Monday, October 7, 2013

Annyeonghaseyo South Korea!: Departure and Arrival

mari kita lanjutkan serangkaian post "Going Up, then Down, then Up Again!", terutama setelah ada yang bilang "ini isi blog lo lama2 kyk tutorial visa tiap negara" hueee maapkan aku yang hanya ingin semuanya runtut, dari mulai preparation, disananya, dan pendapat gue tentang destinasi. sekarang dan kedepannya udah tentang gimana perjalanannya kok hihi ayo sini nangkring disini lagiii :))

* * *

akhirnya datang juga hari yang ditunggu. Senin, 12 Agustus 2013. paginya baru packing yang bener-bener packing, setelah semalemnya cuma ngeluarin baju doang kagak dimasukin ke koper. dengan bantuan emak yang super handal dalam urusan packing, langsung beres dalam beberapa menit. siangnya, setelah ayah pulang dari kantor sehabis izin, kita jalan ke Soekarno-Hatta. the travel itself was uneventful; traffic jam and bla bla bla. akhirnya sampe di airport dan check-in lah kita. waktu itu barang yang dibawa: 1 koper medium yang kalo diisi sesek beratnya 15-17kg, 1 travel bag yang kalo diisi penuh sesek beratnya 7kg, 2 ransel di masing-masing pundak, sama tas kamera. karena beli bagasi cuma 15kg, akhirnya kita masukin koper aja yang beratnya 10.4kg. bayar airport tax 150.000 per orang, dikasih boarding pass dan paspor, kita langsung jalan buat solat. pas mau solat, baru sadar: kenapa travel bagnya nggak sekalian dimasukin ke bagasi? cuma awalnya ragu bakal melebihi 5 kg apa nggak. berhubung gue beli 15kg dan udah kepake 10.4, berarti cuma sisa 4.6kg dong? tapi karena mikirnya males pas di KL harus gotong-gotong tas, akhirnya dicoba tanya ke check-in counter lagi. akhirnya keluar lagi, dan masuk lagi. mas-mas yang ngecek tiket pasti bingung dah ini bocah 2 boarding passnya udah ditempel sticker airport tax kenapa masuk lagi. di counter check-innya:
eky: mbak, saya mau masukin bagasi lagi ini, ta.. *dipotong*
mbak: tujuannya kemana mas?
eky: Seoul mbak
mbak: oh kalo ke seoul kena biaya 600.000 karena bagasinya langsung di tag kesana, nggak bisa potong-potong di Kuala Lumpur *nyerocos*
eky: *bengong dikit* oh ini mbak, tadi saya udah masukin 1 bagasi, cuma yang ini kelupaan
mbak: bisa minta boarding pass sama paspornya?
eky: *ngasih*
mbak: ditaro aja mas, ditimbang dulu
terus deg-degan gatau berapa beratnya. pas ditaro, ternyata beratnya 5.5kg. udah pasrah aja kalo bakal ditolak
eky: eh kelebihan ya mbak?
mbak: oh gapapa itu cuma kelebihan dikit aja kok
alhamdu? lillah. abis itu dikasih 2 baggage tag yang ditempel di boarding pass, dikasih paspor juga, dan solatlah kita dengan tenang.

selesai solat, naik ke departure area dan mau langsung ke imigrasi. cuma adek gue melembe dan minta makan dulu. akhirnya milih di baso ino. pas lagi makan, ternyata ada anak 8 yang bokapnya adalah pemilik baso ino ini. abis mesen, ayah sama mama mau pulang. terus kita pamit minta izin dan diberikan wejangan biar akur selama disana. lalu salim dan sementara mereka pulang, kita lanjut makan baso. anak 8 tadi itu ternyata mau ke bali dan ada bapaknya bareng dia, mau nemenin aja. abis anaknya masuk ke departure hall, bapaknya ngobrol sama kita. biasa lah, nanya kuliah dimana dkk. cuma yang gue salut sama si om adalah: dia tau Teknik Fisika! karena percakapan yang biasanya terjadi adalah
orang: kuliah ambil jurusan apa?
eky: teknik fisika
orang: oh fisika
eky: IYE SERAHLU (gak diucapin jugasih)
tapi sama si om ini
om: kuliah jurusan apa?
eky: teknik fisika, om
om: oh ya? nanti boleh dong kamu bikin om alat yang bisa buat baso dengan kualitas tinggi, dibuat sensornya gimana adonan yang baik, dan lain-lain
eky: *mata berbinar-binar karena untuk pertama kalinya ada yang ngerti*
and it turned out that he was graduated from Chemical Engineering ITB. no wonder sih kalo ngerti Teknik Fisika.

setelah ngobrol cukup panjang, akhirnya kita pamit buat ke imigrasi. sebelom keluar, kita bayar dulu basonya. om... kok nggak dibayarin sih... bahahak minta apesihlu ky! imigrasi lancar bret bret dan kita masuk waiting room. dan flightnya delay sekitar 1 jam tapi tanpa informasi yang jelas. pokoknya harusnya take-off jam 18.35, ternyata baru take-off jam 19.25. nggak terlalu takut sih karena kita beli tiket fly-thru AirAsia. jadi pas turun di KL, bisa langsung ke transfer desk buat pesawat ke Seoul. nggak perlu keluar imigrasi dulu terus masuk lagi. bagasi juga langsung di tag ke Seoul. di masa menunggu itu juga ada kejadian lucu. jadi ada 2 flight AirAsia ke Singapore sore itu. yang pertama seharusnya take-off sekitar jam 17.30 tapi belom take-off juga. yang kedua take-off jam 18.45an. pas gue lagi nunggu, flight yang 18.45 dipanggil duluan disuruh boarding.. gimana penumpang yang 17.30 nggak ngamuk coba. kasian petugasnya jadi pusing. cuma nggak lama setelah yang 18.45 boarding, yang 17.30 udah dapet boarding call sih.

perjalanan ke KL berjalan biasa saja, gue mencoba merem tapi nggak bisa. jadi bengong bengong aja. setelah kurang lebih 2 jam, mendaratlah di Kuala Lumpur Airport bagian Low Cost Carrier Terminal alias KLIA bapuk. jadi itu terminal isinya pesawat-pesawat low cost semua, kaya AirAsia, AirAsiaX, Tiger, Cebu Pacific, Zest Air, dan beberapa airlines lainnya. low cost yang nangkring di KLIA Main Terminal cuma JetStar kayaknya. anyway, dengan sangat baiknya, pesawat kita parkir di LCCT cabang ujung berung antah berantah alias paling ujung alias jalan jauuuuuuh banget buat ke arrival hallnya. gempor dah jalan tuh. kalo kata mbak mbak Pizza Hut, "yak pilihan tepat sekali mas karena travel bagnya tadi dimasukin ke bagasi" sambil turunin badan sedikit sambil menempelkan tangan sejajar dada.

we landed at 10.42 pm (GMT+8), 1h7m late from our estimated time arrival. because our plane will depart at 1am, we decided to stamp our passport. lumayan lah nambahin cap malesia. keluar imigrasi, terus bingung ini airport apa terminal kampung rambutan. hectic! abis itu kita cari-cari counter check-in AirAsiaX buat minta boarding pass. 2 menit kemudian udah dikasih boarding pass dan kita jalan ke McDonald buat ganjel perut. akhirnya dibelilah burger and fries and coke. coke-nya diminum semaksimal perut kita bisa menampung, karena nggak lama setelah jajan kita mau ke security check. fries sama burger masukin ke tas aja buat bekel di pesawat berhubung we didnt buy any prebook meal. medit ye tetep.

setelah ke imigrasi lagi, masuklah ke departure hall, tempat sebelom waiting room. disitu gue suruh adek gue ngisi botol minum. hihi lumayan daripada beli di pesawat (tetep medit). alhamdulillah ada dispenser gitu. tapi hoek cuih airnya berasa gitu dan rasanya aneh. jadi kalo minum terpaksa buru-buru ditelen dan jangan dirasa-rasa.

singkat cerita akhirnya dipanggil boarding, dan masuk ke pesawat. buat AirAsiaX ini agak beda sama AirAsia. due to the long-haul routes, AirAsia X operates these routes with a wide-body aircraft, A330-300. unlike AirAsia which operates a narrow-body A320. intinya pesawat ini legaan. kalo AirAsia using 3-3 configuration, AirAsia X ini pake 3-3-3, dan jadi 2-3-2 in the rear section of the plane. alhamdulillah juga dapet di seat B (cemberut). mati gaya deh kejepit ditengah strangers. apalagi gue punya kebiasaan kepala patah (gabisa nemuin proper diction) ke kiri-kanan kalo tidur. bener aja, 2 kali gue sorry-sorry ke cewek korea di sebelah kiri gara-gara pas patah ke kiri ngerasa kena pundak dia. gatau sih itu sengaja apa nggak abis di bawah alam sadar gitukan.. *dikeplak*

setelah kurang lebih 6.5 jam perjalanan, akhirnya pesawat mendarat di Seoul Incheon Airport jam 8.45am (GMT+9). kemudian kita ke imigrasi dan alhamdulillah berjalan lancar. abis imigrasi, kita turun ke baggage carousel dan ambil bagasi. aaand, welcome to Seoul-Incheon International Airport! seven consecutive years winner of world best airport! (source: wikipedia). and more importantly, welcome to Seoul!

lupa foto-foto main building airportnya... cuma ada foto ini aja...

berhubung udah cukup panjang, dan ternyata mayan belibet juga ya idup gue. cerita begini aja bisa jadi too detailed gapenting gini. yasudahlah ya saya izin pamit dulu ini mata sepet sekali mau bobok. kita lanjutkan lagi di kemudian hari!

No comments:

Post a Comment