Saturday, September 5, 2015

Family Portrait

Beberapa hari lalu saat saya sendirian di rumah di siang hari, saya denger ada orang ketok pager rumah. Karena takut, saya ngintip-ngintip aja. Saya liat ada mobil semacem van warna putih. Ngeri juga nih ngapain van di depan sini?! Ada 1 orang di kursi pengemudi, sementara 1 orang lagi masih teriak "permisi" sambil ketok-ketok pager. Karena saya takut, jadi nggak keluar dan orang tadi nanya ke tetangga saya. Pas ngobrol itu saya denger sayup-sayup orang yang ngetok pager bilang, "Ini rumahnya Muhamad Refky kan?" WAH KENAPA SEBUT-SEBUT NAMA SAYA?! Alhasil saya balik ke kamar aja daripada diculik kalo nanti keluar (orangnya parnoan banget). Sore harinya begitu Mama pulang, tetangga tadi datengin rumah saya sambil bawa box kayu gede banget. Ternyata yang tadi siang itu adalah orang yang ngirimin hasil foto keluarga dari Jonas Photo Bandung… *hening*


Setelah sekian tahun cuma berwacana, akhirnya keluarga saya punya foto keluarga resmi (?)! Dulu waktu masih SD dan SMP suka liat temen udah punya foto keluarga yang pada pake jas dan baju rapi, tapi saya nggak punya. Boro-boro foto keluarga resmi, foto bareng aja kayaknya jarang banget. Dan keluarga saya bukan yang melek teknologi, jadi kalo foto juga jarang dicuci. Alhasil rumah saya sepi banget. Paling yang dipajang cuma foto wisuda Ayah dan Mama.

Foto keluarga ala kadarnya tahun 2008

Mumpung kemaren ada momen wisuda, Mama saya langsung minta supaya bisa foto keluarga. Katanya biar bisa dipajang di ruang tamu. Sebagai anak yang baik, saya nurut aja dan cari tau biayanya. Saya langsung tanya temen price list foto studio di Jonas Photo Bandung yang ada di Jalan Banda.

Price list foto studio di Jonas Photo Banda bandung
Price list foto studio di Jonas Photo Banda

Price list foto studio di Jonas Photo Banda bandung
Price list foto studio di Jonas Photo Banda

Awalnya saya kira paket A udah cukup, tapi Mama protes kalo ukurannya cuma segitu. Alhasil kita setuju buat paket C aja. Mama sebenernya pengennya D sih, tapi saya bilang kalo segitu kegedean dan kemahalan. Mending buat saya aja uangnya :p Jadinya kami ambil paket Antique Gold yang C.

Tanggal 1 Agustus setelah wisuda kami ke Jonas Banda (samping Heritage Jalan Riau) buat foto. Terus saya lupa bawa map ijazah ITB, padahal orang-orang pada bawa. Di sana ketemu Tharra dan berharap bisa minjem, tapi dia juga kagak bawa. Makanya jangan ngomongin orang muluuu! *nggak ada hubungannya*

Berhubung Jonas ini rame bener, alhasil kami baru foto sekitar jam 20.45 padahal udah nyampe dari jam 19.00. Selama di studio, keluarga saya kan kaku-kaku banget, cuma nurut apa kata Mbak fotografernya. Mama cuma pesen ke Mbaknya, " Mbak kita orang kampung jelek-jelek, fotonya yang cakep yak!"

Kalo beli paket C, kalian bakal dapet foto dengan 5 pose. Tapi 1 pose itu bisa berkali-kali take, nanti diambil yang bagus. Kelar foto, kalian bakal liat hasilnya dan milih foto mana yang mau dicetak gede dan dicetak kecil. Begitu liat hasilnya, Mama jadi riweh sendiri. Untuk foto berempat yang mau digedein, Mama maunya landscape tapi keliatan sampe kaki. Saya udah coba jelasin kalo kayak gitu bakal aneh proporsinya. Kalo mau sampe kaki ya portrait, tapi Mama nggak mau portrait. Akhirnya Mama protes ke Mbaknya supaya foto ulang karena dia belom liat hasilnya kalo landscape dan keliatan kaki. Padahal waktu itu toko udah mau tutup dan tinggal 2-3 keluarga lagi. Petugasnya juga udah pada beberes.

Begitu liat hasilnya, ternyata Mama mengakui kalo foto keluarga landscape dan keliatan kaki itu aneh hasilnya. Jadi kita pilih yang foto pertama aja. Selain itu berhubung males kalo mesti ke Bandung lagi buat ngambil hasilnya, Mama nanya bisa dikirim ke rumah apa enggak. Ternyata bisa! Biayanya sekitar Rp 180.000, lumayan lah daripada mesti bolak-balik. Fotonya sendiri dijadwalkan jadi 3 minggu setelahnya.

Sekarang Mama jadi doyan cetak foto ukuran 8-10R terus beli figura biar bisa dipajang, padahal temboknya udah kagak ada yang bisa ditempelin figura. Uhh dasar emak!

Jonas Photo Cabang Banda, Bandung
Jalan Banda No. 38, Bandung
Telepon: +62 22 4201010
Open daily 07.30 a.m. – 09.00 p.m. (kalo wisuda Jonas Banda ini buka dari jam 5 pagi)

25 comments:

  1. Cakep fotonya Mas! :hihi. Tapi memang momen wisuda ya yang pas banget buat foto keluarga itu, atau kalau ada acara keluarga yang kebetulan diadakan, soalnya kalau ujug-ujug tidak ada angin (apalagi hujan) buat foto keluarga kan rasanya gimana banget gitu :haha. Harga memang lumayan mahal tapi kalau bisa take berkali-kali buat memilih satu foto yang bagus, rasanya sepadan. Anggap saja harga yang kita bayarkan itu adalah untuk drama memilih foto :hihi *kabur*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih! Kalo jelek nanti protes ke Jonas-nya supaya foto ulang :p
      Beneer, dan kalo momen wisuda gitu juga nggak saltum pake baju rapi-rapi karena semua orang pada mau foto keluarga juga.
      Yup, worth banget di Jonas ini dan emang ini salah satu studio foto ternama di Bandung jadi nggak perlu ragu lagi akan hasilnya :D

      Delete
  2. Hahaha, momen wisuda memang sering dimanfaatin untuk sekalian foto keluarga ya. Kemarin aku juga begitu sewaktu wisuda adik, hehehe. Dulu sewaktu wisuda S1 juga sih. Jadi sudah dua kali deh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi penuh dong tembok rumahnya sama foto keluarga yang gede-gede :))

      Delete
  3. Replies
    1. Halo Cici,
      Sip sip, semoga bermanfaat ya infonya :D

      Delete
  4. Makasih info nya ka, jadi bisa ngira2 budget mau foto keluarga nihh

    ReplyDelete
  5. makasih infonya, nanya dong, di sana udah disedia in kostum juga gak, atau kita bawa sendiri ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hani,
      Kostum ini maksudnya jas dasi gitu? Iya mereka nyediain kok tapi cuma ada untuk 1 orang sepertinya. Kalo kostum yang untuk seru-seruan kayaknya nggak ada deh.

      Delete
  6. Thanks infonya. Hehehe
    Saya mau tanya nih kalau paket yg mas pilih itu bisa ganti baju dan ganti posisi bahkan gantio orang kan? Soalnya rencana nya saya mau foto sendiri, sama ibu bapak, keluarga kecil dan keluarga besar hehehe

    Thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Iyan,
      Bisa ganti baju, posisi, dan orang kok. Tapi jangan salah ambil paket ya. Kalo ada yang keluarga besar gitu berarti harus ambil paket yang sejumlah anggota keluar besar.

      Delete
  7. Wohooo hahaha thank you kak info dan humornya. Wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Kak ini pas mau foto booking dulu sebelumnya atau dadakan pas hari wisudanya? Hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Windy, bisa langsung dateng dan ambil nomer antrian kok.

      Delete
  9. Mas, foto yang mas cetak frame nya baguskah ? Seperti apa ? Frame kayu plastik atau bagaimana ? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Edy, bagus kok frame-nya. Saya pesen yang frame kayu waktu itu.

      Delete
  10. Replies
    1. Hahaha terima kasih! I'll take that as a compliment :p

      Delete
  11. Makasih banyak ka eki sangat membantu, jadi tau mau pesen paket yg mana. Btw kaka angkatan 2011 ITB ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Susi, senang bisa membantu :D

      Yep saya ITB 2011. Kamu ITB juga kah? Angkatan berapa?

      Delete
  12. Makasi eki :) oia mau tanya kalo yang mamanya cetak doang yang 8R sampai 10R berapa ya harganya? itu udah include framenya kan? hihi maaf byk nanya

    ReplyDelete
  13. mau nanya kalo jonas yg d jalan banda buka nya jam berapa ya?

    ReplyDelete