Wednesday, March 9, 2016

Pengalaman Transit di Dubai International Airport (DXB)

Perjalanan saya dari Cairo ke Mumbai menggunakan Emirates mengharuskan saya untuk transit di Dubai International Airport (IATA code: DXB) yang merupakan hub atau markas Emirates. Sebagai salah satu maskapai dengan rute dan fleet yang banyak, tentunya kapasitas bandara Dubai harus menyesuaikan. Bandara ini memiliki 3 terminal, yang masing-masingnya memiliki beberapa concourse. Emirates menggunakan terminal 2 dan 3, sementara terminal 1 digunakan oleh semua maskapai selain Emirates.
Welcome to Dubai!

Nuansa sibuk bandara ini sudah terasa bahkan sebelum saya mendarat. Pesawat saya harus masuk holding pattern selama beberapa menit untuk menunggu giliran landing. Padahal waktu itu sudah lewat tengah malam loh!

Begitu mendarat, langsung berasa banget kalo bandara ini merupakan markasnya Emirates. Emirates… Emirates… Emirates planes are everywhere… Untungnya flight saya kebagian aerobridge, jadi nggak perlu naik bis untuk ke terminal. Saya selalu seneng kalo kebagian aerobridge, entah kenapa *kampungan*
Emirates are everywhere!

Saya termasuk orang yang terakhir keluar pesawat. Ngapain buru-bur, kan saya juga transitnya 20 jam. Saya jalan ikutin petunjuk untuk transit sambil cari-cari information desk. Ngapain sih nyari information desk? Buat ngambil voucher makan gratisan! Hahaha. Jadi khusus penumpang Emirates yang transit di Dubai lebih dari 4 jam, kalian berhak mendapatkan 1 voucher makan. Lumayan banget kan?
Tempat meminta voucher makan

Untuk claim voucher ini, kalian cukup setor boarding pass flight berikutnya. Berhubung saya males ambil boarding pass, jadi saya kasih HP aja yang ngeliatin flight berikutnya. Nggak masalah tuh. Karena selanjutnya petugas akan print ulang boarding pass dan ngecap kalo voucher makan udah diambil.
"Meal Voucher Issued"

Sebagai orang oportunis dan pelit, sebenernya saya pengen coba kalo kasih boarding pass lama saya ke petugas lain apa bisa dikasih voucher makan lagi. Lumayan kan dapet 2 buat sarapan sama makan malem?! Tapi berhubung saya masih tau diri jadi nggak saya lakuin. Malu juga sih kalo begitu claim untuk kedua kalinya terus petugasnya bilang “loh di sini keterangannya kamu udah claim voucher makan”.
Alhamdulillah bisa makan gratisan :')

FYI, sekarang Emirates sudah punya 3-5 daily flights dari Jakarta, Singapore, dan Kuala Lumpur. Jadi biasanya sistem mereka akan secara otomatis memilihkan penerbangan lanjutan yang waktu transitnya paling singkat. Waktu itu saya sengaja pilih yang transit lama supaya bisa sekalian jalan-jalan di Dubai. Kalo ternyata waktu transit kalian cuma sebentar, yang harus dilakukan begitu keluar pesawat adalah mencari petunjuk “TRANSIT”. Selanjutnya kalian akan menjalani security check. Kalau udah, kalian bisa ke gate penerbangan selanjutnya untuk menunggu boarding.

Setelah dapet voucher makan, saya jalan untuk mencari tempat duduk supaya bisa istirahat. Karena paginya berencana untuk keliling Dubai, saya sempet bingung mau tidur di airside (sebelum imigrasi) atau landside (setelah imigrasi). Iye sedih banget maapin nggak hotel sebagai pilihan tidurnya ☹ Akhirnya saya mutusin untuk di airside aja karena takutnya di landside nggak ada tempat tidur terus malah diusir keluar bandara sama petugasnya.

Di sepanjang perjalanan mencari kursi kosong, saya ngeliat buanyak banget toko di kanan dan kiri. Masih belum puas juga, di tengah juga berderet stall jualan mulai dari duty free, gadget, kosmetik, money changer, dan sebagainya. Udah jam 1 pagi loh!

Walaupun kursi di bandara ini bertebaran dimana-mana, tapi karena rame jadi tetep aja penuh. Setelah cari ke tempat yang agak jauh dari gate-gate akhirnya saya nemu kursi. Alhamdulillah! Oh ya, bandara ini sadar kali ya penumpangnya banyak yang transit lama jadi ada 2 macam kursi: kursi biasa dan kursi yang ada tempat buat kakinya (gatau istilahnya apa..) Saya sendiri pilih yang jenis kedua supaya tidurnya lebih nyaman. Walaupun nyaman, kekurangannya adalah nggak ada colokan di deketnya. Untungnya di pesawat tadi hp dan powerbank udah di-charge full muahahaha untung nggak konslet pesawatnya *amit-amit*
Kursi yang bisa digunakan untuk tidur dengan nyaman (walaupun tipis bener)

Udah duduk, udah selonjoran, saatnya cari wifi untuk ngabarin keluarga. Bandara ini menyediakan fasilitas wifi gratis. Sayangnya, gratisnya cuma 30 menit pertama. Selanjutnya kalo mau pake wifi harus bayar USD 4.95 per jam.
Halaman complimentary wifi

Untungnya, saya sempet baca tips untuk mengakali complimentary wifi 30 menit. Dengan cara ini kalian bisa pake wifi selama transit di bandara Dubai tanpa batasan waktu. Siapa tau 30 menit nggak cukup untuk mengabari keluarga kan ya. Begini tahapannya:
  1. Awalnya kalian pake aja seperti biasanya wifinya (pilih network, buka browser, tap “Get Online Now!”).
  2. Setelah 30 menit koneksi pasti akan terputus
  3. Matikan wifi
  4. Selanjutnya buka browser, lalu nyalakan PRIVATE BROWSING
  5. Nyalain wifinya, terus browser kalian akan nge-load halaman login seperti di tahap 1
  6. Tap “Get Online Now!”
  7. Voila! Wifi akan kembali berjalan untuk 30 menit selanjutnya.
Terima kasih untuk orang yang share info ini!

Beberapa jam kemudian saya bangun dari tidur. Niatnya mau bangun jam 5 untuk makan buffet, tapi apa daya ternyata saya bablas dan baru bangun jam 6 lewat. Berhubung ini mau cerita tentang transit di Dubai, jadi cerita setelah ini di skip dulu. Mari fast forward ke sore hari dimana saya kembali ke bandara setelah setengah hari jalan-jalan di Dubai.

Setelah kembali di airside bandara Dubai, saya ada beberapa hal yang harus saya lakukan: tuker voucher makan dan tuker sisa uang Dirham. Untuk tuker uang, di bandara ini ada beberapa money changer. Sebagai orang irit, tentu aja saya ngebandingin semuanya dulu (bener-bener ya…). Ternyata ketiganya punya rate yang mirip. Saya nukerin sisa dirham ke rupee buat pegangan di India (yang akhirnya abis juga di-“rampas” supir tuk-tuk di Mumbai… sial!). Berhubung waktu itu saya nuker dikit banget – kayaknya nggak sampe Rp100.000 deh kalo di rupiah-in – saya pake nanya dulu ke petugasnya “saya nuker dirham dikit banget nih, boleh kan?” dan untungnya boleh. Oh ya, nuker uang di sini nggak ada commission fee, jadi buat orang perhitungan nggak perlu panik ya.

Kelar urusan nuker uang, berikutnya saya harus claim makanan gratisan. Berikut adalah pilihan restoran yang menerima voucher makan Emirates, lengkap dengan jenis makanan, pilihan makanan yang tersedia, serta lokasi restoran.
Daftar restaurant/tempat makan di bandara Dubai yang menerima meal voucher Emirates

Seperti bisa diliat, pilihannya beragam banget mulai dari fast food, Mediterranean, Japanese, French, dan yang paling menggoda tentu saja: buffet! Sepengen-pengennya saya pilih buffet, tapi beberapa jam lalu saya baru makan siang dan masih kenyang. Belum lagi nanti di pesawat dapet makanan berat. Akhirnya saya mencari restaurant yang makanannya bisa dibungkus, lumayan buat cemilan pas di India (segitu perhitungannya…).

Pilihan jatuh ke Burger King. Begitu di kasir, tinggal kasih vouchernya nanti dia akan memberikan banyak pertanyaan dan pilihan: burger atau salad? Burger-nya/salad-nya apa? Dessertnya mau apa? Minumnya mau apa? Waktu itu saya pilih blackpepper burger, kentang goreng, apple pie, dan minumnya air mineral. Kenapa air mineral? Ya benar buat bekal di India (lagi-lagi perhitungannya…). Kalo soft drink kan harus diabisin saat itu juga, jadi air mineral aja deh. Saya penasaran banget sama buffet di The Mezzanine, tapi saying belum bisa nyobain waktu itu. Maybe next time lah ya kalo transit di Dubai.
Burger King: burger, fries, apple pie, dan mineral water

Beberapa fasilitas lain di bandara Dubai:
  • Kamar mandi yang banyak dan tersebar dimana-mana. Sayang waktu itu nggak begitu bersih kayak di Changi (standar yang terlalu tinggi).
  • Tempat solat tentu saja ada, tapi kalo nggak salah di airside terminal 3 nggak begitu banyak. Saya sendiri waktu itu solatnya di landside.
  • Shower alias tempat mandi. Kalo baca di internet katanya sih ada, tapi terbatas. Saya sendiri nggak sempet ngecek waktu itu.
  • Buat yang nggak sempet nuker Dirham dan nggak mau gambling dengan rate money changer yang nggak jelas, di concourse terdapat ATM yang bisa digunakan untuk ambil uang. Lumayan bisa jajan selama transit
  • Seperti yang saya bilang di awal, masing-masing terminal di DXB ini punya beberapa concourse. Terminal 3 sendiri punya 3 concourse: A, B, dan C. Untuk pindah antar concourse, kalian bisa naik kereta (gratis!)
    Tempat menunggu kereta antar-concourse
  • Lounge. Kalo kalian naik business class atau first class-nya Emirates, kalian dapet akses ke lounge-nya. Letaknya ada di lantai 2 (1 lantai di atas gate area). Bukan cuma 1 atau 2 ruangan, tapi lounge-nya itu se-lantai 2. Jadi kebayang kan segede apa lounge-nya. Apalah saya naiknya ekonomi doang, jadi cuma bisa liatin eskalatornya aja… Kalo penasaran gimana isinya, mungkin bisa baca blognya si Ben ini (akrab bener).
All in all, Dubai Airport is a decent airport. Gede sih, tapi rame banget juga. Complimentary wifi juga cuma 30 menit. Nilai plus transit di sini adalah dapet voucher makan, itu juga kalo waktu transitnya yang lebih dari 4 jam. Btw Dubai Airport ini punya acara khusus di National Geographic loh, judulnya Ultimate Airport Dubai. Saya beberapa kali nonton yang episode transit dan pembuatan landasan baru. Keren banget kalo kalian tertarik dengan dunia aviasi!
Lobby (?) Dubai International Airport

Apakah kalian pernah transit di Dubai International Airport? Feel free to share your own experience – whether it’s a good one or not so good one! Atau mungkin bisa share info-info menarik, seperti gimana caranya masuk lounge padahal penumpang ekonomi dan nggak punya status Emirates Skywards? (Ngarep…)

111 comments:

  1. Aku pernah transit di Dubai tapi sayang nggak nyampe 4 jam, cuma transit dua jam, jadi nggak dapet voucher, bahkan nggak tau kalo ada free meal voucher. :")

    Dibanding Changi emang airportnya nggak secanggih sana, dan yang nyebelin, WiFinya waktu itu (tahun 2015 awal) rada lelet dan cuma gratis di 30 menit pertama. Belum tau caranya akalin complimentary WiFi yang cuma 30 menit itu. :"
    Makasih infonya, ya!

    Dibanding airportnya Doha, enakan transit mana, ya? Tahun ini mau pergi ke luar, tapi pilihannya naik Emirates apa Qatar, harga tiketnya juga beda tipis, jadi penasaran enakan transit di mana. Thank you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Annisa!

      Haha kalo bisa cepet dan nggak ada purpose lain emang mending jangan lama-lama sih transit :)) Setujuu, Changi is way better than Dubai in terms of amenities and convenience. Yay next time kalo transit di Dubai coba dipraktekin ya trik wifinya, semoga masih bisa diakalin :P

      Hmm that's a toughie. Kemarin di bandara Doha yang baru cuma sebentar, jadi nggak tau preference saya akan valid atau nggak. Tapi I have to say that Doha is better than Dubai. Airportnya masih baru, klimis-klimis dan megah gitu kesannya. Wifinya juga gampang connect dan unlimited. Dan nggak serame Dubai sih, jadi lebih nyaman aja. Nyari kursi buat duduk juga gampang. But, I don't think you can go wrong given the options. Have a nice holiday!

      Delete
    2. Hi Annisa & Refki!!

      mau nanya dunk... transit di dubai 2 jam untuk lanjut penerbangan ke birmingham cukup ga? takutnya telat. mohon infonya.. terimakasih

      Delete
    3. Halo Edwin,

      Sama-sama naik Emirates dan ada di 1 tiket kah? Kalo iya, transit 1 jam pun nggak akan masalah karena jika kalo (amit-amit) pesawat dari Jakarta delay, mereka akan tanggung jawab untuk anter kamu ke Birmingham.

      Delete
    4. di Doha enaksih bandaranya, cuma masih sepi aja

      Delete
    5. Saya lagi transit di Dubai. Tujuan turky.jam 23.00 tiba di Dubai airport. Untuk lanjut ke turky. Nunggu jam 5.00 soreh . Luwar biasa.. hahai

      Delete
  2. Kak Refky. Informasinya sangat berguna. Terima kasih. Saya beberapa minggu lalu transit di Dubai dan struggling dengan WiFi 30 menit itu hahaha. Ternyata bisa unlimited use ya duh gak tau ttg itu sebelumnya. Thanks banget informasinya Kak! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fan!
      Ahh too bad saya juga baru nulis infonya sekarang, padahal transitnya tahun lalu. Next time kalo transit di Dubai lagi cobain ya! Haha. Btw kamu ke Dubai? Perasaan terakhir nanya-nanya tentang Jepang. Canggih ya pergi teruss :))

      Delete
  3. Ih, aku dulu kok nggak tahu kalau transit >4 jam dapat voucher makan? Padahal dulu terbang SIN-DXB-AMS dan sengaja pilih yang kedua flight-nya pake A380 sehingga transitnya 7 jam lebih, ahahahaha.... . (Yang waktu transitnya singkat, SIN-DXBnya pake B77W). Wifinya DXB memang payah banget. Aku ingat dulu susah banget nyambungnya. Setelah nyambung pun agak pelan koneksinya, hehehe...

    Ah, tapi untuk transit masih jauh enakan DXB daripada AUH sih menurutku :P . Tapi AUH sedang bangun terminal baru kayaknya, jadi perbandinganku kemarin mungkin kurang adil, hehehe :) .

    Hihi, dulu akhirnya aku memutuskan buat nunggu di lounge-nya ketika transit 7 jam itu. Lumayan sih, aku pilih yang paket 4 jam tetapi aku tawar dan akhirnya dikasih 4 jam 50 menit, hahahaha :P .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaah sayang banget. Tapi kayaknya emang di web Emirates juga minim info ini. Barusan googling nggak nemu. Dapet infonya emang dari forum-forum semacem TripAdvisor gitusih.

      Wah ada prepaid lounge? Atau jangan-jangan malah business class lounge-nya Emirates yang 1 lantai itu?? Akkk kok jadi gantian saya yang gatau :(( Bayar berapa Ko buat 4 jam?

      Delete
    2. Iya, ada lounge yang kita bisa masuk dengan cara bayar biasa, hehehe. Kalau nggak salah nama lounge-nya Marhaba Lounge. Sepertinya sih nggak sama seperti business class lounge-nya EK. Lounge-nya ada di lantai 2 atau lantai 3 gitu (maksudnya di atasnya area boarding :D ). Lumayan sih di dalamnya ada banyak sofa yang lumayan pewe kalau transit lama. Lumayan enak buat tiduran, hehehe. Aku nggak ingat pastinya dulu bayar berapa, tetapi kalau nggak salah sih sekitar $50 untuk 4 jam.

      Delete
    3. Wah lumayan banget tuh $50 bisa dapet sofa yang nyaman, meal, unlimited wifi. Ada free shower nggak di lounge-nya? *banyak mau*
      Makin berumur kayaknya harus ngecek harga paid lounge nih kalo transit lama, badan bisa remuk kalo tidurnya di kursi besi.. :))

      Delete
  4. Ki ki mau tanya, kalau transitnya 4 jam 5 menit dapet makan ga? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Esther!
      In theory sih dapet, Therr. If I were you, gue bakal print e-ticket yang ada tulisan "transit: 4 hours 5 minutes". Awalnya dateng ke meja claim voucher kasih boarding pass. Kalo dia nolak, baru kasih liat print out e-ticket tadi. Ayo dicoba Ther and let me know how it goes :))

      Delete
  5. Wahhh ... jadi rajin ngeblog nih skrg! Ditunggu transit di Dubainya yaaa ...

    Krn blm pernah transit di Dubai, kayaknya seumur2 transit di tempat lain blm pernah dpt voucher makan haha! Itu balik lagi sih ya ke airlinenya apa Lulz ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajin gimanaaa, sekarang malah sebulan 1 post doang *malu*

      Hihi iya kayaknya jarang juga sih airlines yang kalo transit ngasih meal voucher. Sejauh ini baru tau Emirates dan Singapore Airlines aja. Tapi yang voucher belanja SQ juga bakal berakhir Maret 2016 ini promonya *sad*

      Delete
  6. Uwuwuw pengalaman transit yang keren :D di Dubai ._. aku transit pertama kalinya dan dulu cuma di balikpapan (apaan) wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeh saya malah belum pernah ke Balikpapan dan pengen banget liat bandara barunya yang kece ituu

      Delete
  7. keren gan, jadi pengen kesana ni, pengen liat juga bangun tertinggi di dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah ke Dubai emang Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi dunia wajib untuk dikunjungin sih :))

      Delete
  8. Help me donk.
    July will be my first transit di dubai nih. Dan kali ini pun first time bawa baby tanpa si daddy nya yg beliau emang dah duluan ke madrid n yess kami menyusuull. Yeaayy (heboh sendiri. Harap maklum dah nahan kangen ampir setaun...hehhe)

    Aq penasaran... Ada kid's playground ga d dubai airport?????????? N letak.persisnya di terminal manakah???? Aq blom dapet referensi bwt info yg satu ini.
    Pliiss pliiisss tell me. Tx. ������������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Maaf saya kurnag tau ada atau nggak nya kids playground. Waktu itu sempet muter sih nggak ngeliat, tapi karena emang nggak nyari spesifik jadi nggak tau.

      Delete
  9. Hi Refky, baru tau ttg meal voucher hehehe. Infonya bermanfaat :)
    2 taon lalu aku musti naek bis ke pesawatnya. Dan naek tangga sambil nenteng tas lebih dari 10 kg ke cabin :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Wah seneng kalo bisa bantu. Ayo claim meal vouchernyaa. Kayaknya banyak yang nggak tau deh soalnya counter penukarannya waktu itu sepii banget. Saya mau minta double tapi malu :P
      Kenapa koper kabinnya nggak dimasukin aja ke bagasii? Kan jatahnya Emirates 30kg.

      Delete
  10. kalau untuk di airport dubai sendiri, kira2 harga makanannya sekitar berapa dirham ya? maklum mertua mau ke belanda tapi transit di dubai dulu..dan dia sendirian berangkatnyaa..kira2 siapin uang berapa dirham untuk beli makan di airportnya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Aduh maaf sepertinya aku nggak bisa jawab pertanyaan ini karena nggak jajan selama di bandara Dubai. Makan pun dapet dari voucher makan yang dikasih Emirates.

      Delete
    2. Untuk info aja, saya di Dubai makan KFC sepaket (2 ayam + kentang + minum) harganya sekitar 25 dirham. Mungkin untuk fastfood (McD, Burger King) akan segitu juga kisarannya. Hope this helps ya!

      Delete
  11. Waaah lumayan nih dapet makan :D Kebetulan juli nanti saya transit di dubai. Pengen ke burj khalifa nya. Cuma nyampe sana jam 10an malem dan take off besok harinya jam 9an pagi. Kira2 kesono brp lama ya? Terus kita butuh visa transit ga ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Margaretha,

      Kalo transitnya jam segitu kurang recommended sih karena kemana-mana harus naik taksi dan mahal. Kecuali kalo pengen banget, silakan aja :)) Dari airport ke Burj Khalifa kayaknya kurang dari 1 jam. Kalo mau ke Burj Khalifa, butuh visa tourist. Kalo transit aja (nggak keluar bandara) nggak perlu visa kok.

      Delete
    2. jadi kalo mau keluar ke kota bentar buat foto foto ke burj kalifa harus urus visa transit ya kak? persyaratannya apa ya? terima kasih infonya

      Delete
  12. Cara beli tiket pesawat yg multi city gimana ya mas macam Singapura-paris trus pulangnya Amsterdam-Jakarta. Gk nemu2 saya caranya. Mohon bantuannya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Kamu bisa langsung ke webnya Emirates aja. Di samping one-way, round-trip, bakal ada multicity.

      Delete
  13. Kalo transit 11 jam di Dubai trus mau keluar jalan jalan kaya kamu gimana caranya ya? Langsung keluar aja gitu bebas masuk lagi kaya check in bandara biasa?
    Gaperlu visa transit kan?
    Mohon bantuannya soalnya akhir juli ini aku begitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ken,

      Kalo mau jalan-jalan kayak saya, kamu harus urus visa tourist. Jika naik Emirates kamu bisa arrange visanya online lewat manage my booking, atau dateng ke VFS Global di Kuningan City Jakarta.

      Delete
  14. Refky, itinerary dan biaya pas city tour d dubai gmn? Thanks anyway

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Andi,

      Minta emailnya ya supaya bisa dikirimin :D

      Delete
    2. Mau juga dong di email, Refky...makasih yaaa

      Delete
    3. Refky mau juga doong itin nya. InshaAllah september mau ke jerman dan mampir ke dubai. Gamau cuma tawaf di bandara aja soalnya haha
      Kirim ke yaninurmalasari.yn@gmail.com
      Makasih banyak loh sebelumnya

      Delete
    4. Menarik infonya, mau juga donk diemail itinnya ke fauzia.nurjannah@gmail.com. Thank you :)

      Delete
    5. Mau dong Mas Refky itinerary nya... email saya arifisnaeni@gmail.com .... terima kasih

      Delete
    6. Ki, gue juga dong. Balik nanti mau pake emirates ajalah. Udah buka website emirates sih tp masih blur. Ini yah (merah hijau080818@gmail.com

      Delete
  15. Mas Refky sy rencana mau ke casablanca dan transit di abu dhabi. Contact sy yaaa rizkadarmans88@gmail.com mau tanya2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rizka,

      Kalo ada yang mau ditanya bisa langsung kirim email aja ke saya. Alamatnya ada di sebelah kanan atas blog ini. Btw seru banget mau ke Casablanca!

      Delete
  16. Hi..klo transit lama di abu dhabi ada cerita ga?
    Sy mau ke moscow msh bingung naik etihad atau emirates..mau jg dong dikirimin jln2 ke dubai kemana aja.
    Tengkyu
    dtratnasari@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Diana,

      Sent ya itinerary Dubai-nya. Sayangnya saya belum pernah transit/jalan-jalan di Abu Dhabi jadi nggak bisa share cerita, sorry..

      Delete
    2. Hi mau Minta itinerary juga donk ke djgirl2416@gmail.com. Thanks

      Delete
  17. Saya pernah tahu di dubai itu ada free city tour. Lalu apakau kita WNI bisa ikut free tour? Apakah perlu apply visa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dwi,

      Setau saya dulu memang mereka punya offer free city tour untuk yang transit lama, tapi sekarang ini sepertinya sudah nggak ada lagi. Mereka bisa arrange tour ketika transit, tapi ada biaya yang harus dibayar. Yang ada free city tour dan free visa itu ketika transit di Doha dengan maskapai Qatar Airways.

      Delete
  18. Lumayan buat pengetahuan jamaah umroh kami..
    salam....
    www.safahajiumroh.com

    ReplyDelete
  19. Thanks untuk Share nya bro.

    Akhir September 2016 ini saya ada transit di bubai.

    Bro, mau tanya prihal shower. Apakah disana ada fasilitas untuk mandi?

    Thanks before untuk info nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yosef, really sorry baru sempet bales sekarang.

      Waktu itu saya sempet nyari dan nggak nemu sih, jadi kalo mau shower harus access lounge dulu. Kalo dari pengalaman kamu pas transit kemarin gimana — ada shower nggak dan berapa biayanya?

      Delete
  20. Hi Refky,

    It's very useful Info's! Thanks
    Besok udah mau berangkat, kebetulan brosing2 nemu blog km...
    Sy transit 4 jam 50 menit berati perlu di grab ituh voucher mamam yah hehe...(kok emirates ga sounding yah hemm)
    Wifi gratisan akan di praktekan :D
    Thanks Ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rieska,

      Really glad that you find my post useful!
      Info dari temen yang baru naik Emirates, sekarang mereka udah langsung kasih voucher makan pas check-in kalo transit kamu >4 jam. Jadi nggak perlu cari-cari mejanya lagi. Confirm doong, bener nggak sekarang gitu? Hehe.

      Have a safe journey ya!

      Delete
  21. Ka mau tanya.
    Kalau transit 6 jam. Kalau aku mau keluar airport apakah perlu visa.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eggy,

      Kalau kamu pegang paspor Indonesia, berarti perlu visa kalo mau keluar airport.

      Delete
  22. Halo saya Lidwina Purba
    Sy hendak ke paris by emirates transit di dubai,sy blm pernah transit di dubai tolong dong beritahu sy langkah apa yg sy hes jalani mulai sy turun dari pesawat sampe sy menuju gate keberangkatan ke paris,sy transit di dubai 3 jam sy membawa org tua unur 80 thn thanks di tunggu y inormasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lidwina,
      Begitu turun pesawat kamu tinggal cari papan petunjuk transit yang akan mengarahkan kamu ke security check. Selesai security check, langsung cari papan pengumuman flight untuk tau flight Dubai-Paris kamu berangkat dari gate berapa. kalo udah tau gate mana-nya, tinggal ikutin lagi petunjuk ke gate-nya. Sangat jelas kok petunjuknya.

      Oh dan nggak usah takut nyasar pas menuju security check, karena pengalaman saya minimal 70% penumpang yang turun di Dubai itu cuma buat transit kok. Jadi ikutin kebanyakan orang aja. Good luck and have a pleasant journey ya!

      Delete
  23. hai ka, aku mau tanya, kalo mata uang yang berlaku di dubai apa aja sii? :D
    ima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ima,

      Dubai mata uangnya Uni Emirat Arab Dinar (kodenya AED).

      Delete
  24. Mas Muhamad Refky Kamajaya, saya baru ak flight kembali ke jakarta December nanti.

    Setahu saya ada namanya DUBAI CONNECT, adalah program dari Emirates untuk kalian yang transit lebih dari 8 jam dan kurang dari 24 jam.
    *Syarat dan ketentuan: http://www.emirates.com/english/plan_book/essential_information/dubai-connect/terms-and-conditions.aspx

    Kalian akan mendapatkan:
    *Hotel gratis
    *Vaoucher makan
    *Free 24 Dubai Visa by Emirates

    caranya adalah kalian musti login ke website Emirates kemudian pilih menu MANAGE BOOKING.
    nanti akan muncul tuh opsi DUBAI CONNECT kalau kalian memenuhi syarat dan ketentuan.

    Sekian informasinya semoga berguna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rian,

      Thanks infonya! Apakah kamu dapat fasilitas Dubai Connect ini? Setau aku mereka selektif banget, jadi maunya cuma yang bener-bener gak ada pesawat yang transitnya <8 jam baru dikasih. Dan kalo eligible, begitu kamu pesen tiket di e-Ticket-nya akan ada tulisan "Dubai Connect".

      Boleh share pengalaman kamu kemarin? Thanks!

      Delete
  25. Saya rencana transit dubai tanggal 8 desember 2016 selama 14 jam, namun tiket saya kode booking kedatangan dan keberangkatan berbeda, sehingga gak bisa diproses waktu ngisi form pengajuan visa via emirates, adakah yg punya solusinya? Trims bisa japri ke agussant1085@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Agus,

      Sorry baru reply. Untuk ini sejujurnya saya kurang tau. Karena untuk apply lewat VFS pun harus 1 kode booking. Tapi di komen sebelumnya ada yang bilang bisa apply pas di bandara. Kamu sendiri kemarin pengalamannya gimana?

      Delete
    2. Pengalamanku kemarin langsung ke VFS, karena waktu berangkat mepet taruhan aja, katanya kan butuh 3-5hari baru selesai, untungnya dalam 2 hari selesai dan aku bisa ikut dubai tour selama 6 jam. Memuaskan tour 6 jam di dubai udah dapet sebagian besar iconnya lah, great experience!

      Delete
    3. Wah that's good to hear! Untung aja prosesnya hanya 2 hari ya.

      Btw 6 jam ikut tour ini tour apa ya? Boleh share harga dan rutenya kemana aja kah? karena 6 jam lumayan singkat sih, tapi enak kalo udah bisa cover banyak icon di Dubai.

      Delete
  26. Hari ini aku transit ke Dubai say, sayang Seribu sayang, aku gak dapet meal gratis. Pas aku Tanya ternyata sejak 2 pekan kemarin udah ditutup untuk layanan meal gratis nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, belakangan saya baca berita katanya Emirates udah cut free meals even untuk yang transitnya >4 jam. Will update the post ya. Thanks infonya!

      Delete
  27. mungkin lagi saving mereka :), buat beli pesawat baru yang besar-besar itu. pemasukan dari minyak juga lagi lesu, bagaimana tidak, harga minyak sekarang tak sampai setengah harga waktu tahun 2012, tiket pesawat jadi sering promo sekarang, kalau tidak promo, tak mampu bersaing (SQ dan MH juga ikut2an sering promo, GA saja yang belum), karena yang beli tiket mereka umumnya kan pekerja di minyak dan yang terkait dengannya. CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep bener, Gulf airlines lagi penghematan besar-besaran katanya. Bahkan infonya Emirates akan ganti hot towel yang biasa dibagiin pas boarding dengan tissue basah...

      Delete
  28. Kak mau tanya buat biaya visa nya berapa ya? Itu berarti pakai yang visa transit 96 jam bukan? Dan kalau kita transit katakanlah hanya 7 atau 8 jam apa perlu juga buat booking hotel untuk persyaratan visa? Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Huda, aku sempet share pengalaman buat visa Dubai di sini ya: http://www.jambukebalik.com/2015/04/mengurus-visa-uae-dubai-melalui-vfs.html

      Good luck!

      Delete
  29. Halo mas refky, keren banget ceritanya di atas, saya mau tanya kalau transit selama 7 jam di dubai, kira-kira bisa keluar imigrasi g ya? kalau bisa, aku mau urus visa transit.. terima kasih.. oiya kalau mas refky ada itinerary selama di dubai, boleh minta kirimkan ke serojabungaseroja@gmail.com yaa.. terima kasih

    ReplyDelete
  30. Hello haii salam kenal.... saya bantu update yaaa!!! Saat ini saya lagi d bandara Dubai, udah happy banget bakalan transit 8 jam and don't have to worry b'coz dapet meal compliment dari Emirates. Ternyataaaaa mereka udah stop program itu dari November 2016 lalu. Hiks sediihhh... tapiiiiiii yang bikin happy adalah, sekarang bandara Dubai internet accessnya udah unlimited...

    Sekian laporan update dari saya kak... semoga berguna informasinya yaaa. Oh iya untuk shower room tersedia banyak banget di terminal B... monggo ya mau mandi.

    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Linggo, salam kenal juga yaa :D

      Thank you sharingnyaa and so sorry to hear that they're no longer providing complimentary meal voucher. Hahaha anak gaul banget ya, nggak bisa makan tapi tetep happy karena wifi-nya gratis :D

      Delete
  31. Mau tanya mas Refky. In syaa'Allah akhir September ini mau ke Turki dan transit di Dubai lama nih. Nah, untuk transit di Dubai apakah perlu mengambil bagasi?
    Lalu bagaimana ya cara yang paling efektif memanfaatkan waktu mulai pukul 22.00 - 12.00 siang (14.00 akan melanjutkan perjalanan lagi)? Minimal bisa mengunjungi Burj Al-Khalifa. Syukur-syukur bisa ngunjungi Burj Al-Arab juga. Untuk masalah visa, kan saya gak nginep di hotel tuh, nah ngisi kolom tempat tinggal saat pengajuan visa transit online bagaimana ya? Terima kasih. Mungkin jawaban bisa via email ke saya v28mtyqm.mu1@gmail.com atau dibalas lewat komentar sini juga tidak apa-apa. Terima kasih mas Refky. :)

    ReplyDelete
  32. Pengen nanya apa kalau transit 9 jam bisa keluar jalan2?

    Trus urus visa transitnya di dubai atau saya urus di indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau keluar bandara, harus urus visa dari Indonesia ya.

      Delete
  33. Kang, kemarin ga sempet ya lihat area yang ada tempat mandinya ?

    ReplyDelete
  34. pengen nanya mas.. saya kan ada tiket pesawat dari ukraine to dubai terus ada tiket pesawat dari dubai to jakarta which is beda tiket saya mesennya nah itu dari ukraine to dubai terminal 1 dan dari dubai to jakarta terminal 3 dan waktu transitnya itu cuman 2 jam. nah itu sebenernya kita gaperlu visa lagi kan ya mas? terus untuk waktu yg transit hanya 2jam kira kira keburu ga ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini jujur aku belum pernah ngalamin sendiri sih, tapi temen udah pernah ngalamin yang serupa.

      Bedanya, dia terminalnya sama dan tanpa bagasi. Kalo kamu bawa bagasi, kayaknya nggak bisa kalo tanpa visa. Untuk beda terminal, saya nggak bisa jawab nih.

      Kalo ternyata bisa tanpa visa dan pesawat dari Ukraine nggak delay, 2 jam cukup kok transit di Dubai. Safe flight!

      Delete
    2. tapi di bandara dubai bukannya terminal 1 sama terminal 3 masih satu bangunan gitu ya mas ??? jadi ga perlu keluar bandara??? iya mudah mudahan aja gaada apa apa heheheh

      Delete
    3. Oh yup ternyata memang keduanya tersambung, baru aja googling: https://www.tripadvisor.com/ShowTopic-g295424-i872-k5450158-o150-Transfer_from_Dubai_Airport_Terminal_1_to_Terminal_3-Dubai_Emirate_of_Dubai.html

      Dan katanya nggak perlu clear security jadi should be aman. Tapi kalo kamu bawa bagasi masih tetep harus further check sih bisa di-tag ulang tanpa kamu ambil atau nggak. Bisa cek maskapai connecting kamu bisa ambil bagasi dari flight kamu dari Ukraina apa nggak.. Just make sure supaya di sana lancar :D

      Delete
    4. Halo Rizuna,

      Halo mas Refky, maaf numpang tanya. Jadi mba Rizuna sukses ngga tranfer pesawatnya? saya juga mengalami hal yang sama karena kalau beda flight (ngga connecting) dan punya checked baggage berarti harus tag baggagenya ke final destination.

      Delete
  35. Hai mas refki, salam kenal febrina.
    Senang banget bs ktm blog kamu.
    Maret nanti rencana ibu dan adik saya akan ke turki dan saya transit 9 jam di dubai.
    Informasi terbaru yg masih berlaku apa aja yah? Td saya baca untuk free meal udah gak berlaku yah.
    Tapi klo informasi yg ini kira2 masih berlaku gak yah?
    Yang DUBAI CONNECT, Transit lebih dari 8 jam-24 jam dapat :
    * free hotel
    *free voucher makan
    *free visa 24 jam dubai dr emirates.

    Informasi ini sangat saya butuhkan sblm issued tiketnya, atau mas refki dan tmn2 di sini bs rekomendasi kan hotel terdekat untuk transit. Kebetulan akan tiba di dubai jam 11-12 malam, dan berangkat ke istanbul jam 11 siang esok harinya.

    Terima kasih sebelumnya mas untuk informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Febrina, salam kenal juga!

      Yes, sayangnya free meal udah nggak ada lagi nih. Untuk Dubai Connect, setau aku available untuk transit minimal 8 jam dengan syarat tidak ada pesawat connecting yang waktu transitnya kurang dari 8 jam. Tapi biar pasti baiknya confirm ke maskapai Emirates deh, ada kok kantornya di Jakarta.

      Enjoy Dubai and Turkey ya!

      Delete
  36. Salam kenal refky..boleh2 nanya2 ya..rencana mau ke turki transit di abu dabi..klo transit kita ngurus visa ya?
    Maaf kami berencana pergi senfiri..tks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eka,

      Kalau beli tiketnya langsung dalam 1 kode booking (Jakarta - Abu Dhabi dan Abu Dhabi - Turki), pas transit di Abu Dhabi tidak perlu visa.

      Delete
  37. Halo mas mau nanya dong kalo saya transit 2 jam di dubai dengan emirates di satu kode booking yg sama, apakah perlu visa transit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Amran,

      Yup sesuai yang dibilang oleh @Zee, tidak perlu transit visa kalau dalam 1 kode booking. Enjoy!

      Delete
  38. Bantu jawab,mas Amran kalo transit hanya 2 jam ga perlu Visa transit mas.thanks

    ReplyDelete
  39. Halo mas muhammad refky kamajaya. Kenalin aku fatin. Blognya sangat membantu.. Aku boleh tau ga cerita mas wkt keluar bandara? Aku pengen bgt kalo transit d dubai sempat keluar bandara n jalan2 itu apa aja yg perlu disiapin? Kalo boleh d jawab k email aku ya mas fatinipa7@gmail.com atau d komen juga gppa. makasii mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fatin,

      Wah sorry aku belum sempet nulis certia waktu transit di Dubai. Yang disiapin cukup visa sama uang kok buat jalan-jalan di sana :D

      Delete
  40. mas Refky, kalau misalnya transit di abu dhabi kurang dari 24 jam dan tidak keluar bandara apakah perlu untuk mengurus visa transit?terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak keluar bandara tidak perlu visa transit kok.

      Delete
  41. mau donk itinerary dan biaya pas city tour d dubai gmn? Thanks

    ReplyDelete
  42. mau donk itinerary dan biaya pas city tour d dubai gmn? Thanks
    (sy transit 9jam)

    ReplyDelete
  43. Oiya saya dengar emirates menyediakan eskrim gratis ya untuk yg transit? Saya mau ke turkey november nanti dan transit di dubai. Tapi bukan dari indonesia sih.. Dan denger bisa makan es krim gratis sepuasnya itu makin semangat. Bener ga ya info itu?

    ReplyDelete
  44. Assalamu alaikum.. kak, klo transitnya cuma 2 jam, gimana?

    ReplyDelete
  45. Mau tanya dong, penerbangan ke london transit d dubai 6 jam 45 menit apakah perlu transit visa ?

    ReplyDelete
  46. next flight saya kan harus transit 5 jam 40 menit dan memang saya nggak mau keluar bandara dan ga mau lewat imigrasi soalnya bentar, untuk penukaran free meals voucher nya itu di information desk mananya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sama nih pertanyaannya. Jadi gimana kk jawabannya info donk..in few days saya transit di dubai insyaAllah. Thx

      Delete
  47. Datang di terminal 1 transit 12 jam kemudian berangkat di terminal 3 apakah perlu visa

    ReplyDelete
  48. For all those who are owners of fleet taxis, they would probably know that each of their vehicles is an integral part of their livelihood. If their vehicles are mechanically unsound or damaged, it would result in great loss to their business. With this in mind, individuals would now realize how important it is to have a taxi insurance that can be the best way to protect themselves and their business. Taxi in Weybridge

    ReplyDelete
  49. https://www.buyyoutubesubscribers.in/2021/11/20/how-to-earn-money-from-youtube-views/ One of the things that you will want to avoid doing online is upsetting website authorities - especially if the authority is YouTube. YouTube can be a tremendous way to drive traffic to your site and build your business up to where it is thriving and successful. But do the wrong things, and your YouTube days may be over.

    ReplyDelete
  50. Mas voucher meal apakah ada syarat khusus y selain lebih dari 4 jam transittnya

    ReplyDelete