Saturday, January 19, 2013

Thailand: Pattaya

Day 1: Kamis, 3 Januari 2013 (Jakarta - Suvarnabhumi - Pattaya)
perjalanan dimulai dari subuh, dimana gue dan adek harus ikut ayah ke kantor dulu karena dari kantor bakal dianterin ke airport. 2 jam nunggu di kantor, dan jam 9 kita berangkat ke Soekarno-Hatta. sekitar jam 10 sampe, terus nunggu bentar sampe jam 11 dan ke check-in counter. imigrasi lancar, solat, terus masuk ke boarding room. jadwal take-off nya jam 12.55, jadi sebelom itu udah masuk pesawat. tapi seperti yang gue ceritakan di post sebelomnya, pesawatnya lama banget take-off nya gatau kenapa. bener aja pas gue cek di google abis landing, ternyata delay lebih dari 30 menit.

di pesawat gue lumayan panik, karena ETD nya kalo di tiket jam 16.45, sementara jam 18.00 harus udah naik travel ke Pattaya. dan Suvarnabhumi Airport itu kan udah 11 12 sama Changi dan Hong Kong Airport, udah jadi main hub airport di Asia. jadi ya lumayan panik deh kalo ditinggal travel gimana, padahal udah bayar dan yang jam 18.00 adalah last departure of the day.

walaupun delay lebih dari 30 menit, somehow kita nyampe on-time, lebih cepet dikit dari jadwal malahan. Thai Airways yang seharusnya nyampe belakangan, malah dateng duluan karena pas kita lagi taxiing di Soekarno-Hatta, dia tiba tiba udah take-off aja. tukang nyelak! keluar pesawat, gue sama adek udah kebakaran jenggot jalan di travelator. kita dikasih di gate F, yang ternyata itu diujuuuuuung banget, jadi jauh buanget jalannya ke imigrasi. udah banyak lewati travelator, tapi gak sampe sampe. akhirnya kita liat plang imigrasi, cuma ada 2 ternyata. yang lurus terus, sama yang belok kiri. kita awalnya bingung, tapi setelah nanya, ternyata milih imigrasi itu liat dari luggage belt pesawat. jadi cari tv yang isinya informasi belt, terus liat plangnya deh kita ke imigrasi yang mana (maafin kalo norak, pertama kalinya ke luar negeri... kedua sih sebenernya cuma yang pertama kagak berasa ke luar negeri).

imigrasinya cenderung cepet karena banyak loketnya. dan buat asean country passport holder ada line khususnya gitu, jadi bisa lebih cepet. selesai imigrasi, nungguin bagasi. pas nungguin bagasi, gue berinisiatif mau ambil trolley. nah, di belakang trolleynya ada tulisan "PUSH ME" gitu. jadi gue dorong trolleynya, terus gue tarik. EH malah 4 trolley yang ketarik. karena malu, gue suruh adek gue yang ngambil.  terus dia berhasil. ternyata gagang trolleynya yang diteken, terus ditarik. terus selama jalan, itu gagang harus diteken biar trolleynya bisa jalan. iye norak maapin.


abis ngambil bagasi, kita ke arrival hall gate 7 buat beli simcard. sebenernya pas di imigrasi, di mejanya dikasih simcard true move gratisan. cuma berhubung hp gue banyak mau dan bikin ribet karena harus pake micro simcard, jadi harus beli. di gate 7 itu ada banyak vendor simcard, cuma akhirnya kita beli yang Happy/dtac. buat iPhone dan paket unlimited data 1 minggu, kena biaya 299 bath. sementara buat adek gue yang pake Blackberry, kena biaya 449 bath. wkwkwk mahal. tinggal ngasih doang hp nya, nanti diurusin sama mas-masnya. cepet kok. dan bisa langsung pake. abis beli simcard, nyoba telpon mama. eh gak diangkat. yaudah.

selesai beli simcard. kita ke information center dulu di gate-gate awal, lupa 2 atau 3. disana kita ngambil peta Bangkok. terus rencananya mau naik travel dari gate 8 di lantai 1 (sekarang lagi di lantai 2). jadi dari information center kita turun, dan ternyata di lantai 1 cuma sampe gate 4 atau 5 gitu, gak nyambung sampe gate 8. gatausih nyambung apa enggak, soalnya ada toilet gitu. hmm apa jangan jangan nyambung ya? (si bego baru sadar sekarang) jadilah kita naik lagi, terus jalan lagi ke gate 8 lantai 2, terus turun. jauh jadinya.


sampe gate 8, kita ke Bell Travel Service. karena udah beli dari Indonesia, kita cuma ngasih print-an bookingan dan selanjutnya dikasih stiker gitu di baju. buat travel dari Suvarnabhumi ke Pattaya, biayanya 230 Bath. itu dianterin sampe hotelnya, jadi buat yang buta jalan dan mager nyari angkot di Pattaya, lumayan lah harganya. jam 6 kita berangkat menuju Pattaya!



sekitar jam 8 kita sampe di Southern Pattaya Terminal. itu tempat bis travelnya turun. darisana kita naik minivan lagi buat dianter ke hotel. kita nginep di Tune Hotel Pattaya karena ada promo yang menurut gue super murah. nanti kayaknya mau review Tune Hotel, both in Pattaya and Bangkok. post tersendiri aja kayaknya (mulai tercium post tersebut gabakal muncul). sampe hotel, kita mandi dan selanjutnya keluar cari makan.

the view from 7th floor

keluar hotel, bingung ke kiri apa ke kanan. akhirnya kita ke kanan, baru jalan bentar langsung ketemu waria lagi ngumpul. otomatis berdua langsung balik badan dan ngomong "ke kiri aja". ke kiri liat liat, ada KFC, Pizza Hut, Subway, Burger King, dan food stall pinggir jalan. cuma karena foodstall itu kebanyakan ada menu porknya, jadi kita makan di KFC. kita pesen spicy roasted chicken, satunya 69 Bath.


suapan pertama.... rasanya aneh. nasinya panas cuma gak enak, kaya nasi bau gitu. cuma Mama sama Tharra kayaknya yang tau nasi bau yang gue maksud gimana. ayamnya enak sih cuma sayurnya aneh rasanya. tapi berhubung laper jadi telen ajadeh. selesai makan, kita masuk ke Central Mall Pattaya. liat liat doang, karena harga Levi's atau Lee Cooper sama aja kaya di Jakarta, lebih murah di Jakarta malahan. terus ke Big C buat beli air mineral. ada yang merk nestle, tapi harus beli 1 pak isi 6 yang 1.5 liter. jadi cuma muter doang disana. kelar muter, kita ke 7-Eleven. alhamdulillah gak jauh dari hotel lokasinya. disana beli air mineral sama snack. terus balik dan bobokkk.

Day 2: Jumat, 4 Januari 2013 (Pattaya)
selesai mandi, kita memutuskan untuk menengok Pattaya Beach. setelah liat maps, ternyata gak jauh jadi jalan kaki aja lewat jalan di samping hotel. tinggal lurus, terus nyampe deh di Pattaya Beach. foto-foto bentar, terus jalan lagi.



sebenernya banyak orang yang ke Bali Hai Pier, cuma karena kita mager dan gatau sistem songthaew (semacem angkot) di Pattaya gimana, akhirnya gak jadi kesana dan jalan kaki aja menyusuri Pattaya Beach Road. di Bali Hai Pier itu bisa keliatan pantai Pattaya secara keseluruhan, dan ada tulisan Pattaya City gede gitu kaya gini

tolong di zoom biar keliatan tulisan Pattaya City nya (segitu malesnya gamau jalan dan nasib gapunya tele)

jalan-jalan gak jelas, tiba-tiba sampe di perempatan Pattaya 2nd Road. disitu ada songthaew lagi ngetem dan untungnya ada penumpang lain. jadi kita aman naik itu. karena kalo gak ada penumpangnya, katanya si supirnya nanti ngira kita mau charter. jadi dari perempatan itu buat ke hotel tinggal naik songthaew sekali, nanti lewat di depan hotel. oh iya, songthaew itu gak ada nomer atau rute kaya di Jakarta/Bandung. gue sih cuma naik 1x, tapi kayaknya di sekitar Tune Hotel ada 3 rute songthaew yang gue tangkep. pertama yang lewat depan hotel (ngelewatin Pattaya 2nd Road). itu kalo dari hotel dan lewat Dolphin Roundabout bakal lurus arahnya. kedua yang ngelewatin Pattaya Beach Road, itu gatau lurus terus sampe mana. yang ketiga yang dari Roundabout ke kanan, itu ke arah Mini Siam, terminal, dan lainnya. sekali naik songthaew harganya 10 Bath. kalo bisa kasih uang pas, karena kalo lebih nanti dicurangin (kaya gue....) gue berdua ngasih 100 Bath, dikembaliin 60 Bath. padahal yang bayar sebelom gue berdua cuma 20 Bath. yasudahlah karena males jadi terima saja. eh iya, mau turun dari songthaew jangan teriak kiri kiri karena gabakal kedengeran. caranya pencet bel yang ada di tiang, nanti supirnya berenti.

suasana Pattaya 2nd Road. dan itu songthaew-nya!

abis nyobain songthaew, kita ke 7-Eleven beli sarapan. gue baca baca trip report orang-orang sih pada banyak yang beli makanan di 7-Eleven, terus dipanasin. terus gue nyoba beli chicken with sticky rice. pas di kasir:
Kasir: paraktaktumprakpangprangpaktumprak
Gue: ??
Kasir: sorry I think you're Thai. Do you want it to be heated or not?
Gue: oh ya, please heat it.
itu cerita pertama diajak ngomong paraktumprakprang wkwkwk. balik hotel, makan sarapan. haiya lagi-lagi nasinya gak enak :( ayamnya juga lenje gitu :( udah pusing banget ini masa se-Thailand nasinya gak enak (padahal baru makan 2x) tapi yaudahlah telen aja.

selesai makan, kita mikir. siang itu rencananya mau ke Mini Siam dan Pattaya Floating Market tempat Running Man shooting pas di Pattaya. cuma berhubung gatau transport kesana gimana, gamau naik taksi, dan hari itu hari Jumat jadi harus solat Jumat di masjid, jadi kita memutuskan untuk berdiam diri di kamar. jangan dicontoh ya :)) pas jam 11, ngecek lokasi masjid dimana, dan letaknya adalah 2-3 kilometer dari hotel. sayang kalo gak solat jumat, soalnya terakir gak solat jumat tuh pas SD (bangga dikit wkwkwk) cuma berhubung jauh dan adek bilang "kita kan musafir," akhirnya kita solat di kamar dan males-malesan sampe sore. cuma berhubung laper, kita turun dan cari makan. berhubung semalem belok kiri, sekarang belok kanan. dan karena siang jadi yang semalem ditakutin belom berkeliaran dan ngerubung. pencarian kita berakhir di restoran India, namanya Palmleaf. restorannya sepiiii banget cuma ada kita berdua. tapi karena udah masuk dan gak enak, terpaksa makan disitu. dikasih menu, dan ternyata harganya... lumayan mahal. 1 nasi goreng telor 150Bath. nasi briyani telor juga 150 Bath. jadi berdua abis 300 Bath sama VAT 7% jadinya 321 Bath. issshhh 100ribu buat makan siang. ternyata eh ternyata, pas makanannya dateng, itu porsinya gede bener. jadi mending pesen 1 buat berdua (penyesalan datang belakangan...).


selesai makan, balik ke hotel dan tidur-tiduran lagi. terusss jam 5 gue panik karena sadar kalo yang gue print buat nanti tuker tiket Alcazar adalah salah. jadilah sibuk buka email nyari document yang benernya. pas ketemu, masalah berikutnya muncul: gatau ngeprint dimana. akhirnya coba ke resepsionis, dan ternyata bisa diprintin. alhamdulillah. abis ngeprint kita ngacir ke Alcatraz dan udah rameekkk. kita masuk ke ticketing yang khusus gitu, jadi tinggal ngasih print bookingan terus dituker sama tiketnya. waktu itu kita beli di www.hotels2thailand.com seharga 700 Bath buat berdua, ditambah tax sebesar 123 Bath jadinya 823 Bath buat berdua. itu dapet seat VIP di row B, kedua dari depan. oh ya, kenapa gue akhirnya milih Alcazar? karena bisa moto-moto selama show... wkwkwk. selain itu lokasinya yang lebih deket dari hotel (belok kanan, jalan dikit, nyebrang) dan lebih murah dibanding Tiffany. walaupun kata orang bagusan Tiffany sih, waria-warianya juga cantikan di Tiffany. cuma yaudahlah buat pengalaman liat waria perform jadi yasudahlah.


warianya ada yang cantik banget, gak keliatan kaya transgender. cuma ada juga yang failed kaya waria Indonesia. yang cantik-cantik biasanya kaya muka muka korea gitu. show-nya sekitar 1,5 jam. shownya itu sendiri tentang budaya-budaya di Asia. ada Thailand, Vietnam, Melayu (lagu pengiringnya Cindai!), Korea, dan lain-lain. selesai show, para waria yang tadi perform udah nunggu di luar karena ada sesi foto bersama. karena rame buanget dan sesek, terus karena harus bayar kalo mau foto sama mereka, kita kabur foto sama yang gratisan aja. plang Alcatraz maksudnya (sedih).



terus kita makan di McDonald, dan menemukan paket yang super worth-it. isinya 2 ayam (dada/paha atas dan sayap/paha bawah) + 1 large french fries + 1 large coke). harganya 154 Bath. selesai makan, kita ke 7-Eleven buat beli sarapan. karena trauma, kali ini kita beli roti-rotian aja sama susu. beli air mineral juga. lagi-lagi di kasir di prakparaktrumprakprang-in. cuma mangap, terus dia sadar kalo i'm not a Thai. sampe hotel, tidur karena besok pagi bakal dijemput buat ke Bangkooookkk!

Day 3: Sabtu, 5 Januari 2013 (Pattaya - Bangkok)
bangun pagi-pagi, terus nungguin jam 8 buat check-out dan nunggu dijemput sama Bell Travel Service.   


sekitar jam 8.30 kita dijemput di depan hotel sama minivan, terus ikut jemput tamu lainnya juga, dan dianter ke Southern Pattaya Terminal.



darisana sekitar jam 9 kita berangkat menuju Bangkok naik bis travel. pagi itu bus terisi 40-50% saja dari 40-50 kursi. dan dari semua penumpang, cuma gue, adek, dan supir yang bukan berkebangsaan India. sekitar jam 11 bus memasuki wilayah Bangkok, kemudian...
bersambung

1 comment:

  1. Thanks For sharing this Superb article.I use this Article to show my assignment in college.it is useful For me Great Work. Bangkok to Pattaya

    ReplyDelete