Sunday, January 27, 2019

Jambu Ke… YouTube?!

Sejak Agustus tahun lalu saya mencoba mengaktifkan Google Ads di blog saya. Sebenernya niat awalnya adalah pasang ads ketika page view tembus 1 juta, tapi baru sempet set-up beberapa bulan kemudian. Kenapa 1 juta? Karena saya nggak mau pas view-nya masih sedikit blognya udah banyak iklan :p

Walaupun rasanya masih dikit “hasil”-nya, rasanya seneng kalo dari blog ini bisa menghasilkan uang secara "otomatis". Belum bisa cair sih karena masih di bawah threshold pembayaran berhubung selain masih dikit yang view dan klik, sempet error sana-sini juga dan saya nggak ngeh selama beberapa minggu. Tapi lumayan lah ya, better to have something than nothing. Seenggaknya biaya bayar domain udah mulai nutup hahaha.


Nah, melihat hasil dari Google Ads di blog, saya jadi kepikiran untuk enable ads di YouTube juga. Ini karena belakangan saya lagi suka nonton YouTube dan nyadar kalo udah banyak video-video yang dipasangin iklan. Jadilah saya upload beberapa video dan cari tau gimana cara pasang iklannya. Ternyata eh ternyata, YouTube mengharuskan akun untuk memiliki 1.000 subscribers serta total waktu tonton selama 4.000 jam dalam 1 tahun terakhir. Berhubung nggak pernah diurus, jadi saya masih jauh untuk mencapai threshold itu. Oleh karena itu melalui tulisan itu saya meminta kalian untuk nonton video saya, abis di-play gak apa-apa kok ditinggal buka tab lain, asal jalan videonya hahaha.


Anyway, channel saya akan kebanyakan diisi dengan video pesawat dan hotel, karena saya ngerasa video jenis ini tetap berguna walaupun tidak ada suara dan muka saya. Maklum, suara dan muka saya lebih baik untuk konsumsi terbatas aja demi kemaslahatan bersama haha. Tapi kalo spesial dan worth untuk ditunjukkan ke-norak-an-nya, saya bakal pasang muka juga kayak saat naik New Suites-nyaSingapore Airlines atau Qsuite-nya Qatar Airways. Selain itu mungkin saya akan upload video lain juga yang dirasa bisa bikin orang nonton lama #DemiMencapaiThreshold. Untuk jadwal upload, nggak akan rutin karena tergantung kapan saya punya waktu senggang.



Kalo ada yang udah sempet atau pernah nonton video saya, boleh banget loh kasih masukan :D Happy watching and don’t forget to play the videos ya :p

No comments:

Post a Comment