malem aja kedinginan, gimana suhu minus?? akhirnya ayah nawarin buat pergi beli peralatan buat menghadapi winter. harganya emang nggak murah, cuma kata ayah mending beli aja daripada minjem punya orang. siapa tau nanti bakal pergi lagi pas winter, or even bakal S2/kerja/tinggal di negara 4 musim (aamiin). gue beli di Winter Wool di Melawai Plaza lantai dasar setelah tau dari blog orang. beli longjohn (sangat wajib), winter jacket (apa coat ya namanya), sarung tangan yang bisa buat touchscreen, sama scarf. topi/kupluk alhamdulillah udah ada. harganya? mahaaaalll. kalo ayah nggak beliin, fix minjem orang sih gue (segitu pelitnya).

sebelom berangkat juga beli lotion biar kulitnya nggak kering dan perih pas disana, berhubung angin kenceng dan humidity disana bakal rendah banget. setelah dapet info dari Manda, gue belinya body lotion merk Creme 21 di Century Senayan City. karena nggak ada yang kecil, jadi belinya yang segede apaan tau padahal cuma buat 5 hari. terus seharusnya beli lipbalm juga karena katanya bibir bakal pecah-pecah dan bakal sakiiit banget (lebih sakit dari kulit), tapi karena nggak ada yang srek akhirnya nggak beli lipbalm.

Senin, 13 Januari 2014
ini kelupaan ditulis sebelomnya. uang! karena bakal dateng ke 4 negara, jadi butuh 4 mata uang juga. nuker MYR, CNY, HKD, dan SGD. kalo lagi di Jakarta, nitip nukernya sama Ayah. kalo di Bandung biasanya nuker sendiri di GMC Money Changer yang rate-nya ciamik itu. letak GMC sendiri ada di Jalan Ir. H. Juanda alias Jalan Dago, deket tokonya Kartika Sari Dago. kalo nuker sama Ayah, terpaksa pasrah karena dia nuker seenaknya di money changer yang ada di kantornya. kantornya di daerah Kebon Sirih, nggak begitu jauh sama Menteng. gue selalu pesen buat nuker di VIP Money Changer di Menteng karena ratenya sama-sama ciamik kaya GMC. tapi dia ngeyel dan akhirnya dapet rate yang mahal. huhuuu. waktu itu nuker won, di VIP aturan 9.5, tapi di kantornya 9.9. emangsih cuma 0.4 rupiah bedanya. tapi kalo nukernya ratusan ribu won?!

pas bilang mau minta tolong nuker uang buat ke China ini, bokap juga ketus awalnya "ah kamu nanti udah ditukerin malah protes kursnya jelek" hihi maap, Yah. akhirnya gue tetep minta tolong ke Ayah, tapi dengan rate VIP yang dilebihin beberapa perak dan transfer uang ke tabungannya cuma dilebihin dikit. jadi kalo sisa ya rejeki Ayah, kalo nombok ya salah dia. anak macem apa gue ini. pas pulang, Ayah bilang "kamu transfer ngepas banget sih?" pas gue liat bon-nya, ternyata Ayah nombok 100.000 kurang dikit. cuma dia dengan baiknya bilang "itu ringgit-nya itung-itung uang jajan kamu disana deh". kemaren nuker Chinese Yuan (CNY) dapet rate 2.012, Hong Kong Dollar (HKD) dapet rate 1.565, Malaysian Ringgit (MYR) dapet rate 3.740, dan SGD dapet rate supermurah karena beli dari sisa SGD adek gue bulan Desember. sedih banget emang CNY sama HKD, padahal 6 bulan lalu pas mulai nyusun trip ini CNY masih di kisaran 1600 dan HKD masih 1200-1300an.

pada akhirnya, beginilah rute China Trip ini
more than 11.381 km in 6 days. alhamdulillah semuanya naik pesawat

14 Januari 2014 Jakarta - Kuala Lumpur JT 280 Dep. 11.40LT Arr. 14.40LT
14 Januari 2014 Kuala Lumpur - Beijing D7 316 Dep. 19.10LT Arr. 01.15LT
17 Januari 2014 Beijing - Shanghai MU 563 Dep. 07.25LT Arr 09.55LT
17 Januari 2014 Shanghai - Hong Kong 9C 8969 Dep. 19.55LT Arr 22.20LT
19 Januari 2014 Hong Kong - Singapore TZ 221 Dep. 06.50LT Arr. 10.35LT
19 Januari 2014 Singapore - Jakarta JT 157 Dep. 17.15LT Arr. 18.05LT

banyak banget pengalaman baru dari trip ini, mulai dari ngerasain winter yang bikin tangan mati rasa pas lepas sarung tangan – TAPI NGGAK KETEMU SALJU SECUIL PUN!!!!!!!, jadi orang bisu di jalan karena kalo ngomong pun percuma karena mereka nggak ngerti dan akhirnya cuma ngasih unjuk kertas doang buat mastiin sesuatu, cross-off to-do-list yang belom kesampean di Hong Kong, bahkan nambah 2 portfolio baru dalam hal… tidur di airport. pengen cerita dan bagi info banyak hal mulai dari cara dan pengalaman ngunjungin tempat wisata, review airlines baru, review hostel-hostel, dan lainnya. cuma gatau kapan hueee lagi hectic banget nih akademik masih belom tau mau fix ambil apa aja padahal senen besok udah harus PRS.

oh ya ngasih quote deh
Mao once said, "you can not be a great man until you have walked the Great Wall"
tuh baca tuh. *digetokin rame-rame mentang-mentang udah kesana*

* * *
akhirnya ganti template blog juga (padahal cuma pake template yang dikasih blogger). biar cerah dah dikasih putih, daripada kemaren coklat coklat sendu.

14 comments:

  1. Boleh tau gk nama penginapan di hongkong yg murah itu? Lg nyari nih yg muraah dn bagus he. Thanks

    ReplyDelete
  2. Kemaren nginep di Hong Kong Hostel daerah Causeway Bay di 3 beds mixed dorm dan cukup nyaman kalo buat tidur aja.

    Kalo kesana sendiri, mending cari yang hostel yang ada dorm aja biar lebih murah. kalo sama temen/keluarga, bisa ke guest house aja. yang bagus tapi sedikit mahal ada Golden Crown, atau yang murah ada di Cosmic Guest House. dua-duanya di daerah Tsim Sha Tsui. pengalaman saya di Cosmic bisa dibaca di sini http://jambukebalik.blogspot.com/2013/07/5-days-5-cities-5-flights-4-countries.html

    terima kasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Salam.. ki, yg air asia X ntu dapet makan ga kalo tiket promo? Alhamdulillah, dpt tiket murah air asia X rute KL-HND dan PEK-HND. Cuma blom nemu flight dr jepang (terserah airportnya) ke beijing. Ada saran ga ki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Fyaelisa,
      AirAsia X itu tiket promo atau nggak promo, kalo nggak pesen makan sama-sama nggak dapet makan. Jadi kalo mau makan di pesawat, harus pesen online atau bisa dibeli langsung pas di pesawat. Tapi pesen online sedikit lebih murah dibanding beli langsung.

      Kamu udah ada tiket KL-Tokyo dan Beijing-Tokyo, terus butuh tiket Jepang-Beijing? Berarti rutenya bakal KL-Jepang-Beijing-Tokyo?
      Wah agak susah juga kalo cari tiket murah Jepang-Beijing, berhubung setau saya nggak ada pesawat sejenis AirAsia di sana.
      Tapi kalo emang harga nggak jadi masalah, dari HND atau NRT ke PEK pilihannya ada Air China, Japan Airlines, atau ANA.

      Kalo boleh tau, kamu dapet tiket murah PEK-HND dari airlines apa dan harganya berapa?
      Karena pada umumnya one-way ticket dengan Air China, JAL, atau ANA mahal-mahal. Tapi kalo dengan harga segitu kamu rasa murah, berarti rute sebaliknya (HND-PEK atau NRT-PEK) nggak bakal jauh beda harganya.
      Semoga membantu penjelasannya :)

      Delete
  4. huaa.. ga dapet ya. kirain kalo air asia X dapet makan *ngarep.
    Eh salah ketik ki, rutenya KL-HND dan PEK-KL.Nah, yg dr jepang ke beijing ntu blom ada harga yg friendly. Kemarin nemu maskapai yg unknown yg harganya lumayan, tp dr osaka ke shanghai. Dr shanghai ke beijing deket ga? trus transportasinya gimana? Rencananya di China cm mau ke beijing aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli ajaa daripada kelaperan. Saya sih biasanya beli burger McD sebelom masuk pesawat terus ngemil deh di dalem :p

      Oh begitu rutenya. Saya barusan cek flight Osaka-Shanghai ada pesawat full-service macem JAL, ANA, Air China, China Eastern, dan Shanghai Airlines. Sementara pesawat low cost ada Spring Airlines dan Junyao. Kedua low cost itu emang andalan banget untuk international flight di kawasan Asia Timur sana. Saya sendiri pernah pake Spring Airlines untuk rute Shanghai-Hong Kong, mungkin kamu bisa baca ceritanya disini buat gambaran. http://www.jambukebalik.com/2014/02/review-lion-air-china-eastern-spring.html

      Yang harus diperhatikan, Shanghai ke Beijing itu jauh dan kalo waktu kamu nggak banyak, berarti pilihan transportasi murahnya terbatas banget. Waktu itu pilihan saya cuma pesawat (1,5 jam) atau bullet train (5 jam). Harganya nggak beda jauh, bullet train waktu itu 553 Yuan (~Rp 1.2 juta), sementara pesawat Rp 800-1.1 juta. Kalo waktunya lebih senggang, mungkin bisa naik kereta biasa yang durasinya 15-18 jam (kalo nggak salah) tapi harganya jauh lebih murah.

      Kalo udah gitu, coba aja diitung dulu. Masukin exact date liburan kamu, dan bandingin total harga naik pesawat Osaka-Beijing dengan Osaka-Shanghai lalu sambung ke Beijing.

      Semoga bisa membantu :D
      Jarang saya baca cerita orang merapel Jepang dan Beijing, biasanya Jepang dan Korea karena banyak pilihan pesawat murah. Saya tunggu cerita liburannya yaa. Emangnya kapan nih rencana berangkatnya?

      Delete
  5. hee.. iya. kmrn yg murah ntu spring. Kalo ada yg murah lgsg ke beijing, ya rencananya lgsg aja.
    Rencananya pengen trip di jepang aja tp pas wktu nyri tiket pulangnya, g dr jepang mahal semua. Pas nyri yg dr korea jg pd mahal, kisaran 3jt-4jtan. Eh, iseng nyri yg dr beijing, malah dpt lumayan, 1jtan. Muncullaa ide buat gabungin trip jepang ama beijing aja.

    berangkatnya akhir desember smpai awal, soalnya nyri libur yg lumayan panjang.heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh, masih lama kok berangkatnya. Semoga dalam waktu mendatang bisa nemu tiket dengan harga yang affordable ya. Selamat liburaan :D

      Delete
  6. hai refky.. saya baru mampir ke blog kamu karena mau ke Beijing insya Allah november nanti. kamu ngga naik bullet train ya dari shanghai ke beijing? aku pas di jepang jg ngga sempat naik shinkansen karena lebih murah naik pesawat, tapi dari Ueno station ke Narita naik Keisei train. di korea cuma naik ITX aja. tapi itu pun tidur hahaha. utk menghemat waktu emang enakan naik pesawat sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Meuthia,
      Waah asiknya autumn di Beijing!

      Iya waktu itu saya nggak coba bullet train Beijing-Shanghai karena nggak nemu cara beli tiket yang mudah dan harganya nggak beda jauh dengan published fare. Jadi akhirnya naik pesawat. Tapi dengan naik Maglev di Shanghai udah lebih dari puas kok karena speednya tembus 431 km/h (Shinkansen "cuma" 300 km/h).

      Saya suka banget public transport, jadi kalo bisa cobain kereta cepet masing-masing negara (Shinkansen, KTX, THSR, Maglev, ICE, Ferra*something* di Italy, dan sebagainya). Tapi kalo beli tiket kereta itu nyusahin, saya mending naik pesawat karena suka banget pesawat haha.

      Semoga blog saya bisa ngasih sedikiiit gambaran tentang China, kebetulan belom sempet dan belom kepikiran cerita lengkap tentang liburan di China.

      Delete
    2. kalo beli tiket shinkansen di jepang gampang kok. karena ada mesinnya, bahkan bisa pake kartu kredit dan ada bhs inggrisnya. dulu pas mau naik, pas lg ngetik pencet2 mesin beli tiket, eh telat. shinkansenya jalan di depan saya hikkssssss.. ya udah mungkin laen kali..

      Delete
    3. Iya kalo Jepang mah gampang dan frekuensi keretanya juga banyak banget. Saya juga coba self-service waktu beli tiket Shinkansen kemaren. Lumayan buat coba-coba haha. Caranya udah sama kayak beli tiket Metro/Subway tapi bayarnya ratusan ribu bahkan orang sebelah saya beli tiket Kyoto-Tokyo yang 1 jutaan udah kayak beli minuman di vending machine haha.

      Delete
  7. Halo mas refky. Searching penerbangan low cost di china dimana ya? Di traveloka adanya yang mahal-mahal semua. Rencana mau trip Beijing-Xian-Shanghai-Chengdu-Guangzhou. Tapi cuma 10 harian, makanya kalo bisa mau naik pesawat aja gak usah naik kereta/bullet train. Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Bambang,
      Kamu bisa cek di elong atau ctrip. Kunci tiket pesawat domestik murah adalah jangan beli jauh-jauh. Biasanya harga terendah itu baru muncul 2-4 minggu sebelum keberangkatan. Good luck huntingnya!
      Btw itu seru banget rutenya ngedatengin semua main cities di China! Pengeeen :(

      Delete