Saturday, October 12, 2013

Pengalaman Reschedule(/Refund) Tiket Lion Air

Lion Air at Changi Airport, Singapore

berhubung lagi di rumah, hari ini gue ke kantor Lion Air buat ngurusin tiket pesawat yang napsu banget waktu itu belinya. jadi dulu pas ada bau-bau batal ke Hong Kong, gue puter otak cari destinasi lain. sampe akhirnya muncul ide "Winter in Seoul". setelah dapet izin dari Ayah dan Mama, rencananya mau berangkat 30 Desember terus pulang 6 Januari. jadilah waktu itu cari tiket sana-sini, dan yang harganya paling masuk akal waktu itu baru yang leg Singapore-Jakarta dengan Lion Air buat tanggal 6 Januari 2014. harga nett-nya SGD69, dengan rincian SGD69 untuk tax, fees, dan fuel surcharges, dan SGD0 untuk base farenya. seneng gaktuh? free seat loh cuma bayar pajak! udah include 20-kg baggage allowance pula! waktu itu akhirnya beli dengan metode pembayaran ATM, dan SGD69 pas di rupiahin cuma Rp 531.000. kangen waktu kurs belom bertingkah kaya sekarang :(

but in the end as all of you may know, i went to Hong Kong and got sick in Changi. meriang masuk angin di dalem Changi dan ngerasa hari itu dingiiin banget, padahal cuma suhu ruangan ber-AC. pas sampe rumah, langsung bilang ke mama "batal nih Mah musim dingin di Korea. di Changi aja kedinginan, apalagi di Seoul yang suhunya minus!" akhirnya sudah melupakan tiket 6 Januari itu. cumaaa, tiba-tiba muncul plan lain dan ternyata membutuhkan tiket Singapore - Jakarta di tanggal 19 Januari (hayo kemanaaaa?). maka gusarlah gue, tiketnya bisa di refund/reschedule nggak. nanya ke call center Lion Air, tapi nggak jelas gitu jawabannya. akhirnya pas lagi di Jakarta gini sempetin aja ke kantornya. oh ya, katanya segala refund/reschedule tiket Lion Air cuma bisa dilakukan di kantornya yang terletak di daerah Gajah Mada. reschedule bisa lewat call center, tapi tiketnya cuma bisa di hold. dan biar confirmed, harus melakukan pembayaran langsung di kantornya.

sesampainya di kantor Lion Air, gue mendatangi mbak mbak yang lagi nganggur. hari Sabtu pagi, cukup rame kondisi kantornya. dan petugasnya juga banyak. either service mereka melayani penumpangnya bagus, apa emang karena banyak banget keluhan sampe harus ngebanyakin petugas? hmm based on my experience, i go with the former. here's why:

pas duduk, gue ditanya sama mbaknya ada keperluan apa. gue bilanglah kalo gue ada tiket cuma bingung enaknya refund apa reschedule. awalnya gue nanya, kalo refund kira-kira bisa balik berapa. ternyata kebijakan Lion Air buat refund adalah: dipotong 50% dari BASE FARE dan dipotong 50.000 buat biaya administrasi. jadi buat orang kaya gue yang base farenya 0, cuma dipotong 50.000. huwoh lumayan kan! jadi kalo gue milih refund, gue bakal dapet Rp 480.000 yang bakal di transfer ke tabungan gue (karena gue bayar via ATM) dalam 14 hari. tapi kalo gue refund, gue gimana pulangnya nanti dari Singapore? makanya gue tanya sama mbaknya kalo reschedule bayar berapa. lalu dia sebut Rp 285.600, dengan rincian selisih harga tiket lama dan baru sebesar Rp 235.600 dan biaya administrasi Rp 50.000. terus gue tanya, kalo beli tiket baru langsung harganya berapa. dia bilang Rp 773.000-an. lho, sama aja dong mau refund atau reschedule. mungkin karena base fare tiket gue 0 juga sih jadi nothing to lose kecuali biaya administrasi.

setelah diskusi sama mbaknya, akhirnya gue milih opsi reschedule aja, karena kalo refund harus nunggu 14 hari. males banget harus follow-up terus kalo belom masuk-masuk ke rekening. (anyway, mbaknya tadi memuji gue lho (kampung)! dia bilang kalo jarang banget orang yang dapet tiket dengan base fare 0.) jadilah gue bayar yang kurangnya, dan dapet itinerary baru. kalo dipikir, emang cukup mahal sih buat SIN-CGK seharga Rp 816.600 (531.000+285.600). tapi berhubung udah beberapa bulan lagi gini dan tanggal gue masih masuk high season (AirAsia SGD90 dan tiger SGD87, both exclude 20-kg baggage), jadi mending ambil yang Lion Air ajadeh yang udah all-in sama bagasi 20-kg.

pelajaran banget ya buat para pembaca, kalo mau jalan-jalan dipikirin dulu mateng-mateng tiket pesawatnya. sebenernya dengan gue ambil SIN-CGK ini, gue menghanguskan tiket TigerAir Mandala KUL-CGK yang dibeli juga dengan napsunya. malah udah beli bagasinya juga. dan ternyata TigerAir Mandala itu dengan brengseknya punya no refund policy. tahik dah melayang duit gue.

jadi, mau kemanasiiih? adadeeeeh (digetok)

2 comments:

  1. Kok bisa base fare nya 0, itu ngitungnya pegimane sih?

    ReplyDelete
  2. Hi Mas Heri,
    Sewaktu beli tiket biasanya ada rincian total biaya, kalo Lion Air, harga tiket terdiri dari Base Fare dan Tax & Surcharge.
    Untuk rute Singapore-Jakarta, sepengetahuan saya kalau beli sangat jauh-jauh hari, base fare yang ditawarkan adalah 0 SGD. Jadi Mas cukup bayar tax dan surchargenya saja yang berdasar pengalaman saya nilainya 69 SGD.

    Lion Air biasanya buka reservasi maksimal 330 hari sebelum keberangkatan (sekitar 11 bulan). Jadi kalau Mas berminat dan sudah punya jadwal yang pasti, bisa dibeli tiket murah Lion Air-nya.

    Terima kasih sudah mampir dan ngasih comment, Mas :)

    ReplyDelete