Tuesday, October 28, 2014

Thailand: Bangkok Day 2

Wat Pho, Bangkok, Thailand

Flight to Bangkok
Pattaya
Bangkok Day 1 (and early day 2)
Bangkok Day 2

Mari melanjutkan cerita tentang Bangkok!
Potongan awal cerita hari kedua di Bangkok bisa dibaca di sini.

Setelah sekiranya puas mengelilingi Grand Palace dan ngaso sebentar, kami melanjutkan perjalanan ke Wat Pho dan Wat Arun. Wat Pho letaknya nggak jauh dari Grand Palace, sementara Wat Arun terletak di seberang sungai Chao Phraya. Dari Grand Palace ke Wat Pho, kami jalan kaki dari exit belakang dan ternyata jalannya jauhhhh! Semacem mengelilingi sisi luar Grand Palace gitu jadinya. Kalau bisa keluar GP dari deket pintu masuk, kayaknya jalan ke Wat Pho nya bakal lebih deket.

10 menit jalan ditengah teriknya Bangkok, akhirnya kami sampai di Wat Pho. Buat masuk per orangnya dikenai biaya tiket sebesar 100 Bath. Begitu masuk, kami linglung dulu karena nggak tau mau kemana. Ke Wat Pho cuma mau nyari Reclining Buddha yang guedeee banget tapi nggak langsung nemu. Setelah sedikit nyasar sambil liat-liat Wat Pho bagian yang lain, kami sampai juga di ruangan yang isinya Reclining Buddha. Buat masuk, alas kaki harus dilepas. Tapi tenang, udah disediain kok plastiknya jadi tinggal copot alas kaki aja.
Wat Pho

Wat Pho

Wat Pho

Nggak jauh berbeda dengan Grand Palace, Wat Pho juga rame sama turis asing. Jadi harus nunggu buat foto dengan latar belakang patung Buddha.
Yihaw!

Harus diakui, patung Buddha yang ini guedeee banget. Tapi emang eggak segede yang di Ngong Ping Hong Kong sih (yaiyalah orang ini indoor). Warna patung Buddhanya emas, kurang tau tapi emas beneran atau cat aja.
Reclining Buddha

Setelah puas karena udah melihat Reclining Buddha secara langsung, kami istirahat dulu sebelum akhirnya jalan lagi buat menuju Wat Arun. Untuk ke Wat Arun, kami mencari pier tempat turun sewaktu berangkat. Di sana nanti ada tulisannya, mana boat yang ke Saphan Taksin, mana boat yang nyebrang doang ke Wat Arun. Dari piernya juga udah keliatan kok Wat Arunnya.
Wat Arun from the distance

Untuk nyebrang, per orangnya bayar 3 Bath. Sesampainya di Wat Arun, lagi-lagi kami bingung mau ngapain. Kami berdua emang bukan tipe orang yang suka wisata budaya gitu sih, jadi selalu bingung “mau ngapain nih disini”. Nggak cuma di Bangkok aja, waktu kami beruda ke Seoul dan mengunjungi banyak temple dan menjadi main attraction-nya Seoul, adek gue kebanyakan menggerutu “Ngapain sih lama-lama disini?!”
Wat Arun

Jadi kami mengikuti kemana turis lain berjalan. Karena melihat keramaian turis-turis yang menaiki suatu kuil, kami ikutan. Tangga di kuilnya cukup curam.
Climb!

Sesampainya di atas, kami bisa melihat pemandangan kota Bangkok dari jauh. Lumayan baguuus!
Bangkok

Setelah bosan di Wat Arun, kami memutuskan untuk menyudahkan kunjungan ke tiga kuil terkenal di Bangkok tersebut. Akhirnya kami nyebrang dulu ke pier utama (pier 8, if i’m not mistaken) baru kemudian menunggu orange-flagged boat menuju pier Saphan Taksin. Ngomong-ngomong, dengan ajaibnya pas di kapal pulang ini kami nggak dimintain ongkos loh sama kondekturnya! Lumayan lah hemat 30 Bath buat berdua...

Berhubung tujuan hari ini sudah dipenuhi semuanya, kami bingung mau kemana. Daripada lenje-lenje di hotel doang, kami memutuskan untuk main ke mall-mall di Bangkok. Bangkok ini terkenal sebagai surga belanja, jadi banyak banget pusat perbelanjaan mulai dari yang murah sampe mahal. Contohnya, di daerah Siam ada perempatan besar yang di keempat sisinya ada mall!
Central World, Bangkok

Kami memilih untuk masuk ke Central World. Disana kami berujung liat-liat doang karena harganya nggak jauh beda sama di Jakarta. Setelah itu kami jalan ke Platinum Mall di daerah Pratunam. Jalan kaki aja kok. Nggak begitu deket sih, tapi banyak orang yang jalan kaki juga jadi diikutin aja deh.

Platinum Mall ini kurang lebih mirip sama ITC kalo di Indonesia. Barang yang dijual juga nggak beda jauh, mulai dari pakaian, perabot, printil-printil rumah, dan sebagainya. Bedanya, harga disini jauh lebih murah. Nggak heran kalo kondisinya penuh dan banyak liat orang bawa koper. Kayaknya sih beli banyak di sini buat dijual di kampung halamannya. Kami memutuskan untuk makan siang disini, dan tentu saja makannya di McDonalds :p 109 Bath udah dapet paket yang isinya 2 ayam, 1 kentang, dan 1 coke.

Karena kurang puas dengan Platinum, kami jalan lagi ke Pratunam Market yang letaknya di seberang Platinum Mall. Kalau Platinum suasananya modern dan ber-AC, Pratunam ini layaknya pasar di Indonesia. Disini kami belanja oleh-oleh, karena barang titipan belom dibeli semua pas di Chatuchak kemarin. Lumayan lah dengan harga yang miring bisa dapet banyak oleh-oleh.

Nggak kerasa hari sudah sore. Tapi panasnya Bangkok masih belom berkurang. Karena itu kami memutuskan untuk pulang buat mandi dan istirahat.
Sunset in Bangkok

Setelah maghrib baru kami keluar lagi buat makan malem di… KFC :p dengan 144 Bath udah dapet 2 porsi spicy roasted chicken rice (yang rasa nasinya masih sama anehnya dengan yang di Pattaya), 1 Pepsi large, dan 1 ice cream cone. Lumayaan!

Selesai makan, kami penasaran sama MRT di Bangkok. Udah 2 hari ini selalu naik BTS, belom pernah coba MRT. BTS dan MRT ini sama-sama transportasi umum di Bangkok. Bedanya, BTS ada di atas jalan raya, sementara MRT adanya di bawah jalan raya (underground). Untungnya stasiun Asok yang ada di deket hotel merupakan stasiun besar dimana menjadi tempat interchange MRT dan BTS. Waktu itu gue kagum banget karena letak MRT yang underground, maka buat ke platform keretanya harus turun naik eskalator yang cukup jauh.
Going under

MRT Station

Dengan 20 Bath per orang untuk naik MRT 1 stasiun doang, kami akhirnya nyobain MRT untuk pertama kalinya!
MRT platform

Satu stasiun kemudian, kami nyampe dan langsung beli tiket buat baliknya lagi. Udah gitu doang asal nyobain aja.
Sampe foto di tempat beli tiket :')

Puas bernorak-norak ria abis naik MRT, kami ke 7-Eleven terdekat buat beli roti, snack, dan minum buat sarapan besok. Kemudian pulang dan istirahat karena besok mau main ke Madame Tussauds!

Expense Bangkok Day 2 (untuk berdua)
Item THB IDR (1 THB = Rp 318)
BTS Asok-Saphan Taksin 80  IDR25,440
Boat Central Pier-Grand Palace 30  IDR9,540
Boat Grand Palace-Wat Arun PP 12  IDR3,816
Boat Grand Palace-Central Pier GRATIS :p  IDR-
BTS Saphan Taksin-Chid Lom 60  IDR19,080
BTS Chid Lom-Asok 40  IDR12,720
Grand Palace 1000  IDR318,000
Wat Pho 200  IDR63,600
Wat Arun 100  IDR31,800
Lunch McDonald's 109  IDR34,662
Dinner KFC 144  IDR45,792
MRT PP 80  IDR25,440
Breakfast 7-Eleven 81  IDR25,758
TOTAL  IDR615,648

No comments:

Post a Comment