Sunday, February 14, 2016

Arashiyama Bamboo Grove Milik Sendiri

Mari melanjutkan cerita liburan di Jepang! Kali ini gilarannya si hutan bambu Arashiyama Bamboo Grove.

Setelah puas di Fushimi Inari, tujuan saya berikutnya adalah Arashiyama Bamboo Grove. Dari stasiun Inari, saya naik kereta JR ke Kyoto Station dan nyambung dengan kereta JR lain ke stasiun Saga-Arashiyama.
Arashiyama Bamboo Grove, Kyoto, Japan

Begitu turun kereta di Kyoto Station, saya jalan santai — bahkan sempet potret sana-sini dulu. Nggak lama kemudian saya ngeh kalo kereta ke Saga-Arashiyama jalan dalam 2 menit dan kereta selajutnya baru ada 20 menit kemudian. Berhubung saya inget kalo breakfast gratis di hostel itu cuma sampe jam 10 pagi, saya langsung lari ke peron berikutnya. Nggak lama setelah duduk di kereta, langsung jalan keretanya.

Oh ya, tips supaya nggak bingung nyari peron kereta itu adalah tau kereta yang kamu mau naikin itu nama line-nya apa. Kalo kereta ke Inari itu line-nya JR Nara, sementara ke Saga Arashiyama itu di line JR Sagano. Nanti tinggal cari nama line-nya di papan pengumuman. Kyoto Station itu sibuk banget loh!
Papan jadwal di stasiun JR Kyoto

Walaupun sama-sama kereta-nya Japan Railway (JR), eksterior dan interior kereta dari stasiun Inari dan kereta ke Saga Arashiyama ini berbeda. Kalo sebelumnya duduk di sebelah kanan-kiri kayak di angkot, yang ini duduknya depan belakang kayak di Metro Mini (mmm analoginya…)
Eksterior kereta JR Sagano Line

Interior kereta JR Sagano Line

Perjalanan dari Kyoto Station ke Saga Arashiyama itu sekitar 20 menit dengan harga tiket 240 Yen sekali jalan. Berhubung sarapan gratis di hostel cuma sampe jam 10 pagi (dibahas lagi), sebelum keluar stasiun saya cari jadwal kereta untuk pulang ke Kyoto Station supaya bisa mengatur waktu dengan baik dan nggak bengong kelamaan di stasiun. Hal inilah yang menyebabkan begitu saya keluar stasiun, udah sepi banget padahal tadi yang turun dari kereta lumayan banyak.
Stasiun Saga-Arashiyama

Jadwal kereta JR Sagano Line Saga-Arashiyama ke Kyoto

Saya celingak-celinguk nyari pintu masuk Arashiyama, tapi kok nggak nemu... Alhasil saya buka CityMaps2Go di HP, untungnya udah sempet download offline map Kyoto. 5 menit setelah saya ikutin, saya ragu banget sama petunjuknya. Kenapa jadi masuk kompleks perumahan gini?! Akhirnya saya balik lagi ke stasiun Saga-Arashimaya untuk cari orang, tapi malah nggak ada. Akhirnya memutuskan untuk percaya aja sama petunjuknya walaupun jalannya juga deg-degan takut malah nyasar entah kemana.

Begitu keluar komplek dan ketemu jalan yang lebih gede, mata saya langsung berbinar begitu liat ada papan penunjuk "Arashiyama Bamboo Grove —>". Akk maafkan saya CityMaps2Go yang sudah meragukan petunjuk kamu :') Tapi serius deh, saya masih nggak yakin ini jalannya bener. Soalnya dari petunjuk yang saya baca, untuk ke Arashiyama Bamboo Grove itu kalian harus masuk ke kawasan Arashiyama dulu. Dengan masih ragu, saya jalan terus ikutin petunjuknya dan ternyata bener loh!
Peta kawasan Arashiyama (source)

Saya nyampe di Bamboo Grove sebelum jam 9 dan masih sepiii banget. Kayaknya waktu itu cuma ketemu 3-5 orang, itu juga pada mencar semua. Saya jalan menyusuri Bamboo Grove sambil foto-foto. Sebenernya ini hutan bambu doang sih, di kampung saya juga ada. Lebih banyak lagi bambunya! Tapi sama dengan Jepang umumnya, Arashiyama Bamboo Grove dikemas dengan kebersihan dan keteraturan yang teramat, jadi betah ngeliatinnya (ngeliatin aja ya, ogah banget disuruh tunggal di daerah kayak gitu :p). Di ujung jalan ketemu pertigaan, lalu saya belok kanan. Ternyata udah abis jajaran bambunya sampe situ doang :(



Sebelum pulang, saya menyadari kalo belum ada foto yang bagus di Bamboo Grove ini. Sejauh ini fotonya muka semua hasil selfie dengan lensa 18-55mm (contohnya seperti ini — di link aja biar nggak liat foto yang isinya penuh muka). Berhubung sepi, saya geletakin kameranya di tanah terus lensanya saya ganjel dengan barang bawaan supaya bisa "nengok" ke atas terus saya set timer dan burst mode. Agak pathetic ya… tapi gimana dong kan jalan sendirian dan nggak ada orang sama sekali :( Walaupun menyedihkan, hasilnya lumayan loh haha.


Udah puas dapet foto, saya langsung memutuskan untuk pulang karena udah deket dengan jadwal kereta ke Kyoto Station. Di jalan pulang, saya melihat plang Tenryuji Temple. Waktu itu belum buka, jadi saya nggak masuk (dan nggak pengen juga sih..).

Karena keterbatasan waktu, saya nggak bisa explore Arashiyama lama-lama. Padahal pengen ke bagian lainnya, kayak Togetsukyo Bridge dan naik Saga Scenic Railway. Gapapa deh, jadi ada alesan untuk balik lagi ke Kyoto. Oh ya, saran saya kalo mau menikmati Bamboo Grove dengan tenang dan bisa foto tanpa banyak "pengotor" orang di background-nya, mending dateng pagi-pagi deh.

Buat yang mau ke Kyoto, saya menyarankan kalian untuk mengunjungi objek wisata ini dan spare waktu lebih supaya bisa setidaknya setengah hari di kawasan Arashiyama. Buat kalian yang udah pernah ke Kyoto, apakah main ke Arashiyama Bamboo Grove? Atau jangan-jangan malah baru tau kalo ada objek wisata ini?!

25 comments:

  1. Ah, asyiknya kesana sewaktu sepi! Sewaktu aku kesana, saat itu sedang musim liburan jadi rame banget!! Hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepi bangettt tapi jadinya nggak bisa minta tolong fotoin (ujung-ujungnya foto.. :p)

      Delete
    2. Eh iya lo knp bisa begitu, sumpeh pas kesana orang desek2an, gak bs dpt momen yg pas. Daaann bambunya gak seijo itu jg huhuuu kesana pas mei

      Delete
    3. Mei lagi musim semii, pohon bambunya baru mulai menghijau lagi *sok tau :P*
      Anyway, disuruh balik lagi tuh pas summer supaya bambunya ijo semua haha

      Delete
  2. Iri ih bisa sepi gitu.. Pas saya kesana rame banget, ga ada foto yang bagus satupun jadinya hahaha.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Yup yup! Btw ini bukan kota, cuma hutan bambu aja :))

      Delete
  4. Wahhh sering liat nih foto deretan bambu iniiii ...

    Btw ... itu link nya, ternyata pas dibuka langsung penuh yaa ... penuh dgn muka haha! *kabuuur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hih kan udah dibilang muka semuaaa abis tangannya pendek *sad*

      Delete
  5. Kece banget self photographynya! Hehe, kira kira pas bulan berapa nih arashiyama forest jadi sepi ky di gambar? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Andyana!
      Waktu itu saya ke sana awal Agustus. Sepertinya dateng bulan apa aja asal pagi dijamin masih sepi deh, saya saranin sebelum jam 9 udah di sana biar puas foto-fotonya tanpa digangguin orang :))

      Delete
  6. waktu itu aku setengah hari ke arashiyama ngga cukup, hahaha, maunya seharian biar bisa naik kereta wisata saganya, dan bener emang harus dateng pagi-pagi, biar bisa puas foto sana sini.
    dan suka sama suasana arashiyama, ngga cuma tempat wisatanya, tapi komplek rumahnya, jalannya, loveee loveee banget deh sama daerah sana, kyoto memang harus dikunjungi lebih dari sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah cuma 1 jam-an di daerah Arashiyama karena waktunya sempit. Jadinya ke Bamboo Grove doang :(
      Udah bertekad juga kalo ke Kyoto lagi minimal 3 hari. Kotanya tenaaang jadi berasa nyaman bangett. Aduh jadi pengen ke Kyoto :( *cek-cek harga tiket di Traveloka*

      Delete
    2. Ini keren BGT!!! ahahaha...
      ada pergi ke tokyo lagi refky??
      iya kyoto bagus bgt T_T menyesal kmrn ga lama2 disana. harusnya 5 harian lah yaaa *maruk* hahahaha

      Delete
    3. Halo Margaret,
      Saya pengeeen banget ke Jepang lagi. Kemarin kurang banget 1 hari oskaa, 1 hari Kyoto, 3 hari Tokyo. Pengen yang lamaan biar puaaass :D

      Delete
  7. bamboo grovenya keliatan kece banget mas...Subhanalloh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yoeka,
      Iyaa emang breathtaking banget. Saya 30 menit mondar-mandir di situ biar puas mandanginnya :))

      Delete
  8. Hi, mau tanya dunk sehabis dari bamboo groove pulang nya lewat station kyoto lagi?
    kalo dari Torokko Arashiyama Station ke kyoto gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Gebi,
      Iya saya balik ke Kyoto Station lagi. Hmm sorry nggak bisa jawab kalo dari Toroko, berhubung waktu itu cuma ke Bamboo Grove aja.

      Delete
  9. Kereen banget, harus pagi ya berarti kalau mau foto-foto di sana, bener-bener bagus fotonya :D

    ReplyDelete
  10. bro mau tanya, dari kyoto station ke arashiyama bisa naik bis? kira2 biayanya berapa n berapa lama perjalanan?

    ane ada waktu dari pagi sampe malem jam 9 malem, nah jadwalnya itu mau ke arashiyama, enaknya n bagusnya jalan2 berapa lama ya di arashiyama? rekomen ga sih maen ke arashiyama ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm kayaknya bisa sih karena network bis-nya Kyoto kan lumayan lengkap. Tapi gue kurang tau detailnya gimana karena yang recommended emang train supaya nggak gitu ribet.

      Saran saya ke sana pagi-siang sih, karena kan di sana alam gitu wisatanya, jadi kalo malem ya minim cahaya. Apalagi kalo mau ke Bamboo Grove.

      Delete