Thursday, October 23, 2014

Pagi di Fushimi Inari

Torii at Fushimi Inari, Kyoto, Japan

Karena jadwal di Kyoto yang sempit, gue harus mengunjungi Fushimi Inari dan Bamboo Grove Arashiyama sebelum naik Shinkansen ke Osaka jam 12 siang. Di itinerary yang gue buat, gue menjadwalkan harus bangun jam 5 pagi biar bisa ngedatengin 2 objek wisata yang letaknya saling bertolak belakang itu. Fushimi Inari ada di tenggara, sementara Arashiyama ada di barat laut. Tapi berdasarkan hasil hitung-hitung, it's doable kok!

Namun badan berkata lain. Setelah hari sebelumnya melakukan perjalanan panjang dan tidak bertemu kasur lebih dari 40 jam, tidur di Piece Hostel Kyoto ini bikin gue terlelap dan baru bangun jam 6 pagi. Kaget, gue langsung mandi dan siap-siap. 15 menit kemudian gue keluar hostel dan menemukan kenyataan bahwa pagi itu gerimis! Untungnya di pintu hostel ada payung yang bisa dipinjem. Karena belom ada resepsionis, akhirnya gue bawa aja payungnya dan berdoa semoga nggak di denda.
Pinjem payung hostel

Tujuan pertama adalah Fushimi Inari. Cara termudah buat ke Fushimi Inari adalah naik kereta JR yang Nara Line  karena letak Fushimi Inari ada di seberang stasiun Inari. Stasiun Inari sendiri jaraknya cuma 2 stasiun dari Kyoto Station. Yaa, 10 menit perjalanan lah kira-kira. Harga tiket sekali jalan dari Kyoto Station ke Inari ini harganya ¥140 (~Rp 16.000). MAHAL YE CUMA 10 MENIT PADAHAL.
JR Nara Line ke Inari Station

Nyampe di Inari Station, gue ngecek jadwal kapan aja kereta dari Inari ke Kyoto. Kenapa? Biar gue tau waktu jadi nggak bengong lama-lama kaya pas di Beijing dulu yang nunggu 2 jam. Nggak bakal selebay itu juga sih, karena kereta JR ini intervalnya 15-20 menit sekali. Kemudian gue keluar stasiun yang mungil itu dan sudah menemukan gerbang Fushimi Inari yang gede dan ngejreng banget karena warnanya orange.
Stasiun Inari

Gerbang

Masuk Fushimi Inari ini tidak perlu bayar alias GRATIS dan tempat ini buka selama 24 jam. Kemudian gue mengeluarkan SLR buat foto-foto dan mencoba selfie.
First attempt

 YAK LUPA ZOOM OUT
Second attempt

 YA KEALINGAN PAYUNG
Third attempt

YA KEALINGAN KEPALA SENDIRI

Karena lelah semua selfie gagal, akhirnya gue mendekat dan baru deh berhasil.
Finally!

Pagi-pagi gini ada beberapa locals yang dateng kesini untuk berdoa. Selain itu ada juga yang dateng karena mau jogging. Setelah liat peta, gue berjalan ke tujuan utama gue. Torii! Di Fushimi Inari ini ada jalur yang isinya torii (bahasa inggris: gate) semua. Kalo foto disini, pasti ketauan kalo lagi di Jepang! Haha.
Toriiiiiiii!

Pagi-pagi gini masih dikit banget orangnya. Lumayan, selfie-selfie mumpung sefie (sepi maksudnya, maaf.)
Lagi

Setelah menyusuri torii ini, gue menemukan jalur torii selanjutnya. Berbeda dengan yang pertama, jalur torii yang berikutnya ini berundak dan naik turun. Begitu gue liat penjelasannya, ternyata jauh banget jalurnyaaa! Yang barusan gue lewatin cuma secimit dari semuanya. Silakan diliat buletan merah "you are here" di kanan bawah.
Hastagaaaaa

Gue coba jalur itu sekalian buat foto-foto mumpung sepi, tapi akhirnya capek dan balik lagi *lemah*.  Pas disana, gue mencari permukaan datar buat naro SLR biar bisa pasang self timer. Tapi nggak nemu dan akhirnya naro di bawah sambil diganjel tas. Pas ada orang, langsung beres-beres terus pergi. Malu dikit :p
Mumpung sepi

Mumpung sepi (lagi)

Sebelom balik, gue istirahat dulu sambil ngeliatin locals yang lagi berdoa di kuil.
Berdoa

Kuil

Air minum? Atau buat cuci tangan?

Karena sudah cukup puas dengan banyaknya foto Fushimi Inari dan muka diri sendiri, akhirnya gue memutuskan untuk pergi dari Fushimi Inari. Jam 7.25 gue sudah duduk manis di Inari Station menunggu kereta menuju Kyoto Station. Berarti kurang lebih gue menghabiskan waktu 45 menit sejak nyampe sampe pulang.
Baliiik

Kalo ada kesempatan buat ke Kyoto lagi, udah pasti banget gue bakal kesini lagi buat menyusuri semua jalur torii sampe atas!! Selain itu gue akan ngajak temen biar foto-fotonya puas muahuahaha.

Berikut foto-foto tambahan selama di Fushimi Inari




2 comments:

  1. hahahaah, gue ke sini ber 5. Yang 3 berhasil sampe puncak mt Inari gitu, gue? guenya mah duduk-duduk manis di temple bawah sambil makan takoyaki ahhah

    eh perhatiin yg di wishing board itu ga? banyak yang digambar-gambar lucu lohh ahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akk dimana ada jualan takoyaki? Waktu itu gue ke sini jam 8 pagi masih belom pada buka kali ya. Sepi tapi enak sih, bisa foto-foto di lorong torii sampe puass :))

      Perhatiin! Emang ciamik deh orang Jepang itu. Makanan dikemas menarik banget juga kan, sampe ngiler padahal ngeliatin doang..

      Delete