TRAVEL

Saya suka jalan-jalan.
Terutama yang butuh paspor.
Alias ke luar negeri.
Tapi kalo ada tiket promo yang murah BANGET,
saya suka juga kok jalan-jalan di dalem negeri.

Ini kenapa
nulisnya
kayak puisi?

Jadi berikut adalah ringkasan perjalanan saya selama ini:
(p.s.: foto tanpa muka berarti saya jalannya sendirian)

2015
Agustus: Hong Kong

Agustus: Singapura

Januari: Thailand (Bangkok)
[transit: India (Kolkata)]

Januari: India (Delhi dan Agra)
[transit: India (Mumbai)]

Januari: Uni Emirat Arab (Dubai)

Januari: Mesir (Kairo)

Januari: Vatican City

Januari: Italia (Pisa dan Roma)

Januari: Perancis (Paris)

2014
Desember: Jerman (Berlin)
[transit: Jerman (Oberhausen)]

Desember: Belanda (Amsterdam)
[transit: Malaysia (Kuala Lumpur)]

Agustus: Indonesia (Surabaya dan Madura)

Agustus: Jepang (Osaka, Kyoto, Tokyo, dan Nagoya)
[transit: Singapura dan Malaysia (Kuala Lumpur)]

Mei: Turki (Istanbul, Göreme, Pamukkale, Selçuk, dan Izmir)
[transit: Qatar (Doha)]

Mei: Malaysia (Kuala Lumpur)

Januari: Brunei Darussalam (Bandar Seri Begawan)
[transit: Malaysia (Kuala Lumpur)]

Januari: Cina (Beijing dan Shanghai) dan Hong Kong
[transit: Malaysia (Kuala Lumpur) dan Singapura]

2013
Desember: Indonesia (Bali)

Desember: Indonesia (Makassar)

November: Filipina (Manila, Davao, dan Cebu)
[transit: Singapura]

Agustus: Taiwan (Taichung dan Taipei)
[transit: Malaysia (Kuala Lumpur)]

Agustus: Korea Selatan (Seoul dan Busan)
[transit: Malaysia (Kuala Lumpur)]

Mei: Hong Kong dan Macau
[transit: Malaysia (Kuala Lumpur)]

Mei: Singapura

Januari: Indonesia (Padang)

Januari: Thailand (Bangkok dan Pattaya)

2012
Juni: Saudi Arabia (Jeddah, Madinah, dan Mekkah)

1996 – 2011
2009: Indonesia (Jogjakarta, Magelang, dan Semarang)

2008: Indonesia (Jogjakarta)
2003: Indonesia (Bali)
1996: Indonesia (Bali)

12 comments:

  1. Pengalaman yang seru banget mas Eky 😀

    ReplyDelete
  2. Aaaah keren banget ka , semoga next time bisa jalan jalan ke luar negeri juga ngajakkin keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Gina,

      Thanks ya doanya! kamu jugaa, bisa sering traveling bareng keluarganya :D

      Delete
  3. hi refky....nice blog...gw senang banget baca blog lu...sangat membantu...coba visit toraja deh kalau di indonesia...datang pas bulan agustus...karena pas bulan itu lu bisa liat mumi-mumi dikeluarin dari kuburan batu and dibersihin dan digantiin bajunya kayak masih hidup. selama gw disana gw ketemu banyak banget bule...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo!

      Wah ikut seneng kalo blog gue bisa ngebantu lo :D Well noted untuk Toraja! Actually waktu ke Makassar kemarin udah pengen banget ke Toraja sekalian sih, tapi sayang waktunya nggak cukup. Next time, hopefully!

      Delete
  4. Assalamualaikum.. Seneng deh baca" reviewnya.. Mau tanya untuk visa korea gampang gak sih mas dapatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,

      Visa Korea persyaratannya sedikit lebih rumit dibanding yang lain. Tapi kalo lengkap, gampang kok dapetnya.

      Delete
  5. Masya Allah..
    .
    Mantap sekali itu bisa menikmati belahan bumi .. bersyukur atas karunia Allah dapat menginjakan kaki di bumi Allah dengan iklim dan budaya yang berbeda.
    .
    Salam kenal bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rona,
      Yup sangat bersyukur dikasih kesempatan seperti ini. Salam kenal juga ya :D

      Delete
  6. bang kalau biasanya bulan februari-mei bisa dapet tiket murah ga ke eropa? (kayanya jerman)

    ReplyDelete
  7. Salam kenal yaa... Klo nyari tiket murah ke London ada tips khusus gak yaa?😀

    ReplyDelete