Friday, February 13, 2015

Membuat Reservasi Tiket Pesawat (Dummy Booking) Gratis

UPDATE 1 DESEMBER 2015
Setelah dapat info dari komentar yang masuk, ternyata web Emirates juga sudah menghilangkan opsi pembayaran di kantor. Dengan demikian dengan berat hati dapat disimpulkan bahwa untuk dapat dummy booking, satu-satunya cara adalah dengan meminta reservasi ke travel agent offline.


UPDATE 15 SEPTEMBER 2015
Barusan saya coba pemesanan dummy tiket lewat web Emirates.com dan ternyata bisa dilakukan untuk mendapatkan itinerary penerbangan. Caranya tinggal buka webnya, lalu isi penerbangan dari mana, ke mana, dan tanggal berapa. Pilih flight yang diinginkan lalu isi data yang sesuai. Pada tahap pembayaran, pilih EMIRATES OFFICE. Catatan: cara ini hanya berlaku jika SEMUA penerbangan dioperasikan oleh Emirates.

Setelah itu bisa muncul deh itinerary yang bisa digunakan untuk apply visa. Ingat ya, reservasi ini hanya berlaku selama 3 hari saja.
Contoh itinerary

Tambahan: teman saya berhasil apply visa Schengen lewat kedutaan Jerman dengan melampirkan tiket dummy booking dari web Emirates ini. (Agustus 2015)

UPDATE 10 MEI 2015
Barusan saya dikontak oleh salah satu pembaca. Beliau mengatakan bahwa sekarang sudah nggak muncul pilihan pembayaran "In Person". Saya mencoba untuk kroscek dan menemukan bahwa pilihan "In Person" tidak muncul jika mencari penerbangan yang dimulai dari Jakarta (Indonesia).
Pilihan pembayaran untuk penerbangan dari Jakarta

Sementara itu, jika mencari penerbangan yang mulai dari negara lain (saya mencoba Kuala Lumpur), pilihan "In Person" masih muncul.
Pilihan pembayaran untuk penerbangan dari luar Jakarta

Saya kurang tau apa yang menyebabkan terjadinya hal ini. Awalnya saya mikir kantor di Indonesia sudah tutup, namun begitu saya cek di sini ternyata masih terdaftar kantor AsiaTravel di Jakarta.

Dengan demikian kalau kalian butuh dummy booking tiket pesawat dengan keberangkatan dari Jakarta, berarti harus menghubungi offline travel agent terdekat.

* * * 

Salah satu dokumen yang dibutuhkan dalam mengajukan aplikasi visa adalah reservasi tiket pesawat. Beberapa kedutaan seperti China mengharuskan tiket pesawat sudah confirmed dan sudah dibayar, sementara ada juga kedutaan seperti Australia dan Belanda yang hanya membutuhkan reservasi tiket untuk menunjukkan tanggal masuk dan keluar negaranya tanpa perlu dibayar terlebih dahulu.

Masalah tiket pesawat ini tentu saja merupakan salah satu dilema buat yang mau pergi liburan ke negara yang jauh dan membutuhkan visa. Terkadang ada tiket promo yang harganya bikin mupeng, tapi takut visa ditolak padahal sudah beli tiket. Jika menunggu punya visa, harga tiket yang bikin mupeng itu bisa saja sudah hilang entah kemana. Saya sendiri selama ini selalu membeli tiket duluan berhubung selalu menggunakan AirAsia dan keluarganya yang kalau ada promo dan harganya murah harus langsung dibeli. Masalah visa dipikirkan belakangan, yang penting udah punya tiketnya dulu. Selangkah menuju destinasi impian.
Beli tiket pesawat atau buat visa terlebih dahulu?

Namun, liburan ke Eropa kemarin yang terbilang cukup dadakan—hanya 3 bulan untuk persiapan—membuat saya mempersiapkan segalanya tanpa tiket di tangan. Harga tiket ke Eropa yang jauh lebih mahal dari tiket-tiket liburan saya sebelumnya membuat saya harus berpikir matang dulu sebelum membeli tiket. Untungnya, kedutaan Belanda tidak mengharuskan aplikan visa untuk memiliki tiket yang sudah dibayar. Berarti saya hanya perlu membuat reservasi tiket atau dummy booking. Gimana caranya?

Berdasarkan hasil baca-baca di internet, banyak orang yang membuat reservasi tiket pesawat melalui travel agent. Tinggal datang ke travel agent, minta buatkan reservasi tiket untuk aplikasi visa Schengen, lalu print reservasi tersebut. Biasanya reservasi tersebut hanya bertahan selama 3 hari. Jika tidak dibayar maka reservasi akan hangus. Biaya untuk membuat reservasi ini katanya sih gratis, namun ada juga yang memberikan tip sebesar Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Nah, tapi saya tidak menggunakan cara ini karena males untuk ke travel agent. Lagipula, saya pernah nguping orang yang berniat untuk memesan tiket pesawat di salah satu travel agent di Bandung, namun karyawannya mengatakan bahwa mereka bisa membantu membuat reservasi tiket jika menggunakan jasa mereka dalam pembuatan visa. Berhubung harga pengurusan visa di travel agent lebih mahal dan pasti mereka akan rewel mengenai minimal saldo rekening tabungan, saya memutuskan untuk mengurus visa sendiri. Lagian berhubung saya pertama kali mengajukan visa Schengen, berarti walaupun saya mengurus lewat travel agent saya harus tetap ke kedutaan untuk diambil sidik jarinya.

Jadi, gimana saya membuat reservasi tiket bohongan (dummy booking) secara gratis dan bisa dilakukan dari rumah?

1. Buka website AsiaTravel (www.asiatravel.com), lalu pesan tiket pesawat. Rutenya bisa roundtrip, bisa juga multi-city (masuk dan keluar dari kota yang berbeda, misal masuk lewat Amsterdam dan keluar dari Paris).
Tampilan pemesanan tiket di AsiaTravel

Tampilan pemesanan tiket multi-city

2. Setelah hasil pencarian muncul, pilih salah satu. Kemarin saya pernah mencoba pesawat Garuda Indonesia dan Thai Airways dan hasilnya lancar saja. Pernah mencoba Cathay Pacific tetapi nanti di step akhir saya kesusahan dan akhirnya tidak bisa membuat dummy booking. Oh ya, pada tahap ini jangan permasalahkan harga karena kan memang niatnya membuat dummy booking saja tanpa ada niat untuk membayarnya.
Hasil pencarian, pilih salah satu

3. Isi data diri penumpang dengan data diri yang sebenar-benarnya, layaknya membeli tiket pesawat beneran.
Isi data diri dengan tepat

4. Pada tahap pembayaran ini, akan ada beberapa pilihan. Pilih yang In-Person. Jangan sekali-kali pilih credit card karena kode reservasi baru akan muncul jika tiket sudah dibayar.
Pilih In-Person pada pilihan pembayaran

5. Reservasi sudah selesai dilakukan. Pada tahap ini, di halaman web akan muncul kode reservasi (yang dilingkari merah) yang akan dibutuhkan untuk melampirkan reservasi tiket yang dibutuhkan pihak kedutaan.
Kode reservasi (PNR) yang dibutuhkan

6. Buka website maskapai (airlines) yang barusan dipilih. Dalam hal ini, saya menggunakan Garuda Indonesia sehingga buka www.garuda-indonesia.com. Kemudian cari link untuk mengatur pembelian tiket (manage booking). Masing-masing airlines punya bahasa yang berbeda-beda, namun intinya adalah manage booking. Jika susah menemukan link di webnya, bisa minta bantuan ke Google dengan mengetikkan "manage booking [nama airlines]". Jika sudah ketemu, masukkan kode reservasi (yang umumnya terdiri dari 6 karakter) dan nama belakang.
Manage booking di website airlines yang bersangkutan

7. Voila! Reservasi tiket pesawat sudah jadi dan siap di print.
Hasil pencarian di website Garuda Indonesia. CONFIRMED!

Setelah di print dari website

Selain melalui AsiaTravel, dummy booking juga bisa dilakukan melalui web maskapai yang memiliki pilihan pembayaran dengan cara datang langsung ke kantornya. Kalau di Indonesia, sejauh ini yang saya tahu baru ada Emirates dan Qatar Airways.

Kira-kira seperti itu cara yang saya lakukan untuk membuat reservasi tiket (dummy booking) dalam rangka mengajukan aplikasi visa. Yang harus diingat, reservasi demikian hanya bertahan 1-3 hari saja, sehingga saya menyarankan untuk membuat dummy booking ini satu hari sebelum datang ke kedutaan agar jika akhirnya reservasi di cek ke maskapainya oleh kedutaan, dummy booking tersebut masih ada di database airlines. Semoga post ini bisa membantu kalian yang akan mengajukan visa namun masih belum memiliki tiket pesawat.

p.s.: semoga hal ini tidak mengganggu kelangsungan bisnis AsiaTravel, aamiin...

123 comments:

  1. Waah, oke ni! Tapi misalnya ni ya pengen ke Eropanya sekitar april - mei, urus visanya bisa sejak akhir tahun atau awal tahun banget nggak sih? Soalnya promo maskapai gencar2nya kan pas awal tahun, nah pas itu maunya udah pegang visa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Difa.
      Bisa-bisa aja sih, asal sekalian melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan lainnya. Tapi nggak ada yang menjamin kamu dapet visa yang berlaku sampai April-Mei kalo apply dari Januari, misalnya.

      Delete
  2. wah kamu kok sangar yaa uda keliling dunia :D enak bangetttt n thx infonya ini, kebetulan lg perlu jg dummy book :D

    ReplyDelete
  3. Halo Aphinx,
    Wah sangar gimana haha mumpung ada waktu dan uang, jadi disempet-sempetin :D
    Sip, semoga bermanfaat ya postnya :))

    ReplyDelete
  4. Hiiiii :D iya lah bermanfaat ni blog mu wkwkw sayang tp ga ada itinerary sm rincian biaya nii...pengen tau kisaran hbs berpa gitu untuk yg europe nyaaa :D pengennn kesanaaa next wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya nih belum ngerekap semua juga buat bikin itinerary dan biaya selama di Eropa kemaren. Tapi nggak banyak kok abisnya berhubung saya ngirit haha. Kalo mau liat rincian biaya di Eropa, mungkin bisa ke blog PergiDulu yang linknya ada di sebelah kanan blog saya. Mereka baru publish rincian biaya liburan di Eropa yang selama 4,5 bulan.

      Delete
  5. Mempersiapkan liburan keluar negeri? Yuk kami bantu ngurus visanya... +6281912989625 (hp dan whatsapp) pin bb 5403907B
    www.bossvisa.wordpress.com

    ReplyDelete
  6. misi mas, aku ada rencana mau ke jepang febuari tahun depan. nah mau minta saran-saran sama itinerary ke jepang boleh? soalnya masih bingung tentang penginapan, pembuatan visa dll. kalo boleh mohon emailnya ke norita.lialina@gmail.com
    makasi banyak, blognya sungguh menginspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, itinerary dan budgeting yang saya pake buat liburan ke Jepang kemarin udah saya kirim lewat email ya.
      Kalo saran-saran, apakah kamu bisa lebih spesifik supaya saya lebih ada gambarannya hehe.
      Penginapan saya sempet review 1 hostel di Kyoto, bisa dibaca di sini:
      http://www.jambukebalik.com/2014/09/review-piece-hostel-kyoto.html

      Sementara untuk pembuatan visa Jepangnya saya sempet tulis postnya di sini:
      http://www.jambukebalik.com/2014/08/visa-jepang-gratis.html

      Terima kasih juga udah baca blog saya dan jadi terinspirasi. Semoga makin semangat liburannyaa hehe :D

      Delete
  7. BBA Distance Education in Dubai ourse duration is 3 years for doing BCA the qualification is intermediate to get knowledge of commerce program.

    ReplyDelete
  8. Online BBA Course in Dubai gives you all knowledge about business administration through distance education mode

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, thanks for reading and for your information.

      Delete
  9. hi refky,,,salam kenal ya,,aku mau tanya tentang booking tiket,,yg kamu jelasin diatas udah cukup jelas,,cuma ada hal lagi yang mau aku tanyakan.,klo kamu berkenan tlg wa aku di 0895 09421143...makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Samroh, kalo ada yang mau ditanya bisa langsung di comment ini aja siapa tau ke depannya ada orang yang punya pertanyaan yang sama dengan kamu. Tapi kalo mau email juga bisa langsung ke mrefkyk@gmail.com

      Delete
    2. mkasi sudah blas...ak yg kelamaan respon...heheheh..gini..ak baca d blog kamu adknya km urus visa via konsulat surabaya and itu makan waktu 14 hari kerja kan..nah yg aku bingungkan gmn booking tiketnya..krn kamu blg di atas reservasinya berlaku hanya 1-3 hari..jd cmn itu..makasi

      Delete
    3. Buat reservasi seperti biasa aja. Karena mereka juga nggak minta yang udah issued, jadi walaupun reservasi tiketnya hangus saat visanya diproses nggak akan jadi masalah.

      Delete
  10. hai refky.. salam kenal ya... sy ibu venus, yg kepingin banget jalan2 ke korea selatan saya anak saya. insyaallah rencananya mau berangkat bulan oktober-november. rencananya sy ingin ke kebun2 buah disana... tolong kasih masukan penginapan yang murah dan tempat2 makan yang halal ya Ref.... kalo g keberatan bisa sms ke 082112714111. sebelumnya sy ucapkan banyak terimakasih, salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ibu Venus, salam kenal juga :D
      Kalo ibu bawa anak, berarti lebih nyaman kalo nginep di hotel. Kebetulan saya nginep di hostel yang bentuknya dorm, jadi nyampur sama orang lain. Jadi kurang bisa kasih rekomendasi hotel yang murah. Sementara itu untuk makanan waktu itu di sana nggak cari yang halal juga, jadi carinya yang nggak ada pork aja jadi keseringan makan di KFC.

      Delete
  11. mas,,, ini dah coba buka,, tp in personnya tetap ndak bisa,,, mohon infonya ^^ makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Seperti yang udah saya tulis di paling atas post ini, sejak 4 bulan lalu sepertinya untuk keberangkatan dari Jakarta pilihan In Person-nya udah ilang. Yang masih ada kalo berangkatnya dari KL atau SG.

      Delete
    2. saya keberangkatan dari Haneda ( Tokyo) menuju Juanda (sby). apakah ada cara lain ya? maaf sebelumnya banyak bertanya.. thanks before ^^

      Delete
    3. Wah iya barusan saya coba juga ternyata udah nggak ada in person untuk rute Tokyo-Surabaya. Cara lain berarti dateng ke travel agent buat minta reservasi tiket.

      Delete
  12. mas,,, ini dah coba buka,, tp in personnya tetap ndak bisa,,, mohon infonya ^^ makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, yang dari Jakarta emang udah beberapa bulan ini In Person-nya ilang. Coba dari Singapore dan Kuala Lumpur, waktu itu sih masih bisa.

      Delete
    2. kalo pakenya kuala lumpur/singapore emangnya boleh sama kedutan? padahal kan kita berangkat dari jakarta...
      thanks.

      Delete
    3. Halo Hegar,
      Ini tergantung kedutaannya sih, soalnya ada yang butuh tiket masuk dan keluar negaranya aja. Jadi dibaca lagi aja ketentuannya. Contohnya waktu itu Mesir, saya dengan tiket KL-Rome-Cairo-Mumbai dan mereka nggak minta tiket Jakarta-KL. Kalo nggak salah India juga cuma butuh tiket masuk dan keluarnya, nggak mesti dari negara asal tinggal.

      Delete
  13. mas rifky salam kenal, sy bayu, klo visa schengen atau visa aussie atau visa apapun yg ditolak kira2 berapa hari ya boleh mengajukan kembali, dari tanggal penolakan

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bayu, salam kenal juga.
      Beda-beda sih Mas setau saya. Tapi kebanyakan 3 bulan berikutnya, kayak Korea dan Jepang. Schengen Belanda (atau Jerman, saya lupa) katanya 3 bulan juga tapi beberapa kali baca cerita orang banyak yang ngajuin banding, jadi abis ditolak langsung apply lagi.
      Semoga bisa langsung granted deh Mas visanya. Good luck!

      Delete
  14. Mas, barusan saya coba di emirates nggak bisa tuh, yang keluar pilihannya hanya pembayaran via credit card saja, nggak ada pilihan lainnya, termasuk pilihan Emirates Office. saya pesan tiket CGK-BER-CGK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Ines,
      Saya barusan cek ternyata kalau ke Berlin memang enggak muncul pilihan Emirates Office-nya. Menurut saya ini karena Emirates tidak mengoperasikan flight Dubai-Berlin, melainkan ada maskapai lain yang terlibat (tadi saya lihat Emirates dari Dubai ke Munich, lalu Munich ke Berlin oleh Air Berlin). Apakah memungkinkan kalau diganti ke kota lain yang ada flight Emiratesnya? Contoh: Frankfurt, Munich, Dusseldorf. Kalau 3 kota itu saya coba muncul pilihan Emirates Office-nya.

      Terima kasih pertanyaannya. Info ini akan saya tambahkan di tulisan saya.

      Delete
  15. Mas Refky saya mau tanya dong. Kalo misalkan kita booking dummy ticket pake asia travel kan bisa nya dari kuala lumpur, nah misalkan kita apply visa tapi kita belum punya tiket ke kuala lumpur itu bisa gak yaaa??..
    Terus masalah Insurance, kalo axa misalkan kita gagal dpet visa bisa di refund gak uang kita?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hardi,
      Untuk yang tiket sebenernya ini tergantung kedutaannya sih, soalnya ada yang butuh tiket masuk dan keluar negaranya aja. Jadi dibaca lagi aja ketentuannya. Contohnya waktu itu Mesir, saya dengan tiket KL-Rome-Cairo-Mumbai dan mereka nggak minta tiket Jakarta-KL. Kalo nggak salah India juga cuma butuh tiket masuk dan keluarnya, nggak mesti dari negara asal tinggal.

      Yang insurance itu saya kurang tau bisa refund apa enggak. Kalo nggak salah pernah baca ada asuransi yang bisa refund kalo visa ditolak. Tapi saya juga lupa asuransi apa, soalnya cuma baca sekilas. Kamu baca-baca webnya AXA aja, atau coba kontak mereka langsung supaya jelas.

      Semoga bisa membantu ya.

      Delete
    2. oh kayak gtu yaa. btw makasih yaa mas refky atas info nya...

      Delete
  16. Halo mas Refky salam kenal, terima kasih atas infonya...sangat bermanfaat
    Untuk pemesanan dummy booking selain Asia travel tidak ada lagi ya?
    Saya juga baru tahu klo dummy booking itu cma berlaku 3 hari.
    Apa kita g bisa booking dl kemudian print reservasi ticket dan bisa datang ke kedutaan tidak dalam waktu dekat?
    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga :D
      Untuk tujuan yang dimiliki Emirates, kamu bisa bikin dummy booking di web-nya langsung (petunjuk ada di paling atas). Sepertinya bisa aja sih, asal kamu udah yakin kalo kedutaannya nggak mengharuskan untuk issue tiket terlebih dahulu.

      Delete
    2. anyway aku nyoba dummy booking di emirates gabisa. dia tetep minta cc method :(

      Delete
    3. Huhu iya barusan saya coba ternyata udah nggak muncul juga :(
      Thanks infonya, akan saya update post-nya.

      Delete
  17. Salam Kenal Mas,

    Kalau boleh saya menyarankan, ada baiknya booking di website asiatravel, emirates dll jangan dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan dummy booking tiket. Karena sudah jadi kebiasaan orang Indonesia, hal2 seperti ini dimanfaatkan untuk pemesanan dummy saja dan ujung2nya yang punya web akan melihat banyak pembatalan bookingan. Nanti bisa diblokir pemesanan online oleh orang Indonesia karena banyaknya kasus pembatalan tersebut (sepertinya ada beberapa web yang sudah memblokir). Dan yang lebih buruk lagi kalau banyak yang mengajukan visa dengan lembar booking pesawat yang sama, bisa ditolak visanya oleh kedutaan tertentu.

    Lebih baik disarankan tetap memesan tiket yang benar dimana ada grace period pembayaran hingga visa disetujui. Atau bisa juga booking airline yang menawarkan refund kalau visa tidak disetujui.

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga ya.

      Sebelumnya terima kasih atas masukannya. Tujuan saya menuliskan post ini sebenernya murni karena ingin share cara buat dummy booking karena saya waktu itu sempet kesusahan juga untuk cari infonya.

      Kebetulan budget saya terbatas untuk beli tiket pesawat, jadi bagi saya nggak mungkin beli tiket pesawat yang masuk ke kategori economy flex (bisa full refund in case visa ditolak). Oleh karena itu setelah menemukan cara ini, saya share lewat tulisan ini karena saya banyak baca tulisan dan komentar yang menanyakan gimana cara reservasi tiket tanpa bayar terlebih dahulu.

      Saat tulisan ini dibuat, saya udah menambahkan "ps" sebagai harapan tidak ada bisnis yang terganggu dengan tulisan ini. Betapa kagetnya saya ketika tahu post ini termasuk yang paling ramai dibaca. Bahkan web yang saya maksud sampai menghilangkan pilihan pembayaran di kantornya (walaupun saya tidak bisa mengatakan apa alasan dibalik hilangnya pilihan tersebut).

      Untuk masalah dengan kedutaan, menurut saya hal tersebut tidak akan terjadi as long as it is stated in the requirements bahwa applicants hanya butuh reservasi.

      In the end, saya meminta maaf jika ada pihak yang dirugikan atas tulisan ini. Jika memang berkeberatan, mohon kontak saya melalui email (bisa ditemukan di kanan atas blog ini).

      Sekali lagi terima kasih atas saran yang sudah diberikan.

      Best,
      Eky

      Delete
  18. Mas kalo dummy booking ticket antar negarabdi Eropa apa juga bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm kurang tau kalo itu, mungkin bisa langsung dicoba di web-nya. Saya pernah coba buat dummy booking Delhi-Bangkok bisa sih.

      Delete
    2. waah .. kapan2 di coba aja mas, hehe.. nnti reviewnya d update lagi deh disini xD

      Delete
  19. Kak, untuk kereta antar negara Eropa sendiri biasanya tiket bisa di booking 3 bulan sebelumnya apa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung rutenya sih. Beberapa rute ada yang 3 bulan sebelum udah bisa, tapi ada yang 2 bulan baru bisa. Cek seat61.com aja karena info di sana akurat menurut pengalaman saya.

      Delete
  20. Fyi, Turkish airlines juga ada pilihan reservasi tiket kok. Nanti pas mau bayar tinggal pilih opsi 'Pay later".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rini,
      Waah terima kasih infonya. Akan saya coba cek ya!

      Delete
    2. Aaaakk thank youuu Riniii.. Such a nice info.. :*

      Dear Eky,

      Thanks yaa buat semua info yang udah kamu share di blog ini..
      Informatif sekali menurut saya :D

      FYI, I've read all your post hahaha (sombong) :D


      Regards,

      Suci
      the silent reader

      Delete
    3. Halo Suci,
      Horee seneng kalo ada silent reader yang muncul di comment gini :D
      Terima kasih juga Suci udah mau baca semua tulisan sayaa. Btw ini beneran? Kayaknya beberapa post lama saya nggak pernah saya baca setelah tulisannya di publish :))

      Asiik mau urus visa kemana nih butuh info dummy booking Turkish Airlines :p Good luck ya ngurus visa-nya, semoga granted!

      Delete
    4. wah barusan lagi buka2 turkish lalu liat ada komen ini disini, mau nanya nih Refky sama Suci, klo misal gw buat reservasi dari turkish trs itu berlaku brp hari ya ? setelah tenggat waktu itu habis tiket langsung hangus atau kita kena biaya apa gt?

      thx ya respon nya

      Delete
    5. Hi Mouliza,
      Untuk masa berlaku saya sebenenrya kurang tau, mungkin nanti Suci bisa bantu jawab. Tapi untuk pertanyaan kedua, menurut saya sih akan hangus.

      Delete
    6. hai refky, nanya lagi dong, bukti reservasinya itu gmn ya waktu dulu, kmrn soalnya udh coba buat reservasi di TA nih, tp klo garuda kan klo ga salah ada opsi pdf reservasi ya, nah klo aku ga salah kmrn ga liat opsi itu waktu di TA, atau bisa kyk kirim capture page itu yang menunjukkan reservasi kita? thx a lot

      Delete
    7. Hi Mouliza,

      Saya nggak pake Turkish Airlines waktu itu bikinnya. Dan iya, mereka nggak ada PDF kecuali pesenan yang udah confirmed. Sepertinya nggak masalah kamu di page reservasinya terus print page tersebut (nggak perlu jadi PDF).

      Delete
  21. hi mas. kalau seandainya (dummy) booking pesawatnya tercancel via email sejam setelah interview bisa ngaruh diapprove nya visanya ga ya?
    saya pakai asiatravel.com, pakai pilih pembayaran transfer local bank.. durasi 1x24jam (saya beli sehari sblmnya).
    saya pakai visa sponsor kunjungan teman, kebangsaan Belgia. saya galau.. hehe nekad pula..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo,
      Sepertinya nggak masalah kok. Adek saya kemarin dummy-nya cuma bertahan 2 hari tapi visanya baru keluar dalam 14 hari tapi tetep granted. Wah ternyata AsiaTravel ada cara lainnya untuk buat dummy bookingnya. Thanks infonya :D

      Anyway, good luck ya semoga granted visanya!

      Delete
    2. hii..
      thanks infonya.
      hari ini bru ambil paspor..ternyata ga ada masalah.. ahahaakirnya.. granted! #jingkrak2. pengajuan awal cma 15hari, dikasihnya 90hri. manstab dah.

      oiya, pilihan di asiatravel local bank, kmrn saya booking KL-AMS.. bukan JKT-AMS..

      udah gt, saya buat form tambahan itinerary sendiri (ketikan) dan ehh baru sadar, ternyata itin-nya JKT-AMS.. beda keterangan sama tiket yg dibooking.. #kacaunekad

      sip thanks buat blog nya, helpful bgt.. sukses ya.

      Delete
    3. Horeee! Selamat liburan di Eropa yaaak!
      Dikasih 90 hari supaya bisa lamaan di Eropa tuuh :))

      Delete
  22. Hai mas refky aku mau tanya, aku mau ajuin visa schengen kl dummy booking transportasi antara negara eropa nya gmana ya caranya?bs atau tdk ya? Rute nya amsterdam -berlin-lalu kluar schengen msk ke UK lalu msk lg ke berlin...makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Inndah,
      Saya pernah baca ada yang bikin dummy booking tiket antarnegara pake EuroByTrain, tapi kurang tau juga detilnya gimana. Sekarang butuh reservasi tiket antarnegara ya? Soalnya adek saya 1 bulan lalu masukin dokumen nggak pake reservasi antarnegara dan tetep granted.

      Delete
  23. Aku baru mau interview sm masukin dokumen tgl 18 nanti di kedutaan belanda, oh jd ngga pk ya? Aku kira printout booking tiket udh termasuk bookingan tiket transportasi slama kita di sana,jd ngga ush ya? Hanya tiket dr indo ke amsterdamnya aja? Makasih ya info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu (Oct 2014) sih saya nggak ngelampirin tiket antarkota. Tapi ada baiknya kamu cek ke kedutaannya, siapa tau sekarang udah ada perubahan persyaratan. Info-info di sini ya kalo ternyata emang ada perubahan, hehe. Good luck ngurus visanya!

      Delete
  24. woo itu smacam pesen tiket pesawat nline ya :D seru kayaknya dan lbh gamang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, jadi mudah banget karena bisa buatnya dari rumah :D

      Delete
    2. wah mantab nih kalo d rumah juga bisa biki,, ^^ jadi gk susah2 lagi nnti :3

      Delete
  25. Halo Refky, mau nanya mengenai update dari 1 desembernya terkait opsi pembayaran di kantor, berarti udah nggak bisa buat dummy booking lagi yah? :( kalau minta reservasi ke travel agent offline itu gimana caranya? *maaf masih orang baru hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Alfia,
      Yep sayang sekali banyak web yang dulu punya opsi bayar di kantor sekarang udah nggak ada pilihannya. Saya sendiri belum pernah minta ke offline agent sih, tapi kata orang tinggal dateng ke mereka terus minta bikinin itinerary pesawat yang nggak perlu dibayar dulu.

      Delete
    2. Oke deh kl gitu, mungkin harus coba ke travel agent nih, makasih yaaa :D

      Delete
  26. Hai Eky,

    Aku dah coba bikin dummy ticket di asiatravel dan berhasil, opsinya sekarang bayarnya transfer bank nanti mereka kirim email ke kita gitu, btw thanks loh info dummy ticketnya klo ga ada blog ini pasti udah aku confirm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kamila,

      Yay! Glad to help :) Anyway, boleh tau yang kamu print email dari Asia Travel atau kamu dapet kode reservasinya juga untuk di manage booking di web airlines? Udah lama nggak nyobain Asia Travel lagi nih jadi nggak tau gimana kabarnya sekarang :))

      Delete
    2. Hi Eky dan Kamila,

      saya mau tanya, kok saya coba bikin dummy ticket dari asiatravel gak ada opsi bayarnya transfer bank ya? saya bingung mau buat dummynya

      terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. Hi Hulahula,

      Iya AsiaTravel sejak tahun lalu udah nggak ada opsi transfer dan in person :(

      Delete
  27. hai mas Eky,

    Sy mau bikin visa France tp berhubung visa belum tentu di approve maka sy mau pake dummy booking itu utk tiket pesawatnya. Nah, kan mau bikinnya lewat TLScontact terus TLScontact meminta tiket perjalanan pulang pergi dari Indonesia (fotokopi). Pertanyaannya, apa boleh pas dtg kesana membawa dummy booking itu atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Iya kamu bawa dummy booking dulu aja. Nggak usah dibayar dulu karena mereka juga nggak mengharuskan udah beli tiket.

      Good luck ngurus visanya ya :)

      Delete
  28. Saya baru saja cek asiatravel.com
    sudah tidak ada pilihan "in person" lagi di website tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi NickNitro,
      Seperti yang sudah saya tulis di bagian update di awal post, sejak akhir tahun lalu sudah tidak ada pilihan "In Person" di AsiaTravel untuk keberangkatan dari Jakarta.

      Delete
  29. Hi semua,

    Mau nambah info buat yang butuh buat dummy ticket, bisa lewat Qatar Airways,
    saya sudah coba dan bisa, dummy ticket berlaku untuk 2 hari. semoga apply visa schengen saya diterima, dan teman teman yang akan mengajukan juga diterima.
    *selain Qatar Airways bisa juga turkish airlines

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Hulahula,
      Waahh dapet 2 maskapai baru nih yang bisa dijadiin tempat dummy :))
      Thanks ya infonya dan good luck dengan visa Schengen-nya. Semoga granted yaa :D

      Delete
  30. Saya pernah coba booking tiket di traveloka dr jkt-ibiza(spain) pake KLM..tp batas waktu transfernya cm 1,5jam aja.
    udh coba langsung ke web KLM nya..dan bisa ternyata.pilihan opsinya byk.ada yg bisa transfer tunai,internet banking,credit card,juga bayar langsung di office nya.saya coba pilih yg transfer tunai dikasih waktu 3hari.

    ReplyDelete
  31. Buat masalah tabungan kalo gak sampe 25 juta bisa gak yaa??, tapi cukup untuk selama trip dan biaya perhari sesuai ketentuan kedutaan. ada sih lebih tapi gak bgitu banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hardi, ini untuk visa apa ya? 25 juta untuk Jepang, Korea, Schengen (Eropa) should be fine sepertinya.

      Delete
  32. Mas refky saya mau tanya,saya punya pengalaman visa saya ditolak waktu januari 2016 kmrn untuk keaustralia,apakah itu berpengaruh terhadap visa saya kedepannya ?rencana dibulan mei saya ingin mengajukan visa lagi ,mohon pencerahannya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rizki,
      Kalo kondisi kamu sudah berbeda dengan saat ditolak waktu itu sepertinya nggak masalah. Kondisi berbeda ini maksudnya kamu lebih bisa meyakinkan kedutaan kalo kamu akan kembali ke Indonesia. Good luck ya!

      Delete
  33. Sekarang udah gabisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup too bad sekarang Asia Travel sudah tidak bisa digunakan untuk dummy booking :(

      Delete
  34. Mas mau nanya? Dummy booking itu sama gak dg booking tiket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Dummy booking itu booking tiket yang nggak dibayar. Kalo udah dibayar namanya issued ticket.

      Delete
  35. Saya sangat tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan tentang website yang membantu melakukan reservasi hotel yang bisa anda kunjungi di Pariwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Heti,
      Terima kasih sudah tertarik dengan tulisan saya :)

      Delete
  36. haloo.... makasih banyak atas info diblognya. kami rencana mau liburan ke eropa dan saat ini blm tau kalan waktu yg pas utk kesana, ada saran bulan apa? trus boleh ksh info gmn caranya kl saat ini mau ajukan visa berhubungan katanya gak bs buat dummy tiket lg. dan apakah susah dapetin visa shengen? bolehkah saya minta itinerary perjalanan ke eropanya dikirim ke email sy yennisuryani@yahoo.com. makasih banyak kl berkenan. thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yenni, semoga bisa membantu ya tulisan saya :)

      Hmm tergantung kamu sukanya apa sih. Tapi saya saranin spring aja deh (April-Mei), udaranya enak karena lagi transisi abis musim dingin sebelum musim panas. Visa Schengen nggak susah kok dapetnya, asal peryaratannya lengkap dan meyakinkan. Itinerary saya nggak ada yang lengkap nih, tapi beberapa sudah dipost di blog ini, jadi mungkin bisa dicari. Happy holiday!

      Delete
  37. Hallo, nice info, aku rencana mau ke usa Juli (2 bulan lagi), mau urus visa juga, boleh minta contoh itinerary kamu ? bisa kirim ke juliana031013@gmail.com
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Jeje,

      Wah saya belum pernah ke USA jadi nggak pernah bikin itinerary apalagi urus visa :(

      Delete
  38. eh klo booking dummy lewat qatar tulisannya on hold bukan confirm statusnya
    nah itu apa bisa dipakai???

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Should be ok kok, karena mereka nggak mengharuskan tiketnya sudah issued. Jadi sepertinya mereka cuma mau tau kamu rencana masuk dan keluar Eropa-nya tanggal berapa.

      Delete
  39. Hi eky, saya lagi mau apply visa USA krna ada plan mau kesana bulan agustus. Semua dokumen in shaa Allah tapi last minute dpt info klo better lampirin booking ticket gitu biar bisa meyakinkan mereka kalo kita kesana cuma jalan2 dong dan banal balik ke Indonesia. Nah saya stuck di dummy ticket dan finally ketemu blognya ma's eky. Mau tanya dong dpt dummy ticket gimana sih? Udah cari di Asia travel Dan Emirates tetep ga bisa klo depart dari Kuala lumpur trus gimana dong???

    Please advice, thanks

    Regards
    Meita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Meita,

      Untuk buat dummy ticket bisa dicoba di webnya Turkish Airlines yaa.

      Delete
  40. Halo mas Eky.
    mohon info apakah petugas imigrasi negara yang kita masuki/kunjungi menanyakan ticket pulang atau keluar negara Schengen,serta apakah bukti booking hotel juga ditanyakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo tasman,

      Ini sepertinya tergantung petugas imigrasinya. Saya 3x lewat imigrasi Schengen, 1x ditanya bukti penginapan dan tiket keluar Eropa sementara 2x lainnya langsung cap aja. Better be prepared aja tapi yaa.

      Delete
  41. halo! I really enjoy reading your blog (and of course I learn many things from it) :) gue niat tour ke eropa akhir tahun ini, tapi cuma punya waktu 2 minggu. Bingung buat pilih destinasinya karena awam banget tentang eropa. bingung juga soal itinerarynya. boleh saranin gak enaknya ke negara apa? Thanks! Gotta wait for your every new posts! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Deaz, so glad you enjoyed reading my blog :D

      Hmm agak open ended banget pertanyaannya, karena tergantung selera kamu. First timer kah? Kalo iya mungkin bisa dicoba Belanda-Jerman-Belgia-Perancis-Italia. Kalo ada waktu lebih bisa ditambah Swiss juga.

      Delete
  42. mas refky,
    besok saya mau appointment ke vfs global, tempat buat visa utk schengen countries.
    baru nyadaar saya belum buat foto :(
    di kedutaan gitu nyediain gak sih tempat foto?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ferdi,

      Beberapa hari lalu saya sempet baca blog dan katanya di VFS lantai Australia/NZ/UK ada jasa foto langsung jadi. Mungkin bisa dicek dulu di lantai Schengen ada atau nggak, kalo nggak ada bisa ke lantai atasnya. Good luck ya!

      Delete
  43. Keren udah bolakbalik k LN :D
    Saran tempat honeymoon yang bagus dong kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu dan pasangansukanya yang kayak apa?

      Kalo pantai-pantai gitu saya mau saranin Bora-Bora karena wooooow sekali haha.

      Delete
  44. Hi refky, salam kenal, gw ada planing ke swiss bulan september, inih gw lagi kumpulin smua dokumen, rencana senin gw udh kasi semua dokumen ke agent,,, kira2 bisa dan di approve ga ya visa nya klo apply 3 mingguan sebelum rencana kbrangkatan?? D tunggu replynya a.s.a.p yaa,,Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rissa,

      Kalo lancar proses pembuatan visa hanya 5 hari kerja kok. Jadi 3 minggu sebelum berangkat itu sudah cukup, walaupun pasti deg-degan nunggunya. Good luck ya and have fun in Switzerland!

      Delete
  45. Hallo salam kenal, kalo dummy utk booking hotel ada ga? sama ada contoh iternary ga? sy berangkat dr amsterdam thx ditunggu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Metta,

      Untuk dummy hotel bisa pesen di booking.com dan cari hotel yang punya policy free cancellation, pay later. Saya selalu pakai cara seperti itu soalnya.

      Delete
  46. wah makasih Kak :D jadi lebih mudah kalau mau ngrencanain trip ke luar

    ReplyDelete
  47. hi, Refky. Saya coba buka di www.asiatravel.com tapi kok saat pilihan pembayaran nya hanya memberikan opsi menggunakan credit card ya.
    Apa saya salah masuk web Haha.
    Mohon bantuannya ya
    Thanks

    ReplyDelete
  48. wah ini postingan yang paling berguna banget bua Babang, setelah sekian lama baca-baca di blog lain. makasi banyak dah share 👍

    ReplyDelete