Saturday, September 12, 2015

Menghabiskan Satu Hari di Berlin

Setelah turun dari City Night Line yang mengantarkan dari Oberhausen, saya memutuskan untuk ke bagian depan Berlin Hauptbahnhof supaya bisa memotret facade bangunannya yang menurut saya bagus dan modern. Begitu keluar, ternyata ada sisa-sisa salju!!! *kampungan lagi* Berhubung pagi itu cukup dingin, saya buru-buru foto sebelum masuk lagi ke dalem gedung.
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-19 berlin hauptbahnhof facade
Berlin Hauptbahnhof

Berlin Hauptbahnhof ini merupakan stasiun utamanya kota Berlin. Stasiunnya sendiri luas banget dan berlantai-lantai karena emang menampung banyak jalur dari beragam kereta: S-Bahn, U-Bahn, dan kereta antarkota di Jerman dan Eropa. Tapi jangan takut nyasar karena petunjuknya jelas banget kok. Saya sendiri waktu itu berjalan menuju stasiun S-Bahn untuk ke Happy Go Lucky Hostel yang terletak di daerah Charlottenburg.
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-9 berlin hauptbahnhof bombardier

Sesampainya di bagian S-Bahn, saya beli tiket sendiri lewat vending machine. Tenang aja, saya sebelumnya nggak punya pengalaman beli tiket di vending machine Jerman tapi semua berjalan dengan lancar. Enak deh kalo di tempat canggih gini, semuanya jelas dan memudahkan. Berhubung hari itu saya bakal mobile banget mondar-mandir di kawasan Berlin, saya beli tiket unlimited day pass (Tageskarte) yang jenis Berlin AB. Kalo kalian mau ke daerah yang lokasinya sedikit di luar Berlin kayak Potsdam, belinya yang jenis Berlin ABC. Kalo udah beli tiketnya, jangan lupa divalidasi ya! Ada di vending machine itu juga kok. Kalo lupa validasi dan ketauan (kena random check), dendanya lumayan mahal.
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-21 tageskarte berlin ab unlimited day pass
Tageskarte Berlin AB

Perjalanan ke hostel dengan S-Bahn cuma makan waktu sekitar 20 menit. Untungnya HappyGoLucky Hostel ini deket banget dengan exit Charlottenburg Station, jadi nggak perlu nyasar dan geret koper jauh-jauh. Di jalan menuju hostel saya ketemu salju! Dan masih pada lembut!
1°C di Berlin udah ketemu salju, -6°C di Beijing kering kerontang

Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-12 salju
Akhirnya pegang salju yang lembut!

Berhubung masih jam setengah 6 pagi sementara baru bisa check-in jam 2 siang, saya nitip barang di mereka dan nggak ada biaya tambahan. Rencana yang udah pasti di pagi hari ini adalah mengunjungi Reichstag Building. Sebelumnya saya udah reservasi online (GRATIS!) supaya bisa naik ke dome kaca-nya buat liat sekeliling kota Berlin dan dapet yang jam 8 pagi. Berhubung masih gelap, jadi saya ngaso dulu di lobby hostel sambil numpang ngecharge HP dan powerbank serta numpang wifi gratis (double fakir: fakir charger dan fakir wifi). Sekitar jam 06.45 saya keluar hostel buat mengeksplor Berlin dalam 1 hari. Harus memaksimalkan waktu yang ada!

Untuk mengetahui objek wisata apa aja yang bisa didatengin selama di Berlin, saya mengandalkan peta dari Tripomatic.
berlin-attractions-map-large tripomatic
Peta objek wisata di Berlin dari Tripomatic

Berikut objek wisata yang saya kunjungi sesuai urutan kedatangannya.

REICHSTAG BUILDING

Reichstag Building ini merupakan gedung pemerintahan di Berlin. Untuk mencapai Reichstag Building, kalian bisa naik U-Bahn dan turun di stasiun Bundestag. Kalo kalian tertarik buat naik ke dome kaca yang ada di atas Reichstag, kalian harus reservasi online dulu. Gratis kok. Nanti dibawa bukti reservasinya karena harus ditunjukin ke petugasnya. Reservasi online bisa dilakukan di sini. Dateng ke tempatnya harus sesuai sama waktu yang direservasi ya, jangan telat!
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-6 reichstag invitation
Undangannya

Jam 8 kurang dikit, beberapa orang udah ngantri buat pemeriksaan barang-barang. Kemudian kita dipandu buat naik lift ke dome-nya. Keluar lift nanti bakal ada audio guide yang bisa dipake secara gratis. Ini pengalaman saya pake audio guide, dan cool banget ternyata ya. Begitu lewat titik tertentu nanti bakal kedengeran penjelasannya. Contohnya waktu saya pertama melangkah ke jalur melingkar, dibilangin semacem selamat datang gitu. Maapin kampungan :(

Sayangnya cuaca pagi itu berkabut banget, jadi yang keliatan dari dome juga kabut putih doang. Yang jauh-jauh kagak keliatan. Belom lagi iPhone saya yang bertingkah kena penyakit kalo kedinginan. Belom adaptasi kali ya, jadi mati-mati mulu. Pengen ngeluarin SLR sih, cuma saya liat yang lain nggak ada yang foto-foto heboh jadi saya takut kalo diomelin. Alhasil foto di dalem Reichstag dikit banget. Selain negliat sekitar Berlin, dari dalem dome ini juga keliatan ruang rapat utama pemerintahannya.
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-14 inside glass dome reichstag building
Di dalam glass dome Reichstag Building

BRANDENBURGER TOR (BRANDENBURG GATE)
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-2 brandenburger tor gate

Setelah selesai muterin dome-nya Reichstag, saya jalan kaki ke Brandenburg Gate dengan bantuan CityMaps2Go. Kalo naik S-Bahn atau U-Bahn kalian bisa turun di stasiun Brandenburger Tor. Brandenburg Gate ini merupakan tujuan utama saya ke Berlin. Saya tau landmark ini dari The Amazing Race season 6. Waktu Brandenburg Gate merupakan pit stop leg tersebut. Yang bikin saya inget dengan landmark ini adalah kejadian Jonathan ngebully istrinya (Victoria) abis-abisan. Kesel banget nontonnya. Tapi sejak saat itu saya jadi tau Brandenburg Gate ini dan pengen banget ke sini. Alhamdulillah bisa kesampean! Cuma emang sih The Amazing Race itu racun banget, rasanya pengen ngedatengin semua tempat yang mereka kunjungin.

Cuplikan Jonathan ngebully Victoria

Berhubung hari itu tanggal 31 Desember, jadi Brandenburg Gate-nya lagi dipersiapin buat perayaan tahun baru malemnya. Jadi lagi dibikin panggung dan menyebabkan banyak truk dan papan-papan yang mengganggu foto :(
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-3 brandenburg gate
Di Brandenburger Tor!

POTSDAMER PLATZ
Potsdamer ini merupakan plaza (square/platz) yang terletak di tengah kota Berlin. Iye kaku banget bahasanya, ini abis liat Wikipedia abis nggak tau gimana jelasinnya. Pokoknya di sekitar sini banyak gedung-gedung. Buat ke Potsdamer Platz, kalian bisa turun di stasiun S-Bahn Potsdamer Platz.
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-10 potsdamer platz
Suasana di Potsdamer Platz

Berhubung waktu itu lagi winter, jadi ada mini slope buat ski gitu.
Ski Slope di Potsdamer Platz

SONY CENTER
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-5 sony center potsdamer platz

Sony Center merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Berlin yang terletak di kawasan Potsdamer Platz. Saya ke sini buat liat pohon natal dari LED yang ngegantung di tengah mall-nya.
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-4 led christmas tree sony center
LED christmas tree

Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-15 giraffe lego sony center
LEGO Jerapah

Malemnya saya balik lagi buat ngeliat kondisinya pas malem hari. Ternyata lebih bagus!
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-18 led christmas tree sony center at night
LED christmas tree di malam hari

HOLOCAUST MEMORIAL
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-24 holocaust memorial
Lorong di Holocaust Memorial

Dari Potsdamer Platz saya jalan kaki menuju Holocaust Memorial. Holocaust Memorial ini merupakan memorial buat korban yahudi dari peristiwa Holocaust. Kuburannya rapiii banget, cuma saya bingung kenapa tingginya beda-beda dan naik turun gitu yak? Sisa-sisa salju di atas memorialnya bikin suasana lebih eerie. Saya ngeri-ngeri gimana gitu jadi nggak menyusuri semua "lorong"-nya dan nggak lama di sini.
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-11 holocaust memorial
Salju di Holocaust Memorial

CHECKPOINT CHARLIE
Dulu sewaktu perang dingin dan Jerman masih terbelah jadi Jerman Barat dan Jerman Timur, Checkpoint Charlie merupakan perbatasannya. Sampai sekarang masih ada post-nya. Dan katanya di sini kalian bisa dapet banyak cap "imigrasi" Jerman Barat dan Jerman Timur serta cap-cap lainnya di paspor. Cuma karena takut jadi masalah dan bayar juga, jadi saya nggak ngecap. Untuk mencapai Checkpoint Charlie, kalian bisa turun di stasiun Kochstraße.
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-17 checkpoint charlie
Suasana di Checkpoint Charlie

BERLINER DOM (BERLIN CATHEDRAL)
Dari Checkpoint Charlie, saya naik U-Bahn dan turun di stasiun Friedrichstraße. Jalan kaki ke Berliner Dom-nya agak jauh dan waktu itu intensitas gerimisnya makin meningkat. Jadi saya rada bete karena gelap banget dan fotonya jadi nggak bagus :( Jadilah saya cuma selewatnya doang di sini.
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-20 berliner dom cathedral
Berlin Cathedral

ALEXANDERPLATZ
Alexanderplatz ini merupakan square terbesar di Berlin. Eh, square tuh apa ya bahasa Indonesianya? Alun-alun bukan? Oke, jadi di Alun-Alun Alexander ini… aneh ternyata. Di Alexanderplatz ini terdapat banyaaak pusat perbelanjaan dan makanan. Selain itu ada tram juga yang melintas di sini. Rame deh pokoknya! Belom waktu itu lagi banyak sale, jadi tambah rame. Saya sendiri ikutan belanja di Primark karena harganya murah-murah banget. Primark ini semacem H&M kali ya, tapi kayaknya cuma ada di Eropa deh. Lumayan buat beli oleh-oleh Mama (tega banget ngasihnya barang diskonan).
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-26 alexanderplatz
Alexanderplatz Station

Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-25 alexanderplatz s-bahn tram
Suasana di Alexanderplatz

FERNSEHTURM (BERLIN TV TOWER)
Sebagai penggemar menara dan bangunan tinggi, saya udah menjadwalkan buat ke sini. Fernsehturm ini merupakan menara pemancar siaran TV di Berlin yang tingginya 368 meter. Tapi apa mau dikata, waktu itu Berlin berkabut banget. Kalo naik ke atas udah bayar masa ngeliat kabut doang kayak di Reichstag tadi. Dari Alexanderplatz sebenernya bisa keliatan Fernsehturm ini kalo cerah. Berhubung lagi berkabut, jadilah begini doang keliatannya…
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-22 alexanderplatz fernsehturm
Fernsehturm yang tertutup kabut

EAST SIDE GALLERY (BERLIN WALL)
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-23 east side gallery berlin wall
Salah satu sisi East Side Gallery

East Side Gallery merupakan bagian dari Berlin Wall yang panjangnya 1.3 kilometer. Di sepanjang tembok ini, diisi beragam lukisan yang temanya juga beragam. Tapi kebanyakan (sepertinya) tentang freedom sih. Untuk mencapai East Side Gallery, kalian bisa turun di stasiun Warschauer Straße. Salah satu mural yang paling terkenal di sini adalah milik Dmitri Wrubel yang berjudul My God, Help Me to Survive This Deadly Love. Mural ini berasal dari foto yang diambil tahun 1979 dimana Leonid Brezhnev dan Erich Honecker dalam sebuah "fraternal embrace". Iya ini barusan abis baca Wikipedia juga :')
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-16 east side gallery famous murals
My God, Help Me to Survive This Deadly Love

Tapi lukisan ini letaknya jauuuuuh banget dari stasiun Warschauer Straße. Jadi di sepanjang jalan saya melihat banyak mural lainnya yang nggak kalah bagus. Sebenernya mungkin semuanya bagus dan punya makna dalem, tapi berhubung saya buta seni jadi jalan berlalu aja.
Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-7 east side gallery mural
Salah satu mural di East Side Gallery

Jalan-Jalan di Berlin, Jerman-13 east side gallery murals

Setelah selesai di East Side Gallery, ternyata udah jam 2 siang. Berhubung gerimis mulai berubah jadi hujan dan saya juga rebek bawa belanjaan, jadi saya mutusin buat ke hostel aja. Sebenernya sedih sih karena menjadwalkan buat ke Apple Store Berlin yang cuma 1 dan terletak di Kurfürstendamm. Cuma saya mikir nanti aja sebelom tahun baruan. Eh ternyata saya ketiduran ampe jam 7 malem dan fokusnya udah nonton kembang api aja jadi nggak ke Apple Store itu. Belakangan saya tau kalo Apple Store Berlin ini termasuk salah satu Apple Store yang design tokonya cantik di list ini.
Apple Store Berlin (source)

BOTTOM LINE
Buat saya yang sukanya snap and go, Berlin dalam 1 hari sebenernya udah cukup asal seharian penuh dari pagi sampe malem. Yang bikin saya kurang adalah karena cuma bisa explore Berlin setengah hari doang karena butuh istirahat sebelum nonton perayaan tahun baru. Buat kalian yang suka eksplor suatu kota lebih dalem sambil masuk-masuk ke objek wisata, 2 hari di Berlin udah cukup. Kalo mau nambah ke luar kotanya Berlin kayak Potsdam, extend 1 hari lagi biar nggak buru-buru.

Itinerary serta rincian pengeluaran serta info tentang transportasi, akomodasi, dan makanan menyusul di post berikutnya ya!

12 comments:

1. Keren banget euy berlin, apalagi bagian yang ada area meluncur.

Replies
    1. Sayangnya cuma ada pas winter aja (yaiyalah siapa juga yang mau pake pas summer :p)

Delete
  2. Wisata dalam waktu yang sangat singkat tapi lengkap banget kalau menurut saya. Kayaknya flashpacking ke Berlin juga bisa banget ya (mak, flashpacking yang waktunya habis di transportasi :haha). Jerman keren ya Mas, sudah sangat maju dari segi teknologi transportasi, sudah begitu preservasi peninggalan bersejarahnya pun keren, semua monumen itu masih ada tegak berdiri dan dekat dengan masyarakat tanpa harus diamankan secara berlebihan karena semua orang punya mental kuat untuk menjaga :)). Kalau tidak berkabut, skyline Berlin pasti keren banget dilihat dari puncak menara itu :hehe.

Replies
    1. Bisa flashpacking, tapi sayang udah jauh-jauh tapi cuma sebentar. Makanya saya lain kali kalo ke Berlin mau 2 hari lah minimal. Keren banget! Network keretanya, baik yang underground maupun yang kayak kereta di sini luaaas banget. Jadi membantu perjalanan warganya dan turis yang dateng.
      Yup bener. Saya beberapa hari lalu liat di Instagram orang cityline Berlin pas cerah baguuuus. Mungkin emang disuruh balik lagi lain waktu :p

Delete
  3. Hai, salam kenal..aku rencana mau ke Berlin dr tgl 24-28 September 2015 , itu jg krn ada acara BMW Berlin Marathon, klw sy ga ikut tour dr mereka, trs ngilang sendiri aja, kira gampang ga sih naik transportasinya, soalnya namanya susah diinget :D beda kyk Singapore dah di luar kepala (haha, gaya bener) maunya sih mengexplore Berlin dgn waktu yg singkat,, tp takuuttt xixixi

1. Halo Ipung, salam kenal juga :D
      Gampang banget sih menurut saya. Sistemnya mirip kok kayak Singapore, dan nggak perlu nginget nama stasiunnya haha. Kalau punya iOS jangan lupa download aplikasi Berlin Subway (kurang tau ada di Play Store Android apa nggak), supaya lebih gampang lagi. Selamat bermarathon di Berlin! Adem banget tuh kayaknya musim gugur gitu angin semilir hehe.

Delete
  4. Reichtah kalau pesan online masuk gratis ga ?

ReplyDelete
  5. kamu ganteng bangettttttt,,, tinggal dimana? aku tinggal di braunschweig nama aku jesica , kapan kapan kita bisa main bareng yaaaaaa,,

6. kenapa gak coba techno party di Berlin kak?

Replies
    1. Waah malah baru denger aku Techno Party ini. Mungkin next time bisa coba kalo ke Berlin :D

Delete
  7. Nice to be visiting your blog again, it has been months for me. Well this article that i've been waited for so long. I need this article to complete my assignment in the college, and it has same topic with your article. Thanks, great share. https://hari-raya-s-school-9e67.thinkific.com/courses/your-first-course