Wednesday, April 16, 2014

Traveling in Winter

Perjalanan ke China kemaren adalah pertama kalinya ngerasain winter. Sebagai manusia tropis, pastinya gue excited banget buat ngerasain winter. Udah ngebayangin bisa liat dan megang-megang salju. Walaupun awalnya sempet takut kedinginan dan segala macem, tapi mau nggak mau the trip must go on karena tiketnya udah dibeli.

Why Beijing? Dari negara-negara di Asia, gue milih Beijing karena udah ke Seoul dan pengen liat Great Wall. Setelah googling juga ketauan kalo Beijing selalu paling dingin dibanding Seoul dan Tokyo serta selalu mulai turun salju duluan. Sebulan sebelom berangkat udah mulai rajin ngecek forecast dan sedih pas tau Beijing belom turun salju padahal udah mid-December. Makin sedih lagi pas tau kalo prediksinya salju di Beijing bakal telat dari biasanya. Pas H-4 sempet ada berita hujan salju kecil di Beijing, tapi hari berikutnya udah nggak ada salju-saljuan lagi. Sedih sih, tapi nggak boleh putus asa. Siapa tau pas hari dimana gue sampe di Beijing adalah hari pertama salju. Eh ternyata enggak. 2 hari di Beijing dan 1 hari di Shanghai nggak ada salju sama sekali. Salju pertama ternyata baru turun di bulan Februari. Jadi winteran disana cuma dapet dinginnya doang, belom resmi winteran karena belom liat dan pegang salju. Maybe next time deeh. Ngerasain dingin yang terlalu udah pengalaman baru sih sebenernya. Di Beijing, suhu terdingin yang gue tau adalah -6ºC pas baru nyampe di hostel dan mau pamer instagram pake InstaWeather. Suhu terpanas yang gue liat itu 4 derajat Celcius, sekitar jam 2-3 sore. Di Shanghai lebih mending, suhunya di kisaran 7-11ºC. Mendingnya juga jauh lebih dingin dari terdinginnya Bandung ya..
#InstaWeather #Cold #FreakinCold #Beijing #WhereIsTheSnow #Shivering

Ini beberapa pelajaran dari trip kemaren:
1. ANGINNYA ITU LHO
Suhu udah dingin banget, bahkan sampe di bawah titik beku. TERUS DITAMBAH ANGIN! Pengaruh angin ini namanya wind chill (alhamdulillah belajar di FT ada sedikit yang nempel). Wind chill ini suhu yang dirasakan sebenernya akibat angin. Kalo di aplikasi weather gitu, suhu karena wind chill ini yang disebut "Feels like". Nggak ngerti ya? Yaudah.. Hari pertama dateng gue langsung ke Great Wall. Disana anginnya keterlaluan banget kencengnya. Gue rasa -4ºC dikenain angin sekenceng itu "feels like" -20ºC. Gue sampe sempet beberapa kali bergumam "YA ALLAH DINGIN BANGET DISINI YANG ANGET DIMANA SIH? NGGAK ADA? PENGEN PULANG AJAAA" saking nggak tahannya sama angin.

2. Bawa handuk kecil atau saputangan
Gue nggak pernah baca sebelomnya kalo suhu dingin bikin idung meler ingusan. Jadi pas nyampe Great Wall idung udah meler nggak kekontrol. Gue juga bingung kenapa malah ingusan. Kan logikanya aturan malah beku dong ya ingus kalo ketemu suhu dingin (pikiran cetek). Jadi gloves berubah menjadi pengganti sapu tangan buat ngelap. Karena lagi kecapekan jalan dan kombinasi angin, sarung tangan yang gue pake buat ngelap dan ditaro seadanya di kantong bisa ilang. Gue traced tapi nggak ketemu. Nggak mungkin juga sih ada orang ngambil sarung tangan sebelah doang.
tinggal sebelah


3. Longjohn saved the whole trip (or at least when in China)
Kalo traveling pas winter tentu aja diperhatiin banget apa yang mau dipake. Winter coat/jacket, sarung tangan, shawl, kaos kaki tebel, sama baju berlapis-lapis. Tapi jangan lupa pake long john. Long john ini semacem daleman yang dijual paketan atasan sama bawahan. Long john ini ukurannya harus fit sama badan biar fungsinya (nahan dinging) dapat bekerja secara maksimal. Long john bisa dibeli di toko-toko yang jual winter outfit, harganya 100-200ribu buat yang merk China. Jadi selama di Beijing-Shanghai yang suhu paling panasnya kisaran 10 derajat, long john wajib dipake. Pas nyampe Hong Kong yang suhu terdinginnya cuma 12ºC, gue gegayaan nggak pake long john. Bagian atas masih ketolong karena pake 1 long sleeve, 1 sweater, dan winter jacket yang dikancing sampe atas. Tapi bawahannya? Boxer dan jeans aja. Yea, good luck with your stupidity, Ky. Merinding aje kaki gue pas jalan. Jeans juga pas dipegang rasanya dingiiiiiiin banget. Jadi long john itu penting banget yaa. Kalo Bandung lagi dingin banget rasanya pengen pake long john juga tapi nggak lucu ya :(

4. Do not put your winter coat/jacket in your checked-in baggage
Because I did it. Jadi pas landing jam 1 pagi waktu setempat, semua orang berdiri dan 90% orang mulai pake winter jacketnya. Cuma segelintir orang doang yang nggak pake. Itu juga bule yang emang udah kebiasa sama winter. Gue bawa 1 jumper doang waktu itu. Tapi bingung jugasih kenapa udah pada make, kan di dalem airport pasti ada heater. Ternyata masalahnya bukan pas di dalem airport, tapi pas jalan di garbarata. pas keluar pesawat dan lewat garbarata… ASTAGHFIRULLAH KENAPA DINGINNYA MASUK KESINI?! Dingin bener lha, suer. Gue jalan udah kaya orang kesetanan di garbarata, biar nyampe dalem airport lebih cepet. Di depan gue ada bule cuma pake kaos sama shorts doang, ternyata dia kedinginan juga. Pret makanya jangan sok tahan dingin!

5. Lip balm?
Abis nanya-nanya sama Manda, akhirnya diputusin buat beli body lotion sama lip balm karena pas winter, kelembapannya tuh bakal rendah banget (jadi kering banget) dan bisa bikin kulit&bibir kering dan parahnya bisa bikin perih. Ngomong-ngomong, baca deh chat bego tentang kapan make body lotionnya:
pikir aje ndiri, Ky

Nggak cuma winter sih kayaknya yang bikin kulit kering, summer yang extreme juga bisa bikin kering. Waktu umroh dulu, bibir gue kering banget sampe akhirnya pecah-pecah dan jadi perih. Jadilah gue ke toko obat beli body lotion sama lip balm. Body lotionnya dapet, tapi lip balmnya nggak. Nggak rela aja ngeluarin 150-200ribu buat lip balm, padahal dibayarin mama. Di Beijing-Shanghai, gue nggak pake body lotion sama sekali karena males. Tapi entah kenapa kulitnya nggak kering sama sekali. Lip balmnya diganti sama lidah sendiri aja, jadi pas jalan suka jilat-jilat bibir (jangan dibayangin) buat ngebasahin. Tapi percuma sih, jalan 3 langkah kena angin juga langsung kering lagi. But aal iz well. Sampe akhirnya gue tiba di Hong Kong dan bibir mulai perih. Makanan pertama gue di HK kemaren adalah Big Mac-nya McD. Tebel banget kan tuh. Pas mangap biar Big Mac-nya muat masuk ke mulut langsung perih banget bibirnya. Pinggiran bibirnya itulah yang perih. Sampe pulang ke Jakarta juga masih ada perihnya. Jadi lip balm harus dibawa ya pas winteran!

6. Cari info baterai gadget yang mau dibawa
iPhone — berdasarkan hasil googling — punya rentang temperatur kerja dari 0 sampe 35ºC. Nah terus gimana kalo dibawa ke suhu minus? Gue googling tapi nggak dapet jawaban yang pasti; ada yang bilang bisa dipake, ada yang bilang mati. Makanya gue bawa digital camera buat jaga-jaga kalo iPhone mati. Masa nanti nggak bisa foto-foto?! Turis banget ya pikiran gue. Pas disana, i found out the hard way that kalo dipaksain di suhu dingin dalem waktu lama, iPhone bakal mati kaya keabisan batre. Pas pertama kali ngerasain juga lumayan shock sih, tapi untungnya udah bawa digicam jadi pake digicam dulu sambil nungguin iPhone "menghangat". Biasanya nunggu 10-20 menit sampe bisa dinyalain lagi. Masalah ini kayaknya muncul juga karena batere hp gue yang udah mulai uzur, jadi kalo hpnya baru mungkin nggak kenapa-kenapa kalo dibawa pas winter.

Masalah gara-gara ini baru muncul pas di Shanghai. Udah nemu mangsa buat dimintain tolong fotoin, pas ngasih hp dan dia mau jepret.. mati hpnya. Yaudah deh gue bilang makasih dan nunggu dulu sampe iPhone nyala. Kenapa nggak pake digicam? Digicam gue harus ditreatment dulu sebelom dipake biar nggak burem, jadinya daripada ribet mending pake hp. Pas nyala, gue cari mangsa baru. Alhamdulillah yang ini lancar, bahkan sampe si ibu nawarin foto berkali-kali. Sampe akhirnya dia ngomong "why is this dark?" Terus gue cuma senyum dan bilang "my phone is error, thank you very much for your help". Jadi daripada garing, mending bawa gadget serep ya!

7. Heater in hostel?
Waktu itu manda ngasih tau kalo hostelnya di Seoul ada heater. Terus gue nggak terlalu merhatiin hostel di Beijing kemaren. Asal murah, lokasi bagus, dan rating tinggi (ini kriteria dream hostelnya orang kere cem gue), jadi langsung booking aja tanpa merhatiin. Pas pertama kalinya masuk gedung hostel buat check-in, langsung berasa temperatur ruangan aja padahal di luar dinginnya dahsyat. Di kamar juga nggak berasa kaya lagi winter karena emang suhunya ya kaya suhu kamar di Bandung atau Jakarta. Bahkan sempet nyalain AC sebentar biar agak lebih adem. Gue juga seperti biasa tidur cuma pake kaos sama boxer biar adem. Bangunan lain kaya mall dan cafe juga langsung berasa suhu ruangan biasa nggak ada dinginnya sama sekali. Kenapa ya? Apa emang udah standar disana? Atau gimana? Yah nggak ngerti deh.

8. Something hot
A good hot chocolate in a cold winter day emang enak banget deh. Thanks to Starbucks karena hot chocolatenya bikin anget. Storenya juga enak; ada wi-fi dan bisa lama-lama. Lho jadi iklan gini. Tapi emang deh, lagi winter gitu minum yang anget-anget macem teh/kopi/coklat rasanya enaaak.
Hot Signature Chocolate

Hot Earl Grey Bubble Tea

Oh ya, ngingetin aja kalo buat northern hemisphere kaya Eropa, USA, Asia Timur dan sekitarnya, winter dateng pas bulan Desember-Februari. Sementara yang southern macem Australia winternya di Juni-Agustus. Jadi jangan kaya temen gue yang ngomong "ke Eropa bulan Agustus bawa baju-baju tebel gitu ya, Ky?" yaaa! The most important thing is: you have to enjoy the trip!

5 comments:

  1. hahahahah gue jadi inget waktu lagi ke HK kmrn *ga lagi winter, tapi kena basian winter (ujungnya)* bawa baju seadanya karena cek weather forecast sebelumnya 18derajat (amanlah pikir gue)
    muwhahahah pas sampe sanaaa kedinginan :)) cuma bawa rompi sama blazer *odoongg bener kan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gini kali ya penduduk negara tropis, kena basian winter (lucu bener istilahnya :p) aja masih kedinginan. Berarti harus bawa longjohn terus nih, kayaknya itu paling ampuh menahan dingin.

      Delete
  2. Waaaah, seru gan,, thanx infonya seputar china 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Hana,
      Seruu! Ikut seneng kalo tulisan saya bisa membantu kamu :)

      Delete
  3. Halo mas, tulisannya sangat membantu. BTW, saya juga mau ke beijing akhir Januari, ada rekomendasi down jacket yg bagus gak? Kalau Ultra Light Down-nya uniqlo tahan gak ya buat suhu minus di Beijing? Tergoda karena enteng dan praktis tapi saya gak yakin kemampuan di suhu minus, soalnya tipis. Thx

    ReplyDelete