Sunday, November 17, 2013

Acknowledgement

abis baca tulisan orang-orang tentang perjalanannya, dan gue baru menyadari kalo gue ini tipe pejalan yang aneh. kenapa? karena pas baca tulisan mereka, gue malah "gila betah banget sih disana –2 negara, 4 kota– sampe 10 hari" gitu kali ya respon gue sebagai orang yang nggak betah lama-lama di suatu tempat. mungkin karena dari kecil udah suka sama transportasi macem kereta atau bis, jadinya sekarang begini hasilnya.

dulu waktu masih balita, ayah sering ngajak jalan sebelom dia pergi ke kantor. jadilah gue dibawa naik metromini/angkot, terus balik lagi, baru ayah ke kantor. pas weekend, suka ke Bogor naik KRL. makin lama makin jauh, misalnya naik bis ke Merak terus liat kapal. bulan depannya ke Merak terus nyebrang ke Lampung. pas udah sampe sana juga nggak jelas ngapain. di Bogor, keluar stasiun paling makan bakso terus muter naik angkot. terus balik lagi ke Jakarta. entah naik bis/kereta. di Merak ya tadi ngeliatin kapal aja, sama liat bis dan mobil keluar-masuk kapal. di Lampung sih mayan zonk. udah nih nyebrang dari Merak ke Lampung, sampe Lampung cuma makan nasi padang terus balik lagi. makan nasi padang aja harus di Lampung!

ada 1 lagi jalan-jalan sama ayah yang gue juga bingung kenapa bisa begitu jalannya. jadi ceritanya waktu itu –kalo nggak salah jaman gue SD– kita mau ke Semarang. jadilah dari rumah naik bis ke terminal Pulo Gadung. sampe sana, liat bis yang ada, tapi nggak ada yang sreg sama ayah. jadilah kita ke terminal Rawamangun. akhirnya nemu yang ke Surabaya. karena ayah srek, jadilah kita beli tiketnya tapi bayarnya cuma sampe turun di Semarang. sekitar jam 8-9 malem bisnya jalan dan sampe di Semarang besok paginya sekitar jam 7. di bis itu juga, ayah ganti pikiran karena dia mau liat Masjid Demak. jadilah kita turunnya di Demak. ngapain di Masjid Demak? turun bis, cari warung, beli sabun! iya, numpang mandi di Masjid Demak. selesai mandi, kita pergi ke suatu tempat yang related sama sunan-sunan gitulah pokoknya, gue lupa. disana cuma bentaran doang terus kita ke Semarang naik bis. di Semarang kita bingung ngapain, dan akhirnya gue minta pulang. kita akhirnya ke stasiun dan beli tiket kereta ke Jakarta buat jam 5 sore. waktu itu masih jam 10-11 pagi. masih ada 6-7 jam sebelom balik, cuma akhirnya ayah memutuskan untuk tiduran di bench di stasiun, dan gue dengan riangnya muter-muter sendirian di stasiun. segitu nggak jelasnya jalan-jalan ke Semarang itu.

what i'm trying to explain here is, mungkin beberapa –atau semua? haha– dari kalian mikirnya "ngapainsih kesana gitu doang? buang-buang uang!". cuma gue nyamannya ya begitu. gue nggak betah lama-lama, kaya 2 hari di Pattaya yang 70% waktu dihabiskan buat tidur-tiduran di hotel. atau trip ke Philippines kemaren yang jadinya malah airport-hopping. selama di destinasinya nggak ada suatu yang wah, gue juga males explorenya. terus kalo gitu ngapain kesana? yaa pengen tau ajasih. asal pengen ngerasain gimana disana. terus kalo cuma tidur/airport hopping doang gimana ngerasainnya? nah ini sih bingung sebenernya. apa karena ngerasa sayang ngeluarin uang buat hal yang nggak worth-it, misalnya naik taksi/sewa kendaraan keliling kota? kalo ada transportasi langsung dari airport ke downtown yang terjangkau harganya, 100% gue bakal ke downtown kok. hmmm cuma gue juga masih menggali lebih dalem lagi kenapa suka males kemana-mana padahal udah disana.

tapi gue sendiri enjoy sih ngebacain ulang post-post gue (orang macam apa haha). waktu itu sempet baca post Thailand jadi pengen kesana lagi demi bisa ngelanjutin postnya karena udah lupa lanjutannya gimana kidding. semoga yang lain yang baca juga ikut enjoy ya walaupun tripnya buru-buru banget dan terkesan sangat ambisisus/maksain. tapi sejauh ini buat gue, kalo diibaratin sekali trip itu 100%, 40% telah gue raih saat gue selesai booking –tiket, hostel, dan segalanya yang bisa dibook–, 20% pas di perjalanan menuju destinasi utama, dan 10% pas paspor dicap imigrasi. jadi jalan-jalannya sendiri tinggal 30% hahahaha (kenapa ketawa). makanya gue lebih excited pas nulis bagian introduction dari sebuah trip daripada lanjutannya, apalagi kalo nggak ada sesuatu buat diceritain.

(tambahan ~2 jam setelah published. baru ngeh yang orang yang fit sama kebiasaan gue: pramugara. atau pilot. *ukur tinggi badan* hmmm not a good option.)

anywaay, beberapa minggu menjelang akhir semester nih. semua kondisi mulai hectic. beberapa tugas due in a couple of days from today, dan ada yang belom kesentuh padahal besok dikumpulin. ya abis tugasnya masa disuruh pake Matlab?? kan gue gabisa dan gakmau nyoba juga makenya. and the weather has finally caught up with me. beberapa hari terakhir ini meriang. waktu itu udah mendingan eh ujan-ujanan, gemblung. jadi semalem gabisa ikutan deh hmfftt.

No comments:

Post a Comment