Sunday, September 9, 2018

Memanfaatkan Program Diskon Penggantian Baterai iPhone

Di akhir tahun 2017 Apple tersandung skandal “Batterygate”, yakni pengguna iPhone versi lama merasakan iPhone-nya jadi semakin lambat seiring dengan update iOS ke versi terbaru. Setelah baterainya diganti, kecepatan proses iPhone lebih baik dari sebelumnya. Kemudian pihak Apple mengatakan bahwa mereka memperlambat proses supaya iPhone versi lama masih tetap awet penggunaan baterainya dan tidak sering mati mendadak.

Karena mendapatkan protes yang cukup banyak dari penggunanya, Apple melakukan klarifikasi dan mengadakan program penggantian baterai untuk iPhone 6 dan model yang lebih baru. Dengan program ini semua pengguna iPhone 6 dan model lebih baru dapat menikmati diskon penggantian baterai iPhone dari yang normalnya seharga USD 79 (~Rp1.100.000) menjadi USD 29 (~Rp420.000). Harganya beda-beda sedikit karena kursnya berdasarkan lokasi negara Apple Store. Program ini hanya berlaku satu kali per iPhone dan berlangsung dari awal tahun 2018 hingga 31 Desember 2018.

Berhubung iPhone ini sudah saya miliki selama lebih dari 3 tahun dan mulai berasa baterai jadi cepat sekali habisnya, saya langsung cari cara untuk memanfaatkan program ini. Lumayan loh diskon Rp700.000, udah gitu baterainya jadi segar lagi :p

Untuk ilustrasi semata, ini iPhone pegang doang di Apple Store

Penggantian Baterai di Indonesia
Berhubung ini program-nya Apple, awalnya saya mikir cuma bisa dilakukan langsung di Apple Store. Ternyata setelah membaca artikel MakeMac ini, walaupun nggak ada Apple Store tapi di Indonesia juga bisa melakukan penggantian loh. Harganya lebih mahal sih, Rp825.000 dan penggantian dilakukan di Apple Authorized Service Provider kayak iBox, eStore, dan sebagainya. Temen saya ada yang ganti di Indonesia, tapi ternyata ada biaya tambahan gitu jadi akhirnya dia mengeluarkan uang sekitar Rp1.250.000.

Saya sendiri berhubung sudah ada rencana ke Perancis yang ada Apple Store jadi mau ganti baterai di sana aja. Lumayan selisihnya sekitar Rp800.000.

Membuat Jadwal Penggantian Baterai
Berdasarkan info yang saya dapatkan, untuk menikmati program ini pengguna harus membuat janji dulu dengan pihak Apple Store karena katanya stok baterainya terbatas. Membuat jadwalnya katanya bisa dari halaman ini. Tapi berhubung saya berlokasi di Indonesia sementara mau bikin appointment dengan Apple Store Paris, nggak ada Apple Store Paris yang bisa dipilih sebagai lokasi penggantian baterai. Jadinya saya menggunakan fitur direct message di Twitter dengan menghubungi @AppleSupport. FYI, Twitter handle-nya fast response loh. Good job, Apple!

Catatan:
  1. Appointment baru bisa dibuat paling cepat 7 hari sebelum jadwal
  2. Pihak Apple Support perlu melakukan remote diagnostic untuk ngecek kondisi dasar baterai. Tenang nggak perlu bingung, karena akan dijelasin dengan detail oleh tim @AppleSupport
Twitter direct message with @AppleSupport

Backup Data iPhone
Singkat cerita saya batal ganti baterai iPhone di Paris karena waktu itu saya transit aja sebelum menuju Tromso. Selain itu, setelah diitung kok jadi mahal kalo ke kota hanya untuk ganti baterai (transport PP minimal 30 EUR + loker untuk 2 koper ~15 EUR).

Dua bulan setelahnya saya pergi ke Hong Kong. Namun karena semuanya serba mendadak, saya sampe lupa bikin appointment. Coba-coba berhadiah ke Apple Store Causeway Bay, ternyata mereka bisa ganti baterai tanpa appointment terlebih dahulu! Sayangnya saya batal lagi ganti baterai karena kata Genius-nya (istilah petugas yang ngurusin beginian di Apple Store) dalam proses penggantian baterai ada kemungkinan semua data hilang makanya sangat dianjurkan untuk backup semua data.

Melakukan Penggantian Baterai
Setelah 2x batal, akhirnya saya ada kesempatan ke Singapore. Langsung deh saya bikin appointment melalui @AppleSupport. Di hari-H, saya datang ke Apple Store namun telat sekitar 15 menit. Santai lah ya pikir saya, berhubung di Hong Kong ternyata bisa go show. Pas naik ke lantai 2 Apple Store yang terletak di Orchard Road, ditolak ternyata :( Katanya kalo 5 menit masih bisa ditolerir, tapi ini udah 15 menit. Untungnya slot hari itu masih ada jadi saya disuruh nunggu maksimal 2 jam. Nanti dihubungin via SMS sama pihak Apple Store kalau sudah gilirannya.

Apple Store Singapore

Sekitar 30 menit kemudian saya mendapat SMS pertanda sudah giliran saya. Balik ke lantai 2 untuk registrasi ulang, terus disamperin sama Genius-nya. Dia ngecek kondisi battery health (Settings > Battery > Battery Health) dan bilang kalo batas nyaman battery health itu 80%. Berhubung battery health saya waktu itu 87%, dia merekomendasikan untuk diganti.

Apple Store Singapore

Apple Store Singapore

Setelah melakukan pengecekan lanjut untuk mengetahui kondisi dasar HP seperti ada baret atau nggak, kamera dan speaker berfungsi, serta beberapa hal lain, dia bilang butuh sekitar 2 jam untuk mengganti baterai. Untungnya waktu itu saya udah janjian ketemu sama Ojan, jadi bisa sambil makan siang.

Apple Store Singapore

Dua jam kemudian saya kembali ke Apple Store untuk mengambil iPhone dengan baterai yang baru. Setelah melakukan pengecekan standar, saya bayar SGD 38 (~Rp400.000) untuk biaya penggantiannya. Battery health-nya sudah balik ke 100% sekarang. Hore!

Battery Health 100%

Setelah Penggantian Baterai
Setelah satu bulan sejak baterai diganti, saya mikirnya baterainya akan awet kayak pas pertama beli kan. Lumayan banget tuh jadi berasa punya HP baru kalo baterainya awet. Tapi ternyata nggak begitu signifikan perubahannya. Saya cek battery health masih tetep 100% sih, tapi usage time-nya cuma naik ke 4-5 jam dari sebelumnya 2-3 jam. Pengennya minimal 9 jam gitu kayak dulu… :(

Usage time saat kondisi baterai 2%

Mungkin karena baterai HP saya belum parah banget kali ya, karena temen saya bilang dia perubahannya signifikan karena sebelum diganti HP-nya suka mati tiba-tiba walaupun baterai masih 50%. Emang udah disuruh nabung buat ganti yang baru nih… :p

Apakah kalian yang memiliki iPhone sudah menikmati program diskon penggantian baterai iPhone ini? Gimana impact-nya ke performa baterai iPhone kalian?

Today at Apple Event - Apple Store Singapore

1 comment:

  1. Hello Rifky,
    Sepertinya saya tertarik buat ikut program ini di apple store Singapura.
    Lantas, waktu itu pengalamanmu gimana? Apakah setelah diganti semua data langsung terhapus?
    Karena saya ada rencana buat transit sejenak di SIN sebelum ke negara lain, kalau misalkan semua data di iphone langsung terhapus sepertinya mikir-mikir juga.
    Terima kasih

    ReplyDelete