Sunday, May 6, 2018

Manfaat Memiliki Elite Frequent Flyer Status: Qatar Airways Privilege Club

Tanggal 28 Maret lalu saya dapet email dari Qatar Airways Privilege Club kalau Gold membership saya berhasil diperpanjang setahun ke depan. Horeee! Berhubung sudah beberapa orang tanya gimana cara saya terlihat gegayaan masuk-keluar lounge padahal naik pesawat kelas ekonomi (#pencitraan), berikut saya share beberapa manfaat memiliki elite status sebuah maskapai karena lounge access adalah salah satu manfaatnya.

Berhubung saya cuma punya pengalaman punya elite status di Qatar Airways, cuma ini yang saya bisa share.

Tulisan ini akan saya bagi menjadi 4 bagian:
  • Manfaat elite status dari maskapai Qatar Airways
  • Manfaat dari aliansi/ alliance oneworld (alliance-nya Qatar Airways)
  • Cara untuk memiliki elite status sebuah maskapai (spesifiknya Qatar Airways Privilege Club)
  • Apakah perlu memiliki elite status suatu maskapai
Qatar Airways Privilege Club Gold, Silver, and Burgundy Membership Card

Manfaat Elite Status dari Qatar Airways Privilege Club (QRPC)
Membership program Qatar Airways yang bernama Privilege Club memiliki 4 tier atau level. Dari level bawah ke paling atas, yakni: burgundy, silver, gold, dan platinum. Level burgundy punya benefit yang minim (malah kayaknya hampir nggak ada) berhubung hanya cukup sign up programnya, sementara platinum punya benefit yang paling lengkap. Mari bahas benefitnya satu-satu.

1. Tier bonus
Setelah terbang, kamu akan dapet miles yang besarnya sesuai kelas dan subkelas terbang. Kelas yang dimaksud adalah economy, business, dan first class. Sementara subkelas contohnya economy promo, economy saver, economy value, dan economy flexi. Semakin mahal tiket kamu, biasanya semakin banyak miles yang bakal didapatkan. Kenapa saya bilang biasanya? Karena ada masa-masa di mana harga tiket business promo lebih murah dari economy flexi tapi miles yang didapatkan lebih banyak, karena pada dasarnya earning rate miles first class > business class > economy class. Untuk Qatar Airways sendiri earning rate masing-masing subclass adalah sebagai berikut:

Qmiles earning rate

Percentage di tabel adalah persen dari jarak terbang.

Contoh lebih jelasnya gini. Misalnya kamu beli tiket Jakarta – Paris PP di kelas ekonomi promo (subclass O). Berarti total miles yang kamu dapatkan adalah 25% dari jarak Jakarta – Doha – Paris – Doha – Jakarta, which is sekitar 3,692 miles. Pusing ngitungnya? QRPC udah siapin QCalculator, kalkulator buat ngitung berapa miles yang kamu dapetin.

Qmiles earning Jakarta — Paris round-trip

Nah, kalo kamu nggak punya elite status dapet milesnya segitu doang nggak ada bonusnya. Tapi kalo kamu punya elite status, dapet yang namanya tier bonus.
  • Silver member dapet 25% bonus
  • Gold member dapet 75% bonus
  • Platinum member dapet 100% bonus
Persennya dihitung dari jarak terbang rute kamu. Jadi kalo Silver member dan kamu beli tiket economy promo (subclass O, T, atau W), jumlah miles yang kamu dapetin adalah 50% dari jarak terbang — 25% dari tiket awal + 25% tier bonus. Berarti subclass promo yang sama, Gold member dapet 100% (25% + 75%) dan Platinum member dapet 125% (25% + 100%).

QR Earning Miles (25% dari jarak Doha - Paris 3,098 miles) + Tier Bonus for Gold Member (75% dari jarak Doha - Paris 3,098 miles)

Tier bonus ini menguntungkan banget loh. Kenapa? Karena kalo nggak punya elite status, untuk dapet miles 100% dari jarak terbang kamu harus beli tiket economy flexi (subclass B, H, Y) yang harganya bisa hingga 3x lipat! Tapi dengan status Gold, beli tiket ekonomi termurah (subclass O, T, atau W) bisa dapet miles yang sama banyaknya dengan orang yang beli tiket ekonomi termahal (subclass B, H, atau Y), bahkan kalo punya status Platinum miles yang didapet setara dengan penumpang business class! Mantep banget kan? Oleh karena itu begitu jadi Gold member, saya bisa kumpulin miles lebih cepat. Note: tier bonus hanya bisa didapat untuk penerbangan dengan Qatar Airways.

Miles bisa digunakan untuk apa aja? Banyak! Yang paling berharga adalah untuk dapetin tiket gratis yang hanya bayar pajak. Selain itu bisa juga dipake untuk upgrade dari kelas ekonomi ke bisnis atau bisnis ke first class. Contohnya kayak saya kemarin. Setelah 1.5 tahun terbang di kelas ekonomi, akhirnya milesnya bisa dituker ke tiket business class dari Jakarta ke Doha dan first class dari Doha ke Paris. Asiik! Sekarang aku mau kumpulin miles buat cobain Qsuite, business class-nya Qatar Airways yang berasa first class karena ada pintu(!).

Qatar Airways A380 First Class

2. Earn miles from family program
Qatar Airways ini salah satu maskapai yang punya program family pooling. Apa artinya? Kamu bisa daftarin keluarga kamu sebagai keluarga (di Qatar Airways definisinya terbatas untuk orang tua, suami/ istri, dan anak), sehingga saat mereka terbang milesnya akan masuk ke account kamu.

Untuk Silver member, main account akan mendapat 50% dari miles hasil terbang keluarga kamu, sementara Gold dan Platinum member dapet 100%.

Berhubung keluarga saya jarang terbang, jadi saya baru sekali merasakan fitur ini. Waktu itu Ayah saya terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing naik business class Malaysia Airlines. Sesuai QCalculator, Ayah saya bisa mendapatkan 3,400 miles jika punya account sendiri. Tapi karena saya link dia sebagai family member saya, dia tidak dapat miles dan milesnya masuk ke account saya sebesar 1,700 miles (waktu itu status saya masih Silver).

Kelihatannya sayang berhubung seharusnya dia bisa dapet 3,400 miles. Tapi berhubung dia jarang terbang, mending masuk ke saya milesnya. Daripada nanti cuma ada sedikit miles di account-nya malah akhirnya hangus nggak terpakai.

3. Qcredits
Khusus untuk Gold dan Platinum member, begitu dapet status langsung dikasih Qcredits sejumlah 40 untuk Gold member dan 60 untuk Platinum member.

Ada 2 kegunaan QCcredits: untuk upgrade tiket 1 kelas (economy ke business atau business ke first) dan dapet tambahan bagasi. Saya tidak menyarankan untuk pakai Qcredits untuk nambah bagasi. Sama sekali tidak worth it. Saya mau bahas tentang upgrade aja.

Kalo kamu udah punya tiket Qatar Airways yang bisa di-upgrade (semua tiket kecuali subclass O, T, W alias economy promo), kamu bisa cek QCalculator berapa Qcredits yang dibutuhkan untuk upgrade.

QR Award Upgrade Calculator

Tiket Jakarta – Eropa sekali jalan bisa upgrade dari ekonomi ke bisnis dengan 40 Qcredits. Pas banget buat Gold member kayak saya. Saran saya kalau mau upgrade adalah langsung upgrade untuk kedua flight (Jakarta – Doha dan Doha – Eropa). Karena kalau upgrade-nya terpisah, Qcredits yang diperlukan lebih banyak, yakni 55 QCredits (30 untuk Jakarta - Doha dan 25 untuk Doha - Eropa). Availability-nya lebih susah sih emang kalo upgrade langsung 2 flight gini, tapi lebih worth juga. Tips: kalau emang susah cari availability untuk 2 flight bersamaan, baiknya kamu upgrade untuk flight jarak jauh. Doha – USA/ Australia perlu 35 Qcredits untuk waktu terbang 11 – 16 jam. Kurang lebih sama lah dengan Jakarta – Doha – Eropa.

Waktu itu saya redeem 40 Qcredits di rute Helsinki – Doha – Jakarta.

QR304 Helsinki — Doha on B787 Business Class

4. Priority check-in and boarding
Kalau kamu naik Qatar Airways, sebagai elite member akan diberikan akses priority check-in yang lokasinya berbarengan dengan check-in business/ first class.

Business Class Check-in Qatar Airways CGK

Begitu juga dengan sewaktu boarding. Gold member disejajarkan dengan penumpang business class, sementara Platinum member disejajarkan dengan penumpang first class. Gold member lumayan lah bikin keliatan dari luar kayak naik business class walaupun pas masuk pesawat belok kanan, bukan belok kiri :D

Buat saya yang suka foto pesawat, priority boarding ini bermanfaat banget karena bisa dapet foto kabin pas masih sepi dan rapi haha.

Qatar Airways QR172 Stockholm - Doha B787 Economy

5. Excess baggage allowance
Sesuai namanya, ada benefit berupa bagasi tambahan juga. Kalau naik Qatar Airways, Silver member dapet tambahan 5 kg, Gold dapet 15 kg, dan Platinum dapet 20 kg tambahan bagasi dari jatah awal sesuai tiket yang dibeli. Saya nggak pernah pakai ini berhubung nggak pernah banyak kalo bawa barang.

6. Lounge access and 4 complimentary ‘one visit’ guest lounge passes
Kalau penumpang kelas ekonomi nunggu boarding sambil jalan-jalan di airport, penumpang business/ first class boleh nunggu dengan nyaman di lounge.

Sebagai elite member, kamu bisa masuk lounge juga walaupun terbang di kelas ekonomi. Di Doha, member Silver dan Gold dapet akses Business Class Lounge sementara Platinum member dapet akses ke First Class Lounge. Kedua lounge ini bukan lounge terbaik Qatar Airways di Doha, berhubung lounge terbaiknya eksklusif untuk penumpang business class (Al Mourjan) dan first class (Al Safwa).

Qatar Airways Business Class Lounge Doha

Kalo nggak terbang dari Doha pun elite member (Silver, Gold, Platinum) masih bisa dapet lounge access selama naik Qatar Airways. Waktu itu saya dengan status Silver bisa masuk Qantas Business Lounge di Sydney International Airport.

Qantas Business Class Lounge Sydney SYD

7. Al Maha ‘meet and greet’ service at Hamad International Airport
Meet and Greet service dari Al Maha diberikan untuk Gold dan Platinum member. Ada beberapa pilihan: arrival, transit, dan departure. Saya cerita yang transit aja ya berhubung pernah pakai service ini beberapa kali.

Sejujurnya ini perks yang nggak begitu penting sih berhubung fungsinya adalah jemput kamu begitu turun pesawat, nganterin pas lewat security check, nganterin ke lounge, dan terakhir nganterin gate pesawat selanjutnya.

Tapi yang bikin merasa spesial (dan senyum-senyum norak) adalah begitu dijemput, petugasnya bawa papan bertuliskan nama kamu. Wah berasa penting! Selanjutnya pas security check, petugasnya bakal kasih akses di jalur business/ first class dan nggak segan-segan motong jalur penumpang lain! Saya sempet nggak enak beberapa kali diliatin, tapi disuruh yang jemput begitu… Ini bermanfaat banget terutama di jam sibuk Doha sekitar jam 5 – 7 pagi dan 5 – 8 sore. Security check yang bisa makan waktu sampai 20 menit, hanya dilewati dalam 3 menit. Canggih!

Al-Maha Meet and Greet Transit Service Doha

Oh iya, ini gratisan ya. Harga normalnya sekitar 300 QAR (~Rp1.1 juta) untuk 2 orang.

8. Discounts on online redemptions
Gold dan Platinum member dapet diskon 5% setiap pemesanan award ticket. Tiket business class sekali jalan dari Jakarta ke Paris yang biasanya perlu 75.000 miles, untuk Gold dan Platinum member cukup bayar 71.250 miles. Selain itu ketersediaan award ticket untuk Gold dan Platinum member lebih lengkap juga dibanding non-elite customers

9. Award fees waivers
Kalo setelah redeem award ticket mau ada perubahan (contoh: cancel dan ganti tanggal), biasanya dikenakan biaya USD 25 per perubahan. Untuk Gold dan Platinum member, gratis! Saya pernah cancel award ticket Jakarta – Doha – Muscat dan tidak dikenakan biaya. Lumayan buat nambah jajan pas liburan berikutnya :D

10. Preferential “Shop and Pay with Qmiles” rate at Qatar Duty Free and Oryx Galleria
Saya nggak paham ini apa haha dan belum tertarik buat coba juga.

11. Guaranteed seat in Economy Class for revenue tickets
Ini juga kurang paham sebenernya. Berhubung selalu beli tiket dan guaranteed, jadi belum bisa share fungsinya apa.

12. "Priority Services" at our Contact Centres
Belum pernah ngerasain bedanya berhubung pas gak punya status nggak pernah banyak minta haha. Pas udah Gold baru rewel minta ini itu. Biasanya mereka akan balas email dalam 1x24 jam (hari kerja).

13. Benefit tidak tertulis
Beberapa benefit tidak tertulis yang pernah saya rasakan adalah:

- Priority upgrade saat pesawat overbooked
Misalnya kamu beli tiket ekonomi, tapi ternyata Qatar jual tiket melebihi kapasitas yang ada. Kalo ini kejadian dan kelas bisnis masih kosong, Qatar akan upgrade penumpang ekonomi ke bisnis supaya penumpang yang punya tiket bisa naik semua. Urutannya adalah platinum member, gold, silver, baru kayaknya penumpang yang tiket ekonominya mahal. Nggak ada yang tau pasti sih berhubung udah ditentuin sistem. Saya pernah dapet operational upgrade gini dari Doha ke Jakarta. Lumayan banget!

QR958 Doha — Jakarta on B787 Business Class

- Member recognition di dalam pesawat
Sebelum take off cabin manager atau salah satu pramugari/a akan datengin silver, gold, dan platinum member untuk kasih ucapan selamat datang kembali dan perkenalan singkat. Selain tu suka ditanya duluan mau makan apa supaya dipisahin duluan. Ini sebenernya nggak gitu penting tapi bikin seneng aja sih jadi berasa kayak orang penting :))

14. Kit untuk elite member
Untuk member silver, gold, dan platinum, QRPC akan kirim kit berisi kartu membership dan luggage tag ke rumah yang bisa digunakan untuk pamer dipasang di koper atau tas sebagai tanda pengenal.

Penjelasan lebih lanjut bisa dilihat langsung di web-nya QRPC.

Manfaat Elite Status dari oneworld
Sebagai bagian dari aliansi maskapai oneworld, elite member QRPC punya mapping ke tier atau level di elite member oneworld sebagai berikut:
QRPC Silver —> oneworld Ruby
QRPC Gold —> oneworld Sapphire
QRPC Platinum —> oneworld Emerald
Apa fungsi mapping ini? Supaya ketika naik maskapai lain yang masih dalam satu alliance oneworld, elite member masih bisa menikmati manfaat atau benefit. Sebelum saya jelasin apa aja benefitnya, mau kasih tau dulu anggota alliance oneworld ada maskapai apa aja.
  1. American Airlines
  2. British Airways
  3. Cathay Pacific
  4. Finnair
  5. Iberia
  6. Japan Airlines
  7. LATAM
  8. Malaysia Airlines
  9. Qantas
  10. Qatar Airways
  11. Royal Jordanian
  12. S7 Airlines
  13. SriLankan Airlines

Berikut adalah benefit yang diberikan untuk elite member ketika naik pesawat dari maskapai oneworld. Kurang lebih sama dengan benefit dari QRPC, jadi saya nggak akan detail banget jelasinnya.

1. Access to Business/ First class priority check-in
oneworld Ruby, Sapphire, dan Emerald dapet akses check-in di counter business class walaupun terbang di ekonomi. Kalo ada counter first class, emerald member bisa check-in di barisan itu.

2. Access to preferred or pre-reserved seating
Dengan memiliki elite status, setelah pesan kamu bisa pilih kursi yang strategis kayak bulkhead (baris pertama) atau kursi dekat exit yang legroom-nya lega, walaupun beli tiket promo. Nggak semua maskapai anggota punya kebijakan ini.

Waktu itu saya beli tiket promo Cathay Pacific dan ngak bisa pilih kursi dengan gratis. Tapi begitu masukin frequent flyer number dari QRPC jadi bisa pilih kursi dengan legroom yang luas. Sementara itu elite member tetep nggak bisa pilih kursi gratis untuk penerbangan Malaysia Airlines.

3. Priority on waitlists and when on standby
Berhubung nggak pernah waitlist dan standby, jadi nggak bisa share maksudnya gimana.

4. Access to Business/ First class lounges
Walaupun dengan tiket kelas ekonomi, oneworld Sapphire member dapet akses ke business class lounge sementara Emerald member dapet akses ke business dan first class lounge (kalo ada). Bagus-bagus loh business class lounge maskapai oneworld! Favorit saya sejauh ini The Pier Business Class-nya Cathay Pacific (pernah coba di Hong Kong, Bangkok, dan London) sama Qantas Lounge (Sydney, Hong Kong, London).

Cathay Pacific's The Pier Business Class Lounge at Hong Kong International Airport (HKG)

5. Priority boarding
Sapphire dan Emerald member bisa masuk pesawat duluan.

Cathay Pacific CX752 Hong Kong — Jakarta on A330-300

6. Extra baggage allowance
Ini hanya berlaku untuk Sapphire dan Emerald member. Untuk Sapphire member, dapet tambahan 1 bagasi untuk maskapai yang pake sistem bagasi "piece" (contoh: British Airways) atau 15 kg untuk yang pakai sistem kilogram (contoh: Qatar Airways, Malaysia Airlines). Sementara untuk Emerald member dapet jatah tambahan 1 piece atau 20 kg.

7. Priority baggage handling
Ini juga hanya berlaku untuk Sapphire dan Emerald member. Untuk Sapphire member bagasi akan dikasih tag priority - business class, sementara untuk Emerald akan dikasih tag priority - first class. Nggak akan lama deh nunggu baggage claim kalo dipakein tag gini.

Priority baggage tags!

8. Fast track at security lanes
Teorinya ini cuma dikasih ke Emerald member, tapi waktu itu di Budapest saya dapet fast track juga padahal hanya penumpang ekonomi yang jadi Sapphire member.

Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca di web-nya oneworld.

Cara Memiliki Elite Status Qatar Airways Privilege Club
Setiap frequent flyer program punya mekanisme yang berbeda untuk memiliki elite status. Tapi pada umumnya terbagi menjadi 3 kategori:
  • Berdasarkan jumlah miles (dari jarak terbang)
  • Berdasarkan jumlah poin (mirip miles, tapi udah ada fixed amount per rute/ daerah)
  • Berdasarkan jumlah uang yang dihabiskan untuk beli tiket
Qatar Airways pake sistem kedua, yakni berdasarkan jumlah poin (namanya Qpoints). Sebagai penumpang yang mampunya beli tiket promo kelas ekonomi (udah ekonomi, nungguin promo pula!), menurut saya mekanisme ini paling menguntungkan dibanding yang lain. Saya sempet bandingin dengan mekanisme jumlah miles dan kalo Qatar pake mekanisme ini saya gak bakal punya elite status berhubung earning rate Qmiles lebih kecil dibanding Qpoints.

Saya kasih contoh ya: untuk tiket sekali jalan dari Jakarta ke Paris, tiket ekonomi paling mahal dapet 7,348 Qmiles dan tiket ekonomi paling murah cuma dapet 1,846 Qmiles (25%). Sementara untuk Qpoints tiket ekonomi paling mahal dapet 50 dan tiket ekonomi paling murah dapet 20 (40%).

QRPC earning rate Qmiles and Qpoints comparison

Untuk memiliki elite status QRPC, berikut jumlah Qpoints yang harus dikumpulkan dalam rentang waktu 12 bulan:
  • Silver: 150 Qpoints (termasuk minimal 30 Qpoints hasil terbang dengan Qatar Airways atau terbang minimal 4 sektor dengan Qatar Airways)
  • Gold: 300 Qpoints (termasuk minimal 60 Qpoints hasil terbang dengan Qatar Airways atau terbang minimal 4 sektor dengan Qatar Airways)
  • Platinum: 600 Qpoints (termasuk minimal 120 Qpoints hasil terbang dengan Qatar Airways atau terbang minimal 4 sektor dengan Qatar Airways)
Itung-itungan kasar ya. Kalo beli tiket PP dari Jakarta ke Eropa dengan harga promo (subclass paling murah; O, T, W) dapet 40 Qpoints. Berarti buat jadi silver member perlu 4x PP dengan Qatar Airways, gold perlu 8x, dan platinum perlu 15x. Asumsi tiket promo harganya Rp8 juta PP, berarti biaya yang dibutuhkan adalah… itung sendiri :p

Apakah Perlu Memiliki Elite Status Suatu Maskapai?
Saat baca penjelasannya yang segini panjang (kalo tahan… haha), mungkin kalian ada yang berpikir demikian. Menurut saya perlu atau nggak ini tergantung kebutuhan orang. Kalo emang sering banget naik pesawat, saya sangat menyarankan untuk daftar frequent flyer dan jadi elite member. Tapi kalo nggak sering berhubung cuma liburan sekali dalam setahun, nggak perlu sih elite member ini.

Buat yang sering naik pesawat, coba diliat-liat lagi paling sering naik pesawat apa dan cek apakah alliance maskapainya punya network dan benefit elite member yang oke. Saya sendiri ngerasa oneworld ini oke banget sih berhubung Qatar Airways suka jadi pilihan paling murah untuk ke Eropa sementara untuk destinasi di Asia Tenggara dan Asia Timur, Malaysia Airlines, Cathay Pacific, dan Japan Airlines juga harganya oke.

Untuk yang tertarik dengan frequent flyer program dari alliance oneworld, saya sangat menyarankan untuk setidaknya menjadi Sapphire member berhubung di tier ini lah penumpang kelas ekonomi bisa merasakan benefit yang mirip dengan penumpang kelas bisnis.

Saya puas banget sejauh ini punya elite status di QRPC dan oneworld. Nunggu pesawat boarding di lounge, makan gratis, bisa mandi pula. Nggak pake lama kalo check-in dan nunggu bagasi, masuk pesawat juga duluan. Bonus-nya adalah bisa naik business class dan first class tanpa perlu bayar harga normal. Winning! Kalo kalian mau daftar QRPC, bisa lewat link ini. Untuk maskapai lain, bisa dicek ke web masing-masing ya.

Gimana, tertarik untuk punya elite status suatu maskapai? Atau sudah ada yang punya elite status? Share dong level apa, dari maskapai apa, dan benefit apa yang paling kalian suka :D

4 comments:

  1. Lho Ky, QR ngitung miles-nya bukan per-segmen? Jadi kalo CGK-DOH-CDG miles-nya dihitung dari great circle distance CGK-CDG dan bukan CGK-DOH + DOH-CDG? Kalau iya, liciiik, hahahaha. Tapi aneh juga ya kalau misalnya segmen CGK-DOH dan DOH-CDGnya subclass-nya beda trus gimana ya? Hmmm...

    Btw rate Qpoints earning-nya gimana kalau kamu terbang dengan maskapai OneWorld jarak dekat (*uhuk*MH*uhuk*). Kalau mau naik levelnya cuma mengandalkan QR kayaknya lumayan berat kan ya, hahaha... .

    Untukku sih jelas karena baseku di Amsterdam, aku pakai jaringannya SkyTeam via programnya Air France/KLM :D . Dan sama, di penerbangannya KLM sering dapat salam dari purser-nya ketika dia melihat manifest penumpangnya, hahaha... . Tapi aku amati ketika terbang dengan maskapai lain dalam aliansi yang sama (*uhuk*Delta*uhuk*), walaupun statusku di level paling tingginya SkyTeam, kayaknya Delta masih lebih memprioritaskan frequent flyer dari program SkyMiles-nya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Per segment kok, Ko. Itu yang screenshot langsung CGK-CDG karena airline-nya udah pilih Qatar Airways, jadi tools-nya otomatis calculate CGK-DOH dan DOH-CDG. Tapi kalo tools-nya digunakan buat calculate miles dari partner airlines, mesti per segment masukin rutenya.

      Menurut aku fair sih earning-nya dengan MH. Sayang subclass economy termurah (O, Q, N) MH nggak dapet Qpoints (bahkan ke airlines lain juga gak bisa earn). Kalo beli subclass yang 1 tingkat di atasnya (L, S, V), sekali jalan CGK-KUL dapet 5 Qpoints.

      Haha walaupun satu alliance, elite member dari airline lain dianggepnya belakangan berhubung mesti prioritise member sendiri dulu. Tapi pas naik Qatar aku pernah liat member dari British Airways ikutan di-greet sama pramugari, tapi nggak selalu sih. Mungkin kalo elite member Qatar-nya dikit bisa sekalian sapa member dari airline lain :))

      Delete
  2. MH lagi ada promo buat di kelas bisnis Ky, lumayan buat mileage run deals;

    DPS-KUL-LGK pp: 32+24 qpoints, 3700an qmiles (Rp 2.2 jtan)
    KNO-KUL-BKI pp: 20+32 qpoints, 3000an qmiles (Rp 2.3 jtan)

    Bisa dapet 150++ Qpoints dg 7 jtan (dapet lebih banyak point dan miles timbang terbang ke Paris), cuman masih perlu positioning lagi ke Dps/ Medan kalo basisnya di Jakarta, dari CGK masih di angka 3.5 - 4 jtan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess noticed that as well! Tapi aku nggak jadi ambil karena ada minimum stay (2 hari kalo nggak salah), perlu positioning ke DPS/ KNO, dan udah pernah naik MH J.

      Kamu ambil kah deals-nya?

      Delete