Saturday, December 31, 2022

2022: Year in Review

Berhubung sudah di penghujung tahun, saatnya melakukan refleksi ke setahun terakhir apa yang terjadi. Apa saja yang terjadi dalam hidup saya di tahun ini?

Travel
Pada tahun ini saya menjejakkan kaki di benua Antartika, salah satu significant milestone dalam perjalanan saya. Walaupun persiapannya tergolong mendadak, alhamdulillah secara garis besar berjalan dengan lancar.


Secara tidak disangka tahun ini saya menghabiskan hampir 5 bulan di luar Indonesia, di mana beberapa trip durasinya sekitar 1 bulan. Akhir Januari sampai awal Maret saya pergi ke Argentina dan Antartika, akhir Mei sampai awal Juli saya keliling Eropa untuk mengunjungi sisa negara Schengen yang belum saya datangi, awal September sampai awal Oktober saya ke beberapa negara Eropa dan Asia, ditambah perjalanan sekitar 2 minggu ke US dan Amerika Tengah, dan weekend trip ke Bahrain (ini random banget suer karena tiket murah). Hasilnya adalah saya mengunjungi 27 negara baru. Yep, dua puluh tujuh.
  • New countries/ territories visited (in order): Argentina, Antarctica, Guernsey, Jersey, Luxembourg, Portugal, Romania, Malta, San Marino, Iceland, Scotland, Ireland, Northern Ireland, Isle of Man, Wales, England, Gibraltar, Panama, Costa Rica, Bahrain, Cyprus, Armenia, Georgia, Azerbaijan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal
  • Number of miles flown: 120,153 miles
  • New airlines (in order): United, Aerolineas Argentina, Etihad Airways, TAP Portugal, Icelandair, Gulf Air, Copa Airlines, Austrian Airlines, Wizz Air, FlyOne Armenia, Buta Airways
  • New aircraft (in order): Boeing 737 MAX 8, Boeing 737 MAX 9, Boeing 757-200
Flight stats

Flight map

Flight map-nya di-zoom ke Eropa dan Middle East

Harapan yang saya tulis tahun lalu tentang nonton tenis langsung kesampean! Tahun ini saya nonton 3 Grand Slams: Roland Garros di Paris, Wimbledon di London, dan US Open di New York! Hampir calendar Grand Slam (sebagai pentonton, tentunya), tapi karena Australia belom buka border jadi nggak bisa dateng. Semoga tahun depan bisa, aamiin! Though bingung juga ya kalo udah nonton langsung semua Grand Slam, pasang target nonton tennis apalagi… ATP Finals sih kelihatannya, tapi masih gedek sama Schengen karena makin pelit ngasih masa berlaku visanya.

French Open Philippe Chatrier Court - R4 Rafael Nadal vs Felix Auger-Aliassime

Wimbledon Centre Court - R1 Novak Djokovic vs Soonwoo Kwon

US Open Grandstand Court - R1 Taylor Fritz vs Brandon Holt

Karir
Nothing changed this year aside some new adhoc projects yang tiba-tiba di-assign ke saya. Kalo millennials biasanya mencari tantangan terus, saya malah lagi bahagia dengan kondisi yang cenderung statis ini. Hidup jadi lebih balance dan sehat, well lebih ke sehat karena tidur jadi lebih teratur sih tapi masih tetep males olahraga.

Tahun ini juga saya dihadapkan dengan beberapa pilihan yang alhamdulillah-nya bikin saya semakin tau karir seperti apa yang mau saya pursue, sehingga jadi picky banget kalo ada opportunities. Saya udah tujuh tahun lebih di kantor yang sekarang, udah tergolong uzur banget apalagi tahun ini beberapa orang yang join sebelum saya pada resign. Well, let’s see what will happen next year.

Ngomongin tentang pilihan, I finally understand my own purpose of having a relationship (despite being in denial for couple of months). No significant progress yet, but hopefully I'm getting there! It’s a very interesting process despite still trying to find comforts and positive angles of the uncertainties (both good and bad). Frankly speaking, I’m more excited in this aspect vs career. So, here’s hoping for a brighter journey in 2023!

Finansial
Sayangnya kebiasaan buruk 2021 masih berlanjut di tahun ini yakni nggak taat ngisi pos-pos investasi, jadi yang diizi cuma dana pensiun aja. Akibatnya adalah suka gatel ngerencanain liburan karena ada yang nganggur di tabungan. Sama sekali nggak sehat jadi udah jadi tekad supaya perjalanan yang udah direncanakan di 2023 cuma boleh pake tabungan 2022. Biarin deh tabungannya kempes biar nggak boros masalah jalan-jalan.

Tahun ini saya splurge di 2 barang elektronik, yakni handphone dan AC. Handphone lama saya sebenernya masih tergolong baru dan masih baik kondisinya, namun storage 128GB ternyata nggak cukup dan saya males pindahin file/ pakai iCloud. Jadi begitu nemu model lebih baru dan storage 512GB dengan harga yang terjangkau, saya beli deh. Semoga bisa bertahan minimal 3-4 tahun deh itu storage-nya aamiin.

AC saya dibenerin dua kali tahun ini karena bocor. Pas dibenerin pertama kali masih aman-aman aja alias masih dingin. Namun pas dibenerin yang kedua tukangnya udah bilang bahwa ada korosi di pipanya jadi mungkin gak dingin. Dia nawarin buat benerin tapi saya mikir dia mau jualan/ upselling aja (suuzon). Eh ternyata beneran nggak dingin lah itu AC. Akhirnya saya memutuskan untuk beli yang baru. Niatnya beli AC ini kalo udah jadi aja apartemennya, tapi karena masih belom jadi juga akhirnya beli dulu deh. Lama-lama ini kasur saya beli dulu juga deh saking lamanya nunggu.

Akhirnya bisa punya AC merk Daikin...

Manfaat yang saya rasakan dengan ganti dua barang elektronik ini adalah berkurangnya pusing yang nggak penting: muncul popup di hp tentang low storage remaining, kebangun dari tidur karena AC bocor dan bersihin beceknya, serta tidur gerah karena AC-nya gak dingin sama sekali. Oleh karena itu 2-3 bulan ini saya langsung bikin pos investasi untuk gadget. Jadi kalo udah mulai berulah bisa diganti biar gak nambah pikiran. Tapi ya semoga pada awet ini barang-barang...

Tahun 2023 doanya semoga personal goals bisa tercapai dan bisa taat mengelola uang. Bisa mulai olahraga juga, apa kek gitu lari atau nge-gym yang ringan-ringan aja dulu. Untuk traveling sebenernya saya pengen mengunjungi 7 negara atau teritori baru supaya genap 100 negara yang saya kunjungi, namun belom ada yang pengen banget didatengin sampai dibela-belain banget. Kalaupun ada setelah saya hitung-hitung biayanya nggak murah jadi sayang ngeluarin uangnya (alhamdulillah udah mulai sadar gak main beli tiket aja). Doa terakhir dan yang penting adalah semoga saya dan keluarga selalu sehat dan bahagia, aamiin!

No comments:

Post a Comment