Sunday, June 2, 2013

5 Days, 5 Cities, 5 Flights, 4 Countries: Day 1 - Singapore

Introduction
My A380 Experience
Day 1 - Singapore
Day 2 - Johor Bahru
Day 2 and 3 - Singapore and Kuala Lumpur
Day 3 - Hong Kong
Day 4 - Macau in a Nutshell
Day 4 and 5 - Hong Kong and Sick in Singapore
Itinerary and Expenses

Sabtu, 25 Mei 2013
bangun pagi-pagi, mandi, terus udah niat mau ngeprint semua bookingan yang belom diprint dan beberapa dokumen yang perlu diprint. terus udah niat juga mau potong rambut biar cakep fotonya pas disana (segitunya). cukup sekali liburan dengan rambut fail total dimana jadi kaya bawang (thanks to JambuKebalikFC especially Manda who pointed it out). berhubung flight dari Bandung jam 10.45, jadi yaaa masih bisa leha-leha sampe jam 9 lah ya. emang udah niat naik taksi juga dan nggak macet jadi mungkin masih kekejar. jadilah gue jam setengah 8 ke simpang dago buat cukur dan... tutup. terus balik lagi ke Cisitu buat ngeprint dan.... tutup. stress. terus turun lagi ke Dipati Ukur buat ngeprint dan..... buka dong. abis ngeprint, ngecek tempat cukurnya, dan... buka. yeah. alhasil potong dulu dan baru kelar jam setengah 9an. balik kosan, beberes, dan baru berangkat jam 9.15. nyamperin AA Taksi (taksi Bandung yang warna kuning), yang mangkal di halte deket CK Simpang, eh minta 50ribu! ogah. alhasil beneran stres. udah 9.30 lewat dan belom naik taksi. nungguin taksi di simpang juga kagak ada yang kosong. sialan. langsung deh googling cara naik angkot ke Bandara Husein Sastranegara. tenyata bisa tuh naik Caheum - Ciroyom dari Simpang yang ke arah Cihampelas. PFFFTT tau gitu gue naik ini aje daritadiiiii. alhasil deg-degan selama di angkot dan untungnya abang angkot kagak ngetem sama sekali. jam 10 lewat dikit nyampe gerbang airport dan lari-lari. alhamdulillah ada tukang ojek! ngeliat gue lari, dia langsung nyalain motor dan nyamperin gue. langsung aja gue naik dan WUZZZZZZZ. ternyata dari gerbang depan ke airportnya lumayan jauh buat jalan, apalagi buat yang hampir ketinggalan pesawat kaya gue. jadilah gue bayar dia 10ribu. sebelomnya gue bayar angkot 5ribu (orang baik). tuhkan bisa hemat 35ribu, lumayan buat nambahin bayar airport tax Bandung yang 75ribu itu.

nyampe airport, lari-lari lagi, nyari tempat bayar airport tax. berhubung gue udah print boarding pass ajadi langsung kesana aja. letaknya ada di sebelah kiri dari pintu departure. yang international untung sepi cuma ada 1 orang depan gue. abis bayar langsung ngibrit lagi ke imigrasi. sepi juga. abis imigrasi langsung masuk ke waiting room international. gue nyampe sana jam 10.15 kali, gile ye 30 minutes prior to departure! *hand clapping* waiting roomnya sendiri... sempit. gue sebagai pemuda yang terlihat ngos-ngosan dan rempong bawa backpack dan tas kamera terpaksa berdiri karena penumpang yang lain kebanyakan sudah tua.

sekitar jam 10.45 disuruh boarding. boarding di Husein Sastranegara jangan dipikir kaya bandara pada umumnya yang pilihannya lewat aerobridge atau dianterin bis. ini disuruh jalan. dan pesawat gue paling ujung. yaudahlah nikmatin aja.

btw ini pengalaman pertama gue naik AirAsia. seharusnya pengalaman pertama gue pas dapet tiket Jakarta-Makassar PP dengan harga 90ribu, Januari kemaren. cuma ternyata capek banget abis dari Bangkok terus ke Padang, terus masa ke Makassar juga.. alhasil tiket itu diangusin aja deh. anyway, kursinya sempit karena ini LCC aka Low Cost Carrier. tapi buat gue orang yang gak terlalu tinggi (gak mau bilang kata-kata itu), seatpitchnya masih biasa aja.

di pesawat dikasih immigration card Singapore buat diisi, jadi siapin pulpen ya. waktu ke Thailand juga dapet.

pesawat mendarat sekitar jam 1.30pm waktu Singapore. langsung ke toilet dulu karena kebelet dan menemukan bahwa wcnya pake sensor woooow (norak). jadi kalo kita diri di depannya, sensornya jadi merah. terus kalo kita ngejauh (in case lupa ngeflush), dia ngeflush sendiri. ok, done with the cheesiness. keluar, cari imigrasi, dapet stempel, dapet potongan kertas imigrasi yang harus dijaga sampe keluar Singapore, dan ayo menjelajah Singapore!!!

cuma pas masuk arrival hall gue beneran bengong. gue gatau mau kemana dulu, ke kotanya gimana, darimana naiknya, dan sebagainya. beda dengan Hong Kong dan Macau yang itinerary-nya udah tersusun manis, di Singapore malah kagak bikin sama sekali. alhasil gue duduk dulu sambil bengong dan masukin simcard baru.

btw buat perjalanan ini gue nggak pake simcard negara tersebut. karena gue bakal country-hopping (saelah gaya). jadinya gue pake XL yang lagi ada promo free 3 hari di 9 negara, dan 4 negara gue alhamdulillah masuk listnya. jadi gue cukup beli 2 simcard XL dan masing masing dipakein paket HotRod 3G yang 50ribu. minimal paketnya yang 50ribu ya kalo mau free 3 hari ituu. kenapa gue beli 2 simcard? karena setelah nanya ke CS nya, 3 hari itu akumulatif. jadi kalo dipake 2 hari di Singapore, berarti di Malaysia tinggal 1 hari aja jatahnya. berhubung gue mau ke Hong Kong dan Macau juga, jadi 1 simcard buat SG-MY, 1 lagi buat HK-MO. murah sih 100ribu buat 5 hari. tapi ini buat data alias internet doang lhooo, kalo mau telepon dan sms ya beli lagi pulsanya.

abis masukin simcard dan pilih carrier M1 (di Singapore promonya harus pake carrier M1 karena ini partnernya XL, jadi caranya di Settings -> Carrier -> Automatic di OFF -> tunggu muncul listnya -> pilih M1), ternyata belom mau jalan internetnya. setelah gue otak-atik sendiri, ternyata Data Roamingnya harus ON. caranya, ke Settings -> General -> Cellular -> Data Roaming ON. dan tentunya Cellular Data ON juga. Enable 3G juga disarankan ON biar lebih cepet. yak, begitulah tips menggunakan sim card dalam negeri di luar negeri seperti XL (mungkin juga Indosat dan Telkomsel).

setelah semuanya beres, gue mengikuti plang "To City" dan ternyata karena AirAsia landing di Terminal 1, harus ke Terminal 2 dulu karena MRT ada disana. naik SkyTrain wiiiii norak lagi. turun dari SkyTrain langsung cari stasiun MRT dan beli EZ Link. harga dasar EZ Link SGD 12, dengan rincian SGD 5 sebagai deposit dan SGD 7 bisa dipake. karena takut kurang jadi gue top up SGD 10. jadi EZ Link gue ada isinya SGD 17 dan berarti baru juga mendarat, udah terkuras SGD 22 aka 170ribu :') HUSH lagi liburan jangan sibuk konversi kurs ke rupiah, nanti kagak nikmat liburannya!

naik MRT nya dari stasiun (apasih istilahnya? stasiun? kaya Gambir aje...) Changi. karena mau ke hostel gue di Chinatown, jadinya nanti bakal ada interchange di Tanah Merah sama Outram Park. dari Outram Park naik yang ke arah Punggol terus turun deh di Chinatown. pas turun, ternyata itu stasiun exitnya buanyak bener. waktu di Bangkok kayaknya exit BTS cuma ABCD ini banyak dah pokoknya. berdasarkan petunjuk hostel, disuruh exit yang ke Pagoda Street (Exit A). jadi nurut aja deh, eh pas keluar udah nongol plang hostelnya! gile deket bener!

jadilah gue nginep di A Beary Good Hostel. kenapa disini? setelah liat beberapa hostel, akhirnya milih ini karena ada free hot chocolate yang gue kagak minum juga karena ternyata disuruh bikin sendiri :( ratingnya bagus dan review orang bagus-bagus. harga 1 malemnya SGD 27, cuma gue udah bayar di hostelworld SGD 2-an. jadilah gue bayar SGD24-an tambah deposit SGD 15. terus dianterin ke kamarnya. di kamarnya, gue memandang barang yang berserakan di kasur dan ini kayaknya sekamar bule cewek semua! karena penasaran akhirnya gue tanya mbak-mbaknya dan katanya mixed kok. okedeee. ohya, sesuai namanya, Beary, hostel ini banyak pernak-pernik beruangnya. di tangga masuknya ada beruang gede. terus di common roomnya juga banyak beruang.

kemudian perjalanan berlanjut dengan mencari makan dulu karena lapar dan berakhir di McDonalds.

abis makan lanjut naik MRT mau ke Marina Bay Sands dan sekitarnya. terus turun di MRT Bayfront. darisini gue bingung dulu karena ada 3 exit. B-C-D. 2 dari itu tulisannya ke MBS dan 1 ke Gardens by the Bay. jadinya gue ambil exit C. ternyata itu ke mall-nya MBS gitu namanya The Shoppes.

terus muter bentar nyari toko tas titipan mama. ternyata nggak ada. yaudah jadi gue keluar mall dan.... i'm lost. gila ini gue harus kemana. akhirnya masuk lagi, dan entah kenapa gue tiba-tiba masuk lobi hotel MBS dan jadinya gue keluar ke gerbang lain dan i'm in the middle of nowhere, again. GPS hp lagi kacrut-kacrutnya jadi nggakbisa diandalkan. terus yaudah gue jalan kaki menyusuri luar MBS..... itu gede lho... terus melihat 2 cowok yang kayaknya orang Indonesia jadi gue ikutin aja. terus mereka naik lift gue ikutin. terus ternyata nyampe di platform gitu. antara MBS dan Gardens by the Bay. jadilah disana gue poto-poto dan minta tolong orang buat potoin gue, nasib jalan sendirian :'''')

terus turun buat ke Gardens by the Bay. disana nungguin gelap biar warna warni pohonnya wkwk. udah gelap, udah capek, udah minyak semua badannya, jadilah pulang. masuk MRT Bayfront, itu kaca semua btw jadilah terlihat gue dekil dan usang kaya gembel. balik hostel, istirahat bentar, dan mandi. btw kamar hostel gue ternyata mixed dan isinya Chinese. mereka kaya segerombolan temen gitu, mungkin 6-8 orang. kasurnya ada 12 di 1 kamar. 1 orang lagi kayaknya Arab. kelar istirahat, gue memutuskan buat nyari toko tas titipan mama itu. ke Raffles City tutup. terus mau ke Takashimaya nih.... eh gatau cara nyebrangnya.... jadi udah di seberang jalan dari Takashimaya nih. cuma kan nggakboleh ngasal nyebrang, terus kayaknya nggak ada underway deket situ. jadi balik lagi ke MRT Orchard terus nyoba exit lain. eh malah masuk mall lain. terus pas keluar mall itu malah di antah berantah. karena frustasi, akhirnya pencarian titipan mama malem itu gagal total. akhirnya balik ke hostel dan merencanakan besok mau kemana.

pas siang-siang, gue nanya temen gue yang namanya Miranti (yang kuliah di NUS namun sekarang sedang exchange 1 semester di Sydney hufft enak sekali dia) mengenai apasaja yang harus didatangi di Singapore buat first timer dalam waktu yang singkat. gue awalnya bilang "Merlion, MBS, USS, apalagi?" terus dia nambahin Gardens by the Bay. hmmm, MBS sama Gardens udah. USS kayaknya bisa pas transit 12 jam pas balik. Merlion kayaknya sama-sama di Sentosa ya, jadi barengin aja sama USS (baru sadar besok siangnya kalo pikiran ini salah). jadilah bingung besok mau kemana. setelah mikir bentar... tiding! kenapa nggak ke Johor Bahru! kan bisa naik bis! akhirnya setelah googling cara-caranya, mantep deh rencana half-day trip ke Johor Bahru buat besok dengan tujuan utama gerbang depan Legoland.

btw pas gue balik ke hostel, kamarnya jadi penuh karena ketambahan 2 bule cewek. yang 1 tidurnya di ranjang atas bed gue. cantik dah. terus mereka ngobrol.... gileeeee French!!! adem banget sumpah dengerinnya walaupun kagak ngerti apa apa :(