Monday, May 21, 2012

Bintang Pintar Ultra 2007: The Beginning

waktu itu kelas 8, di SMP Labschool Kebayoran, pagi-pagi. tiba tiba gue dipanggil ke ruangan Pak Romlan, wakil kepala sekolah. bingung juga sih disuruh menghadap Pak Romlan padahal lagi jam pelajaran, Agama waktu itu. dengan bingung akhirnya gue jalan ke ruangannya dan dikasih tau kalo gue disuruh ikut lomba Bintang Pintar Ultra. format lombanya kaya beregu gitu, terdiri dari 3 orang. dari SMP Labsky wakilnya Icul, Etsa, sama gue. bakal ada audisinya gitu, dan yang lolos bakal masuk ke karantina. berasa apa? Akademi Fantasi Indosiar☺ lombanya sendiri tingkat nasional, dan audisinya bakal di gelar di 9 kota besar di Indonesia, kaya (sorry kalo salah) Jakarta, Medan, Bandung, Jogja, Surabaya, Bali, terus.... lupa. Makassar, Papua, dan Balikpapan, mungkin?

beberapa hari setelah ditunjuk itu, 3 orang tadi sama Ibu Tina, guru sejarah di Labsky, berangkat dari sekolah ke Balai Sudirman. di daerah Tebet gitu. sampe sana, masuk ke Balai Sudirman, dan.... gede banget. dan rame banget juga. itu se-Balai Sudirman isinya kursi semua dan kursinya BUANYAK banget. awalnya registrasi dulu, dan dikasih nametag. SMP Labschool Kebayoran dapet nomer urut ke 263. kebayang kan berapa sekolah yang ikut? pas registrasi, nametagnya dikasih abjad gitu. A, B, sama C. gue dapet 263C. jadi tuh cara kerja audisi ini adalah tiap orang perwakilan ngerjain soal, dan nanti dijumlah dari tiga orang itu. 5 sekolah tertinggi bakal lanjut ke tahap karantina.

abis dikasih nametag, diarahin ke kursi sama kakak pengawasnya, terus duduk caem dulu sambil nunggu. di kursinya udah ada papan jalan sama sebuah tempat gitu isinya 6 kotak susu ultra. gue duduk caem disitu, sambil ngeliatin sekeliling, mencoba nebak-nebak dia dari SMP mana aja. tebakan gue, ada yang dari 19, dari 115, Al-Azhar 1, dan lain-lain. oh iya, untuk audisi Jakarta ini, dibagi 2 tahap. tahap 1, terdiri dari Jakarta Utara, Timur, sama Pusat. sementara tahap 2 terdiri dari Jakarta Selatan sama Barat. abis nunggu lumayan lama, tesnya gak dimulai mulai. terus yang dilakukan panitia berikutnya adalah.... ngabsen. ngabsenin satu-satu itu sekolah.... lama banget..... ada 300an hampir 400 kalo gak salah yang terdaftar, cuma gak semuanya ikut.

sekitar jam 9 atau 10, baru deh tesnya dimulai. soalnya pilihan ganda semua dan terdiri dari 60 soal. gak ada sistem minus. jadi ngasal aja. mainly sih pengetahuan umum, ada sejarah dan matematika, fisika juga ada. ya gitulah soalnya. waktu buat ngerjainnya cuma 75 menit kalo gak salah. haik haik silang sana silang sini, akhirnya gue selesai ngerjain. terus bahas beberapa soal sama Etsa, Icul, dan Bu Tina. terus langsung hopeless. 1. banyak salah, 2. saingannya weeyy itu sekolah-sekolah lain udah pada bersinar semua namanya.

pengumumannya bakal keluar hari itu juga. jadi disuruh nunggu sama panitianya. nunggu sejam 2 jam.... gak ada ada pengumumannya... yaiyalah. itu peserta sejuta orang terus tadi pas ngerjain juga disilang, bukan diitemin. jadi harus manual meriksanya. sampe akhirnya kita bertiga maksa-maksa Bu Tina buat pulang karena udah saking pasrahnya. cuma Bu Tina mau tetep stay nungguin. jadilah kita nungguin. jam setengah 2an gitu, tiba tiba MC nya mulai ngumumin. yah udah deh lemes dikit. hopeless, cuma masih ngarep. ngertikan gimana? pas baru naik, MC nya ngumumin kalo yang lolos dari audisi Jakarta 2 ini ada 7 tim, bukan 5 tim. peringkat 7 diumumin, bukan labsky. peringkat 6 juga bukan. sampe disini, pas peringkat 6 lagi ngambil hadiah, kita udah makin maksa Bu Tina buat pulang, daripada ngarep dan ujungnya gak dapet, mending pulang kan? Bu Tina pun berdiri, barengan sama MC nyebutin peringkat 5. "Peringkat 5, nomer regu 2.....6....3, SMP LABSCHOOL KEBAYORAN!" terus kita lirik lirikan dan hening sesaat, terus ketawa-tawa girang sendiri sambil maju ke panggung ngambil hadiah.

sumpah gak percaya banget. keterlaluan gak percayanya. di panggung dikasih hadiah berupa parcel gitu, isinya susu ultra semua, berbagai ukuran dan berbagai rasa. buanyak banget dan berat banget hadiahnya. sampe harus digotong 3 orang. terus turun panggung dan ketawa-tawa di kursi, masih gak nyangka. seneng banget yang jelas. dari kursi kita dengerin peringkat 4 sampe 1 disebutin. gue lupa apa aja, cuma kalo gak salah ada SMP Kemurnian Jakarta sama SMP Negeri 85 Jakarta. sebelumnya di peringkat 6 atau 7, ada SMP BPK Penabur Tirta Marta Jakarta. SMP-SMP yang namanya udah gue tau cemerlangnya kaya SMP Negeri 11, 19, 115, SMP Islam Al-Azhar 1 Kebayoran Baru, malah gak lolos. yaudah bersyukur aja Labsky bisa lolos.

pas mau pulang, ada kertas gitu isinya score-score tiap sekolah sama score tiap anggotanya. SMP Labschool Kebayoran sendiri di peringkat 5, total nilai 131, rinciannya 45 dari Icul, 44 dari Etsa, dan paling kecil 42 dari gue☺ malu sih paling bontot gitu, cuma ya... alhamdulillah yaa. nilainya sendiri dempet dempet banget antarsekolah. terus paling tinggi kalo nggak salah 51, perwakilan dari Tirta Marta yang belakangan gue ketahui namanya Andrew John.

beberapa minggu dari audisi, bakal berangkat buat karantina di Bandung dan Sentul. karantinanya bakal kurang lebih seminggu. karantina disini pada awalnya gue gatau bakal ngapain, cuma yang jelas bakal ada lomba kaya cerdas cermat gitu. pas dijemput ayah, gue langsung ngasih tau kalo lolos dan bakal karantina. terus sesuai janji, ayah bilang mau beliin buku Guiness Book World of Record di Kinokuniya yang harganya makhullll cuma gue pengen banget punya. sampe akhirnya ayah bilang "mau beli guiness book apa boxer sama underwear buat disana?" terus gue dengan pintarnya memilih jawaban yang salah dan menyebabkan gue gakpunya Guiness Book. padahal pengen banget. cool gitu bukunya. gue ke Mall Taman Anggrek dan disana malah beli kaos dalem, boxer, underwear, kaos kaki, dan segala macem yang tiap awal tahun pasti dibeli. nyesel. cuma tetepppppp: EXCITED PARAKKKKHHHHHH!!!!!
BINTANG PINTAR ULTRA 2007, HERE I COOOOMEEE!!!

4 comments: