Tuesday, July 21, 2015

Emmys 2015: Prediksi Ala Kadarnya (Drama Series)

Emmy Awards atau biasa disebut Emmys merupakan penghargaan paling prestigius untuk pertelevisian di Amerika Serikat sana. Jadi Emmy ini semacem Oscar-nya perfilman dan Grammy-nya musik. Emmys sendiri dibagi jadi 2, yakni Primetime dan Daytime. Sesuai namanya, primetime itu isinya acara-acara yang tayang pas primetime (malam hari), sementara daytime itu acara yang tayang siang hari. Untuk tahun 2015 ini, acara TV yang eligible buat masuk nominasi adalah yang tayang dari 1 Juni 2014 sampai 31 Mei 2015. Tanggal 16 Juli kemaren diumumin nominasi lengkapnya dan pengumuman pemenangnya akan dilangsungkan pada tanggal 20 September 2015 nanti.

Seperti biasa, setiap tahunnya setelah pengumuman nominasi tentu aja ada yang bahagia banget dan kesel banget. Karena panelis Emmy ini biasanya punya orang-orang yang selalu masuk nominasi padahal season itu nggak begitu bagus. "Emmy darling" ini yang bikin orang lain yang lebih pantes malah nggak masuk nominasi, alias snubbed.

Nah sekarang saya mencoba mengomentari nominasi dari kategori Drama dan Comedy. Yang Limited Series nggak saya komentarin karena pas saya liat listnya ternyata nggak ada yang saya tonton. Comedy dan Drama juga sebenernya nggak semuanya nonton siih, tapi lumayan lah rata-rata nonton 50% dari masing-masing nominasi. Terus saya juga sok nebak-nebak siapa yang bakal menang (walaupun biasanya jarang banget bener sih). Sooo, here goes! note: yang font-nya warna merah berarti saya nonton yaa.

Outstanding Drama Series
Better Call Saul (AMC)
Downton Abbey (PBS)
Game of Thrones (HBO)
Homeland (Showtime)
House of Cards (Netflix)
Mad Men (AMC)
Orange Is the New Black (Netflix)


Hmm nggak ada drama series dari network TV! Menurut saya yang snubbed adalah The Americans!!! Season 3 The Americans kemaren menurut saya adalah salah satu yang paling keren dari semua drama yang saya tonton di musim ini. Dan emang banyak orang yang protes juga sih masih ada nggak dimasukin ke nominasi si The Americans ini. Saya sih kalo boleh seenak jidat bakal dengan senang hati ngeganti The Americans dengan Game of Thrones (nominated: 2011, 2012, 2013, 2014) karena nggak suka sama seriesnya *dibunuh dengan mengucapkan "TRAITOR!"* hahaha. Tapi kalo boleh ganti, saya mau ganti dengan House of Cards (nominated: 2013, 2014) karena season 3 ini mereka agak melorot dibanding season 1 dan 2. Mad Men (WON: 2008, 2009, 2010, 2011; nominated: 2012, 2013, 2014), seperti biasa selalu masuk nominasi dari season pertama. Sekarang season 7 dan udah season terakhirnya. Akankah menang? Homeland (WON: 2012; nominated: 2013) setelah season 3-nya agak kacrut, season 4 ini kembali panas walaupun tanpa kehadiran Damian Lewis. Better Call Saul ini punya keterkaitan dengan Breaking Bad yang banjir Emmy di tahun-tahun kemaren. Orange is the New Black ini "pendatang baru" karena sebelumnya masuk kategori komedia tapi karena kebijakan baru Emmy bikin series ini pindah kategori ke drama. Downton Abbey (nominated: 2012, 2013, 2014) juga termasuk pindahan karena sebelumnya ada di kategori Miniseries pas season 1-nya tahun 2011.

Who Will Win: Mad Men
Who I Want to Win: Homeland (nggak jugasih… PENGENNYA THE AMERICANS!)

Outstanding Actor in a Drama
Kyle Chandler as John Rayburn on Bloodline (Netflix)
Jeff Daniels as Will McAvoy on The Newsroom (HBO)
Jon Hamm as Don Draper on Mad Men (AMC)
Bob Odenkirk as Jimmy McGill on Better Call Saul (AMC)
Liev Schreiber as Ray Donovan on Ray Donovan (Showtime)
Kevin Spacey as President Frank Underwood on House of Cards (Netflix)

Again, menurut saya yang snubbed adalah Matthew Rhys dari The Americans. Nominasi lainnya udah sering masuk kategori ini sih, kayak Kyle Chandler (WON: 2011; nominated: 2011), Jeff Daniels (WON: 2013; nominated: 2014), Jon Hamm (nominated: 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014), dan Kevin Spacey (nominated: 2013, 2014). Sementara Bob Odenkirk dan Liev Schreiber adalah pendatang baru di kategori ini. Tapi Bob Odenkirk nggak bisa dianggep remeh juga sih karena banyak banget review positifnya buat Better Call Saul.

Who Will Win: Kevin Spacey (karena menang Golden Globes tahun ini…?)
Who I Want to Win: Jon Hamm (karena dia kayaknya serba bisa ya *abis nonton 30 Rock dan Unbreakable Kimmy Schmidt* dan kasian banget 8 kali masuk nominasi tapi gapernah menang)

Outstanding Actress in a Drama
Claire Danes as Carrie Mathison on Homeland (Showtime)
Viola Davis as Annalise Keating on How to Get Away with Murder (ABC)
Taraji P. Henson as Loretha "Cookie" Lyon on Empire (Fox)
Tatiana Maslany as Various on Orphan Black (BBC America)
Elisabeth Moss as Peggy Olson on Mad Men (AMC)
Robin Wright as First Lady Claire Underwood on House of Cards (Netflix)

Lagi dan lagi saya katakan, orang dari The Americans snubbed di sini, yakni Keri Russell. Julianna Margulies dari The Good Wife juga tumben nggak masuk, biasanya langganan. Tatiana Maslany akhirnya masuk nominasi setelah 3 season dan semua orang senang!! Kategori ini kayaknya lumayan sesek sih akrena chance-nya pada bagus-bagus. Claire Danes (WON: 2012, 2013; nominated: 1995, 2014), Elisabeth Moss (nominated: 2009, 2011, 2012, 2013), dan Robin Wright (nominated: 2013, 2014) yang beberapa kali masuk kategori ini serta Viola Davis dan Taraji P. Henson yang walaupun baru season pertama tapi banyak dielu-elukan karena performancenya.

Who Will Win: Claire Danes (mmm… gatau deng)
Who I Want to Win: Tatiana Maslany!

Outstanding Supporting Actor in a Drama
Jonathan Banks as Mike Ehrmantraut on Better Call Saul (AMC)
Ben Mendelsohn as Danny Rayburn on Bloodline (Netflix)
Jim Carter as Charles Carson on Downton Abbey (PBS)
Peter Dinklage as Tyrion Lannister on Game of Thrones (HBO)
Michael Kelly as Doug Stamper on House of Cards (Netflix)
Alan Cumming as Eli Gold on The Good Wife (CBS)

Kayaknya Mandy Patinkin (Homeland) bisa masuk nominasi sih. Untuk kategori ini saya nggak banyak protes deh. Untuk Ben Mendelsohn saya agak yakin dia masuk nominasi pas nonton Bloodline. Agak kaget tapi sedikit seneng Michael Kelly masuk nominasi. Peter Dinklage (WON: 2011; nominated: 2012, 2013, 2014)… um… yaudahlah *ada masalah apa sih Ky sama Game of Thrones?? YA ABIS KENAPA BANYAK ORANG YANG NONTON TERUS PADA KAMPUNGAN?!?!?! <— orangnya nggak rela kalo series yang ditonton jadi dilebay-lebayin orang. Kalo gitu pasti ujungnya jadi sebel. e.g.: Glee* Jonathan Banks (nominated: 1989, 2013) sih yang cukup dielu-elukan. Jim Carter (nominated: 2012, 2013, 2014) baru denger namanya, sementara Alan Cumming (nominated: 2011) namanya… lucu hahaha gakdeng ayo bersihin pikirannya!!! *padahal saya sendiri yang pikirannya kotor*

Who Will Win: Peter Dinklage (udah nggak ada Aaron Paul dan season kemaren emang bagus sih dia jadi Tyrion Lannister)
Who I Want to Win: Ben Mendelsohn (atau Michael Kelly juga boleh)

Outstanding Supporting Actress in a Drama
Joanne Froggatt as Anna Bates on Downton Abbey (PBS)
Lena Headey as Queen Cersei Lannister on Game of Thrones (HBO)
Emilia Clarke as Daenerys Targaryen on Game of Thrones (HBO)
Christina Hendricks as Joan Harris on Mad Men (AMC)
Uzo Aduba as Suzanne 'Crazy Eyes' Warren on Orange Is the New Black (Netflix)
Christine Baranski as Diane Lockhart on The Good Wife (CBS)

Kayaknya beberapa cast dari Orange Is the New Black berhak masuk ke nominasi ini. Tapi gatau sih exactnya siapa hahaha :p Nominasi ini sepertinya kurang lebih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.  Uzo Aduba kayaknya punya slight advantage buat menang lagi setelah tahun lalu menang (tapi masih di kategori guest komedi sih…). Sementara itu Joanne Froggatt (nominated: 2012, 2014) menang di Golden Globes tahun ini untuk kategori yang sama. Pengisi rutin kategori ini tapi nggak pernah menang adalah Christine Baranski (nominated: 2010, 2011, 2012, 2013, 2014) dan Christina Hendricks (nominated: 2010, 2011, 2012, 2013, 2014) yang sama-sama masuk nominasi DAN TAHUNNYA SAMA! Sementara itu duo Game of Thrones, yakni Emilia Clarke (nominated: 2013) dan Lena Headey (nominated: 2014) bernasib sama: pernah sekali masuk nominasi namun nggak menang.

Who Will Win: Joanne Froggatt (karena menang Golden Globe 2015)
Who I Want to Win: Uzo Aduba



Selain itu di Drama juga ada nominasi untuk guest actor dan actress. Tapi ya namanya juga guest, jadi munculnya juga nggak banyak. Oleh karena itu bahkan saya asing banget sama nama-nama berikut. Jadi kasih listnya aja deh.

Outstanding Guest Actor in a Drama Series
Alan Alda as Alan Fitch on The Blacklist (NBC)
F. Murray Abraham as Dar Adal on Homeland (Showtime)
Beau Bridges as Barton Scully on Masters of Sex (Showtime)
Reg E. Cathey as Freddy Hayes on House of Cards (Netflix)
Michael J. Fox as Louis Canning on The Good Wife (CBS)
Pablo Schreiber as George "Pornstache" Mendez on Orange is the New Black (Netflix)

Okay, quick insight: What, Pornstache masuk?? Freddy si tukang ribs juga masuk?? Dar Adal boleh lah. Alan Fitch itu yang mana ya…

Who I Want to Win: F. Murray Abraham (karena cuma tau dia doang yang sepertinya layak menang)

Outstanding Guest Actress in a Drama Series

Khandi Alexander as Maya Pope on Scandal (ABC)
Rachel Brosnahan as Rachel Posner on House of Cards (Netflix)
Allison Janney as Margaret Scully on Masters of Sex (Showtime)
Margo Martindale as Claudia on The Americans (FX)
Diana Rigg as Lady Olenna Tyrell on Game of Thrones (HBO)
Cicely Tyson as Ophelia Hartness on How to Get Away With Murder (ABC)

Quick insight: Okay boleh lah buat Maya Pope dan Rachel. Olenna Tyrell itu siapa ya? Ophelia itu emaknya Annalise kan ya? Hmm boleh sih. Rooting for Claudia sih, tapi kayaknya yang bakal menang Allison Janney.

Who I Want to Win: Margo Martindale (SUPAYA THE AMERICANS MENANG GITUUU!)



Nambahin deh buat directing dan writing, sekalian!

Outstanding Directing for a Drama Series

Boardwalk Empire (Episode: "Eldorado"), Directed by Tim Van Patten (HBO)
Game of Thrones (Episode: "Mother's Mercy"), Directed by David Nutter (HBO)
Game of Thrones (Episode: "Unbowed, Unbent, Unbroken"), Directed by Jeremy Podeswa (HBO)
Homeland (Episode: "From A to B and Back Again"), Directed by Lesli Linka Glatter (Showtime)
The Knick (Episode: "Method and Madness"), Directed by Steven Soderbergh (Cinemax)

Quick insight: nggak ada yang inget. Itu GoT Unbowed, Unbent, Unbroken yang white walker bukansih?

Who I Want to Win: Homeland (Episode: "From A to B and Back Again") [karena… gak pengen Game of Thrones aja… *masih*]

Outstanding Writing for a Drama Series

The Americans (Episode: "Do Mail Robots Dream of Electric Sheep?"), Written by Joshua Brand (FX)
Better Call Saul (Episode: "Five-O"), Written by Gordon Smith (AMC)
Game of Thrones (Episode: "Mother's Mercy"), Written by David Benioff & D.B. Weiss (HBO)
Mad Men (Episode: "Lost Horizon"), Written by Matthew Weiner & Semi Chellas (AMC)
Mad Men (Episode: "Person to Person"), Written by Matthew Weiner (AMC)

Quick insight: cuma tau The Americans dan itu emang bagus banget!!! Ceritanya Elizabeth harus jagain kondisi sekitar pas Philip lagi melakukan misi. Nah pas lagi jaga inilah dia ketemu dengan seorang nenek yang kerja disitu. Karena harus kerja dengan bersih (gak boleh ada yang tau), Elizabeth harus ngebunuh nenek itu. Duh scene-nya itu loh… sendu tapi mencekam gitu.

Who I Want to Win: The Americans (Episode: "Do Mail Robots Dream of Electric Sheep?") [SUPAYA THE AMERICANS MENANG!!!]

Conclusion: THE AMERICANS IS TOTALLY SNUBBED!!! Seneng sih udah dapet 2 nominasi, dari writing dan guest actress. Tapi, tapi….

Kenyataan bahwa Emmy voters ini masukin Margo Martindale yang nggak lebih bagus dari Lois Smith (nenek-nenek di episode "Do Mail Robots Dream of Electric Sheep?") kayaknya karena nama besar Margo aja (dan emang Margo sebelomnya udah pernah masuk nominasi juga sih). Daaan, kalo emang mereka masukin Margo karena nonton The Americans, masa nggak ngeliatin actingnya Keri Russell dan Matthew Rhys sih??? Jangan-jangan emang beneran cuma masukin nama doang tanpa nonton acaranya lagi nih?!?! Pantes aja banyak nominasi yang itu-itu aja padahal lagi nggak bagus-bagus banget seasonnya. ARGH!

Ya udah deh cukup marah-marahnya. Tapi emang deh beneran kalian coba nonton The American season 3 (tapi harus nonton season 1 dan 2 juga—tenang, sama-sama bagus kok!) dan pasti paham kenapa gue (dan banyak web critics serta orang-orang lain) marah-marah sama nominasi Emmy ini.

Eh ternyata panjang *kebiasaan :p* Yang kategori comedy dipisah ke post berikutnya yaak!!

p.s.: semua gambar diambil dari hasil pencarian di images.google.com (maap macem-macem sumbernya jadi malesin nulis satu-satu…)

17 comments:

  1. Cookie Lyonnn!!! (Maap kampungan, die hard fans)

    Ps : elu dah perbuatan hipster lo bener2 belon ilang yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha rasa-rasanya lo juga cuma nonton Empire ya dari nominasi-nominasi ini ekekek.
      Tapi emang sih, beberapa kritik udah yakin bakal ke salah satu dari 2 African-American di kategori lead actress ini. Ughh bagus sih tapi pengennya Claire Danes aja (loh ganti dari yang di atas katanya Tatiana).

      Ngomong-ngomong… lo punya blog?!?! Kenapa isinya diapus semua tinggal judul doang? Kenapa nggak ngapus se-post-postnya..?

      Delete
    2. Wkwk kan gue starworld gurl bingitss haha Meh, me also watch scandal, bcs, and how to get away. Kmrn2 pas nanya2 unbreakable ks trs nyari2 di torent gaada dah wkwk lo dpt drmnsi

      Anjir gue punya blog?????!!!!!

      Delete
    3. How to Get Away with Murder seru!!! Scandal sekarang makin sinetron dah banyak banget konfliknya. Iniii barusan nemu nih gue Unbreakable Kimmy Schmidt full 1 season. Download torrentnya di sini.

      Iyee lo punya blog. Klik aja nama lo di comment ini nanti ketemu kok.

      Delete
    4. Dengan segala hormat ya tuhan ampuni gue, cuman yg main di how to get away ga secakep yg main di scandal wkwk iyesiii sinetron parah tp seru huhu cem empire sm greys anatomy aja dah tersanjung bgt. Since the head of writer is also shonda rhimes then i knew what to expect from scandal, shocking twist, main character being dead and all. Mana skrg eps per seasonnya 20an lagi ga kira2. Jake Ballard jg katanya mo di cut huhu. Eh how to get away shonda jg bukannya? Thanksss link donlotnya, tar abis TUGAS AKHIR gue kelar baru w tonton dah.

      Oalah itu bekasan ppab nya ti, gatau jg kenapa keapus isinya, kaga bikin kali gue hahaha anw kalo mo baca tulisan gue kek apa buka jajanpahala.wordpress.com deh, trs tebak yang buatan gue yg mana haha

      Delete
    5. Bahahahah emang dasar oncom luu! Tapi bener sih, gue juga tau yang main itu (Viola Davis) dari The Help, yang mana sesuai namanya dia jadi The Help alias pembantu (tapi masuk nominasi Oscar!). Makanya kaget pas liat dia "naik kelas" jadi orang kece di HTGAWM ini :') Iyaaak, 3 itu: Grey's Anatomy, Scandal, sama How to Get Away with Murder yang bikin sama-sama Shonda Rhimes, jadi yaa senada lah dikit-dikit.

      Gue nebak disini aja deh. Malu kalo nebak disana terus salah. Udah berasa teriak manggil orang tapi salah rumah. Lo yang "Bagi Sembako Lebaran" bukansih?? "MEJIK KOM YO!" juga bisa sih. Tapi sorry banget nih, yang jelas bukan yang "Berbagi kurma untuk berbuka puasa di DT", abis baca assalamualaikumnya lengkap banget dan kapitalisasinya diperhatikan dengan benar, langsung gue scroll ke post berikutnya. Baru deh dibaca walaupun alhamdulillah ya panjang…

      Eh nanti siang bakal publish Emmy yang comedy nih! Pindah yuk tempat ngobrolnya biar rame *minta dikomen banget blognya*

      Delete
  2. Banyak yg bilang GoT bagus banget tapi aku belum sempat mulai ngikutin... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ikutin, Koo. Seru sebenernya, ceritanya berlapis-lapis jadi harus merhatiin banget pas nonton. Kalo meleng bisa-bisa jadi banyak nggak ngertinya haha

      Delete
  3. Hi Refky..kunjungan balasan dan ternyata demi apaaah kamoh geek sekaliiii..hahaha..ups ..ehtapi ya gw jugak gituuu... mosok gueh udah nonton smuaa itu yg nominasiii...
    plus serial TV lain yg ga masup indo macam Hemlock Grove, The Strain, The Millers, Bitten, The Return, Under the Dome, Helix, dst dsb...tiap pagi gw pasti donlot episode terbaru yg malamnya tayang di amrik..hihihi parah yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakk saya bukan geek, tapi nggak ada kerjaan ajaa hahaha. Wah kamu banyak juga nontonnyaa. Saya juga nonton beberapa dari list kamu tuuh kayak The Strain dan The Returned. Ihiikk sama banget tiap pagi download series, bahkan sampe download aplikasi yang ngingetin kalo pagi ini yang tayang apa aja… Tos dulu lah kitaa :p

      Delete
    2. Aku ngakperna nonton tipi ihik ihik ihik, paham sekilas2 aja nich

      Delete
    3. Saya juga gak pernah nonton tipiii, ini nontonnya di laptop soalnya abis download :p

      Delete
    4. samaa mas refki ane juga anak downloader

      Delete