Sunday, January 31, 2021

Hari 3: Memulai Liburan di Rio dengan Drama

Jam sudah menunjukkan pukul 21.00 waktu Rio begitu saya selesai dengan urusan imigrasi dan custom. Namun walaupun baru tiba dan capek setelah perjalanan jauh, saya langsung dihadapkan dengan 2 masalah.

GaleĆ£o International Airport, Rio de Janeiro, Brazil

Setibanya di arrival hall, saya mencari orang yang akan mengantarkan saya ke hostel. Saya menemukan seorang pemuda yang memegang kertas bertuliskan nama saya. Alhamdulillah lancar, pikir saya. Ternyata tidak semudah itu, kawan. Setelah diminta duduk, saya diinfokan bahwa bukan dia yang akan mengantar saya jadi harus nunggu mobilnya dulu. Kemudian saya ditanya apakah sudah punya Real (mata uang Brazil). Berhubung sebelum berangkat saya baca banyak scam yang berhubungan dengan uang bahkan di bandara seperti ATM yang sudah disadap, saya jadi sangat hati-hati. Udah uangnya sedikit, kalo dibawa kabur orang, makan pake apa saya nanti? Oleh karena itu saya bilang belum punya tapi saya mau tuker uang sendiri aja.

Suasana Arrival Hall

Jadilah saya ke satu-satunya money changer di arrival hall dan menukarkan 200 USD yang saya hitung cukup untuk 3 hari di Brazil. Saya menukarkan uang tanpa cek rate di Google terlebih dahulu dan mendapatkan sekitar 536 BRL. Setelah menukarkan, saya cek google dan berdasarkan kurs Google, 200 USD setara dengan 700 BRL. Wow saya rugi kurs 23%!!! Rugi kursnya 17% terus ditambah ada komisi 10%. Rampokkk! Berhubung salah saya, jadi yaudah dijadikan pelajaran aja untuk selalu cek rate di Google dan pastikan nggak ada komisi yang diminta. Ini bener-bener forex loss terparah saya selama ini. Tapi kalo berusaha melihat sisi positif, seenggaknya saya jadi udah punya Real jadi bisa hidup. Toh emang cuma ada 1 money changer dan ATM termasuk berbahaya.

Money Changer

Kurs tuker uang; 200 USD dapet 536.92 BRL

Seharusnya bisa dapet 700.81 BRL!!

Selesai menukarkan uang, mobilnya masih belum datang. Karena masih nunggu dan perlu sim card, saya tanya ke mas tersebut di mana saya bisa beli sim card. Dianterin lah saya ke apotik. Sempet bingung, tapi kata kasirnya dia emang jual sim card. Beli lah saya dan diminta uang 80 BRL (~ Rp300.000). YaAllah mahal banget perasaan baca di internet 25 BRL udah bisa buat seminggu paketnya, sim cardnya berapa sih harganya masa sampai jadi 80 BRL gitu. Berhubung keburu dipasang, jadi yaudah saya bayar. Salahnya lagi nggak langsung saya tes itu sim card-nya. Karena masih connect ke wifi bandara jadi ya masih bisa dipake browsing. Ternyata pas sampe hostel kagak bisa dipake dan registernya ribet amattt yaAllah. Pelajaran lagi tuh, sejak saat itu kalo beli sim card harus langsung dites dan kalo bermasalah langsung tanya ke yang jual.

SIM Card

Kelar beli sim card, mas yang nyambut saya bilang mobilnya udah mau tiba di pintu kedatangan. Jadi kami ke luar terminal dan menemukan taksi sedan berwarna kuning dengan driver yang cukup berumur. Koper saya diambil sama drivernya dan dimasukin ke bagasi. Saya udah masuk tuh ke mobil dan siap berangkat. Apa yang terjadi berikutnya? Mas yang nyambut saya ngetok pintu nyuruh keluar. Karena ternyata ada mobil lain yakni sedan berwarna hitam yang tiba di belakang taksi kuning dan bilang dia yang seharusnya nganter saya. Hadeeeh drama banget ini. Tambah drama lagi ketika driver taksi kuning gak mau ngeluarin koper saya.

Di dalam mobil menuju hostel

Di tengah huru-hara, saya email ke hostelnya karena mas yang nyambut saya malah bingung mobil mana yang seharusnya saya naikin. Emailnya gak dibales, tapi kayaknya mas-nya lagi telponan sama resepsionis. Akhirnya dibilang bahwa saya bisa naik yang taksi kuning. Takut sebenernya saya karena galak banget muka drivernya. Tapi yaudahlah bismillah aja, niat saya baik mau liburan doang :(
Perjalanan dari bandara Galeao ke hostel cukup jauh, ditambah macetnya jadi sekitar 1 jam. 

Foto blur... ini di jalan menuju hostel

Setibanya di hostel saya males ngomong tentang insiden di bandara tadi jadi proses check-in berjalan seperti biasa. Terlepas dari dramanya, Injoy Hostel ini oke menurut saya. Hostelnya baru dan bersih, lokasi juga dekat dengan stasiun metro jadi gampang ke mana-mana. Bonusnya adalah ternyata deket dengan KFC juga haha jadi gak perlu pusing mikirin makanan.

Injoy Hostel di Botafogo, Rio

Mixed dorm room

Kasur saya untuk 3 malam

Buat yang baru pertama kali datang ke Rio, tiba di malam hari, dan bawa barang yang besar atau banyak, saya tetap sarankan untuk pilih transportasi yang sudah dipesan dari penginapan. Harganya lebih mahal tapi insyaAllah lebih lancar. Saya aja yang apes. Transport dari bandara ke hostel saya bayar 100 BRL, kalo naik bis harganya 16 BRL.

No comments:

Post a Comment