Thursday, September 5, 2013

Craving for Boba: Ngumpet-Ngumpet Ngurus Visa Taiwan

let's kick the trip report off with my experience to get Taiwan visa! nggak my experience banget sih sebenernya, orang gue lewat travel agent ngurusnya. kenapa akhirnya gue ngurus lewat travel agent? karena gue di Bandung, sementara kantornya TETO (Taipei Economic and Trade Office) ada di Jakarta. kalo gue harus bolak-balik Bandung-Jakarta, kan udah 80.000x2 sendiri tuh. sementara selisih harga kalo ngurus di travel agent sama ngurus langsung gaksampe 100.000. ohya, gue ngurusnya diem-diem, alias emak-bapak gue nggak tau kalo gue ngurus visa. iye, senekat itu. gue beli tiket mereka nggak tau dan gue gak bilang (padahal pake kartu kredit ayah belinya...), ngurus visa juga nggak bilang-bilang. cuma kan namanya udah tekad yee jadi dijalanin aja. ngurus visa Taiwan yang kata orang gampang, jadi deg-degan kalo ngurus lewat travel agent. orang yang 3-4 hari udah kelar, gue luaaamaaaa banget kelarnya ampe smsan mulu ama mbaknya.

jadi suatu hari gue browsing mengenai dokumen apa aja yang dibutuhkan untuk mengurus visa Taiwan? mari kita baca dari sumbernya disini http://www.roc-taiwan.org/ID/ct.asp?xItem=352484&ctNode=9324&mp=292
yak kalo males, sini gue copy-paste-in
A. PERSYARATAN UNTUK VISA KUNJUNGAN WISATA1. MENGISI FORMULIR DI https://visawebapp.boca.gov.tw, LENGKAP DENGAN TANDA TANGAN PEMOHON DAN MELAMPIRKAN PASFOTO 6 BULAN TERAKHIR UKURAN 4X6 CM (berwarna dan background putih) 2 LEMBAR2. MASA BERLAKU PASPORT MINIMAL 6 BULAN (untuk single entry), MINIMAL 12 BULAN (untuk multiple entry).3. SURAT KETERANGAN KERJA DARI KANTOR atau SURAT KETERANGAN SEKOLAH BAGI PELAJAR ( asli dan diatas kop surat resmi )4. FOTOKOPI REKENING TABUNGAN.5. FOTOKOPI KARTU KELUARGA.6. BIAYA VISA SINGLE ENTRY Rp.460.000,- VISA MULTIPLE ENTRY Rp. 920.000,-

nah seperti yang bisa dibaca, sangat mudah bukan persyaratannya? cuma karena namanya ngurus lewat travel agent, pasti jadinya rebek. syarat nomer 1 dan 2 tentunya sangat mudah. nomer 3, buat mahasiswa atau pelajar, minta aja ke sekolahnya terutama bagian TU. TU yang mahir sih udah punya formatnya jadi tinggal nulis buat kedutaan apa dan embel-embel lainnya. sayang sekali TU program studi gue kurang canggih jadi gue harus kasih contoh suratnya, biar mereka tinggal ketik ulang. abis itu diprint, ditanda tanganin kepala program studi (atau kepala sekolah), dan dicap instansi terkait. suratnya dalam bahasa inggris ya kalo gue. syarat keempat, gampang aja buat gue yang merupakan nasabah bank mandiri. tinggal dateng ke cabang terdekat, lalu ke customer service. bawa bukunya (atau kasih tau nomer rekeningnya aja) dan kasih KTP. terus bilang mau ngeprint rekening koran 3 bulan terakhir. bisa juga sebut tanggalnya, mau dari tanggal berapa sampe berapa. syarat kelima alhamdulillah ada di kosan berkasnya, bekas sisa ngurus beasiswa. jadi nggak perlu minta tolong kirimin dari rumah. setelah semua berkas siap, mari berangkat ke travel agent!

nah, awalnya gue mau ngurus ke travel agent yang di daerah Pasirkaliki, cuma pas naik angkot ternyata lewat daerah Wastu Kencana dan ada travel agent yang cukup ternama disitu. jadilah gue turun angkot dan mencoba keberuntungan. pas masuk, gue celingak-celinguk dikit karena cukup sepi dan nggak ada nomer antrian whatsoever. jadilah dipanggil sama mbak-mbaknya dan disuruh duduk.
Mbak: mau apa mas kesini?
Eky: mau urus visa Taiwan, mbak.
Mbak: buat keberangkatan kapan?
Eky: 19-22 Agustus
Mbak: (ngitung berapa bulan selisihnya sama tanggal sekarang, karena masa berlaku visa cuma 3 bulan) oh kecepetan mas kalo sekarang
Eky: loh kan 3 bulan mbak? sekarang awal Juni, berarti 3 bulan lagi awal September kan?
Mbak: (manggil dan nanya temennya) oh iya. mas udah bawa persyaratannya?
Eky: udah mbak, ini.
Mbak: (ngecek dokumen) mas, kalo mau urus visa, rekening tabungannya minimal 30 juta
Eky: saya udah telepon ke kedutaannya, katanya 15 juta cukup kok
Mbak: (manggut-manggut, lanjut cek dokumen)
gue yang dari awal sudah persiapan kalo bakal dibilang begitu, dengan santainya bilang "saya udah telepon ke kedutaan", padahal belom sama sekali. cuma stay cool aja pas ngomongnya. dan alhamdulillah dapet mbaknya nggak yang terlalu expert, dia kaya iya-iya aja gitu jadinya gampang "ngelawan" nya.

setelah dia selesai cek dokumennya, dikasihlah gue kuitansi penerimaan dokumen dan paspor. tapi tiba tiba dia bilang... "ini ada yang kurang dokumennya, yakni surat orang tua. kalo udah dilengkapin, baru bisa diproses. jadi nanti atau besok-besok bisa dilengkapin dulu ya. ini ada contoh surat izinnya. udah saya ganti jadi data mas, jadi tinggal diketik ulang aja." GLEK. mati gue, niat diem-diem malah disuruh minta surat izin orang tua. dan parahnya lagi, si mbak tadi manggil temennya yang lebih expert dan si expert itu nambahin "suratnya harus ada kop surat tempat papanya kerja ya, sama tanda tangan di atas materai. terus karena kamu masih sekolah, kasih rekening koran tabungan papa ya." ALAMAKJAN! langsung keringet dingin dan iya iya aja. rasanya gue pengen batalin aja ngurus disitu dan langsung ke Jakarta, tapi sayang uang karena jatohnya lebih mahal. jadi gue ambil kuitansinya, dan mikir di jalan gimana caranya dapetin surat izin dengan kop surat, beserta rekening koran ayah.

sampe kosan, gue cari kop surat Bank DKI (tempat ayah kerja). dan hasilnya nihil. cuma kalo liat kop surat bank lain, cuma ada logo doang. jadilah gue ikutin. terus ketik ulang suratnya dengan format yang udah dikasih sama mbak-mbaknya. selesai ngetik, terus ngeprint dan beli materai. tanda tangannya? hiyak palsuin ajee. terus gimana rekening koran ayah? alhamdulillah Bank DKI baru buka cabang di Jalan Dago, jadilah gue telepon ayah minta nomer rekeningnya, bilangnya sih buat persiapan visa Korea mehehehe. setelah dapet, gue ke Bank DKI dan minta rekening korannya. minta rekening koran di Bank DKI nggak semudah di Bank Mandiri. kalo Bank Mandiri bener bener abis sebut nomer rekening, bisa langsung di print, walaupun mintanya bukan di cabang tempat buka rekening. kalo di Bank DKI, harus telepon ke cabang tempat bukanya dulu biar bisa dioper datanya, dan di print di cabang tempat minta. beda-beda sih tiap bank, gue pernah baca kalo Bank BCA cuma bisa minta di tempat buka rekening. setelah dapet, gue langsung balik lagi ke travel agent sore itu juga. bingung kali tuh mbaknya kenapa cepet bener bisa langsung balik lagi. cuma ya namanya ngumpet-ngumpet nggak minta restu, ada aje masalah lagi.

karena gue rada males sama si expert, jadilah gue kembali mendatangi mbak yang iya-iya aja. setelah dia ngeliat dokumen susulannya, yang dia lakukan adalah.. memanggil si expert. kampret. lalu si expert melihat dan.. "mas, ini yang ditujunya salah" dan hening 2 jam......
Eky: mbak, tapi saya ikutin format yang dikasih sama mbak yang itu (sambil ngasih kertasnya)
Expert: oh ini dia lupa ganti nih, Taiwan nggak ada kedutaan disini. jadi nggak bisa ditulis Embassy of Taiwan. tulisnya aturan TETO. sisanya udah bener.
Eky: jadi gimana mbak?
Expert: bisa nggak besok balik lagi dengan surat yang udah bener?
Eky: yah mbak, orang tua saya baru aja pulang tadi. kebetulan tadi lagi disini karena ada perlu di kantor cabang baru di Dago. (NGIBUL NGIBUL)
Expert: (mikir sesaat hingga akhirnya muncul kalimat yang sangat melegakan tenggorokan kaya permen mint) yaudah, saya ketik ulang. mas bisa kan nanti mirip-miripin tanda tangan papa?
Eky: saya coba deh mbak, bisa minta kertas buat latihan? (NGIBUL LAGI PADAHAL SUKA MALSUIN)
Expert: ini kertasnya, saya tinggal ngetik ya mas.
jadilah dia ngetik ulang dan gue urek-urek kertas sok latihan. pas udah kelar, dia balik lagi.
Expert: gimana mas? udah lancar?
Eky: dicoba deh mbak (senyum-senyum palsu)
Expert: tanda tangannya kenain materai ya mas
jadilah tanda tangan dan jadilah surat izin jadi-jadian itu. kemudian gue dikasih tau kalo bakal dikabarin dalam 5 hari kerja mendatang. dan dimulailah masa gundah gulana memikirkan visa. sampe kebawa mimpi aje lho gusarnya.

tepat 5 hari kerja setelahnya, gue sms si expert dan katanya belom. jadinya gusar. besoknya sms lagi, dibilang belom juga. udah makin hopeless. ngurus visa Taiwan yang katanya gampang aja kenapa jadi rebek gini? gimana kalo nanti mau ngurus visa US/Australia/Schengen yang kata orang ribet?? alhasil gue sedikit murung. hinggal 8 hari setelah hari kerja, gue sms si expert dan dikasih tau kalo visanya udah bisa diambil! yeaaaah! langsung girang banget. abis kelar kelas langsung ngibrit ke Wastukencana buat ngambil visa. disana langsung ketemu si mbak expert dan dikasih paspornya. terus gue buka dan girang sendiri ngeliat visanya. padahal "cuma" visa Taiwan. kemudian gue bayar sejumlah 515.000 ditambah pajak 1% sehingga totalnya 521.000. lumayan lah selisih 61.000 doang, daripada kalo harus bolak-balik ke Jakarta. lalu gue pulang, dan lahirlah post norak ini.

Taiwan, here I come!
to be completely honest, i don't know why i blocked some of my data. abis pas googling pengalaman orang ngurus visa ngasih ngasih foto visanya, pada ngeblok blok gitu. jadi gue ikutin ajadeh. terus gue lupa ada yang harus diblok. jadi blok yang rasanya penting ajadeh. pengen ngeblock tanggal lahir, cuma ngapain, orang email gue aja ada tanggal lahirnya. terus passport number pengennya nggak usah diblock sih, siapatau ada pembaca baik hati yang mau beliin tiket pesawat. kan harus masukin nomer paspor tuh. cuma takutnya kalo dipake buat yang jahat jahat gimana? masa orang baik kaya gue jadi tertuduh fitnah sih kan nggak pantes ya. yaudah ya ini image caption kenapa jadi 1 paragraf sendiri. karena males enter dan meng-un-italic-an font, jadinya closing disini aja. nantikan proses pembuatan visa Korea yaa! ngurus sendiri tuh kalo visa Korea! apakah lancar-lancar saja? atau tersendat? atau malah ditolak visanya? hmmm kalo ditolak terus gue beneran ke Korea nggak? atau kemaren cuma imajinasi aja ke Koreanya? hmmmm nantikan ya

No comments:

Post a Comment