Wednesday, November 22, 2017

Pengalaman Menagih Janji Harga Hotel Termurah

Setelah merayakan ulang tahun Ayah bulan Juli lalu dengan staycation di The Ritz-Carlton Mega Kuningan, saya jadi ketagihan untuk melakukan staycation lagi untuk merayakan sesuatu. Sekarang giliran Mama yang ulang tahunnya mau saya rayain. Dalam proses pencarian hotel tujuan, supaya hemat saya tetep cari hotel yang bagus tapi masih masuk di kantong. Jadilah saya baca-baca juga blog orang yang suka nginep dengan nukerin miles, karena kadang dengan bayar nginep pakai miles bisa jadi lebih murah loh daripada bayar langsung!

Four Seasons Hotel Jakarta - Executive Suite Twin Room
Four Seasons Hotel Jakarta - Executive Suite Twin Room

Kemudian ketemu lah tips dari blog Mas Bart (sok akrab) ini, yang summary-nya adalah dengan leverage fitur Best Price Guarantee yang ditawarkan hotel. Di blog-nya dia bilang bisa nginep di hotel mewah di Paris, Amsterdam, Dusseldorf, dan lain-lain dengan GRATIS! Wah, menarik banget deh kalo ada gratis-gratis gini. Sesuai namanya, fitur Best Price Guarantee ini dibuat oleh si penjual untuk meyakinkan pembelinya supaya beli aja lewat dia karena harga yang dikasih udah dijanjikan paling murah se-jagat raya (lebay – tapi beneran! Hahaha). Ada yang lebih murah? Buktiin ke penjualnya dan si pembeli akan dapet kompensasi.

Saya langsung cobain saran dia, tapi sayangnya nggak ada hotel dari brand yang Bart bilang yang menarik di Jakarta. Nggak lucu kan ya saya bisa staycation gratisan di hotel mewah tapi lokasinya di Eropa semua... mana ada hematnya kalo gitu. Kecewa sih, tapi berhubung udah terlanjur basah dengan ilmu Best Price Guarantee ini, jadi saya terusin cari penjual mana lagi yang punya fitur ini. Ternyata hampir semua online travel agent (OTA) punya fitur ini loh. Enak deh, jadi banyak pilihan hotelnya dan nggak terbatas ke brand tertentu. Walaupun pilihan hotelnya jadi banyak, tapi penawaran kompensasinya nggak seheboh yang diajarin Bart tadi sih. Gapapalah, pokoknya masih bisa dapet kompensasi!

Four Seasons Hotel Jakarta - La Patisserie
La Patisserie

Dengan menggunakan OTA, saya jadi nge-list dulu pilihan hotel buat staycation. Pilihannya, urut sesuai dengan prioritas: Four Seasons, Keraton, Westin, Raffles, dan Fairmont. Mewah-mewah ya hotelnya hahaha! Staycation gituu harus enak leyeh-leyehnya *dikeplak*. Anyway, setelah bandingin harga hotel tersebut di 3 OTA besar, cuma Four Seasons yang harganya ada perbedaan. Keempat hotel lain harganya sama persis sis sis, nggak ada lebih kurang 1 perak pun. Emang rejeki banget ya, prioritas pertama dan ternyata cuma itu yang ada kemungkinan bisa di Best Price Guarantee-in!

Kenapa saya bilang “ada kemungkinan”? Karena fitur ini punya syarat dan ketentuan. Oh ya, btw untuk Four Seasons ini saya nemu harga yang lebih mahal di Traveloka dibanding dengan OTA lain. Berapa coba bedanya? Rp2.000 aja! Hahaha dikit banget, makanya saya mesti baca syarat dan ketentuannya (S&K) berhubung bisa beda-beda tiap penjual.

Four Seasons Hotel Jakarta - Executive Suite Twin Bed

Saya pelajarin bener-bener syarat dan ketentuan Best Price Guarantee-nya Traveloka berhubung harga Four Seasons di dia lebih mahal Rp2.000 dibanding yang lain. Setelah saya bandingin dengan seksama, sepertinya saya sudah memenuhi ketentuan utama yakni harga kamar di penjual lain yang dibandingkan harus sama spesifikasinya dengan yang di Traveloka. Spesifikasi di sini maksudnya berupa benefit yang ditawarkan ya. Jadi harga yang dibandingkan harus apple-to-apple, contohnya jenis kamarnya sama, sama-sama dapet sarapan, free cancellation, free wifi, dan sebagainya. Kalo ternyata nggak sama, bakal gagal claim-nya.

Four Seasons Hotel Jakarta - Palm Court
Breakfast at Palm Court

Akhirnya saya pesen hotelnya dan langsung claim Best Price Guarantee dengan submit bukti-bukti yang diminta kayak screenshot harga di penjual lain yang lebih murah, URL, dan sebagainya. Abis itu berdoa claim-nya diterima. Nggak sampe satu jam kemudian saya dapet email kalo claim berhasil dan saya mendapatkan kompensasi berupa kupon diskon sebesar Rp20.000! Hahaha agak jauh sih bedanya dengan ilmunya Bart yang bisa bikin gratis nginep 1 malam, ini “cuma” dikasih kompensasi kupon Rp20.000. Tapi emang selisih yang saya temuin juga dikit banget sih, yakni cuma Rp2.000. Kalo baca S&K-nya, makin gede selisihnya nanti dapet kompensasinya juga makin gede loh (s.d. Rp200.000). Tapi gapapa, lumayan lah daripada lumanyun :))

Lumayan kupon Rp20.000 :))

Oh ya, ada tips nih buat kalian yang mau mencoba memanfaatkan fitur Best Price Guarantee ini. Untuk menemukan harga termurah, kalian nggak perlu buka website semua penjual. Cukup buka 1 web aja: www.hotelscombined.com dan langsung keliatan deh penjual mana yang harganya lebih murah. Berterimakasih banget deh sama Bart, jadi tau program-program beginian. Sekarang saya malah doyan bandingin harga gini siapa tau bisa dapet nginep gratisan buat liburan mendatang.

Menarik kaaan? Kalian udah ada yang pernah coba fitur ini belom? Share dong pakai programnya siapa dan dapet benefit apa. Mungkin kalo ada tips-tips yang belum saya sebut di sini bisa sekalian di share juga bisar sama-sama belajar :D

Four Seasons Hotel Jakarta - Lobby
Four Seasons Hotel Jakarta - Lobby

4 comments:

  1. Berguna banget ya kalau bedanya sampe banyak, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess, makin banyak selisihnya bakal makin untung :D

      Delete
  2. Haha lumayan banget ya pesen hotel di Traveloka, tempat lain lebih murah 2rb aja diganti 20rb. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerr lumayan banget beda 20ribu bisa dipake buat diskon di pembelian berikutnya loh :))

      Delete